Selasa, 16 Oktober 2018
Follow Us ON :
 
 
| Habib Salim Segaf Isi Pengajian Di Kab Siak | | Hadiri Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepri, Bupati Siak Sampaikan Tahniah | | DPRD Kab Siak Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar Nota Keuangan RAPBD-P Tahun Anggaran 2018 | | Wakil Bupati Siak Lauching Program KPK Binaan BAZNAS Kab Siak | | Wakil Bupati Siak Hadiri Pencanangan Penanaman Mangrove Indonesia | | Sekda Kab Siak, Drs H.T Said Hamzah Secara Resmi Buka Bimtek Penilaian dan Evaluasi Kinerja ASN
 
LAM Riau Apreasiasi Tradisi 'Potang Mogang' di Pelalawan
Selasa, 15-05-2018 - 10:41:37 WIB

TERKAIT:
 
  • LAM Riau Apreasiasi Tradisi 'Potang Mogang' di Pelalawan
  •  

    LANGGAM, DELIKRIAU- Rangkaian kegiatan 'Potang Mogang' di Kelurahan Langgam Kecamatan Langgam merupakan tradisi turun menurun hingga saat ini masih terjaga dengan baik. Kegiatan ini sebagai salah satu simbol dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. 

    Kegiatan ini, pula sudah dipatenkan sebagai salah agenda tahunan tingkat kabupaten Pelalawan. Berbagai rangkaian kegiatan digelar. Diantaranya tabligh akbar, 'menjalang' (bermaafan) antara anak kemanakan dan ninik mamak, duduk bersama 'makan berjambar'. 'Monogakkan Tonggul, dan puncaknya adalah 'Potang Mogang' yakni mandi balimau bakasai.

    'Potang Mogang' ini sendiri difokuskan di pinggir sungai Kampar tepatnya, didekat balai Anjungan Tepian Ranah tanjung Bunga Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam. Guna menyemarakkan 'Potang Mogang', Senin (14/5/2018) digelar berbagai kegiatan.

    Diantaranya, sampan hias yang diikuti dari berbagai instansi dilingkungan pemda Pelalawan dan instansi swasta. Turut serta disemarakkan oleh pacu sampan 'Ciau'. Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (Ketum) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Datuk Seri H. Al Azhar, berkesempatan hadir pada puncak 'Potang Mogang' tingkat kabupaten Pelalawan tersebut sangat mengapresiasi tradisi ini.

    "Kami LAM Riau, sangat mengapresiasi tradisi 'Potang Mogang' di Langgam yang merupakan agenda tahunan tingkat kabupaten Pelalawan sampai saat ini masih lestari," terang Al Azhar, dikutip riauterkini.

    Tradisi ini kata Al Azhar menjadi catatan tersendiri bagi LAM Riau untuk dikabarkan kepada seluruh lembaga adat yang ada di provinsi Riau. "Kami berkewajiban untuk mengabarkan tradisi ini kepada seluruh kabupaten/kota di provinsi, agar kegiatan ini menjadi contoh," tegasnya.

    Menjaga tradisi seperti ini kata pria berkumis tebal tersebut bukan sesuatu yang mudah. Apalagi ditengah derasnya, arus informasi. Akan tetapi menurutnya, kabupaten Pelalawan khususnya kecamatan Langgam mampu mempertahan tradisi tanpa terpengaruh dengan pesat kemajuan teknologi. "Tradisi ini harus dipertahankan," tandasnya.

    Sementara itu, Datuk Setya Amanah dalam hal ini bupati Pelalawan H.M Harris menambakan kegiatan 'Potang Mogang' adalah salah satu tradisi turun temurun dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

    Tradisi 'Potang Mogang' ini kata Harris bertujuan untuk menjalin tali silahturahmi antara masyarakat adat yang berada dikecamatan Langgam.

    Perlu dicatat semangat 'Potang Mogang, tersebut terjaga sampai saat ini, sambung Harris didasari oleh semangat gotong royong yang kuat tertanam didiri masyarakat. "Salah satu contoh, untuk kegiatan makan bersama disini, itu dikutip dari masing-masing rumah penduduk," tandasnya.

    Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Pengadilan Negeri Pelalawan, Nelson Angkat, SH, MH, Kepala Pengadilan Agama Pelalawan, Perwakilan Polres Pelalawan, Kepala OPD dilingkungan Pemda Pelalawan, Ketua DPD II Partai Golkar, Adi Sukemi, ST, MT, Anggota DPRD Pelalawan, Afrizal, Tokoh Adat serta ratusan masyarakat.(drc/rtc)




     
    Berita Lainnya :
  • LAM Riau Apreasiasi Tradisi 'Potang Mogang' di Pelalawan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Sekda Kab Siak, Drs H.T Said Hamzah Secara Resmi Buka Bimtek Penilaian dan Evaluasi Kinerja ASN
    02 Hadiri Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepri, Bupati Siak Sampaikan Tahniah
    03 DPRD Kab Siak Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar Nota Keuangan RAPBD-P Tahun Anggaran 2018
    04 Habib Salim Segaf Isi Pengajian Di Kab Siak
    05 Wakil Bupati Siak Lauching Program KPK Binaan BAZNAS Kab Siak
    06 Ribuan Masyarakat Siak Antusias Menyaksikan Penutupan Tdsi 2018
    07 Wakil Bupati Siak Hadiri Pencanangan Penanaman Mangrove Indonesia
    08 Wakil Bupati Siak, Alfedri Lepas 59 Pembalap Sepeda TDS
    09 Masril Secara Resmi Penyerahan SK RN PAS Kota Pekanbaru
    10 Sah, Badan Perfilman Indonesia Ikat Kerjasama Dengan Negeri istana
    11 Bupati Siak, Syamsuar “Bujuk” Insan Film Nasional Filmkan Negeri Istana
    12 Tour De Siak Berhasil Masuk Kalender UCI
    13 Ribuan Masyarakat Menyaksikan Pembukaan TdSi 2018
    14 TDS 2018 Diharapkan Mampu Ciptakan Multiplier Effect Peningkatan Ekonomi Masyarakat
    15 5 Kadis Pariwisata Kabupaten Kota se-Riau teken MoA Pariwisata di Siak
    16 Ketua TP PKK Kabupaten Siak, Hj Misnarni Secara Resmi Buka Stand Bazar TDS 2018
    17 Bupati Siak, Syamsuar Borong Hasil Karya Foto KPC
    18 Ribuan Masyarakat Kabupaten Siak Ikut Meriahkan Fun Bike Tour de Siak 2018
    19 Warga Kecamatan Dayun Resah Maraknya Warem Di Desa Banjar Seminai
    20 Mahasiswa Dituntut Memiliki Sertifikasi Kompetensi
    21 Bupati Siak, Syamsuar Memimpin Rapat Singkronisasi Penyelengara Pemkab
    22 Mantap!!! Puskesmas Sungai Apit Masuk 10 Besar Tingkat Nasional
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI