Sabtu, 23 Juni 2018
Follow Us ON :
 
 
| Mau Pindah Nyoblos? Begini Cara Urus Surat A5 di Kantor PPS | | Overkapasitas dan Cuaca Buruk Sebab Tenggelamnya Kapal di Danau Toba | | UAS Bakal Jadi Khatib Salat Idul Fitri di Kota Dumai | | Pemko Pekanbaru Tetapkan 400 Titik Lokasi Salat Idul Fitri | | BPBD Riau Waspadai Peningkatan Karhutla selama Lebaran | | 202 Kg Daging Gelonggongan Disita dari Penyuplai di Magelang
 
BPBD Riau Waspadai Peningkatan Karhutla selama Lebaran
Rabu, 13-06-2018 - 11:36:25 WIB

TERKAIT:
 
  • BPBD Riau Waspadai Peningkatan Karhutla selama Lebaran
  •  

    PEKANBARU, DELIKRIAU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengantisipasi peningkatan jumlah titik-titik api yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan sepanjang libur Lebaran 2018.

    Kepala Pelaksana BPBD Riau, Edwar Sanger kepada Antara di Pekanbaru, Rabu mengatakan liburan merupakan salah satu kesempatan bagi para pelaku untuk membakar lahan, yang tujuan utamanya membuka lahan pertanian dan perkebunan baru.

    "Untuk itu, disaat semua libur lebaran kami tetap bertugas dan fokus. Baik patroli pencegahan hingga penanggulangan," kata Edwar.

    Dia menjelaskan dalam beberapa kesempatan, kasus Karhutla di Provinsi Riau cenderung meningkat sepanjang momen liburan tiba. Mereka yang mayoritas warga pendatang membuka lahan dengan cara membakar disaat petugas dianggap lengah dalam melakukan patroli.

    Hal itu diakui oleh Edwar, sebagai salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh Satgas Karhtula yang terdiri dari berbagai instansi mulai dari TNI, Polri, BPBD, Pemprov Riau, BMKG hingga elemen masyarakat peduli api tersebut.

    Bahkan, beberapa hari menjelang libur lebaran atau dalam sepekan terakhir, BMKG mendeteksi lonjakan titik-titik api yang mengindikasikan Karhutla dengan tingkat kepercayaan diatas 70 persen.

    Menurut Edwar, hal itu tidak lepas dari kembali maraknya aksi pembakaran lahan yang diperparah dengan kondisi cuaca terik dengan penurunan curah hujan sepanjang Juni 2018 ini.

    Komandan Resor Militer 031 Wirabima, Brigjen Sonny Aprianto sebagai komandan Satgas Karhutla Riau menegaskan bahwa jajaran TNI maupun unsur pendukung lain dalam Satgas tetap akan siaga dan menjalankan tugas agar Riau bebas Karhutla sepanjang libur lebaran ini.

    "Seperti yang teman-teman lihat, saya masih bertugas begitu juga seluruh jajaran Satgas. Kita akan tetap bertugas meski saat momen libur lebaran," kata Sonny.

    Dalam sepekan terakhir, BMKG menemukan titik-titik api baru yang bermunculan di sejumlah daerah, terutama di wilayah pesisir Riau.

    BMKG memprediksi wilayah Riau kembali memasuki musim kemarau fase ke dua pada Juni 2018 ini. Prediksi tersebut kemudian menjadi salah satu alasan Pemerintah Provinsi Riau memperpanjang status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan hingga 30 November 2018 mendatang.

    Perpanjangan status tersebut selain mengantisipasi Karhutla, juga sebagai bagian dari upaya untuk mensukseskan pagelaran olahraga akbar se Asia, Asian Games 2018.

    Pemerintah Provinsi Riau sebelumnya telah menetapkan status Siaga Karhutla sejak 19 Februari 2018 lalu, dan berakhir pada 31 Mei 2018. Saat itu, penetapan status tersebut dilakukan setelah sebelumnya sebagian besar wilayah Riau mulai dilandar kebakaran hebat.

    Tercatat, seluas 1.870,96 hektare lahan di Provinsi Riau hangus terbakar sepanjang lima bulan pertama 2018 ini, dengan lima kabupaten diantaranya mengalami kebakaran dengan luas diatas 100 hektare.

    Kebakaran terluas terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti yang mencapai 896,61 hektare. Setelah Meranti, Kabupaten Bengkalis menjadi wilayah ke dua dengan luas lahan terparah yang hangus terbakar sepanjang musim kemarau periode pertama 2018 dengan total lahan mencapai 345,5 hektare.

    Kabupaten Siak menempati posisi ke tiga dengan luas lahan terbakar mencapai 131,5 hektare, selanjutnya diikuti Kabupaten Indragiri Hulu 128,5 hektare serta Kota Dumai 120 hektare.(dr/int)





     
    Berita Lainnya :
  • BPBD Riau Waspadai Peningkatan Karhutla selama Lebaran
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Mau Pindah Nyoblos? Begini Cara Urus Surat A5 di Kantor PPS
    02 Overkapasitas dan Cuaca Buruk Sebab Tenggelamnya Kapal di Danau Toba
    03 UAS Bakal Jadi Khatib Salat Idul Fitri di Kota Dumai
    04 Pemko Pekanbaru Tetapkan 400 Titik Lokasi Salat Idul Fitri
    05 BPBD Riau Waspadai Peningkatan Karhutla selama Lebaran
    06 202 Kg Daging Gelonggongan Disita dari Penyuplai di Magelang
    07 Diskes Riau Pastikan Pemegang BPJS Kesehatan Bebas Gunakan Kartu Selama Lebaran
    08 Walau Embarkasi Haji Antara Belum Jelas, Persiapan JCH Riau Tidak Terganggu
    09 160 Warga Binaan Rutan Teluk Kuantan Diusulkan Terima Remisi Idul Fitri 1439
    10 Pesan Kadishub Riau ke Pemudik: Jika Capek Berhenti di Rest Area
    11 81 Ribu Lampu Colok Terangi Bengkalis di Festival Malam 27 Ramadan
    12 Spanduk Tol Jokowi Dikomentari Pedas oleh Gerindra
    13 Pilgubri, Warga Diingatkan Tak Pilih Kucing dalam Karung
    14 Lonjakan Penumpang Tanjung Harapan Selatpanjang Capai 100 Persen
    15 LSM Tindak Lanjuti Dugaan Mark Up Proyek IPAL Rohul
    16 Pererat Silaturrahmi, Kades Ngaso Ujung Batu dan Tokoh Masyarakat Buka Puasa Bersama
    17 Kapolda Riau Sidak Pasar Hingga Pos Pengamanan
    18 Hari Ini 45 Hotspot Terdeteksi di Sumatra
    19 PAD Sektor PBB di Rohil Masih Minim
    20 Bejat Betul! Ayah di Pelalawan Perkosa Anak Kandung. Terkuak saat Lapor Ibu
    21 Layani Arus Mudik-Balik Bengkalis, 446 Personel Disiagakan di Sembilan Pos
    22 Motor Rakitan Indonesia Laris di Luar Negeri
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI