Rabu, 04-09-2019 - 12:24:01 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Gubernur Riau Bersama Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Karhutla di Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pela | | Apul Sihombing Besok Akan Ambil Formulir Pendaftaran Di Kantor PDI Untuk Pencalonan Pilkada Pelalawa | | Bupati Meranti Pembina Upacara Hari Kesadaran Nasional dan Perhubungan Tahun 2019 | | Bupati Meranti Buka Diklat BST Angkatan XXV Gelombang V Tahun 2019 | | Bupati Alfedri Buka Musda III IKMR Kabupaten Siak | | Kapolri dan Panglima TNI Patroli Udara Tinjau Karhutla Di Kab Pelalawan
 
Menristek Dikti Resmikan Gedung Labiratorium Kultur Milik PT. RAPP
Rabu, 04-09-2019 - 12:24:01 WIB

TERKAIT:
 
  • Menristek Dikti Resmikan Gedung Labiratorium Kultur Milik PT. RAPP
  •  

    PELALAWAN, DELIKRIAU - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof,H.Muhammad Nasir. PhDAk, resmikan Gedung Laboratorium Kultur Jaringan atau Kerinci Tissue Culture Laboratory milik PT Riau Andalan Pulo and paper (RAPP), Minggu (1/09/2019)

    Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof,H.Muhammad Nasir, dalam sambutannya mengatakan kulture jaringan adalah salah satu riset yang perlu terus dikembangkan. Para peneliti menjadi aset yang sangat penting. Merekalah yang berperan dalam inovasi untuk meningkatkan produksi dengan luas lahan yang sama. Hal inilah yang dapat dicapai lewat riset seperti kultur jaringan ini.

    "Riset adalah tantangan kita masa depan dan perlu kita dorong. Dan laboratorium ini bisa mendukung perusahaan lebih baik lagi," jelas M. Nasir.

    Lebih lanjut M Nasir mrnyampaikan Gedung Laboratorium Kultur Jaringan Kerinci atau Kerinci Tissue Culture (KTC) Laboratory merupakan fasilitas produksi tanaman eukaliptus dengan teknologi kultur jaringan. Teknologi kultur jaringan dapat meningkatkan jumlah produksi bibit tanaman eukaliptus secara lebih efektif dan efisien untuk penanaman skala besar karena dapat diproduksi bersamaan dalam waktu singkat.

    "Kultur jaringan sebagai bagian dari Departemen Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) Department RAPP (APRIL Group) fokus dalam melakukan berbagai penelitian untuk mengembangkan bibit berkualitas unggul sebelum ditanam," terang Nasir.

    Selajutnya Direktur Operasional Support PT RAPP, Ali Shabri menambahkan Departemen R&D didukung 125 peneliti yang meneliti dan menyeleksi klon atau benih terbaik guna menemukan bibit unggul dengan karakter yang cepat tumbuh, tahan terhadap hama dan penyakit, serta memiliki sifat kayu yang cocok dengan kebutuhan industri.

    “Setelah mendapatkan benih terbaik, fasilitas Laboratorium Kultur Jaringan Kerinci yang baru ini akan memperbanyak bibit terbaik sehingga proses penanaman hingga pemanenan kami akan lebih efektif dan efisien,” ujar Ali Shabri selaku Direktur Operasional Support PT RAPP.

    Kemudian Ali Shabri menjelaskan RAPP berinvestasi hingga 5 juta dollar AS untuk pembangunan fasilitas KTC ini. Proses kegiatan produksi bibit eukaliptus yang diawali dengan pembuatan media yang digunakan untuk tahap multiplikasi, elongasi dan perakaran.

    Dalam tahap multiplikasi para pekerja yang mayoritas perempuan memperbanyak tunas eukaliptus dilanjutkan dengan tahap elongasi hingga batang tunas tumbuh tinggi. Pada tahap akhir, tanaman tersebut diinduksi untuk membentuk akar. Selanjutnya tanaman tersebut dipelihara diruangan dimana suhu, kelembaban dan pencahayaan dikendalikan dengan baik agar tanaman dapat beradaptasi di ruangan terbuka.

    “Seluruh ruangan dan pekerja yang berada di New KTC harus selalu dalam keadaan steril agar kualitas bibit eukaliptus yang dihasilkan melalui metode kultur jaringan ini dapat terjaga,” lanjut Ali.

    Kerinci Tissue Culture memiliki fasilitas 16 growth room yang dapat memproduksi sebanyak 36 juta bibit eukaliptus per tahun.

    Grup APRIL adalah produsen fiber, pulp dan kertas terkemuka yang beroperasi di Provinsi Riau, Indonesia. Kami berkomitmen terhadap keberlanjutan dalam berbisnis serta di lanskap yang lebih luas di mana kami beroperasi.

    Di bawah model perlindungan produksi, kami mengadopsi tujuan 1-untuk-1 dimana setiap satu hektar hutan tanam, kami melakukan konservasi dan restorasi 1 hektar ekosistem hutan alam dan telah berhasil memulihkan sekitar 370.000 hektar hutan, termasuk proyek restorasi lahan gambut terbesar di Indonesia. (Dav)



     
    Berita Lainnya :
  • Menristek Dikti Resmikan Gedung Labiratorium Kultur Milik PT. RAPP
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Apul Sihombing Besok Akan Ambil Formulir Pendaftaran Di Kantor PDI Untuk Pencalonan Pilkada Pelalawa
    02 Bupati Meranti Pembina Upacara Hari Kesadaran Nasional dan Perhubungan Tahun 2019
    03 Bupati Meranti Buka Diklat BST Angkatan XXV Gelombang V Tahun 2019
    04 Gubernur Riau Bersama Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Karhutla di Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pela
    05 Kapolri dan Panglima TNI Patroli Udara Tinjau Karhutla Di Kab Pelalawan
    06 Bupati Alfedri Buka Musda III IKMR Kabupaten Siak
    07 Bentuk Peduli POLRI, Sat Lantas Polres Siak Bagikan Masker Gratis Kepada Masyarakat Kabupaten Siak
    08 Kodim 0321 Rohil Berjibaku Memadamkan Karhutla
    09 Bupati Alfedri Buka Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Siak tahun 2019
    10 Bupati Siak Ajak Masyarakat Renungi Pergantian Tahun Baru Islam
    11 MTQ Ke XVIII Tahun 2019, Resmi di Buka oleh Wabup H. Zardewan
    12 Menjelang Fenomena GMC, Pemkab Siak dan LAPAN adakan pertemuan
    13 Bupati Harris Resmikan Kantor Kas Bank Riau Kepri di Teluk Meranti
    14 54 Bakal Calon Penghulu Mengikuti Seleksi Tes
    15 Akibat Kabut Asap, Sekolah di Liburkan
    16 Ketua PABHR : Cabut izin perusahaan yang lalai menjaga lahannya dari kebakaran hutan dan lahan
    17 Bupati Alfedri, Berharap Turun Hujan Agar Jelang TDSi Di Mulai Asap Tidak Muncul
    18 Bumi Siak Pusako dan Melayu Bangkit Energi Bertemu, Jajaki Peluang Kerjasama Migas
    19 Parah...Diduga Klinik Pratama Kasih Ibu Bekerja Tidak Sesuai SOP Medis
    20 Bayi Perempuan Baru Lahir Tidak Memiliki Lobang Anus
    21 Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtera Berharap Dukungan Dari Pemda Pelalawan
    22 Wabup Pelalawan Zardewan Buka Acara Sosialisasi Pelaksana Pengelola Informasi dan Dokumentasi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI