Kamis, 05-09-2019 - 16:02:10 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Gubernur Riau Bersama Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Karhutla di Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pela | | Apul Sihombing Besok Akan Ambil Formulir Pendaftaran Di Kantor PDI Untuk Pencalonan Pilkada Pelalawa | | Bupati Meranti Pembina Upacara Hari Kesadaran Nasional dan Perhubungan Tahun 2019 | | Bupati Meranti Buka Diklat BST Angkatan XXV Gelombang V Tahun 2019 | | Bupati Alfedri Buka Musda III IKMR Kabupaten Siak | | Kapolri dan Panglima TNI Patroli Udara Tinjau Karhutla Di Kab Pelalawan
 
Diskominfo Pelalawan Lakukan Reformasi Tata Kelola Tik
Kamis, 05-09-2019 - 16:02:10 WIB

TERKAIT:
 
  • Diskominfo Pelalawan Lakukan Reformasi Tata Kelola Tik
  •  

    PELALAWAN, DELIKRIAU - Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo) terus berbenah dan melakukan terobosan di dalam merealisasikan program yang tertuang di dalam 7 Program Strategis untuk mewujudkan pelalawan emas di Kabupaten Pelalawan.

    Masuk Dalam 25 Kabupaten dan Kota se Indonesia dalam Gerakan Menuju 100 Smart City, dalam tahun 2019 ini Diskominfo telah membuat tahapan-tahapan dalam implementasi smart city yang lebih terarah, terukur, dan optimal mulai dari perencanaan, implementasi, hingga sosialisasi ke masyarakat.

    Hal demikian disampaikan oleh Plt. Kadiskominfo Hendri Gunawan di dampingi oleh Kabid Pengelolaan Infrastruktur dan Layanan E-Government Saud Abdillah, Kamis (05/09/209) saat  di wawancarai  di ruang kerjanya, kabupaten Pelalawan, Riau.

    Plt. Kadiskominfo, Hendri Gunawan membuka pembicaraan dengan mengatakan implementasi smart city yang  di lakukan melalui data dan informasi pemerintah daerah dari berbagai sumber seperti aplikasi ataupun data dari OPD terkait akan terintegrasi dalam satu platform yang disimpan pada satu database sehingga data yang disimpan dan disajikan akan lebih valid dan reliable.

    "Guna mendukung itu semua akhir tahun 2019 ini Diskominfo akan membangun Command Center di Kantor Bupati Pelalawan, tahapan awal yang dilakukan dengan melakukan renovasi ruangan, memaksimalkan apa yang ada sesuai kondisi keuangan pemda, dan pada tahun 2020 kedepan sudah beroperasi penuh terhadap pelayanan kepada masyarakat," ungkap Hendri.

    Terkait Infrastruktur dan koneksi internet Kabid Kabid Pengelolaan Infrastruktur dan Layanan E-Government Saud Abdillah menambahkan untuk infrastruktur di kecamatan Diskominfo akhir tahun ini juga akan melakukan pemasangan internet diseluruh kantor kecamatan se kabupaten pelalawan dan saat ini sudah ada 2 kecamatan yang telah di support oleh diskominfo, yaitu kecamatan Bunut dan Langgam, sedangkan Kecamatan Pelalawan dalam progress pengerjaan dimana ditargetkan seluruh Kantor Kecamatan di awal Bulan November 2019 sudah berfungsi maksimal.

    "Seluruh jaringan internet yang dibangun di kantor kecamatan akan terintegrasi langsung di Diskominfo, yang kami harapkan disini fasilitas internet tersebut dapat memudahkan pelayanan di kantor kecamatan, seperti keuangan, catatan sipil, perijinan, dan pelayanan lainnya," jelas Saud.

    Lebih lanjut Saud Abdillah mengatakan bahwa adapun skema yang dipakai untuk Internet di Kantor Kecamatan ini memanfaatkan provider internet lokal berlisensi nasional untuk distribusi Internet nya, setelah adanya negosisasi dan terciptanya win solution jadi pihak provider hanya menyediakan jalur/Link dan Diskominfo menyediakan bandwidth internetnya, skema ini dikenal dengan istilah layanan metro ethernet.

    "Jadi nya infrastruktur, pemeliharaan, dan jaminan ketersediaan koneksi menjadi tanggung jawab provider tersebut, dengan SLA ( Service Level Agreement) 95 %, kemudian di depan kantor Kecamatan tersebut akan ada juga fasilitas free Internet untuk masyarakat (Free Wifi Publik) yang jadwal operasionalnya dari jam 16.00 WIB s/d 22.00 WIB yang semua peralatannya di support oleh provider internet tersebut," jelas Saud Abdillah.

    Di akhir perbincangan Saud melanjutkan seluruh skema ini praktis dan pastinya sangat menguntungkan Pemerintah Daerah dalam pengalokasian anggaran, dalam hal ini pemda tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk membangun infrastruktur di tambah lagi geografis daerah Kabupaten Pelalawan ini sangat luas dan tentunya akan menguras anggaran yang besar pula.

    Plt. Kadiskominfo Hendri Gunawan optimis dengan kejutan demi kejutan dan Inovasi akan terus di lakukan oleh Diskominfo menjawab tantangan dari pimpinan Bupati Pelalawan, karena semua itu bermuara pada pelayanan publik prima sesuai dengan Program Pelalawan Emas.  (Dav)



     
    Berita Lainnya :
  • Diskominfo Pelalawan Lakukan Reformasi Tata Kelola Tik
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Apul Sihombing Besok Akan Ambil Formulir Pendaftaran Di Kantor PDI Untuk Pencalonan Pilkada Pelalawa
    02 Bupati Meranti Pembina Upacara Hari Kesadaran Nasional dan Perhubungan Tahun 2019
    03 Bupati Meranti Buka Diklat BST Angkatan XXV Gelombang V Tahun 2019
    04 Gubernur Riau Bersama Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Karhutla di Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pela
    05 Kapolri dan Panglima TNI Patroli Udara Tinjau Karhutla Di Kab Pelalawan
    06 Bupati Alfedri Buka Musda III IKMR Kabupaten Siak
    07 Bentuk Peduli POLRI, Sat Lantas Polres Siak Bagikan Masker Gratis Kepada Masyarakat Kabupaten Siak
    08 Kodim 0321 Rohil Berjibaku Memadamkan Karhutla
    09 Bupati Alfedri Buka Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Siak tahun 2019
    10 Bupati Siak Ajak Masyarakat Renungi Pergantian Tahun Baru Islam
    11 MTQ Ke XVIII Tahun 2019, Resmi di Buka oleh Wabup H. Zardewan
    12 Menjelang Fenomena GMC, Pemkab Siak dan LAPAN adakan pertemuan
    13 Bupati Harris Resmikan Kantor Kas Bank Riau Kepri di Teluk Meranti
    14 54 Bakal Calon Penghulu Mengikuti Seleksi Tes
    15 Akibat Kabut Asap, Sekolah di Liburkan
    16 Ketua PABHR : Cabut izin perusahaan yang lalai menjaga lahannya dari kebakaran hutan dan lahan
    17 Bupati Alfedri, Berharap Turun Hujan Agar Jelang TDSi Di Mulai Asap Tidak Muncul
    18 Bumi Siak Pusako dan Melayu Bangkit Energi Bertemu, Jajaki Peluang Kerjasama Migas
    19 Parah...Diduga Klinik Pratama Kasih Ibu Bekerja Tidak Sesuai SOP Medis
    20 Bayi Perempuan Baru Lahir Tidak Memiliki Lobang Anus
    21 Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtera Berharap Dukungan Dari Pemda Pelalawan
    22 Wabup Pelalawan Zardewan Buka Acara Sosialisasi Pelaksana Pengelola Informasi dan Dokumentasi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI