Kamis, 31-01-2019 - 16:36:56 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Hari Pertama UNBK 2019 Secara Mandiri di SMAN 2 Dayun Berlangsung Lancar | | Bukti Kepedulian PT BIM Kepada Masyarakat Dengan Menyalurkan Program Bantuan CSR Tahun 2019 | | Kabupaten Siak Siap Sukseskan Pemilu 17 April Mendatang | | Melalui Launching ATM Beras, Membuka Kepekaan Sosial | | Bupati Siak Buka Secara Resmi MTQ ke XIV Kecamatan Dayun | | Gubri - Kemenpar Teken MoU Pariwisata Halal, Siak Optimis Paling Siap Jadi Daerah Destinasi
 
Syamsuar : Alhamdulillah semua desa sudah dialiri Listrik dan terlaksana dengan baik
Peresmian 100 persen Desa Berlistrik di Kabupaten Siak
Kamis, 31-01-2019 - 16:36:56 WIB

TERKAIT:
 
  • Peresmian 100 persen Desa Berlistrik di Kabupaten Siak
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Pemerintah terus mengejar pemerataan pembangunan di seluruh desa di kabupaten Siak, salah satunya dengan peningkatan rasio elektrifikasi ke seluruh kampung (desa). Sampai dengan Desember 2018 Rasio Elektrifikasi (RE) di Kabupaten Siak mencapai 98,98 persen.

    Hal itu disampaikan Bupati Siak H Syamsuar sebelum meresmikan 100 % Listrik Desa di Kabupaten Siak, Kamis (31/1/2019) di Kampung Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau.

    “Dari 131 Kampung yang ada, saat ini telah teraliri listrik PLN sebanyak 127 Kelurahan/ Kampung dan 4 (empat) kampung sisanya akan kami resmikan hari ini,” ungkap Syamsuar dihadapan masyarakat Muara Kelantan.
     
    Pelayanan infrastruktur dasar, lanjut Syamsuar merupakan program utamanya bersama Wakil Bupati Siak Alfedri pada periode sebelumnya. Infrastruktur dasar ini seperti pembangunan jalan, sarana air bersih, kesehatan, pendidikan dan pemerataan listrik di setiap kampung.

    “Alhamdulillah semuanya terlaksana dengan baik, berkat kerja keras dan kerjasama dengan pihak PLN dan Provinsi, kerja cepat PLN ini perlu kita apresiasi,” kata Syamsuar lagi.

    Ia menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat telah membangun jaringan listrik Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 315,48 Kms dan Pembangunan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 506,59 Kms, Trafo 88 unit, pengadaan genset, serta bantuan PLTS dan SHS sebanyak 1.565 unit, serta memasang ratusan PJUTS dibeberapa kampung dan kelurahan, yang bersumber dana dari APBN.

    Selain dana APBD/APBN, kata dia, Pemerintah Kabupaten Siak berkerjasama dengan Perusahaan Lokal melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. BSP dalam hal membantu  Rumah Tangga Miskin dengan membantu unit perangkat Listrik Mandiri Rakyat. Serta melalui Badan Amil Zakat Kabupaten Siak meluncurkan Program Siak Peduli, yaitu program berkelanjutan pemasangan listrik gratis untuk  kaum dhu’afa di Kabupaten Siak.  

    General Manajer PLN Riau dan Kepulauan Riau, M Irwansyah Putra mengatakan, dengan pengoperasian infrastruktur listrik desa tersebut dapat mendorong laju pertumbuhan  ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

    Dirinya mengajak seluruh masyarakat agar memanfaatkan energi listrik secara optimal sehingga bisa meringankan pekerjaan rumah tangga.

    “Kerjasama dengan Pemkab Siak, PLN telah menyelesaikan pembangunan 35,7 Kms jaringan tegangan menengah, 19,3 Kms jaringan tegangan rendah dan 722 Kva travo distribusi dengan nilai investasi sebesar Rp 19,3 Milyar,” tutur Irwansyah.

    Dia menjelaskan untuk tahun depan, pihaknya sudah menargetkan seluruh desa di Riau akan mendapatkan pelayanan listrik PLN.  Dengan peningkatan jaringan listrik sampai ke desa, artinya perekonomian menjadi semakin baik.

    “Pada hari ini dapat diselesaikan 4 desa terakhir yang ada di kabupaten Siak, artinya sudah 100 persen listrik sudah teraliri di kabupaten Siak,” jelasnya.

    Pada kesempatan itu secara bersama-sama  dilakukan penekanan tombol sirine tanda seluruh desa di kabupaten Siak sudah teraliri listrik.

    Kemudian dilakukan penandatangan sejumlah prasasti diantaranya pembangunan gedung futsal Muara Kelantan. Penyerahan 1 unit Ambulance dari dana desa untuk kampung Bencah Umbai dan penyerahan bantuan PLN peduli berupa 100 paket sembako untuk masyarakat fakir miskin dan dhuafa dengan total Rp 15 juta.

    Penyerahan penghargan PLN UP3 oleh  GM PLN Riau Kepri kepada Bupati Siak atas dukungannya menjadikan kabupaten Siak  tertib bayar rekening listrik tahun 2018.

    Selanjutnya Bupati Syamsuar berbicara dengan Penghulu Tasik Betung Khairul Anas dan penghulu Teluk Lanus melalui video conference terkait listrik desa. (Adv)



     
    Berita Lainnya :
  • Peresmian 100 persen Desa Berlistrik di Kabupaten Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Jamaluddin : Arsip Adalah Bukti Dari Catatan Peristiwa
    02 Gemar Berzakat 2019 Segera Diluncurkan, Baznas Siak Targetkan Dana Zakat Terkumpul 2,1M
    03 Bukti Kepedulian PT BIM Kepada Masyarakat Dengan Menyalurkan Program Bantuan CSR Tahun 2019
    04 Camat Tekankan Linmas Gunakan Tanda Pengenal, Jika Tak Miliki Seragam
    05 Sekda Kab Siak, Hadiri Kegiatan Indonesia Industrial Summit (ISS) 2019
    06 Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
    07 Sekda Rohul, Tutup MTQ XIX Kabupaten Rohul 2019 Dengan Atraksi Kembang Api.
    08 Warga Sukamaju Harapkan Pembangunan Turap Sungai
    09 Kapolda dan Ketua Bawaslu Riau Lepas Tim Patroli Money Politik & Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2019
    10 Kampanye Akbar, Pasangan Jokowi Amin Artis Ibu kota Iis Dahlia Goyang Simpatisan Di Ujungbatu
    11 Mantapkan Pemilu, KPU Siak Distribusikan Logistik Keseluruh Kecamatan
    12 GMC 2019 Momen Promosi Pariwisata di Kabupaten Siak
    13 Simpan 5 Paket Sabu, 2 Pelaku Diduga Pengedar Dicokok Tim Opsnal Polsek Sabak Auh
    14 Bupati Siak Alfedri Teken Kesepakatan Replating Kebun Sawit Masyarakat Dengan PTPN V
    15 Setelah Tiga Tahun Didirikan MAN IC Perawang Kian Berkembang
    16 Melalui Launching ATM Beras, Membuka Kepekaan Sosial
    17 Kabupaten Siak Siap Sukseskan Pemilu 17 April Mendatang
    18 Bupati Siak Buka Secara Resmi MTQ ke XIV Kecamatan Dayun
    19 Koperatif Alasan Kejari Siak Tidak Menahan Eks Kepala Dishutbut Siak
    20 H. MOH HILIP Mengingatkan Jangan Salah Pilih
    21 Gubri - Kemenpar Teken MoU Pariwisata Halal, Siak Optimis Paling Siap Jadi Daerah Destinasi
    22 Akhirnya DPO Direktur PT DSI, Suratno Konadi Resmi Ditahan Kejari Siak
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI