Rabu, 11-07-2018 - 12:44:59 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Siak Jadi Percontohan Restorasi Gambut BRG RI | | Syamsuar ingin Milenial Riau Garap Ekonomi Syariah | | Siak Siap Kembangkan Lingkungan Berbasis Hidrologi Gambut | | Tempat Terbaik Mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) akhir 2019 | | Perpani Siak Raih 1 emas 7 perak dan 4 perunggu di Wirabraja Open 2019 | | Bupati Kepulauan Meranti, Menyampaikan Kritiknya Terhadap Gubernur Riau
 
Nyaleg, Empat Ketua KPU di Riau Mengundurkan Diri
Rabu, 11-07-2018 - 12:44:59 WIB

TERKAIT:
 
  • Nyaleg, Empat Ketua KPU di Riau Mengundurkan Diri
  •  

    PEKANBARU, DELIKRIAU - Gara-gara maju di pemilihan calon legislatif (Pilcaleg) 2019 mendatang empat ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Riau mengundurkan diri. Pengunduran diri itu kini sedang diproses KPU Riau.

    "Empat Ketua KPU kabupaten di Provinsi Riau mengikuti proses pencalonan legislatif untuk Pemilu 2019, sehingga mereka mundur dari jabatannya," kata Ketua KPU Riau, Nurhamin di Pekanbaru, Selasa (10/7/2018).

    Nurhamin menyebutkan empat orang yang mundur tersebut adalah, Agus Salim yang selama ini menjadi Ketua KPU Rokan Hilir, Suhaidi Ketua KPU Indragiri Hilir, Nasaruddin Ketua KPU Pelalawan dan Agus Salim Ketua KPU Siak.

    Ia menjelaskan dari empat surat pengajuan pengunduran diri yang masuk ke KPU Riau, dua diantaranya sudah di proses persetujuan pengunduran dirinya sedangkan dua lagi masih dalam proses karena memerlukan kajian.

    "Pengajuan dari KPU Inhil dan Siak sudah selesai pembuatan Surat Keputusannya (SK) non aktifnya,  sedangkan yang dua lagi yakni Rohil dan Pelalawan masih dikaji, karena kita perlu klarifikasi alasan pengundurannya," tutur Nurhamin.

    Kajian diperlukan karena ini erat kaitannya dengan keberlangsungan tugas KPU di masing wilayah yang ketuanya mengajukan pengunduran diri.

    Apalagi dikaitkan dengan proses pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 yang baru saja tuntas.
    Disebutkan Nurhamin, sehubungan dengan tugas ketua KPU Inhil dan Siak, pemberhentian itu sudah resmi dilaksanakan sebelum pleno tingkat kabupaten kemaren.

    "Kita tidak bisa menghalangi siapapun, karena mereka (ketua KPU-red) juga punya hak untuk memilih dan dipilih, karena itu diatur oleh undang undang," tegas dia.

    Selanjutnya untuk penentuan Pengganti Antar Waktu (PAW) Ketua KPU pada empat kabupaten, pihaknya juga akan melanjutkan proses diwaktu tidak lama lagi agar kinerja tak terganggu.

    Di tempat lain, Nahrawi SAg terpilih sebagai Ketua KPU Inhil menggantikan Suhaidi yang resmi mengundurkan diri sebagai Ketua KPU Inhil.

    Nahrawi terpilih dalam rapat pleno yang digelar oleh Komisioner KPU Inhil setelah dipilih oleh 4 orang Komisioner KPU Inhil yang ada pada saat ini.

    Namun pengangkatan Nahrawi belum resmi karena KPU Inhil masih menunggu SK dari KPU Provinsi Riau. “Belum, masih mau diurus (SK), tapi itu baru diusulkan ke provinsi disampaikan suratnya ke provinsi,” ujar Plt Ketua KPU Inhil, Muhammad Dong.

    Sementara itu Komisioner KPU Riau Divisi Hukum dan Pengawasan Ilham Yasir membenarkan saat ini tahapan bakal calon legislatif memasuki masa prakampanye sampai ditetapkannya Daftar Calon Tetap (DCT) September 2018 mendatang.

    Berdasarkan Surat Edaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI kegiatan sosialisasi yang diperbolehkan bagi partai politik hanya dua cara. Pertama melalui pemasangan bendera parpol, kedua konsolidasi internal seperti melakukan kegiatan Musyawarah Parpol baik Ranting atau cabang.

    "Yang tujuannya hanya mengumpulkan anggotanya (Konsolidasi Internal), bukan sosialisasi kepada masyarakat umum atau diluar anggotanya," kata Ilham.  (dr/int)





     
    Berita Lainnya :
  • Nyaleg, Empat Ketua KPU di Riau Mengundurkan Diri
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Perpani Siak Raih 1 emas 7 perak dan 4 perunggu di Wirabraja Open 2019
    02 Bupati Kepulauan Meranti, Menyampaikan Kritiknya Terhadap Gubernur Riau
    03 Tempat Terbaik Mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) akhir 2019
    04 Kabag Humas Meranti Bantah Tudingan Gubernur Riau
    05 LAKTA Enggan Memberikan Komentar
    06 Siak Siap Kembangkan Lingkungan Berbasis Hidrologi Gambut
    07 Kades Ngaso Didampingi Direktur BumDes Ngaso Mandiri Serahkan Dana Sosial
    08 Syamsuar ingin Milenial Riau Garap Ekonomi Syariah
    09 Siak Jadi Percontohan Restorasi Gambut BRG RI
    10 Kabag Humas Sekda Meranti Ikuti Rakornas Kehumasan dan Hukum Tahun 2019
    11 Mendagri Sebut Pelantikan Gubernur Riau Kemungkinan Tanggal 20 February 2019
    12 Jaring Masukan Perubahan RPJMD, Pemkab Siak Taja Forum Konsultasi Publik
    13 Infrastruktur Kabupaten Siak Masih Lebih Baik di Riau
    14 Peringati HPN 2019, Adik Raja Dangdut Sambangi IWO Kota Bekasi
    15 Eny Suryati Isak Tangis Ucapkan Terima Kasih Kepada Bupati Syamsuar
    16 Wakil Bupati Siak Optimis Tahun Ini Meraih Pringkat Nindya
    17 Festival Perang Air Meranti Raih Rekor MURI Kategori Peserta Terbanyak di Indonesia
    18 Musim Kemarau Lebih Awal, Minta Masyarakat Waspada Karhutla
    19 Wabup Meranti Lakukan Panen Raya di Desa Anak Setatah Kec. Rangsang Pesisir
    20 Bupati Kepulauan Meranti Buka Festival Perang Air 2019
    21 Perjuangkan Nasib Eks Honorer K2
    22 Turnamen Volly Ball Kades Cup I Di Ikuti 36 Club
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI