Rabu, 19 09 2018
Follow Us ON :
 
 
| Warga Kecamatan Dayun Resah Maraknya Warem Di Desa Banjar Seminai | | Mahasiswa Dituntut Memiliki Sertifikasi Kompetensi | | Bupati Siak, Syamsuar Memimpin Rapat Singkronisasi Penyelengara Pemkab | | Mantap!!! Puskesmas Sungai Apit Masuk 10 Besar Tingkat Nasional | | Bupati Siak, Syamsuar Buka Kegiatan Ekspos Bersama Program Tegak | | Diduga Camat dan Kepala Desa Mahato Kangkangi Keputusan Menteri
 
Nyaleg, Empat Ketua KPU di Riau Mengundurkan Diri
Rabu, 11-07-2018 - 12:44:59 WIB

TERKAIT:
 
  • Nyaleg, Empat Ketua KPU di Riau Mengundurkan Diri
  •  

    PEKANBARU, DELIKRIAU - Gara-gara maju di pemilihan calon legislatif (Pilcaleg) 2019 mendatang empat ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Riau mengundurkan diri. Pengunduran diri itu kini sedang diproses KPU Riau.

    "Empat Ketua KPU kabupaten di Provinsi Riau mengikuti proses pencalonan legislatif untuk Pemilu 2019, sehingga mereka mundur dari jabatannya," kata Ketua KPU Riau, Nurhamin di Pekanbaru, Selasa (10/7/2018).

    Nurhamin menyebutkan empat orang yang mundur tersebut adalah, Agus Salim yang selama ini menjadi Ketua KPU Rokan Hilir, Suhaidi Ketua KPU Indragiri Hilir, Nasaruddin Ketua KPU Pelalawan dan Agus Salim Ketua KPU Siak.

    Ia menjelaskan dari empat surat pengajuan pengunduran diri yang masuk ke KPU Riau, dua diantaranya sudah di proses persetujuan pengunduran dirinya sedangkan dua lagi masih dalam proses karena memerlukan kajian.

    "Pengajuan dari KPU Inhil dan Siak sudah selesai pembuatan Surat Keputusannya (SK) non aktifnya,  sedangkan yang dua lagi yakni Rohil dan Pelalawan masih dikaji, karena kita perlu klarifikasi alasan pengundurannya," tutur Nurhamin.

    Kajian diperlukan karena ini erat kaitannya dengan keberlangsungan tugas KPU di masing wilayah yang ketuanya mengajukan pengunduran diri.

    Apalagi dikaitkan dengan proses pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 yang baru saja tuntas.
    Disebutkan Nurhamin, sehubungan dengan tugas ketua KPU Inhil dan Siak, pemberhentian itu sudah resmi dilaksanakan sebelum pleno tingkat kabupaten kemaren.

    "Kita tidak bisa menghalangi siapapun, karena mereka (ketua KPU-red) juga punya hak untuk memilih dan dipilih, karena itu diatur oleh undang undang," tegas dia.

    Selanjutnya untuk penentuan Pengganti Antar Waktu (PAW) Ketua KPU pada empat kabupaten, pihaknya juga akan melanjutkan proses diwaktu tidak lama lagi agar kinerja tak terganggu.

    Di tempat lain, Nahrawi SAg terpilih sebagai Ketua KPU Inhil menggantikan Suhaidi yang resmi mengundurkan diri sebagai Ketua KPU Inhil.

    Nahrawi terpilih dalam rapat pleno yang digelar oleh Komisioner KPU Inhil setelah dipilih oleh 4 orang Komisioner KPU Inhil yang ada pada saat ini.

    Namun pengangkatan Nahrawi belum resmi karena KPU Inhil masih menunggu SK dari KPU Provinsi Riau. “Belum, masih mau diurus (SK), tapi itu baru diusulkan ke provinsi disampaikan suratnya ke provinsi,” ujar Plt Ketua KPU Inhil, Muhammad Dong.

    Sementara itu Komisioner KPU Riau Divisi Hukum dan Pengawasan Ilham Yasir membenarkan saat ini tahapan bakal calon legislatif memasuki masa prakampanye sampai ditetapkannya Daftar Calon Tetap (DCT) September 2018 mendatang.

    Berdasarkan Surat Edaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI kegiatan sosialisasi yang diperbolehkan bagi partai politik hanya dua cara. Pertama melalui pemasangan bendera parpol, kedua konsolidasi internal seperti melakukan kegiatan Musyawarah Parpol baik Ranting atau cabang.

    "Yang tujuannya hanya mengumpulkan anggotanya (Konsolidasi Internal), bukan sosialisasi kepada masyarakat umum atau diluar anggotanya," kata Ilham.  (dr/int)





     
    Berita Lainnya :
  • Nyaleg, Empat Ketua KPU di Riau Mengundurkan Diri
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Warga Kecamatan Dayun Resah Maraknya Warem Di Desa Banjar Seminai
    02 Mahasiswa Dituntut Memiliki Sertifikasi Kompetensi
    03 Bupati Siak, Syamsuar Memimpin Rapat Singkronisasi Penyelengara Pemkab
    04 Mantap!!! Puskesmas Sungai Apit Masuk 10 Besar Tingkat Nasional
    05 Bupati Siak, Syamsuar Buka Kegiatan Ekspos Bersama Program Tegak
    06 Ini Pesan Bupati Siak Syamsuar, Di Depan Para Da'i
    07 Danrindam IVDiponegoro Kolonel Inf Amrn Ibrahim, Lantik 304 Siswa Diktukbasus Babinsa
    08 Bupati Siak, Drs.H Syamsuar Msi Mengajak Masyarakat Untuk Hijrah ke Arah Yang Lebih Baik
    09 Diduga Camat dan Kepala Desa Mahato Kangkangi Keputusan Menteri
    10 Bupati Siak, Syamsuar Hadiri Reuni APDN, IPDN dan STPDN Yang Penuh Kekeluargaan
    11 Bupati Siak Terima Anugrah BAZNAS Award Tahun 2018 Dari Kementerian Agama RI
    12 Wakil Bupati Siak Alfedri Sambut Kepulangan 221 Jamaah Haji Kabupaten Siak
    13 Kenerja Bawaslu Kabupaten Siak Dinilai Lamban
    14 Ini Pesan Bupati Siak, Syamsuar Dalam Acara Penanaman 10.000 Pohon
    15 Bupati Siak, Syamsuar Resmikan Ekowisata Taman Berembang
    16 Polres Siak Gelar Pemusnahan Penyisihan Barang Bukti Narkotika Jenis Sabu-sabu
    17 Sat Res Narkoba Polres Rohul Behasil Membekuk Pelaku Yang Diduga Bandar Narkoba
    18 Festival Layang-layang Tradisional I se-Provinsi Riau Tahun 2018
    19 Wakil Bupati Siak, Alfedri Buka Pelaksanaan Kemah Bakti Kwaran Sungai Apit
    20 LPSE Kabupaten Siak, Sukses Raih 17 Standarisasi LKPP-RI
    21 11 Ekor Sapi Qurban di Sembelih Di Emplasmen PTP N 5 Sei Rokan
    22 PKS Sei Intan Diduga Cemari Aliran Sungai Desa Kembang Damai Hingga Sungai Rokan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI