Wabup Siak Pimpin Upacara HKN ke-53

Jumat, 24 November 2017

Senin, 13 November 2017 19:08 WIB

Wabup Siak Pimpin Upacara HKN ke-53

Wabup Siak H Alfedri menyerahkan piagam dokter keluarga kepada Didin Khoerudin usai peringatan hari kesehatan nasional di lapangan tugu Siak


SIAK, DELIKRIAU - Wakil Bupati Siak, H Alfedri pimpin Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 di Lapangan Tugu depan Istana Siak, Senin (13/11/17).

Adapun tema Hari Kesehatan Nasional tahun 2017 iniĀ  adalah ;Indonesia Cinta Sehat' dengan Sub Tema 'Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat'.

Hal ini dimaksudkan untuk membangkitkan kembali pesan-pesan kesehatan bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat, berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional. Sehingga nantinya, akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai pada Indonesia Kuat.

Dihadapan tenaga kesehatan dan ASN, Alfedri menyampaikan sambutan Menteri Kesehatan RI terkait tantangan kesehatan saat ini. Katanya, bangsa Indonesia menghadapi masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan muncul kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

Menurut dia, tentunya hal ini menjadi ancaman bagi produktifitas bangsa. Usia produktif yang besar dan seharusnya memberikan kontribusi pada pembangunan akan terancam apabila derajat kesehatannya terganggu oleh penyakit tidak menular dan perilaku hidup yang tidak sehat.

"Permasalahan yang masih terjadi seperti, tingkat kematian pada ibu yang melahirkan, tingkat gizi dan penyakit menular harus kita tingkatkan melalui pendekatan keluarga. Besar harapan, permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya," ujar Alfedri.

Alfedri mengingatkan, Peringatan Hari Kesehatan ini sebagai momentum melaksanakan pembangunan sesehatan serta menguatkan tekad dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Saya memberikan apresiasi kepada semua yang menerima penghargaan pada hari ini. Semoga gerakan masyarakat sehat yang diprogramkan bisa lebih baik, agar masyarakat sehat, mandiri dan berkeadilan," katanya.

Dalam kesempatan itu, diserahkan bantuan jamban kepada kaum dhuafa, kerjasama pihak dinas kesehatan dengan Baznas kabupaten Siak. Kemudian, diserahkan 72 penghargaan kepada Dinas Kesehatan, UPTD Puskesmas, tenaga kesehatan, dan kader posyandu yang telah mengabdi selama 20 tahun lebih.(fer/rls)

Share