Kamis, 16-08-2018 - 16:36:21 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Siak Jadi Percontohan Restorasi Gambut BRG RI | | Syamsuar ingin Milenial Riau Garap Ekonomi Syariah | | Siak Siap Kembangkan Lingkungan Berbasis Hidrologi Gambut | | Tempat Terbaik Mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) akhir 2019 | | Perpani Siak Raih 1 emas 7 perak dan 4 perunggu di Wirabraja Open 2019 | | Bupati Kepulauan Meranti, Menyampaikan Kritiknya Terhadap Gubernur Riau
 
KPHP Minas Tahura Beri Pembekalan Budidaya dan Panen Lebah Madu Kelulut
Kamis, 16-08-2018 - 16:36:21 WIB

TERKAIT:
 
  • KPHP Minas Tahura Beri Pembekalan Budidaya dan Panen Lebah Madu Kelulut
  •  

    MINAS, DELIKRIAU – Dalam rangka meningkatkan kemampuan kelompok masyarakat di sekitar hutan dalam rangka pemanfaatan HHBK (Hasil hutan bukan kayu), KPHP (Kesatuan Pemangkuan Hutan Produksi) Minas Tahura telah melaksanakan Pembekalan Keterampilan Masyarakat dalam hal melaksanakan budidaya Hasil Hutan Bukan Kayu.

    Kepala KPHP Minas Tahura, Jaelani, SP, MMA menyebutkan kegiatan pembekalan ini difokuskan pada pengelolaan kegiatan budidaya lebah madu Kelulut (Trigona sp).

    “Kegiatan ini yang berlangsung selama 2 (dua) hari yakni (15/16 Agustus) ini dilaksanakan dalam rangka mendukung alokasi kegiatan pengembangan budidaya lebah madu Kelulut yang rencananya pada tahun ini akan dialokasikan oleh BPHP (Badan pengelola hutan produksi)  Wilayah III Pekanbaru di KPHP Minas Tahura,” ujar Zailani, SP MMA.

    Kegiatan diikuti 30 peserta yang berasal dari KTH (kelompok Tani Hutan) di Desa Minas Barat dan KTH Minas Jaya. Kedua KTH ini pada tahun ini diusulkan untuk mendapat fasilitasi kegiatan budidaya Lebah Madu Kelulut.

    Dalam pembekalan ini para peserta mendapatkan materi dari beberapa nara sumber dari KPHP Minas Tahura Propinsi Riau. Disamping itu juga materi dari para pelaku usaha lebah madu Kelulut di Riau yang sudah berpengalaman antara lain Drs Adri dan Drs Purnomo.

    Para peserta sangat antusias mengikuti materi yang diberikan oleh nara sumber baik pada saat penyajian materi yang dilaksanakan di Guees House KPHP Minas Tahura maupun pada saat praktek di lapangan yang dilaksanakan di Kelompok Tani Hutan Tunas Global di Kampung Minas Barat dan Kelompok Tani  Wana Lestari Minas Jaya Kelurahan Minas.

    Hal ini terlihat ketika para peserta sangat aktif dalam sesi tanya jawab yang selalu dialokasikan waktu oleh panitia baik pada saat penyampaian materi maupun pada saat melaksanakan praktek di lapangan.

    Beberapa materi yang diterima oleh peserta pembekalan antara lain terkait dengan kebijakan pengembangan HHBK di KPHP Minas Tahura pengenalan koloni dan cara mendapatkan koloni, budidaya lebah, pengenalan peralatan dan tanaman pakan lebah, pengemasan dan pemasaran madu kelulut, pembuatan toping, teknis pemeliharaan, proses pemanenan dan cara menurunkan kadar air.

    “Kita selaku peserta berharap banyak agar kedepan KPHP Minas Tahura selalu mendampingi dan memberikan bimbingan teknis secara intensif kepada mereka. Pada prinsipnya kami siap untuk melaksanakan kegiatan budidaya lebah madu Kelulut yang difasilitasi melalui KPHP Minas Tahura Minas ini,” ujar Jon Liber dari Kelompok Tani Hutan Tunas Global Minas Barat.

    Mereka berharap kegiatan ini bisa optimal dan tidak sekedar pelatihan, sehingga dapat memberikan tambahan pendapatan yang maksimal bagi mereka. Disamping itu mereka juga berharap bahwa fasilitasi kegiatan ini dapat menginspirasi kelompok masyarakat lainnya yang berada di  dalam dan sekitar hutan untuk secara mandiri melaksanakan kegiatan budidaya HHBK khususnya lebah madu kelulut. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • KPHP Minas Tahura Beri Pembekalan Budidaya dan Panen Lebah Madu Kelulut
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Perpani Siak Raih 1 emas 7 perak dan 4 perunggu di Wirabraja Open 2019
    02 Bupati Kepulauan Meranti, Menyampaikan Kritiknya Terhadap Gubernur Riau
    03 Tempat Terbaik Mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) akhir 2019
    04 Kabag Humas Meranti Bantah Tudingan Gubernur Riau
    05 LAKTA Enggan Memberikan Komentar
    06 Siak Siap Kembangkan Lingkungan Berbasis Hidrologi Gambut
    07 Kades Ngaso Didampingi Direktur BumDes Ngaso Mandiri Serahkan Dana Sosial
    08 Syamsuar ingin Milenial Riau Garap Ekonomi Syariah
    09 Siak Jadi Percontohan Restorasi Gambut BRG RI
    10 Kabag Humas Sekda Meranti Ikuti Rakornas Kehumasan dan Hukum Tahun 2019
    11 Mendagri Sebut Pelantikan Gubernur Riau Kemungkinan Tanggal 20 February 2019
    12 Jaring Masukan Perubahan RPJMD, Pemkab Siak Taja Forum Konsultasi Publik
    13 Infrastruktur Kabupaten Siak Masih Lebih Baik di Riau
    14 Peringati HPN 2019, Adik Raja Dangdut Sambangi IWO Kota Bekasi
    15 Eny Suryati Isak Tangis Ucapkan Terima Kasih Kepada Bupati Syamsuar
    16 Wakil Bupati Siak Optimis Tahun Ini Meraih Pringkat Nindya
    17 Festival Perang Air Meranti Raih Rekor MURI Kategori Peserta Terbanyak di Indonesia
    18 Musim Kemarau Lebih Awal, Minta Masyarakat Waspada Karhutla
    19 Wabup Meranti Lakukan Panen Raya di Desa Anak Setatah Kec. Rangsang Pesisir
    20 Bupati Kepulauan Meranti Buka Festival Perang Air 2019
    21 Perjuangkan Nasib Eks Honorer K2
    22 Turnamen Volly Ball Kades Cup I Di Ikuti 36 Club
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI