Sabtu, 07-09-2019 - 16:45:50 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Kelompok NSTBB Desa Temiang Teken Kerjasama dengan PT SPM PekanBaru | | Cegah Maksiat dan Pekat, Satpol PP Kabupaten Siak Mengamankan 9 Orang Wanita Diduga PSK | | Syahrul Aidi: Kalau Ingin Kepala Desa Tidak Korupsi Kesejahteraan Mereka Harus Juga Diperhatikan | | Komit Tindak Lanjuti MoU, Unilak Gelar Pelatihan Relawan Karhutla | | Warga Pakning Asal Minta Satpol PP Tangkap Kambing Yang Berkeliaran | | Kepengurusan Kadin Hanya Satu, Tidak Ada Dualisme
 
Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtera Berharap Dukungan Dari Pemda Pelalawan
Sabtu, 07-09-2019 - 16:45:50 WIB

TERKAIT:
 
  • Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtera Berharap Dukungan Dari Pemda Pelalawan
  •  

    PELALAWAN, DELIKRIAU - Kelompok tani Saung Tanjung Pulau Sejahtera, desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk meranti ini pantas mendapatkan apresiasi, melihat hasil panen kelompok tani persawahan ini, dimana dalam kurun waktu satu tahun bisa mencapai 3 kali panen. Dengan hasil per hektarnya bisa mencapai  8.7 ton. Maka dari itu  kelompok tani ini perlu didukung dan diberdayakan  oleh pemerintah  Daerah karna ini bisa menjadi salah satu penghasil  suasembada pangan untuk Kabupaten Pelalawan 

    Penasehat Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtra, Amirudin kepada awak media Sabtu (07/09/2019) menjelaskan tentang Sejarah lahan  kelompok tani ini awal dibuka nya sebelumnya adalah hutan.

    "Maka kami bersama dengan anggota kelompok tani dengan bantuan alat berat eksepator dari pemerintah Kab Pelalawan yang di pasilitasi  oleh  Bpk H. Suprianto Sp, sewaktu masih menjabat sebagai wakil Ketua DPRD Kab Pelalawan yang juga sekaligus  sebagai pembina kelompok tani Tanjung Pulai Sejahtera, sehingga  kelompok tani persawahan ini bisa menjadi seperti sekarang ini," jelas Amirudin.
             
    Lebih lanjut Amirudin menambahkan awalnya lahan ini sebelum di garap menjadi persawahan kondisinya adalah hutan lalu kami buka untuk kami jadikan lahan pertanian dengan dukungan dari pembina kelompok tani, H Suprianto Sp, dalam proses pembukaan kelompok tani persawahan ini kami sering menghadapi intimidasi dari pihak PT ARARABADI, pihak perusahaan ini megklaim bahwah lahan tersebut milik PT Ararabadi dengan tujuan agar  kami jangan mengerjakan lahan tetsebut.

    "Tapi kami akan tetap maju sebab kami tahu dulunya hutan ini di tempati oleh masyarakat ada sekitar 10 kk yang sudah bermukim  disini Sejak tahun 1908.
    Nah...dengan dasar sejarah inilah kami memberanikan diri untuk membuka hutan ini menjadi lahan pertanian padi, dalam proses pembukaan kelompok tani persawahan ini Kami dibantu oleh pemerintah untuk  membuka hutan ini dengan alat berat dan kami diberikan minyak solar untuk alat berat ini pak. Sehingga lahan ini sudah terbuka ada sekitar 35 hektar. Rencana kami kedepannya  lahan pertanian yang akan kami buka sekitar 135 hektar, 100 hektar untuk lahan pertanian padi, dan 35 hektar untuk lahan tanaman muda seperti sayur- sayuran dan kacang- kacangan. Dan  saat ini Jumlah anggota kelompok tani saung Tanjung pulai sejahtra ada 86 orang," terangnya.

    Ketua kelompok tani saung tanjung pulai sejahtera, Medi menambahkan kepada awak media dan pada saat pertemuan itu juga dihadiri oleh ketua Indonesia duta lingkungan hidup (IDLH) Pranseda Simanjuntak. S.H bahwa aliran sungai Merawang yang mereka pakai untuk mengalirkan air kepersawahan mereka sedang mengalami masalah saat ini, Karna Diduga sungai Merwang ini dibendung oleh pihak PT. ARARABADI.

    "Sehingga sungai ini tidak bisa mengalir lagi dengan baik sebagai irigasi kepersawahan, kami memamfaatkan aliran sungai merawang tersebut, inilah kendala kami saat ini Pak," ungkapnya.
             
    Ketua IDLH Kab Pelalawan, Pranseda  Simanjuntak SH menyampaikan kepada para petani jika  PT Ararabadi memang benar melakukan penutupan sungai, diduga PT Ararabadi sudah melakukan pelanggaran hukum.

    "Maka dari itu kita perlu melakukan investigasi untuk mendapatkan  bukti bukti, Seperti bentuk photo dan vidio dari sungai yang diduga di tutup Oleh PT Ararabadi kalau memang terbukti ada penutupan sungai,maka kita akan lakukan upaya hukum," tegas Pranseda Simanjuntak SH. (Iren)



     
    Berita Lainnya :
  • Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtera Berharap Dukungan Dari Pemda Pelalawan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kelompok NSTBB Desa Temiang Teken Kerjasama dengan PT SPM PekanBaru
    02 Cegah Maksiat dan Pekat, Satpol PP Kabupaten Siak Mengamankan 9 Orang Wanita Diduga PSK
    03 Syahrul Aidi: Kalau Ingin Kepala Desa Tidak Korupsi Kesejahteraan Mereka Harus Juga Diperhatikan
    04 Warga Pakning Asal Minta Satpol PP Tangkap Kambing Yang Berkeliaran
    05 Pelatihan dan Pemberangkatan 11 Relawan ke Lokasi Karhutla
    06 Komit Tindak Lanjuti MoU, Unilak Gelar Pelatihan Relawan Karhutla
    07 Pelaksanaan Gladi Bersih UNBK Hari Pertama SMAN 1 Lubuk Dalam Siak Berjalan Lancar
    08 Kepengurusan Kadin Hanya Satu, Tidak Ada Dualisme
    09 Ratusan Masyarakat Gelar Aksi Demo Di Gedung DPRD, Masyarakat Menginginkan Bengkalis Damai
    10 Kadis PMD Bengkalis Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Pembangunan Desa Di Siak Kecil
    11 Sambut Hari Nasional, Pertamina Kenalkan Kantong Semar Ke Anak PAUD di 3 Kecamatan
    12 Kabag Prokopim Mengklarifikasi Terkait Pemberitaan di Media Mengenai Keluarga dan Kerabat Plt Bupati
    13 Kapal Pesiar Asing Terdampar Di Pulau Bengkalis, Beserta 5 Orang Penumpangnya
    14 Keluarga dan Kerabat Plt Bupati Muhammad Diduga Menggrogoti Aset dari Rumdis Bupati dengan Arogan
    15 Baznas Kabupaten Bengkalis Berikan Bantuan Kepada Dua Kelompok Tani
    16 Camat Taufik Kukuhkan Pengurus LPTQ Kecamatan Masa Bhakti 2020-2023
    17 Bupati Alfedri Tinjau Korban Kebakaran di Kampung Bunut, Tualang
    18 Kampung Teluk Lanus Terima Manfaat Perhutanan Sosial
    19 29 Februari PWI Taja Porwada Catur
    20 Keluarga Besar PWI Bengkalis Gelar Tahlil Dan Doa, Untuk Almarhum Mazwin
    21 Pemda Diminta Dukung Percepatan Investasi Lewat Harmonisasi Kebijakan Pusat dan Daerah
    22 Sebelum Menaiki Pesawat, Presiden Jokowi Puji Dashboard Lancang Kuning
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI