Kamis, 24-01-2019 - 17:56:17 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Siak Jadi Percontohan Restorasi Gambut BRG RI | | Syamsuar ingin Milenial Riau Garap Ekonomi Syariah | | Siak Siap Kembangkan Lingkungan Berbasis Hidrologi Gambut | | Tempat Terbaik Mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) akhir 2019 | | Perpani Siak Raih 1 emas 7 perak dan 4 perunggu di Wirabraja Open 2019 | | Bupati Kepulauan Meranti, Menyampaikan Kritiknya Terhadap Gubernur Riau
 
Warga Keluhkan Transparansi Dana BOS di Sekolah Kecamatan Dayun Minim
Kamis, 24-01-2019 - 17:56:17 WIB

TERKAIT:
 
  • Warga Keluhkan Transparansi Dana BOS di Sekolah Kecamatan Dayun Minim
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Penyaluran dana bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diberikan oleh kementerian pendidikan dan budaya (Kemendikbud) kepada sekolah diduga kerap diselewengkan. Pihak sekolah dinilai tidak transfaran dalam pengelolaan dana BOS.

    Penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Dayun, Kabupaten kabupaten Siak, Provinsi Riau minim transparansi. 

    Sehingga Penggunaan dana bantuan Operasional Sekolah (BOS) oleh pengelolah satuan pendidikan sekolah, masih saja diwarnai praktek yang diduga penyelewengan dana yang seharusnya diperuntukan untuk kelancaran kegiatan belajar mengajar dan operasional sekolah itu, oleh para pengelola satuan pendidikan diduga sebagian masih digunakan untuk kepentingan pribadi oknum kepala sekolah untuk kegiatan-kegiatan yang diluar juklak dan juknis penggunaan dana BOS tersebut.

    Pasalnya, di beberapa sekolah tersebut laporan penggunaan dana BOS tidak ada, yang transparansi baik melalui mading, atau disampaikan secara langsung kepada wali murid.

    Laporan terkait dana BOS ternyata masih banyak disampaikan hanya kepada ketua komite sekolah saja. Itu pun sering kali hanya pemberitahuan terkait siswa-siswa yang mendapat bantuan beasiswa dari dana BOS dan besaran jumlahnya. 

    Sementara penggunaan dana BOS untuk pengadaan, pembelian barang, untuk kegiatan lainya, orang tua siswa tidak tahu soal itu.

    Nuraini warga Dayun yang salah satu orang tua wali murid salah satu SDN di kecamatan Dayun, mengaku, dirinya dan beberapa wali murid lainnya tidak pernah dipanggil terkait pemberitahuan pengunaan atau pengelolaan bantuan dana BOS tersebut.

    "Saya tidak pernah sekali pun dipanggil terkait mengenai program-program sekolah yang mengunakan dana dari dana BOS setiap tahunnya dan anak saya juga tidak pernah mendapat bantuan dana BOS", ujar Nur.

    Sementara itu, soal penggunaan dana BOS lainnya, seperti pengadaan barang, dan pembiayaan kegiatan sekolah yang menggunakan dana BOS, diakui Nur tidak pernah ada transparansi dari pihak sekolah.

    "Kami tidak pernah di undang untuk mengetahui kegiatan-kegiatan atau program-program apa saja yang dilakukan pihak sekolah dari dana BOS, Kalau itu tidak pernah, cuma soal bantuan bea siswa itulah yang kami ketahui namun yang diundang pun orang tua murid tertentu saja, jumlah bantuanya kayak gitulah," ujar Nur.

    Terpisah, Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupatrn Siak, Rozi saat dikonfirmasi mengenai kurang transparannya penggunaan dana BOS mengakui hal tersebut melalui via telephon selulernya tidak ada tersambung.

    Sementara itu, Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Siak, Mahadar mengatakan, pihak sekolah seharusnya ada program-program kerja yang sesuai dengan juklak dan juknis penggunaan dana BOS tersebut yang harus di ikuti, dan keluar masuknya penggunaan dana BOS tersebut harus ada terpampang di papan pengumuman atau plang penggunaan dana Bos tersebut.

    "Biasanya kan masuk dan keluarnya dana BOS tersebut dipampang tu di depan kantor sekolah sehingga dapat di ketahui oleh semua pihak, namun mengenai tidak transparansinya pengunaan atau pengelolaan dana BOS tersebut itu lebih pas tanyakannya kepada Meneger Dana Bos Dinas Pendidikan Kabupaten Siak," ujar Mahadar kepada delikriau.com melalui via telephon selularnya, Kamis (24/1/2019).

    Lebih lanjut Mahadar menjelaskan bahwa Pihak komite sebagai penyambung lidah pihak sekolah kepada wali murid agar menyampaikan program-program yang ingin dilaksanakan oleh pihak sekolah.

    "Saya mengucapakan terima kasih kepada media ini yang telah menginformasikan keluahan ini kepada saya, saya akan tindak lanjuti mengenai hal ini kepada Meneger Dana BOS Kabuapten Siak, dan saya berharap kepada pihak sekolah agar transparans dan laksanakan pengolalaan Dana BOS tersebut sesuai dengan juklak dan juknis yang ada, supaya kawan-kawan kita ini tidak terjerat dalam hal-hal yang tidak kita ingini," terang Mahadar. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Warga Keluhkan Transparansi Dana BOS di Sekolah Kecamatan Dayun Minim
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Perpani Siak Raih 1 emas 7 perak dan 4 perunggu di Wirabraja Open 2019
    02 Bupati Kepulauan Meranti, Menyampaikan Kritiknya Terhadap Gubernur Riau
    03 Tempat Terbaik Mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) akhir 2019
    04 Kabag Humas Meranti Bantah Tudingan Gubernur Riau
    05 LAKTA Enggan Memberikan Komentar
    06 Siak Siap Kembangkan Lingkungan Berbasis Hidrologi Gambut
    07 Kades Ngaso Didampingi Direktur BumDes Ngaso Mandiri Serahkan Dana Sosial
    08 Syamsuar ingin Milenial Riau Garap Ekonomi Syariah
    09 Siak Jadi Percontohan Restorasi Gambut BRG RI
    10 Kabag Humas Sekda Meranti Ikuti Rakornas Kehumasan dan Hukum Tahun 2019
    11 Mendagri Sebut Pelantikan Gubernur Riau Kemungkinan Tanggal 20 February 2019
    12 Jaring Masukan Perubahan RPJMD, Pemkab Siak Taja Forum Konsultasi Publik
    13 Infrastruktur Kabupaten Siak Masih Lebih Baik di Riau
    14 Peringati HPN 2019, Adik Raja Dangdut Sambangi IWO Kota Bekasi
    15 Eny Suryati Isak Tangis Ucapkan Terima Kasih Kepada Bupati Syamsuar
    16 Wakil Bupati Siak Optimis Tahun Ini Meraih Pringkat Nindya
    17 Festival Perang Air Meranti Raih Rekor MURI Kategori Peserta Terbanyak di Indonesia
    18 Musim Kemarau Lebih Awal, Minta Masyarakat Waspada Karhutla
    19 Wabup Meranti Lakukan Panen Raya di Desa Anak Setatah Kec. Rangsang Pesisir
    20 Bupati Kepulauan Meranti Buka Festival Perang Air 2019
    21 Perjuangkan Nasib Eks Honorer K2
    22 Turnamen Volly Ball Kades Cup I Di Ikuti 36 Club
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI