Kamis, 24-01-2019 - 17:56:17 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Hari Pertama UNBK 2019 Secara Mandiri di SMAN 2 Dayun Berlangsung Lancar | | Bukti Kepedulian PT BIM Kepada Masyarakat Dengan Menyalurkan Program Bantuan CSR Tahun 2019 | | Kabupaten Siak Siap Sukseskan Pemilu 17 April Mendatang | | Melalui Launching ATM Beras, Membuka Kepekaan Sosial | | Bupati Siak Buka Secara Resmi MTQ ke XIV Kecamatan Dayun | | Gubri - Kemenpar Teken MoU Pariwisata Halal, Siak Optimis Paling Siap Jadi Daerah Destinasi
 
Warga Keluhkan Transparansi Dana BOS di Sekolah Kecamatan Dayun Minim
Kamis, 24-01-2019 - 17:56:17 WIB

TERKAIT:
 
  • Warga Keluhkan Transparansi Dana BOS di Sekolah Kecamatan Dayun Minim
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Penyaluran dana bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diberikan oleh kementerian pendidikan dan budaya (Kemendikbud) kepada sekolah diduga kerap diselewengkan. Pihak sekolah dinilai tidak transfaran dalam pengelolaan dana BOS.

    Penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Dayun, Kabupaten kabupaten Siak, Provinsi Riau minim transparansi. 

    Sehingga Penggunaan dana bantuan Operasional Sekolah (BOS) oleh pengelolah satuan pendidikan sekolah, masih saja diwarnai praktek yang diduga penyelewengan dana yang seharusnya diperuntukan untuk kelancaran kegiatan belajar mengajar dan operasional sekolah itu, oleh para pengelola satuan pendidikan diduga sebagian masih digunakan untuk kepentingan pribadi oknum kepala sekolah untuk kegiatan-kegiatan yang diluar juklak dan juknis penggunaan dana BOS tersebut.

    Pasalnya, di beberapa sekolah tersebut laporan penggunaan dana BOS tidak ada, yang transparansi baik melalui mading, atau disampaikan secara langsung kepada wali murid.

    Laporan terkait dana BOS ternyata masih banyak disampaikan hanya kepada ketua komite sekolah saja. Itu pun sering kali hanya pemberitahuan terkait siswa-siswa yang mendapat bantuan beasiswa dari dana BOS dan besaran jumlahnya. 

    Sementara penggunaan dana BOS untuk pengadaan, pembelian barang, untuk kegiatan lainya, orang tua siswa tidak tahu soal itu.

    Nuraini warga Dayun yang salah satu orang tua wali murid salah satu SDN di kecamatan Dayun, mengaku, dirinya dan beberapa wali murid lainnya tidak pernah dipanggil terkait pemberitahuan pengunaan atau pengelolaan bantuan dana BOS tersebut.

    "Saya tidak pernah sekali pun dipanggil terkait mengenai program-program sekolah yang mengunakan dana dari dana BOS setiap tahunnya dan anak saya juga tidak pernah mendapat bantuan dana BOS", ujar Nur.

    Sementara itu, soal penggunaan dana BOS lainnya, seperti pengadaan barang, dan pembiayaan kegiatan sekolah yang menggunakan dana BOS, diakui Nur tidak pernah ada transparansi dari pihak sekolah.

    "Kami tidak pernah di undang untuk mengetahui kegiatan-kegiatan atau program-program apa saja yang dilakukan pihak sekolah dari dana BOS, Kalau itu tidak pernah, cuma soal bantuan bea siswa itulah yang kami ketahui namun yang diundang pun orang tua murid tertentu saja, jumlah bantuanya kayak gitulah," ujar Nur.

    Terpisah, Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupatrn Siak, Rozi saat dikonfirmasi mengenai kurang transparannya penggunaan dana BOS mengakui hal tersebut melalui via telephon selulernya tidak ada tersambung.

    Sementara itu, Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Siak, Mahadar mengatakan, pihak sekolah seharusnya ada program-program kerja yang sesuai dengan juklak dan juknis penggunaan dana BOS tersebut yang harus di ikuti, dan keluar masuknya penggunaan dana BOS tersebut harus ada terpampang di papan pengumuman atau plang penggunaan dana Bos tersebut.

    "Biasanya kan masuk dan keluarnya dana BOS tersebut dipampang tu di depan kantor sekolah sehingga dapat di ketahui oleh semua pihak, namun mengenai tidak transparansinya pengunaan atau pengelolaan dana BOS tersebut itu lebih pas tanyakannya kepada Meneger Dana Bos Dinas Pendidikan Kabupaten Siak," ujar Mahadar kepada delikriau.com melalui via telephon selularnya, Kamis (24/1/2019).

    Lebih lanjut Mahadar menjelaskan bahwa Pihak komite sebagai penyambung lidah pihak sekolah kepada wali murid agar menyampaikan program-program yang ingin dilaksanakan oleh pihak sekolah.

    "Saya mengucapakan terima kasih kepada media ini yang telah menginformasikan keluahan ini kepada saya, saya akan tindak lanjuti mengenai hal ini kepada Meneger Dana BOS Kabuapten Siak, dan saya berharap kepada pihak sekolah agar transparans dan laksanakan pengolalaan Dana BOS tersebut sesuai dengan juklak dan juknis yang ada, supaya kawan-kawan kita ini tidak terjerat dalam hal-hal yang tidak kita ingini," terang Mahadar. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Warga Keluhkan Transparansi Dana BOS di Sekolah Kecamatan Dayun Minim
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Jamaluddin : Arsip Adalah Bukti Dari Catatan Peristiwa
    02 Gemar Berzakat 2019 Segera Diluncurkan, Baznas Siak Targetkan Dana Zakat Terkumpul 2,1M
    03 Bukti Kepedulian PT BIM Kepada Masyarakat Dengan Menyalurkan Program Bantuan CSR Tahun 2019
    04 Camat Tekankan Linmas Gunakan Tanda Pengenal, Jika Tak Miliki Seragam
    05 Sekda Kab Siak, Hadiri Kegiatan Indonesia Industrial Summit (ISS) 2019
    06 Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
    07 Sekda Rohul, Tutup MTQ XIX Kabupaten Rohul 2019 Dengan Atraksi Kembang Api.
    08 Warga Sukamaju Harapkan Pembangunan Turap Sungai
    09 Kapolda dan Ketua Bawaslu Riau Lepas Tim Patroli Money Politik & Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2019
    10 Kampanye Akbar, Pasangan Jokowi Amin Artis Ibu kota Iis Dahlia Goyang Simpatisan Di Ujungbatu
    11 Mantapkan Pemilu, KPU Siak Distribusikan Logistik Keseluruh Kecamatan
    12 GMC 2019 Momen Promosi Pariwisata di Kabupaten Siak
    13 Simpan 5 Paket Sabu, 2 Pelaku Diduga Pengedar Dicokok Tim Opsnal Polsek Sabak Auh
    14 Bupati Siak Alfedri Teken Kesepakatan Replating Kebun Sawit Masyarakat Dengan PTPN V
    15 Setelah Tiga Tahun Didirikan MAN IC Perawang Kian Berkembang
    16 Melalui Launching ATM Beras, Membuka Kepekaan Sosial
    17 Kabupaten Siak Siap Sukseskan Pemilu 17 April Mendatang
    18 Bupati Siak Buka Secara Resmi MTQ ke XIV Kecamatan Dayun
    19 Koperatif Alasan Kejari Siak Tidak Menahan Eks Kepala Dishutbut Siak
    20 H. MOH HILIP Mengingatkan Jangan Salah Pilih
    21 Gubri - Kemenpar Teken MoU Pariwisata Halal, Siak Optimis Paling Siap Jadi Daerah Destinasi
    22 Akhirnya DPO Direktur PT DSI, Suratno Konadi Resmi Ditahan Kejari Siak
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI