Sabtu, 07-09-2019 - 16:45:50 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Ditetapkan Sebagai Calon Ketua DPRD, Sekda Meranti Ucapkan Selamat Kepada Jack Ardiansyah | | Wabup Meranti Lantik 4 Kades di Kec. Rangsang Pesisir dan Hadiri Pelantikan Pengurus LAM | | Fun Bike Ikut Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Rohil ke-20 | | Bupati Suyatno Membuka Langsung Perlombaan Mancing | | Abd Arifin Gugat Balai TNTN Praktisi Hukum Apul Sihombing, SH,MH Demi Hukum Penyidik Hentikan Penyid | | Sepakat Bersama Cegah dan Lawan Karhutla
 
Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtera Berharap Dukungan Dari Pemda Pelalawan
Sabtu, 07-09-2019 - 16:45:50 WIB

TERKAIT:
 
  • Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtera Berharap Dukungan Dari Pemda Pelalawan
  •  

    PELALAWAN, DELIKRIAU - Kelompok tani Saung Tanjung Pulau Sejahtera, desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk meranti ini pantas mendapatkan apresiasi, melihat hasil panen kelompok tani persawahan ini, dimana dalam kurun waktu satu tahun bisa mencapai 3 kali panen. Dengan hasil per hektarnya bisa mencapai  8.7 ton. Maka dari itu  kelompok tani ini perlu didukung dan diberdayakan  oleh pemerintah  Daerah karna ini bisa menjadi salah satu penghasil  suasembada pangan untuk Kabupaten Pelalawan 

    Penasehat Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtra, Amirudin kepada awak media Sabtu (07/09/2019) menjelaskan tentang Sejarah lahan  kelompok tani ini awal dibuka nya sebelumnya adalah hutan.

    "Maka kami bersama dengan anggota kelompok tani dengan bantuan alat berat eksepator dari pemerintah Kab Pelalawan yang di pasilitasi  oleh  Bpk H. Suprianto Sp, sewaktu masih menjabat sebagai wakil Ketua DPRD Kab Pelalawan yang juga sekaligus  sebagai pembina kelompok tani Tanjung Pulai Sejahtera, sehingga  kelompok tani persawahan ini bisa menjadi seperti sekarang ini," jelas Amirudin.
             
    Lebih lanjut Amirudin menambahkan awalnya lahan ini sebelum di garap menjadi persawahan kondisinya adalah hutan lalu kami buka untuk kami jadikan lahan pertanian dengan dukungan dari pembina kelompok tani, H Suprianto Sp, dalam proses pembukaan kelompok tani persawahan ini kami sering menghadapi intimidasi dari pihak PT ARARABADI, pihak perusahaan ini megklaim bahwah lahan tersebut milik PT Ararabadi dengan tujuan agar  kami jangan mengerjakan lahan tetsebut.

    "Tapi kami akan tetap maju sebab kami tahu dulunya hutan ini di tempati oleh masyarakat ada sekitar 10 kk yang sudah bermukim  disini Sejak tahun 1908.
    Nah...dengan dasar sejarah inilah kami memberanikan diri untuk membuka hutan ini menjadi lahan pertanian padi, dalam proses pembukaan kelompok tani persawahan ini Kami dibantu oleh pemerintah untuk  membuka hutan ini dengan alat berat dan kami diberikan minyak solar untuk alat berat ini pak. Sehingga lahan ini sudah terbuka ada sekitar 35 hektar. Rencana kami kedepannya  lahan pertanian yang akan kami buka sekitar 135 hektar, 100 hektar untuk lahan pertanian padi, dan 35 hektar untuk lahan tanaman muda seperti sayur- sayuran dan kacang- kacangan. Dan  saat ini Jumlah anggota kelompok tani saung Tanjung pulai sejahtra ada 86 orang," terangnya.

    Ketua kelompok tani saung tanjung pulai sejahtera, Medi menambahkan kepada awak media dan pada saat pertemuan itu juga dihadiri oleh ketua Indonesia duta lingkungan hidup (IDLH) Pranseda Simanjuntak. S.H bahwa aliran sungai Merawang yang mereka pakai untuk mengalirkan air kepersawahan mereka sedang mengalami masalah saat ini, Karna Diduga sungai Merwang ini dibendung oleh pihak PT. ARARABADI.

    "Sehingga sungai ini tidak bisa mengalir lagi dengan baik sebagai irigasi kepersawahan, kami memamfaatkan aliran sungai merawang tersebut, inilah kendala kami saat ini Pak," ungkapnya.
             
    Ketua IDLH Kab Pelalawan, Pranseda  Simanjuntak SH menyampaikan kepada para petani jika  PT Ararabadi memang benar melakukan penutupan sungai, diduga PT Ararabadi sudah melakukan pelanggaran hukum.

    "Maka dari itu kita perlu melakukan investigasi untuk mendapatkan  bukti bukti, Seperti bentuk photo dan vidio dari sungai yang diduga di tutup Oleh PT Ararabadi kalau memang terbukti ada penutupan sungai,maka kita akan lakukan upaya hukum," tegas Pranseda Simanjuntak SH. (Iren)



     
    Berita Lainnya :
  • Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtera Berharap Dukungan Dari Pemda Pelalawan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ditetapkan Sebagai Calon Ketua DPRD, Sekda Meranti Ucapkan Selamat Kepada Jack Ardiansyah
    02 Wabup Meranti Lantik 4 Kades di Kec. Rangsang Pesisir dan Hadiri Pelantikan Pengurus LAM
    03 Fun Bike Ikut Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Rohil ke-20
    04 Bupati Suyatno Membuka Langsung Perlombaan Mancing
    05 Abd Arifin Gugat Balai TNTN Praktisi Hukum Apul Sihombing, SH,MH Demi Hukum Penyidik Hentikan Penyid
    06 Sepakat Bersama Cegah dan Lawan Karhutla
    07 Wabup Meranti Di Kecamatan Rangsang Nonton Bola Hingga Jadi Saksi Nikah Rekan Media
    08 Polda Riau Turunkan Tim Ahli Dan Drone Khusus Menangani Karhutla Siak
    09 Bupati Pelalawan Hadiri Pembukaan FGD Strategi Dan Kebijakan Pengembangan Sistem Inovasi Sawit Sapi
    10 Bathin Hitam Sungai Medang, Ahmad Arifin Diduga Gugat BTNTN Dan Polres Pelalawan Melalui Kuasa Hukum
    11 Optimalisasi Kinerja Wabup Meranti Beri Arahan Pada Petugas Penyuluhan Perikanan
    12 Festival Batik Siak Tahun 2019 Ajang Promosikan Batik Siak
    13 BAZNAS Kab Siak Distribusikan Zakat Tahap III 2019 Sejumlah 4,7 M
    14 Tari Zapin Siak Ditetapkan Kemendikbud RI, sebagai Warisan Budaya Tak Benda
    15 13 Rumah Dilalap Sijago Merah, Diduga 2 Orang Ditemukan Tewas Terpanggang
    16 YLBHI-LBH Pekanbaru Gelar Acara Talk Show
    17 Wabup Meranti Beri Nasehat Pada Siswa Untuk Rajin Belajar Kejar Cita-Cita Setinggi Langit
    18 JH, Warga Bagansiapiapi Ditemukan Tewas
    19 28 Sekolah di Kabupaten Siak Ikut Serta Pameran Program PINTAR Tonoto Foundation
    20 Pemenang Siakpab Award untuk ICSB Indonesia City Awards Ketiga 2019
    21 Penyalahgunaan Narkoba Berakibat Fatal Bagi Orang Tua, Remaja dan Anak-anak
    22 Tengku Nazir Siap Ditabalkan Menjadi Sultan Siak Sri Indrapura Ke-XIII
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI