Rabu, 16-10-2019 - 15:34:10 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Antuasias Pecinta RX-King Senusantara Menghadiri Acara Anniversary Satu Dekade KRC-Riau | | Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum | | Kades Gagal Dilantik, Komisi 1 DPRD Siak Gelar Hearing Bersama DPMK, Kabag Hukum dan Camat | | Bupati Amril Mukminin Dan Kasmarni Ditabalkan Menjadi Datuk Seri Setia Amanah Junjungan Negeri | | Mantan Kades Bukit Batu Resmi Ditahan Kejari Bengkalis | | LSM Penjara Minta Kejari Usut Penggunaan dan Peruntukan Dana KONI Bengkalis 2019
 
Wabup Meranti Lantik Kades Mengkikip, Ingatkan Penggunaan Dana Desa Harus Dimusyawarahkan Bersama BP
Rabu, 16-10-2019 - 15:34:10 WIB

TERKAIT:
 
  • Wabup Meranti Lantik Kades Mengkikip, Ingatkan Penggunaan Dana Desa Harus Dimusyawarahkan Bersama BP
  •  

    MERANTI, DELIKRIAU - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim S Cara resmi melantik Kepala Desa Mengkikip Kecamatan Tebing Tinggi Barat Tarmizi, dalam pelantikan itu Wabup Meranti menekankan kepada Kades agar berhari-hari dalam penggunaan dana Desa, agar tidak menimbulkan masalah hukum ia mengingatkan dalam penyusunan program harus melibatkan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), Rabu (16/10/2019) bertempat dihalaman Kantor Desa Mengkikip, kabupaten Meranti, Riau.

    Turut mendapingi Wabup, Staf Ahli Bupati Drs. H. Askandar, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Drs. Ikhwani, Kepala Dinas Perkebunan T. Efendi, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Drs. Idris Sudin, Kadis Pendidikan Meranti Drs. Nuriman, Kabag Tata Pemerintahan Sekda Meranti Jon Hendri SIP M.Si, Camat Tebing Tinggi Barat Drs. Said Jamhur, Kapolsek Tebing Tinggi Barat, Sekretaris Dinas PU Meranti M. Arif, Sekretaris Dishub Meranti Umaiyah, Satpol PP, Perwakilan Koramil, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya. 

    Setelah melalui prosesi Pemilihan Kepala Desa serentak Se-Kabupaten Meranti Periode 2019-2026, Tanggal 26 Agustus 2019 lalu, kini tibalah waktu pelantikan Kades Mengkikip terpilih Tarmiz.

    Pelantikan diawali dengan Pembacaan SK Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, tentang pengangkatan Kepala Desa Mengkikip terpilih Kecamatan Tebing Tinggi Barat Periode 2019-2026.

    Pengangkatan itu berdasarkan Pemilihan Kades Serentak Tanggal 26 Agustus 2019 dan Surat Camat Tebing Tinggi Barat.

    Selanjutnya Pelantikan Kades yang langsung dilakukan oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim, dimulai dengan pembacaan dan pengucapan sumpah oleh Wabup diikuti oleh Kades Mengkikip yang dilantik dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serta pemasangan tanda jabatan oleh Wabup kepada masing-masing Kades.

    Usai melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah Kades mengkikip terpilih Tarmizi, disaksikan ratusan masyarakat dan Allah SWT, Wabup H. Said Hasyim berpesan kepada Kades untuk dapat menjalankan tugas dengan baik dan mulai detik itu segala bentuk persaingan yang terjadi ditengah masyarakat dibuang jauh-jauh.

    "Saya harap Kades dapat bekerja dengan baik sesuai sumpah yang diucapkan, usai pelantikan ini tidak ada lagi blok-blok atau kelompok, diharapkan semua dapat menjadi pendukung Kades terpilih," harapnya.

    Karena menurut Wabup pelantikan Kades ini pada hakekatnya bukan untuk kelompok pemenang tapi mewakili semua masyarakat Mengkikip secara keseluruhan.

    "Pelantikan ini bukan untuk kelompok pemenang tapi mewakili seluruh masyarakat Mengkikip," ucap Wabup menegaskan.

    Adapun program yang harus dijalankan Kades meliputi berbagai bidang baik pemerintahan, pembangunan kemasrakatan, ekonomi, kesehatan, pendidikan, SDM, SDA dan lainnya.

    Kemudian terkait penggunaan dana Desa sebesar 1.5 Miliar lebih ditiap Desa, Wabup Meranti sekali lagi mengingatkan dapat digunakan secara amanah, caranya dengan melibatkan Badan Pemusyawaratan saat penyusunan prograk kegiatan, hal ini juga untuk mengantisipasi timbulnya masalah dikemudian hari. Apalagi saat ini sesuai intruksi Presiden terkait penggunaan dana desa diawasi secara ketat oleh pihak penegak hukum.

    "Kades wajib memusyawarahkan penggunaan dana Desa, jika tidak BPD dapat mempertanyakan," jelas Wabup.

    Lebih jauh dikatakan Wabup, penggunaan dana Desa terbesar memang diperuntukan untuk infrastruktur sarana dan prasarana, namun dana Desa juga digunakan untuk menstimulan kreatifitas masyarakat melalui PKK, pemberdayaan ekonomi masyarakat, Posyandu dan lainnya.

    Dan Wabup juga mengingatkan kepada Kades jangan sampai takut menggunakan dana Desa karena dana itu memang untuk digunakan membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

    Selanjutnya kepada masyarakat Wabup mengingatkan yang dapat membangun Desa adalah masyarakat sendiri untuk itu ia meminta masyarakat lebih kreatif dengan meningkatkan sinergitas bersama Kades apalagi untuk meraih dana Kabupaten tapi juga Provinsi dan Pusat.

    "Jangan tunggu Kades mengarahkan tapi masyarakat harus kreatif, kuncinya pada masyarakat," tegas Wabup.

    Selanjutnya Wabup menyinggung masalah pemberdayaan masyarakat dibidang Perikanan Nelayan, saat ini di Dinas Perikanan Meranti, melalui tenaga pendamping dapat memfasilitasi bantuan kredit lunak dengan bunga 3 persen. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengambangkan potensi perikanan Desa.

    Kegiatan pelantikan Kades Mengkikip yang berlangsung hikmat itu ditutup dengan ucapan selamat kepada Kades yang dilantik dan makan bersama masyarakat.

    Sekedar informasi, dalam kegiatan Pelantikan Kepala Desa Mengkikip, Wabup Meranti H. Said Hasyim juga berkesempatan melakukan peninjauan Jalan Pelabuhan Mengkikip dan SD Negeri 012 Mengkikip. Peninjauan itu untuk melihat kondisi terkini proyek jalan pelabuhan yang diprediksi akan menghabiskan dana sebesar 250 juta lebih itu. (rilis/m.khosir)



     
    Berita Lainnya :
  • Wabup Meranti Lantik Kades Mengkikip, Ingatkan Penggunaan Dana Desa Harus Dimusyawarahkan Bersama BP
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum
    02 Kades Gagal Dilantik, Komisi 1 DPRD Siak Gelar Hearing Bersama DPMK, Kabag Hukum dan Camat
    03 Bupati Amril Mukminin Dan Kasmarni Ditabalkan Menjadi Datuk Seri Setia Amanah Junjungan Negeri
    04 Mantan Kades Bukit Batu Resmi Ditahan Kejari Bengkalis
    05 LSM Penjara Minta Kejari Usut Penggunaan dan Peruntukan Dana KONI Bengkalis 2019
    06 Masyarakat Rupat Menyambut Antusias Nur Azmi Hashim Balon Wakil Bupati Favorit dari Kalangan Politis
    07 Antuasias Pecinta RX-King Senusantara Menghadiri Acara Anniversary Satu Dekade KRC-Riau
    08 BAZNAS Kab Bengkalis Umumkan Kelulusan Peserta Da'i Pesisir
    09 Anggota DPR RI Drs.H.Achmad, M.Si Hadiri Resepsi Pernikahan Yudi/Suci
    10 Polsek Tapung Hulu Kembali Ciduk 2 Orang Diduga Pengedar Shabu di 2 Lokasi Berbeda Kabupaten Rohul
    11 Diskominfotik Dan BKPP Gelar Rapat Rencana Penerapan SKP Daring Tahun 2020
    12 Bupati Catur Sugeng Tekankan Program Sesuai Misi dan Visi Bupati Kampar
    13 Anak Usia 9 Tahun, Disetubuhi Ayah Kandung Hingga 3 Kali
    14 Peduli Kesehatan Balita dan Ibu Hamil, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Posyandu di Perbatasan
    15 Pemerintah Kecamatan Gelar Sertijab Camat Bukit Batu
    16 Satu Perempuan Diantara Tiga Pelaku Jaringan Narkoba di Perawang Diringkus Polisi
    17 Sembilan Orang Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi Da'i Pesisir Baznas Bengkalis
    18 2 Tersangka TP Tepikor UED SP Bukit Batu Resmi Di Tahan Kejari Bengkalis
    19 KONI Bersama Bupati Bengkalis, Membahas Persiapan PORKAB
    20 Tindak Pidana Perjudian Menjadi Salah Satu Atensi Polres Kampar
    21 Panitia Perpanjang Waktu Penerimaan Biodata 'Buku Putih PWI Riau 2020'
    22 Putusan MK : Leasing Tak Boleh Tarik Kendaraan atau Rumah Secara Sepihak, Harus Lewat Pengadilan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI