Jumat, 25-01-2019 - 16:17:52 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Hari Pertama UNBK 2019 Secara Mandiri di SMAN 2 Dayun Berlangsung Lancar | | Bukti Kepedulian PT BIM Kepada Masyarakat Dengan Menyalurkan Program Bantuan CSR Tahun 2019 | | Kabupaten Siak Siap Sukseskan Pemilu 17 April Mendatang | | Melalui Launching ATM Beras, Membuka Kepekaan Sosial | | Bupati Siak Buka Secara Resmi MTQ ke XIV Kecamatan Dayun | | Gubri - Kemenpar Teken MoU Pariwisata Halal, Siak Optimis Paling Siap Jadi Daerah Destinasi
 
BSP-Pemkab Siak Wujudkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat
Jumat, 25-01-2019 - 16:17:52 WIB

TERKAIT:
 
  • BSP-Pemkab Siak Wujudkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat
  •  

    BANDUNG, DELIKRIAU - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Bumi Siak Pusako (BSP) bersama Pemkab Siak selalu menunjukkan kepedulian terhadap pemberdayaan masyarakat. Kepedulian ini diwujudkan dengan berbagai kerjasama antara Pemkab dengan BSP melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

    “Kami berkomitmen membantu masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan,” kata Direktur BSP Iskandar, usai penandatanganan nota kesepahaman antara  BSP dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang tentang kerjasama penyelenggaraan pelatihan pengolahan buah-buahan dan pengolahan hasil perikanan, Jumat (25/1/2019) lalu, di Bandung.

    Hadir dalam kesempatan itu Direktur BSP Iskandar, Kadistransnaker Siak Amin Budyadi, Kepala BLK Lembang Aan Subhan beserta jajaran, dan Corporate Secretary BSP Riky Hariansyah.

    Direktur BSP, Iskandar mengatakan, pemberdayaan yang dikemas dalam bentuk pelatihan bermanfaat untuk mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat. Diyakininya dengan mengikuti pelatihan di BLK Lembang, para peserta bisa belajar langsung dari para pakarnya, tidak hanya akan mengenai skills tapi juga sikap dan perilaku yang dituntut untuk berusaha.

    “Tujuan pemberdayaan akan tercapai ketika para peserta yang merupakan bagian dari masyarakat Siak memulai dan mengembangkan usahanya sehingga bisa mandiri," ucap Iskandar.

    Pada kesempatan itu, Iskandar juga menegaskan kembali komitmen untuk peningkatan kompetensi masyarakat umum dan pencari kerja di wilayah Kabupaten Siak, “Kegiatan pelatihan pada awal 2019 ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan melalui kerjasama dengan BLK Lembang. Dari evaluasi kegiatan serupa pada tahun 2018, BSP akan terus mendukung kegiatan seperti ini ke depannya” sebut Iskandar.

    Kadistransnaker Siak Amin Budyadi menambahkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut kesepakatan bersama antara Pemkab Siak dan Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia tentang Penyelenggaraan Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR). Berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani tahun 2017 ini, pembiayaan dilaksanakan dengan sistem cost sharing, yaitu ditanggung bersama oleh pemerintah pusat dan sumberdaya CSR di Pemkab Siak, dalam hal ini CSR BSP.

    Dijelaskan Amin, program yang digagas Bupati Syamsuar untuk peningkatan kompetensi masyarakat umum dan pencari kerja di wilayah Kabupaten Siak telah dimulai  tahun 2018 dengan dilaksanakannya dua paket pelatihan: budi daya cabai untuk bidang pertanian dan budi daya catfish (lele) untuk perikanan.

    “Hasil evaluasi kedua pelatihan terdahulu sangat positif. Seratus persen dari 32 peserta langsung mempraktekkan dan berhasil,” tegas Amin meyakinkan. “Disamping kerjasama dengan BLK Lembang,  pada tahun 2018 BSP juga bekerjasama dengan Pemkab Siak mengadakan Pelatihan Kepemanduan Wisata yang diikuti 30 peserta,” tambah Amin.

    Pelatihan tahap kedua ini, Amin optimis juga akan berhasil karena bidang pelatihan ini telah dipilih sesuai analisis kebutuhan pasar dan kepeminatan peserta. Lebih lanjut lagi, Amin menyatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan salah satu  jawaban atas tantangan yang sekarang dihadapi untuk penyediaan tenaga kerja yang kompeten. 
    Kepala BLK Lembang Aan Subhan mengucapkan rasa terima kasih pada Pemkab Siak dan BSP atas kepercayaan untuk melatih dan membina peserta melalui program pemberdayaan masyarakat.  Aan menjelaskan bahwa BLK Lembang merupakan Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) yang ditunjuk untuk memberikan pelatihan dengan fasilitas yang sesuai dengan ketersediaan anggaran dan siap  menindaklanjuti kesepakatan bersama dengan merancang dan menyelenggarakan program sesuai kebutuhan Pemkab Siak. Aan menekankan bahwa selain ketrampilan teknis, materi pelatihan di BLK Lembang juga menekankan pada soft skills. “Usai pelatihan ini, peserta diharapkan meningkat kompetensinya dan juga berubah pola pikir sikapnya ke arah kemandirian berusaha.”
    Pelatihan ini dijadwalkan dimulai 14 Februari sampai dengan 5 Maret 2019, dan akan diikuti 32 peserta dari seluruh kecamatan di Siak. (Adv)



     
    Berita Lainnya :
  • BSP-Pemkab Siak Wujudkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Jamaluddin : Arsip Adalah Bukti Dari Catatan Peristiwa
    02 Gemar Berzakat 2019 Segera Diluncurkan, Baznas Siak Targetkan Dana Zakat Terkumpul 2,1M
    03 Bukti Kepedulian PT BIM Kepada Masyarakat Dengan Menyalurkan Program Bantuan CSR Tahun 2019
    04 Camat Tekankan Linmas Gunakan Tanda Pengenal, Jika Tak Miliki Seragam
    05 Sekda Kab Siak, Hadiri Kegiatan Indonesia Industrial Summit (ISS) 2019
    06 Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
    07 Sekda Rohul, Tutup MTQ XIX Kabupaten Rohul 2019 Dengan Atraksi Kembang Api.
    08 Warga Sukamaju Harapkan Pembangunan Turap Sungai
    09 Kapolda dan Ketua Bawaslu Riau Lepas Tim Patroli Money Politik & Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2019
    10 Kampanye Akbar, Pasangan Jokowi Amin Artis Ibu kota Iis Dahlia Goyang Simpatisan Di Ujungbatu
    11 Mantapkan Pemilu, KPU Siak Distribusikan Logistik Keseluruh Kecamatan
    12 GMC 2019 Momen Promosi Pariwisata di Kabupaten Siak
    13 Simpan 5 Paket Sabu, 2 Pelaku Diduga Pengedar Dicokok Tim Opsnal Polsek Sabak Auh
    14 Bupati Siak Alfedri Teken Kesepakatan Replating Kebun Sawit Masyarakat Dengan PTPN V
    15 Setelah Tiga Tahun Didirikan MAN IC Perawang Kian Berkembang
    16 Melalui Launching ATM Beras, Membuka Kepekaan Sosial
    17 Kabupaten Siak Siap Sukseskan Pemilu 17 April Mendatang
    18 Bupati Siak Buka Secara Resmi MTQ ke XIV Kecamatan Dayun
    19 Koperatif Alasan Kejari Siak Tidak Menahan Eks Kepala Dishutbut Siak
    20 H. MOH HILIP Mengingatkan Jangan Salah Pilih
    21 Gubri - Kemenpar Teken MoU Pariwisata Halal, Siak Optimis Paling Siap Jadi Daerah Destinasi
    22 Akhirnya DPO Direktur PT DSI, Suratno Konadi Resmi Ditahan Kejari Siak
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI