Rabu, 16-10-2019 - 15:34:10 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Belum Genap Dua Bulan Menjabat Sebagai Kapolres Kampar, AKBP Asep Darmawan Dicopot Dari Jabatannya | | Dongkrak Minat Baca, Rasidah Kukuhkan Bunda Literasi kecamatan dan Kampung | | Alfedri Ajak Bapekam dan Pemerintah Kampung Harus Bersinergi | | Gubernur Riau Realisasikan Dana Desa 200 Juta | | Hari ini, DPMK Mendistribusikan Logistik Keperluan Pilpeng | | Anggota DPRD Siak Robi Cahyadi Gelar Reses Perdana Tahun 2019 di Kampung Sri Gemilang
 
Wabup Meranti Lantik Kades Mengkikip, Ingatkan Penggunaan Dana Desa Harus Dimusyawarahkan Bersama BP
Rabu, 16-10-2019 - 15:34:10 WIB

TERKAIT:
 
  • Wabup Meranti Lantik Kades Mengkikip, Ingatkan Penggunaan Dana Desa Harus Dimusyawarahkan Bersama BP
  •  

    MERANTI, DELIKRIAU - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim S Cara resmi melantik Kepala Desa Mengkikip Kecamatan Tebing Tinggi Barat Tarmizi, dalam pelantikan itu Wabup Meranti menekankan kepada Kades agar berhari-hari dalam penggunaan dana Desa, agar tidak menimbulkan masalah hukum ia mengingatkan dalam penyusunan program harus melibatkan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), Rabu (16/10/2019) bertempat dihalaman Kantor Desa Mengkikip, kabupaten Meranti, Riau.

    Turut mendapingi Wabup, Staf Ahli Bupati Drs. H. Askandar, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Drs. Ikhwani, Kepala Dinas Perkebunan T. Efendi, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Drs. Idris Sudin, Kadis Pendidikan Meranti Drs. Nuriman, Kabag Tata Pemerintahan Sekda Meranti Jon Hendri SIP M.Si, Camat Tebing Tinggi Barat Drs. Said Jamhur, Kapolsek Tebing Tinggi Barat, Sekretaris Dinas PU Meranti M. Arif, Sekretaris Dishub Meranti Umaiyah, Satpol PP, Perwakilan Koramil, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya. 

    Setelah melalui prosesi Pemilihan Kepala Desa serentak Se-Kabupaten Meranti Periode 2019-2026, Tanggal 26 Agustus 2019 lalu, kini tibalah waktu pelantikan Kades Mengkikip terpilih Tarmiz.

    Pelantikan diawali dengan Pembacaan SK Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, tentang pengangkatan Kepala Desa Mengkikip terpilih Kecamatan Tebing Tinggi Barat Periode 2019-2026.

    Pengangkatan itu berdasarkan Pemilihan Kades Serentak Tanggal 26 Agustus 2019 dan Surat Camat Tebing Tinggi Barat.

    Selanjutnya Pelantikan Kades yang langsung dilakukan oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim, dimulai dengan pembacaan dan pengucapan sumpah oleh Wabup diikuti oleh Kades Mengkikip yang dilantik dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serta pemasangan tanda jabatan oleh Wabup kepada masing-masing Kades.

    Usai melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah Kades mengkikip terpilih Tarmizi, disaksikan ratusan masyarakat dan Allah SWT, Wabup H. Said Hasyim berpesan kepada Kades untuk dapat menjalankan tugas dengan baik dan mulai detik itu segala bentuk persaingan yang terjadi ditengah masyarakat dibuang jauh-jauh.

    "Saya harap Kades dapat bekerja dengan baik sesuai sumpah yang diucapkan, usai pelantikan ini tidak ada lagi blok-blok atau kelompok, diharapkan semua dapat menjadi pendukung Kades terpilih," harapnya.

    Karena menurut Wabup pelantikan Kades ini pada hakekatnya bukan untuk kelompok pemenang tapi mewakili semua masyarakat Mengkikip secara keseluruhan.

    "Pelantikan ini bukan untuk kelompok pemenang tapi mewakili seluruh masyarakat Mengkikip," ucap Wabup menegaskan.

    Adapun program yang harus dijalankan Kades meliputi berbagai bidang baik pemerintahan, pembangunan kemasrakatan, ekonomi, kesehatan, pendidikan, SDM, SDA dan lainnya.

    Kemudian terkait penggunaan dana Desa sebesar 1.5 Miliar lebih ditiap Desa, Wabup Meranti sekali lagi mengingatkan dapat digunakan secara amanah, caranya dengan melibatkan Badan Pemusyawaratan saat penyusunan prograk kegiatan, hal ini juga untuk mengantisipasi timbulnya masalah dikemudian hari. Apalagi saat ini sesuai intruksi Presiden terkait penggunaan dana desa diawasi secara ketat oleh pihak penegak hukum.

    "Kades wajib memusyawarahkan penggunaan dana Desa, jika tidak BPD dapat mempertanyakan," jelas Wabup.

    Lebih jauh dikatakan Wabup, penggunaan dana Desa terbesar memang diperuntukan untuk infrastruktur sarana dan prasarana, namun dana Desa juga digunakan untuk menstimulan kreatifitas masyarakat melalui PKK, pemberdayaan ekonomi masyarakat, Posyandu dan lainnya.

    Dan Wabup juga mengingatkan kepada Kades jangan sampai takut menggunakan dana Desa karena dana itu memang untuk digunakan membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

    Selanjutnya kepada masyarakat Wabup mengingatkan yang dapat membangun Desa adalah masyarakat sendiri untuk itu ia meminta masyarakat lebih kreatif dengan meningkatkan sinergitas bersama Kades apalagi untuk meraih dana Kabupaten tapi juga Provinsi dan Pusat.

    "Jangan tunggu Kades mengarahkan tapi masyarakat harus kreatif, kuncinya pada masyarakat," tegas Wabup.

    Selanjutnya Wabup menyinggung masalah pemberdayaan masyarakat dibidang Perikanan Nelayan, saat ini di Dinas Perikanan Meranti, melalui tenaga pendamping dapat memfasilitasi bantuan kredit lunak dengan bunga 3 persen. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengambangkan potensi perikanan Desa.

    Kegiatan pelantikan Kades Mengkikip yang berlangsung hikmat itu ditutup dengan ucapan selamat kepada Kades yang dilantik dan makan bersama masyarakat.

    Sekedar informasi, dalam kegiatan Pelantikan Kepala Desa Mengkikip, Wabup Meranti H. Said Hasyim juga berkesempatan melakukan peninjauan Jalan Pelabuhan Mengkikip dan SD Negeri 012 Mengkikip. Peninjauan itu untuk melihat kondisi terkini proyek jalan pelabuhan yang diprediksi akan menghabiskan dana sebesar 250 juta lebih itu. (rilis/m.khosir)



     
    Berita Lainnya :
  • Wabup Meranti Lantik Kades Mengkikip, Ingatkan Penggunaan Dana Desa Harus Dimusyawarahkan Bersama BP
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Belum Genap Dua Bulan Menjabat Sebagai Kapolres Kampar, AKBP Asep Darmawan Dicopot Dari Jabatannya
    02 Hari ini, DPMK Mendistribusikan Logistik Keperluan Pilpeng
    03 Bupati Siak Tutup Serindit Boat Race,Kota Bekasi duduki peringkat Pertama
    04 Bupati Siak mengikuti Jalan Santai dalam Rangka HUT PGRI ke 74 dan Hari Guru Nasional Tahun 2019
    05 Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si menghadiri Acara Pelantikan Pengurus IKMR
    06 Alfedri Ajak Bapekam dan Pemerintah Kampung Harus Bersinergi
    07 Gubernur Riau Realisasikan Dana Desa 200 Juta
    08 Dongkrak Minat Baca, Rasidah Kukuhkan Bunda Literasi kecamatan dan Kampung
    09 Tak Terima Ditangkap Densus 88, Istri Terduga Teroris Ancam Polisi: Awas kalau Tak Terbukti
    10 Sekda Siak Pukul Tambur Opening Ceremony Event Siak Internasional Serindit Boat Race 2019
    11 Polsek Bangko Kembali Berhasil Ungkap Tindak Pidana Narkotika
    12 Polsek Bangko Kembali Menangkap Diduga 3 Pelaku Bandar Sabu
    13 Komisi I DPRD Meranti Gelar Raker Bersama DPMD, Bahas Persoalan Desa
    14 Genjot Penerimaan Pajak dan Retribusi, Komisi II DPRD Meranti Gelar Raker Bersama BPPRD
    15 Anggota DPRD Siak Robi Cahyadi Gelar Reses Perdana Tahun 2019 di Kampung Sri Gemilang
    16 Ekspose Kasus Narkoba Polres Rohul Ungkap 30 Kasus Pelaku 40 Orang
    17 OCD Di SDN 1 Suak Lanjut & Kunjungan Ketua DPRD Siak Dan Anggota Di SMPN 1 Suak Lanjut
    18 Pemkab Rohil Kembangkan Sektor Pertanian, Angkat Perekononian Masyarakat
    19 Pembagunan Insfratruktur Jalan Dan Jembatan Daerah Pesisir Menjadi Skala Prioritas Pemkab Rohil
    20 Reses Perdana Suryono, Warga Minas Barat Keluhkan Pengadaan Sarana Pendidikan Dan Air Bersih
    21 Wakil Ketua DPRD Siak Fairus Meninjau Langsung SDN Teluk Rimba
    22 Hj. Sri Rahayu terpilih Ketua Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI