Kamis, 24-01-2019 - 17:56:17 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Zesika Rozzalena Mendapat Medali Emas Cabor Pencak Silat Tingkat Provinsi Riau | | Upacara Memperingati Detik-Detik Proklamasi RI Di Kecamatan Kunto Darussalam Berjalan Baik, dan Lan | | Bupati Siak Alfedri Buka Acara Penyuluhan Bahanya Narkoba Bagi Pelajar | | Bupari Siak Afedri Tegaskan Generasi Muda Agar Tidak Terpengaruh Narkoba | | Ka Kwarcab Alfedri Pimpin Apel Besar Hari Pramuka Ke 58 di Kabupaten Siak | | Mahasiswa UNRI Sosialisasi Cara Pembuatan Cookies Ampas Kelapa dan Selai Nenas
 
Warga Keluhkan Transparansi Dana BOS di Sekolah Kecamatan Dayun Minim
Kamis, 24-01-2019 - 17:56:17 WIB

TERKAIT:
 
  • Warga Keluhkan Transparansi Dana BOS di Sekolah Kecamatan Dayun Minim
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Penyaluran dana bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diberikan oleh kementerian pendidikan dan budaya (Kemendikbud) kepada sekolah diduga kerap diselewengkan. Pihak sekolah dinilai tidak transfaran dalam pengelolaan dana BOS.

    Penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Dayun, Kabupaten kabupaten Siak, Provinsi Riau minim transparansi. 

    Sehingga Penggunaan dana bantuan Operasional Sekolah (BOS) oleh pengelolah satuan pendidikan sekolah, masih saja diwarnai praktek yang diduga penyelewengan dana yang seharusnya diperuntukan untuk kelancaran kegiatan belajar mengajar dan operasional sekolah itu, oleh para pengelola satuan pendidikan diduga sebagian masih digunakan untuk kepentingan pribadi oknum kepala sekolah untuk kegiatan-kegiatan yang diluar juklak dan juknis penggunaan dana BOS tersebut.

    Pasalnya, di beberapa sekolah tersebut laporan penggunaan dana BOS tidak ada, yang transparansi baik melalui mading, atau disampaikan secara langsung kepada wali murid.

    Laporan terkait dana BOS ternyata masih banyak disampaikan hanya kepada ketua komite sekolah saja. Itu pun sering kali hanya pemberitahuan terkait siswa-siswa yang mendapat bantuan beasiswa dari dana BOS dan besaran jumlahnya. 

    Sementara penggunaan dana BOS untuk pengadaan, pembelian barang, untuk kegiatan lainya, orang tua siswa tidak tahu soal itu.

    Nuraini warga Dayun yang salah satu orang tua wali murid salah satu SDN di kecamatan Dayun, mengaku, dirinya dan beberapa wali murid lainnya tidak pernah dipanggil terkait pemberitahuan pengunaan atau pengelolaan bantuan dana BOS tersebut.

    "Saya tidak pernah sekali pun dipanggil terkait mengenai program-program sekolah yang mengunakan dana dari dana BOS setiap tahunnya dan anak saya juga tidak pernah mendapat bantuan dana BOS", ujar Nur.

    Sementara itu, soal penggunaan dana BOS lainnya, seperti pengadaan barang, dan pembiayaan kegiatan sekolah yang menggunakan dana BOS, diakui Nur tidak pernah ada transparansi dari pihak sekolah.

    "Kami tidak pernah di undang untuk mengetahui kegiatan-kegiatan atau program-program apa saja yang dilakukan pihak sekolah dari dana BOS, Kalau itu tidak pernah, cuma soal bantuan bea siswa itulah yang kami ketahui namun yang diundang pun orang tua murid tertentu saja, jumlah bantuanya kayak gitulah," ujar Nur.

    Terpisah, Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupatrn Siak, Rozi saat dikonfirmasi mengenai kurang transparannya penggunaan dana BOS mengakui hal tersebut melalui via telephon selulernya tidak ada tersambung.

    Sementara itu, Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Siak, Mahadar mengatakan, pihak sekolah seharusnya ada program-program kerja yang sesuai dengan juklak dan juknis penggunaan dana BOS tersebut yang harus di ikuti, dan keluar masuknya penggunaan dana BOS tersebut harus ada terpampang di papan pengumuman atau plang penggunaan dana Bos tersebut.

    "Biasanya kan masuk dan keluarnya dana BOS tersebut dipampang tu di depan kantor sekolah sehingga dapat di ketahui oleh semua pihak, namun mengenai tidak transparansinya pengunaan atau pengelolaan dana BOS tersebut itu lebih pas tanyakannya kepada Meneger Dana Bos Dinas Pendidikan Kabupaten Siak," ujar Mahadar kepada delikriau.com melalui via telephon selularnya, Kamis (24/1/2019).

    Lebih lanjut Mahadar menjelaskan bahwa Pihak komite sebagai penyambung lidah pihak sekolah kepada wali murid agar menyampaikan program-program yang ingin dilaksanakan oleh pihak sekolah.

    "Saya mengucapakan terima kasih kepada media ini yang telah menginformasikan keluahan ini kepada saya, saya akan tindak lanjuti mengenai hal ini kepada Meneger Dana BOS Kabuapten Siak, dan saya berharap kepada pihak sekolah agar transparans dan laksanakan pengolalaan Dana BOS tersebut sesuai dengan juklak dan juknis yang ada, supaya kawan-kawan kita ini tidak terjerat dalam hal-hal yang tidak kita ingini," terang Mahadar. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Warga Keluhkan Transparansi Dana BOS di Sekolah Kecamatan Dayun Minim
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Zesika Rozzalena Mendapat Medali Emas Cabor Pencak Silat Tingkat Provinsi Riau
    02 Upacara Memperingati Detik-Detik Proklamasi RI Di Kecamatan Kunto Darussalam Berjalan Baik, dan Lan
    03 Mahasiswa UNRI Sosialisasi Cara Pembuatan Cookies Ampas Kelapa dan Selai Nenas
    04 Bupari Siak Afedri Tegaskan Generasi Muda Agar Tidak Terpengaruh Narkoba
    05 Antisipasi Bencana Karlahut dan Kabut Asap, Pemkab. Meranti Akan Gelar Sholat Istisqo
    06 Bupati Siak Alfedri Buka Acara Penyuluhan Bahanya Narkoba Bagi Pelajar
    07 Ka Kwarcab Alfedri Pimpin Apel Besar Hari Pramuka Ke 58 di Kabupaten Siak
    08 Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan
    09 Bupati Siak Alfedri Pimpin Apel Senin Bersama Seluruh Pimpinan OPD dan ASN
    10 Karyawan PTPN 5 Sei Rokan ikut Berkorban 11 ekor Sapi
    11 Sambut Idul Adha 1440 H, Polres Siak Gelar Penyembelihan Hewan Kurban Delapan Sapi
    12 Bupati Siak Alfedri, Naik Helikoter Panatau Karhutla Di Rawang Air Putih dan Tasik Betung
    13 29 Mesjid dan Mushalla Meriahkan Pawai Takbir Idul Adha 1440 H
    14 BAZNAS Bintan Kepri Kunker ke BAZNAS Kab Siak
    15 MK Tolak Gugantan PDIP, KPU Siak Menunggu Surat Keputusan KPU Pusat
    16 Wabup H. Said Hasyim Lantik 111 Pejabat Eselon II, III dan IV Dilingkungan Pemkab Meranti
    17 Bupati Siak Hadiri Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan lahan Tahun 2019
    18 Pemkab Diduga Bertanggung Jawab Atas Mangkraknya RSUD Rohul, AMPUN-Rohul Gelar Aksi Ujuk Rasa
    19 Wanita Cantik Diduga Bandar Narkoba Berhasil Dibekuk Sat Res Narkoba Polres Siak
    20 September Mendatang, 13 Tim Dari 10 Negara Berebut Podium Tour De Siak 2019
    21 Wabup Meranti Pimpin Apel Pagi di Kantor Satpol PP, Cek Pasukan dan Beri Arahan
    22 Polsek Bangko Kembali Menangkap 2 Orang Diduga Badar Sabu Dalam Waktu 24 Jam
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI