Jumat, 07-09-2018 - 20:29:57 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Asisten I Sekdakab Meranti Hadiri Acara Penyerahan 337 Sertifikat Tanah PTSL BPN Tahun 2018 | | Bupati Meranti Sebut Nilai SAKIP Meranti Naik Menjadi B Plus, Terbaik Se-Kabupaten Kota di Riau | | Bupati Meranti Serahkan DPA OPD dan Saksikan Penandatanganan Pakta Integritas Anti KKN | | SMAN 1 Lubuk Dalam Buka Tournament Basket Ball Pelajar se Kabupaten Siak Bejalan Lancar Dan Sukses | | Warga Ciayumajakuning di Riau Gelar Silaturahmi | | Ribuan Masyarakat Menghantar Jenazah Almarhum Azis Zaenal Ke Pemakanan
 
Belum Lantik PAW dan Tidak ada Sosialisasi
Kenerja Bawaslu Kabupaten Siak Dinilai Lamban
Jumat, 07-09-2018 - 20:29:57 WIB
Logo Bawaslu
TERKAIT:
 
  • Kenerja Bawaslu Kabupaten Siak Dinilai Lamban
  •  

    SIAK, DELIKRIAU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu ) Kabupaten Siak kinerjanya dinilai tertalu santai. Pasalnya sejak dilantik Agustus 2018 lalu mereka belum melakukan tugas dan tanggung jawabnya selaku bawaslu sesuai dengan tupoksinya. Salah satu contohnya belum mengganti anggota Panita pengawas  Kecamatan (Panwascam) yang mengundurkan diri karena terdaftar menjadi Calon legislatif (caleg) DPRD Siak  dan anggota Bawaslu Siak.

    “Sejak pelantikan seluruh anggota Bawaslu terpilih 15 Agustus 2018 yang berlangsung meriah itu hingga berita hari ini kami rangkum, para komisioner ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Siak periode 2018-2023 sama sekali belum ada tanda tanda untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya selaku Bawaslu sesuai dgn tupoksinya. Apakah masih melakukan hajatan atau syukuran atas terpilihnya menjadi anggota bawaslu untuk 5 tahun kedepan? Atau malah bigung tidak tau apa yg hrs dilakukan atau nunggu intruksi dari bawaslu provinsi,” ujar Agnes salah seorang warga Siak, kepada delikriau.com, Kamis (6/8/2018).

    Lebih lanjut Agnes mengatakan bahwa, jika kita melihat di beberapa Kabupaten lain, para Bawaslu sudah banyak melakukan kegiatan yang sesuai dengan tupoksi yang mereka miliki.

    “Memang di beberapa kabupaten lain banyak kita ketahui bahwa para bacaleg untuk pemilu 2019 di masing masing daerah banyak yang bersengketa dengan KPUD setempat. Apakah memang benar para bacaleg yang masuk DCS yang dirilis KPU Siak tidak ada yang bermasalah? atau memang pengawasan yang tidak dilakukan oleh para anggota panwas kecamatan. Andaikata pun memang seluruh persyaratan calon telah terpenuhi hingga munculnya DCS dan DCT pada tanggal 20 September 2018, Apakah memang tidak ada yang bisa mereka kerjakan ?,” tukas Agnes yang juga salah seorang guru ini.

    Menurut Agnes, dua orang anggota panwascam yang harus mundur itu yakni anggota Panwascam Sungai Mandau dan Anggota Panwascam Siak.

    “Anggota panwascam Sungai Mandu maju menjadi caleg dari PKS dan satunya lagi dari panwascam Siak yang lulus sebagi anggoat Bawaslu Siak.  Dan mereka ini jauh sebelumnya yang bersangkutan sudah mengajukan surat pengunduran diri dari panwascam kecamatan sungai mandau. Atau barangkali Bawaslu Kabupaten Siak maupun KPU Siak tidak mengetahui bahwa ada salah satu peyelenggara pemilu yaitu anggota panwaslu kecamatan yang ikut  mencalonkan diri untuk caleg,” ulasnya.
     
    Sementara itu pantauan dilapangan menurut beberapa anggota Panwascam, bahwa ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Siak belum ada sosialisasi ke masing masing kecamatan guna memberikan pemahaman undang undang no 7 tahun 2017 kepada para anggota panwas kecamatan.

    “Apalagi pemilu tahun ini adalah sebuah pemilu yang mem'iliki tingkat kerawanan maupun tingkat kesulitan dari segi pengawasan sebab dilakukan secara serentak. Begitu juga  tidak adanya evaluasi terhadap para anggota panwaslu kecamatan, apakah seluruh personil panwaslu kecamatan itu masib layak atau masih mampu untuk dipertahankan untuk menghadapi pemilu yang multi komplek dari sisi pengawasan?,” tukas salah seoarng Panwascam yang tak mau disebutkan namanya.

    Lebih lajut dikatakannya, jangan berharap dari pengalaman pilkada 2018 kemaren yang memang kita ketahui bahwa situasi kabupaten siak yang sangat kondusif.

    “Pemilu tahun ini sangat berbeda dengan pilkada segala  kemungkinan bisa terjadi khususnya kecurangan kecurangan sebab konteks hubungan emosional pada pemilu nanti sangat tinggi yang bisa merusak nilai nilak demokrasi yang sesungguhnya,” ulasnya.

    Ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Moh Royani mengatakan bahwa Bawaslu Kabupaten Siak sudah bekerja sesuai dengan tupoksinya, seperti surat pengunduran diri dari dua anggota panwascam yang dari Kecamatan sungai mandau dan kecamatan siak sudah kita tindak lanjuti dan kini masih dalam proses di Bawaslu tingkat provinsi Riau.

    "Kini kami hanya menunggu proses yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Riau dan langkah apa yang akan kami lakukan nanti, dan kami tdak dapat memastikan kapan hasilnya. Kalau mengenai pelatikan panwascam tersebut kami harus mendapatkan intrusi dan arahan dari Bawaslu Provinsi Riau," ucap Royani saat dikonfirmasi delikriau.com, jum'at (7/9/2018) melalui via telephon selulernya. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Kenerja Bawaslu Kabupaten Siak Dinilai Lamban
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Asisten I Sekdakab Meranti Hadiri Acara Penyerahan 337 Sertifikat Tanah PTSL BPN Tahun 2018
    02 Bupati Meranti Sebut Nilai SAKIP Meranti Naik Menjadi B Plus, Terbaik Se-Kabupaten Kota di Riau
    03 Bupati Meranti Serahkan DPA OPD dan Saksikan Penandatanganan Pakta Integritas Anti KKN
    04 SMAN 1 Lubuk Dalam Buka Tournament Basket Ball Pelajar se Kabupaten Siak Bejalan Lancar Dan Sukses
    05 Warga Ciayumajakuning di Riau Gelar Silaturahmi
    06 Mendagri Minta WAN THAMRIN Tegur 10 BUPATI/WALIKOTA se RIAU
    07 Rehabilitasi Ruang Kelas SD dan SMP Dayun di Duga Tidak Transparan dan Terkesan Asal Jadi
    08 Ribuan Masyarakat Menghantar Jenazah Almarhum Azis Zaenal Ke Pemakanan
    09 Polres Siak Gelar Upacara Sertijab Kasat Reskrim
    10 Sayed Abubakar Assegaf Desak Indonesia Bela Muslim Uighur
    11 PWI Goes to School di SMAN 1 Kotogasib Siak
    12 Ini Dia Rangkaian Kegiatan Lengkap Pemkab. Meranti Sempena Hari Jadi Ke-X Tahun 2018
    13 Panwaslu Kecamatan Dayun Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Tahun 2019
    14 Kabupaten Kepulauan Meranti, Ibarat Gadis Sedang Bersolek !!!
    15 Tingkatkan PAD, Pemkab Rohil Gali Potensi Daerah
    16 Pelayanan Kesehatan Menjadi Prioritas Utama Pemkab Rohil
    17 Budidaya Perikanan Di Kabupaten Rohil Terus Ditingkatkan
    18 IPTMR Gelar Silaturahmi Menyambut Mahasiswa Baru dan Seminar Interaktif
    19 Bupati Kepulauan Meranti Lantik 23 Orang Pj. Kades Se-Kabupaten Meranti
    20 Wabup Meranti Hadiri Kegiatan Gelar Pengawasan Daerah Provinsi Riau 2018
    21 Ketua PKK Meranti Hadiri Rapat Konsultasi TPKK Meranti Tahun 2018
    22 Sekda Meranti Ikuti Kegiatan Sosialisasi Donor Darah, Ajak Masyarakat Jadi Pendonor Bantu Pasien yan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI