Kamis, 24-01-2019 - 15:12:56 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Siak Jadi Percontohan Restorasi Gambut BRG RI | | Syamsuar ingin Milenial Riau Garap Ekonomi Syariah | | Siak Siap Kembangkan Lingkungan Berbasis Hidrologi Gambut | | Tempat Terbaik Mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) akhir 2019 | | Perpani Siak Raih 1 emas 7 perak dan 4 perunggu di Wirabraja Open 2019 | | Bupati Kepulauan Meranti, Menyampaikan Kritiknya Terhadap Gubernur Riau
 
Hari ini, 8.457 keping KTP dimusnahkan Disdukcapil Kab Siak
Kamis, 24-01-2019 - 15:12:56 WIB

TERKAIT:
 
  • Hari ini, 8.457 keping KTP dimusnahkan Disdukcapil Kab Siak
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Siak, memusnahkan 8.457 keping Kartu Tanda Penduduk (Ktp) Elektronik maupun Non elektronik.

    Pemusnahan KTP-elektronik dan ktp non elektronik, di musnahkan langsung oleh Bupati Siak Syamsuar, Wakil Bupati Siak Alfedri, di halaman Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kamis (24/1/2019), dan disaksikan langsung oleh tamu undangan yang hadir. 

    Dalam laporannya, Kadis Kependudukan dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Siak Rahmansyah mengatakan, pemusnahan KTP ini berdasarkan Radiogram Menteri Dalam Negeri nomor 470.13/11156/SJ tentang pengamanan KTP-el yang tidak di distribusikan kepada masyarakat karena salah cetak dan salah data. Dan surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 470.13/11156/SJ tentang pemusnahan KTP-el yang rusak atau invalid dengan cara dibakar.

    Dari 8.457 keping ktp tersebut, sambungnya, terbagi 5.796 ktp elektronik dan 2.661 ktp non elektronik, yang semuanya merupakan hasil dari kerjasama antara Disdukcapil dan Kesatuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Siak, yang turun langsung ke 14 Kecamatan untuk mencari ktp elektronik maupun Non elektronik yang dimaksud. 

    "Dalam rangka memenuhi Hak Konstitusional, Disdukcapil bekerjasama dengan Rutan kelas II B Siak, melakukan perekaman ktp elektronik kepada 49 orang tahanan yang belum melakukan perekaman", jelas Rahmansyah. 

    Menanggapi hal itu, Bupati Siak Syamsuar, menjelaskan bahwa ini semua sesuai dengan Intruksi dari Menteri Dalam Negeri kepada kepala seluruh Daerah di Indonesia, untuk menarik Ktp Elektronik maupun ktp non elektronik yang salah cetak maupun salah data yang masih beredar di masyarakat, dan di musnahkan. 

    "Pemusnahan ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan ktp pada saat pemilu Serentak nantinya, seperti adanya ktp ganda", kata Syamsuar. 

    Selain Kabupaten Siak, tambahnya Syamsuar, saya juga sudah melihat di media online maupun media cetak, bahwa Kabupaten/Kota lain di Indonesia juga sudah melaksanakan kegiatan penghancuran ktp elektronik maupun Non elektronik ini, sehingga nantinya tidak akan beredar lagi fitnah di tengah-tengah masyarakat. Karena fitnah ini, nantinya akan mengganggu kedamaian dan ketentraman yang telah dibangun di masyarakat. 

    "Semoga dengan adanya kegiatan penghancuran ktp elektronik maupun Non elektronik salah cetak maupun salah data ini, penyelenggaraan pemilu yang akan datang berjalan sesuai apa yang diharapkan oleh seluruh masyarakat di Indonesia, yakni damai, aman dan tentram", harapnya. 

    Selain itu, tambah Syamsuar, kegiatan ini juga akan memberikan kepercayaan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), bahwa untuk di Kabupaten Siak sudah tidak ada masyarakat yang mempunyai ktp ganda. 

    "Saya juga mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Siak , agar berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu Serentak nantinya, karna kita semua mempunyai hak yang sama untuk memilih", harap Bupati Siak dua periode itu. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Hari ini, 8.457 keping KTP dimusnahkan Disdukcapil Kab Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Perpani Siak Raih 1 emas 7 perak dan 4 perunggu di Wirabraja Open 2019
    02 Bupati Kepulauan Meranti, Menyampaikan Kritiknya Terhadap Gubernur Riau
    03 Tempat Terbaik Mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) akhir 2019
    04 Kabag Humas Meranti Bantah Tudingan Gubernur Riau
    05 LAKTA Enggan Memberikan Komentar
    06 Siak Siap Kembangkan Lingkungan Berbasis Hidrologi Gambut
    07 Kades Ngaso Didampingi Direktur BumDes Ngaso Mandiri Serahkan Dana Sosial
    08 Syamsuar ingin Milenial Riau Garap Ekonomi Syariah
    09 Siak Jadi Percontohan Restorasi Gambut BRG RI
    10 Kabag Humas Sekda Meranti Ikuti Rakornas Kehumasan dan Hukum Tahun 2019
    11 Mendagri Sebut Pelantikan Gubernur Riau Kemungkinan Tanggal 20 February 2019
    12 Jaring Masukan Perubahan RPJMD, Pemkab Siak Taja Forum Konsultasi Publik
    13 Infrastruktur Kabupaten Siak Masih Lebih Baik di Riau
    14 Peringati HPN 2019, Adik Raja Dangdut Sambangi IWO Kota Bekasi
    15 Eny Suryati Isak Tangis Ucapkan Terima Kasih Kepada Bupati Syamsuar
    16 Wakil Bupati Siak Optimis Tahun Ini Meraih Pringkat Nindya
    17 Festival Perang Air Meranti Raih Rekor MURI Kategori Peserta Terbanyak di Indonesia
    18 Musim Kemarau Lebih Awal, Minta Masyarakat Waspada Karhutla
    19 Wabup Meranti Lakukan Panen Raya di Desa Anak Setatah Kec. Rangsang Pesisir
    20 Bupati Kepulauan Meranti Buka Festival Perang Air 2019
    21 Perjuangkan Nasib Eks Honorer K2
    22 Turnamen Volly Ball Kades Cup I Di Ikuti 36 Club
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI