Rabu, 04-09-2019 - 12:24:01 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Wakil Ketua DPRD Siak Fairus Meninjau Langsung SDN Teluk Rimba | | Ekspose Kasus Narkoba Polres Rohul Ungkap 30 Kasus Pelaku 40 Orang | | Pemkab Rohil Kembangkan Sektor Pertanian, Angkat Perekononian Masyarakat | | Pembagunan Insfratruktur Jalan Dan Jembatan Daerah Pesisir Menjadi Skala Prioritas Pemkab Rohil | | Hj. Sri Rahayu terpilih Ketua Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam | | Reses Perdana Suryono, Warga Minas Barat Keluhkan Pengadaan Sarana Pendidikan Dan Air Bersih
 
Menristek Dikti Resmikan Gedung Labiratorium Kultur Milik PT. RAPP
Rabu, 04-09-2019 - 12:24:01 WIB

TERKAIT:
 
  • Menristek Dikti Resmikan Gedung Labiratorium Kultur Milik PT. RAPP
  •  

    PELALAWAN, DELIKRIAU - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof,H.Muhammad Nasir. PhDAk, resmikan Gedung Laboratorium Kultur Jaringan atau Kerinci Tissue Culture Laboratory milik PT Riau Andalan Pulo and paper (RAPP), Minggu (1/09/2019)

    Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof,H.Muhammad Nasir, dalam sambutannya mengatakan kulture jaringan adalah salah satu riset yang perlu terus dikembangkan. Para peneliti menjadi aset yang sangat penting. Merekalah yang berperan dalam inovasi untuk meningkatkan produksi dengan luas lahan yang sama. Hal inilah yang dapat dicapai lewat riset seperti kultur jaringan ini.

    "Riset adalah tantangan kita masa depan dan perlu kita dorong. Dan laboratorium ini bisa mendukung perusahaan lebih baik lagi," jelas M. Nasir.

    Lebih lanjut M Nasir mrnyampaikan Gedung Laboratorium Kultur Jaringan Kerinci atau Kerinci Tissue Culture (KTC) Laboratory merupakan fasilitas produksi tanaman eukaliptus dengan teknologi kultur jaringan. Teknologi kultur jaringan dapat meningkatkan jumlah produksi bibit tanaman eukaliptus secara lebih efektif dan efisien untuk penanaman skala besar karena dapat diproduksi bersamaan dalam waktu singkat.

    "Kultur jaringan sebagai bagian dari Departemen Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) Department RAPP (APRIL Group) fokus dalam melakukan berbagai penelitian untuk mengembangkan bibit berkualitas unggul sebelum ditanam," terang Nasir.

    Selajutnya Direktur Operasional Support PT RAPP, Ali Shabri menambahkan Departemen R&D didukung 125 peneliti yang meneliti dan menyeleksi klon atau benih terbaik guna menemukan bibit unggul dengan karakter yang cepat tumbuh, tahan terhadap hama dan penyakit, serta memiliki sifat kayu yang cocok dengan kebutuhan industri.

    “Setelah mendapatkan benih terbaik, fasilitas Laboratorium Kultur Jaringan Kerinci yang baru ini akan memperbanyak bibit terbaik sehingga proses penanaman hingga pemanenan kami akan lebih efektif dan efisien,” ujar Ali Shabri selaku Direktur Operasional Support PT RAPP.

    Kemudian Ali Shabri menjelaskan RAPP berinvestasi hingga 5 juta dollar AS untuk pembangunan fasilitas KTC ini. Proses kegiatan produksi bibit eukaliptus yang diawali dengan pembuatan media yang digunakan untuk tahap multiplikasi, elongasi dan perakaran.

    Dalam tahap multiplikasi para pekerja yang mayoritas perempuan memperbanyak tunas eukaliptus dilanjutkan dengan tahap elongasi hingga batang tunas tumbuh tinggi. Pada tahap akhir, tanaman tersebut diinduksi untuk membentuk akar. Selanjutnya tanaman tersebut dipelihara diruangan dimana suhu, kelembaban dan pencahayaan dikendalikan dengan baik agar tanaman dapat beradaptasi di ruangan terbuka.

    “Seluruh ruangan dan pekerja yang berada di New KTC harus selalu dalam keadaan steril agar kualitas bibit eukaliptus yang dihasilkan melalui metode kultur jaringan ini dapat terjaga,” lanjut Ali.

    Kerinci Tissue Culture memiliki fasilitas 16 growth room yang dapat memproduksi sebanyak 36 juta bibit eukaliptus per tahun.

    Grup APRIL adalah produsen fiber, pulp dan kertas terkemuka yang beroperasi di Provinsi Riau, Indonesia. Kami berkomitmen terhadap keberlanjutan dalam berbisnis serta di lanskap yang lebih luas di mana kami beroperasi.

    Di bawah model perlindungan produksi, kami mengadopsi tujuan 1-untuk-1 dimana setiap satu hektar hutan tanam, kami melakukan konservasi dan restorasi 1 hektar ekosistem hutan alam dan telah berhasil memulihkan sekitar 370.000 hektar hutan, termasuk proyek restorasi lahan gambut terbesar di Indonesia. (Dav)



     
    Berita Lainnya :
  • Menristek Dikti Resmikan Gedung Labiratorium Kultur Milik PT. RAPP
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ekspose Kasus Narkoba Polres Rohul Ungkap 30 Kasus Pelaku 40 Orang
    02 Pemkab Rohil Kembangkan Sektor Pertanian, Angkat Perekononian Masyarakat
    03 Pembagunan Insfratruktur Jalan Dan Jembatan Daerah Pesisir Menjadi Skala Prioritas Pemkab Rohil
    04 Reses Perdana Suryono, Warga Minas Barat Keluhkan Pengadaan Sarana Pendidikan Dan Air Bersih
    05 Wakil Ketua DPRD Siak Fairus Meninjau Langsung SDN Teluk Rimba
    06 Hj. Sri Rahayu terpilih Ketua Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam
    07 Anggota DPRD Siak, H Roman Reses Perdana Serap Aspirasi Masyarakat Kampung Sialang Sakti
    08 Tahun Depan, SMA Dan SMK Negeri Di Riau Gratis
    09 Anggota DPRD SIAK Suryono Sambangi Korban Kebakaran Di Minas
    10 Anggota DPRD Siak Suryono Jemput Aspirasi Warga Ke-pedalaman Kampung Mandiangin
    11 Dana Desa, Sangat Membantu Pembangunan Dan Perekonomian Masyarakat Desa Pagaran Tapah
    12 Ratusan Kendaraan Terjaring Operasi Zebra Di Kecamatan Bunga Raya
    13 Bupati Siak Buka Kegiatan Pembinaan Kampung KB Di Kecamatan Koto Gasib
    14 Bupati Alfedri Tinjau Persiapan Pembangunan Jalan Teluk Lanus – Tanjung Buton
    15 Bupati Siak Gelar Penanaman Ubi Casesa Perdana Bersama BAZNAS dikampung Bonsur Kecamatan Sungai Apit
    16 24 Pelaku Narkoba Ditangkap Dalam Sebulan, Dua Diantaranya Petugas RSUD Siak
    17 Banjir Mulai Mengenangi Rumah Warga Di Sejumlah Kota Bagansiapiapi
    18 DPD Partai Nasdem Rohil Gelar Penyampaian Visi dan Misi Balon Bupati dan Wakil Bupati Rohil Tahun 20
    19 Mester Hamzah Serius Calon Wabup Siak, Berusaha Meyakinkan Parpol
    20 Kabid Tata Lingkungan DLH Sosialisasikan Program KLIPing MANTAP
    21 Neil Antariksa Pimpin Upacara Sumpah Pemuda
    22 Kajari Pelalawan Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI