Kamis, 05-09-2019 - 16:02:10 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Bupati Alfedri Resmikan Bumkam Mart di Kampung Rantau Bertuah Siak | | Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet Siap Maju Calon Bupati Bengkalis | | Pimpin Apel Pagi Bersama Jelang Purnabakti, Sekda T.S. Hamzah | | Mediasi Antara Beberapa Orang Warga Dusun Sri Mersing Dengan Toga Siregar Berjalan Alot | | Unit Simpan Pinjam Selari Mandiri Gelar Bagi Hasil Tahun 2019 | | STQ Ke VII Desa Liang Banir Resmi Ditutup, Juara Umum Dipegang Dusun Pangkalan Rambai
 
Diskominfo Pelalawan Lakukan Reformasi Tata Kelola Tik
Kamis, 05-09-2019 - 16:02:10 WIB

TERKAIT:
 
  • Diskominfo Pelalawan Lakukan Reformasi Tata Kelola Tik
  •  

    PELALAWAN, DELIKRIAU - Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo) terus berbenah dan melakukan terobosan di dalam merealisasikan program yang tertuang di dalam 7 Program Strategis untuk mewujudkan pelalawan emas di Kabupaten Pelalawan.

    Masuk Dalam 25 Kabupaten dan Kota se Indonesia dalam Gerakan Menuju 100 Smart City, dalam tahun 2019 ini Diskominfo telah membuat tahapan-tahapan dalam implementasi smart city yang lebih terarah, terukur, dan optimal mulai dari perencanaan, implementasi, hingga sosialisasi ke masyarakat.

    Hal demikian disampaikan oleh Plt. Kadiskominfo Hendri Gunawan di dampingi oleh Kabid Pengelolaan Infrastruktur dan Layanan E-Government Saud Abdillah, Kamis (05/09/209) saat  di wawancarai  di ruang kerjanya, kabupaten Pelalawan, Riau.

    Plt. Kadiskominfo, Hendri Gunawan membuka pembicaraan dengan mengatakan implementasi smart city yang  di lakukan melalui data dan informasi pemerintah daerah dari berbagai sumber seperti aplikasi ataupun data dari OPD terkait akan terintegrasi dalam satu platform yang disimpan pada satu database sehingga data yang disimpan dan disajikan akan lebih valid dan reliable.

    "Guna mendukung itu semua akhir tahun 2019 ini Diskominfo akan membangun Command Center di Kantor Bupati Pelalawan, tahapan awal yang dilakukan dengan melakukan renovasi ruangan, memaksimalkan apa yang ada sesuai kondisi keuangan pemda, dan pada tahun 2020 kedepan sudah beroperasi penuh terhadap pelayanan kepada masyarakat," ungkap Hendri.

    Terkait Infrastruktur dan koneksi internet Kabid Kabid Pengelolaan Infrastruktur dan Layanan E-Government Saud Abdillah menambahkan untuk infrastruktur di kecamatan Diskominfo akhir tahun ini juga akan melakukan pemasangan internet diseluruh kantor kecamatan se kabupaten pelalawan dan saat ini sudah ada 2 kecamatan yang telah di support oleh diskominfo, yaitu kecamatan Bunut dan Langgam, sedangkan Kecamatan Pelalawan dalam progress pengerjaan dimana ditargetkan seluruh Kantor Kecamatan di awal Bulan November 2019 sudah berfungsi maksimal.

    "Seluruh jaringan internet yang dibangun di kantor kecamatan akan terintegrasi langsung di Diskominfo, yang kami harapkan disini fasilitas internet tersebut dapat memudahkan pelayanan di kantor kecamatan, seperti keuangan, catatan sipil, perijinan, dan pelayanan lainnya," jelas Saud.

    Lebih lanjut Saud Abdillah mengatakan bahwa adapun skema yang dipakai untuk Internet di Kantor Kecamatan ini memanfaatkan provider internet lokal berlisensi nasional untuk distribusi Internet nya, setelah adanya negosisasi dan terciptanya win solution jadi pihak provider hanya menyediakan jalur/Link dan Diskominfo menyediakan bandwidth internetnya, skema ini dikenal dengan istilah layanan metro ethernet.

    "Jadi nya infrastruktur, pemeliharaan, dan jaminan ketersediaan koneksi menjadi tanggung jawab provider tersebut, dengan SLA ( Service Level Agreement) 95 %, kemudian di depan kantor Kecamatan tersebut akan ada juga fasilitas free Internet untuk masyarakat (Free Wifi Publik) yang jadwal operasionalnya dari jam 16.00 WIB s/d 22.00 WIB yang semua peralatannya di support oleh provider internet tersebut," jelas Saud Abdillah.

    Di akhir perbincangan Saud melanjutkan seluruh skema ini praktis dan pastinya sangat menguntungkan Pemerintah Daerah dalam pengalokasian anggaran, dalam hal ini pemda tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk membangun infrastruktur di tambah lagi geografis daerah Kabupaten Pelalawan ini sangat luas dan tentunya akan menguras anggaran yang besar pula.

    Plt. Kadiskominfo Hendri Gunawan optimis dengan kejutan demi kejutan dan Inovasi akan terus di lakukan oleh Diskominfo menjawab tantangan dari pimpinan Bupati Pelalawan, karena semua itu bermuara pada pelayanan publik prima sesuai dengan Program Pelalawan Emas.  (Dav)



     
    Berita Lainnya :
  • Diskominfo Pelalawan Lakukan Reformasi Tata Kelola Tik
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bupati Alfedri Resmikan Bumkam Mart di Kampung Rantau Bertuah Siak
    02 Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet Siap Maju Calon Bupati Bengkalis
    03 Mediasi Antara Beberapa Orang Warga Dusun Sri Mersing Dengan Toga Siregar Berjalan Alot
    04 Unit Simpan Pinjam Selari Mandiri Gelar Bagi Hasil Tahun 2019
    05 STQ Ke VII Desa Liang Banir Resmi Ditutup, Juara Umum Dipegang Dusun Pangkalan Rambai
    06 Pimpin Apel Pagi Bersama Jelang Purnabakti, Sekda T.S. Hamzah
    07 Terkait 5 Desa, Bupati Kampar : Lima Desa Sudah Sah Masuk Wilayah Kampar
    08 IKST gelar Pendidikan dan Pelatihan Kerajinan Tangan Untuk Perempuan
    09 PT BDP Rencanakan Pembuatan Tug Boat Sebanyak Dua Unit
    10 Jalan Di Desa Bandar Jaya Masuk Usulan Pembangunan
    11 Bupati Kampar Sidak Pelayanan Kependudukan Di Diskdukcapil
    12 Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum
    13 Kades Gagal Dilantik, Komisi 1 DPRD Siak Gelar Hearing Bersama DPMK, Kabag Hukum dan Camat
    14 Bupati Amril Mukminin Dan Kasmarni Ditabalkan Menjadi Datuk Seri Setia Amanah Junjungan Negeri
    15 Mantan Kades Bukit Batu Resmi Ditahan Kejari Bengkalis
    16 LSM Penjara Minta Kejari Usut Penggunaan dan Peruntukan Dana KONI Bengkalis 2019
    17 Masyarakat Rupat Menyambut Antusias Nur Azmi Hashim Balon Wakil Bupati Favorit dari Kalangan Politis
    18 Antuasias Pecinta RX-King Senusantara Menghadiri Acara Anniversary Satu Dekade KRC-Riau
    19 BAZNAS Kab Bengkalis Umumkan Kelulusan Peserta Da'i Pesisir
    20 Anggota DPR RI Drs.H.Achmad, M.Si Hadiri Resepsi Pernikahan Yudi/Suci
    21 Polsek Tapung Hulu Kembali Ciduk 2 Orang Diduga Pengedar Shabu di 2 Lokasi Berbeda Kabupaten Rohul
    22 Diskominfotik Dan BKPP Gelar Rapat Rencana Penerapan SKP Daring Tahun 2020
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI