Senin, 11-03-2019 - 13:48:09 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Iswandi, Refelanting Pohon Kelapa Sawit Satu Kelompok 50 Hektar | | Tim Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Rokan Hulu Di Masjid Al Falah Desa Kembang Damai | | Jabat Sekjen LKTL, Alfedri Apresiasi Langkah Kabupaten Sintang Promosikan Kuliner Khas Daerah | | PT IKPP Gelar Buka Puasa Bersama Pemkab Siak dan Masyarakat Sekitar | | Kejari Rohil Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Awak Media | | Peringatan Nuzul Al Quran 1440 H di Siak Di Hadiri Gubernur Riau
 
PLT Bupati Alfedri : Pelayanan Publik Harus Cepat, Mudah, dan Murah
Pemerintah Kabupaten Siak melaksanakan Forum Perangkat Daerah Tahun 2019
Senin, 11-03-2019 - 13:48:09 WIB

TERKAIT:
 
  • Pemerintah Kabupaten Siak melaksanakan Forum Perangkat Daerah Tahun 2019
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan hasil usulan Musrenbang Kecamatan, Pemerintah Kabupaten Siak melaksanakan Forum Perangkat Daerah Tahun 2019, Senin pagi (11/03/2019) di Kantor Bupati Siak Komplek Perkantoran Tanjung Agung.

    Forum yang turut dihadiri Ketua dan Anggota DPRD,  serta seluruh pimpinan OPD dan camat tersebut, juga dimaksudkan untuk menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas pembangunan, berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.

    Perbaikan sektor pelayanan publik menjadi sorotan utama Plt Bupati Siak H Alfedri. Menurut dia, pelayanan publik harus cepat, mudah, dan murah. 

    Meskipun sudah banyak inovasi yang dilakukan, pemerintah daerah dalam melayani kebutuhan masyarakat harus terus berbenah,  karena tuntutan pelayanan publik  semakin tinggi.

    "Sudah menjadi tugas kita selaku pelayan masyarakat untuk terus berinovasi tiada henti memenuhi tuntutan publik yang semakin berkembang," kata Alfedri. 

    Misalnya kata dia terkait pelayanan administrasi kependudukan, Alfedri tidak ingin masyarakat harus repot-repot datang ke kantor Dinas Kependudukan. Urusan itu sebutnya cukup diselesaika di Kantor Camat, selanjutnya petugas pelayanan kantor kecamatan melanjutkan pengantaran berkas tersebut ke dinas terkait.

    "Kasihan kalau masyarakat kita harus datang jauh-jauh ke ibukota kabupaten hanya untuk keperluan pengurusan KTP saja. Cukup staf UPTD atau kantor camat yang mengantar, kalau tidak ada anggaran usulkan di APBD Perubahan untuk biaya perjalanan dinasnya," pinta Alfedri kepada jajarannya. 

    Selain tuntutan perbaikan pelayanan publik, pekerjaan rumah lainnya yang disorot Alfedri adalah belum meratanya fasilitas pendidikan, yang menjadi kendala Program Wajib Belajar 12 Tahun. Tantangan lainnya kata dia, lembaga sekolah SMA saat ini telah menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

    Karena itu dia meminta OPD terkait selalu bekerjasama dengan pemerintah provinsi untuk mengupayakan agar akses penerimaan masuk sekolah bagi calon siswa dipermudah.

    “Kita berharap tahun 2020 nanti sudah tidak ada lagi yang namanya uang muka masuk sekolah di Kabupaten Siak, itu harga mati,” tegasnya. 

    Pemerintah kata dia juga sudah mempersiapkan program bantuan untuk menjamin agar siswa bisa melanjutkan wajib belajar hingga tuntas sampai 12 tahun, misalnya dengan hadirnya Bantuan Operasional Sekolah (BOS), serta Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

    Selain itu birokrat yang juga mantan Kepala Sekolah di Kecamatan Minas itu menegaskan, fasilitas pendukung di lembaga-lembaga pendidikan seperti misalnya toilet sekolah harus layak dan bersih. Ia juga minta jumlah ketersediaan toilet di sekolah harus sebanding jumlah murid. 

    “Saya sering menjumpai toilet sekolah yang tidak layak, ini untuk kenyamanan generasi masa depan kita dalam menuntut ilmu. Tolong hal ini menjadi prioritas,” pintanya.

    Alfedri juga prihatin dengan masih rendahnya minat baca dan menulis Di Kabupaten Siak, untuk itu program literasi harus menjadi program prioritas. 

    "Soal literasi saya minta instansi terkait mensosialisasikan dengan mengembangkan perpustakaan mulai dari tingkat kampung hingga ditingkat kabupaten," kata dia. 

    Selain itu bidang infrastruktur juga menjadi salah satu program prioritas Pemkab Siak kedepan, terutama melanjutkan jalan poros desa yang masih belum selesai. 

    "Melanjutkan upaya pembangunan infrastruktur, terutama ke wilayah pertanian, kawasan industri, jalan nasional dan jalan menuju destinasi pariwisata jadi salah satu perhatian utama kita kedepan," sebut Alfedri. (fer) 



     
    Berita Lainnya :
  • Pemerintah Kabupaten Siak melaksanakan Forum Perangkat Daerah Tahun 2019
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 PT IKPP Gelar Buka Puasa Bersama Pemkab Siak dan Masyarakat Sekitar
    02 Iswandi, Refelanting Pohon Kelapa Sawit Satu Kelompok 50 Hektar
    03 Tim Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Rokan Hulu Di Masjid Al Falah Desa Kembang Damai
    04 Jabat Sekjen LKTL, Alfedri Apresiasi Langkah Kabupaten Sintang Promosikan Kuliner Khas Daerah
    05 Peringatan Nuzul Al Quran 1440 H di Siak Di Hadiri Gubernur Riau
    06 Kejari Rohil Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Awak Media
    07 Tepian Sungai Jantan Siak Masuk 7 Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019
    08 Dra Hj Rasidah Alfedri Resmi Dilantik sebagai Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Siak
    09 Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Siak Dilantik, Ini Pesan Alfedri
    10 Bupati Siak Tandatangani Komitmen Bersama, Terkait Pengaduan Pelayanan Publik
    11 Ringankan Beban Mustahik, Pemkab Siak Luncurkan ATM Beras di Sabak Auh
    12 Sekda Siak, Ajak Pimpinan Perusahaan Berkontribusi Terhadap Pembangunan Daerah
    13 Bupati Siak Alfedri Apresiasi Kinerja dan Inovasi Pemerintah Kecamatan Sabak Auh
    14 Sekda Siak Sebut, Bapekam Mesti Paham Tupoksi
    15 Alfedri Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas 2019, Penuh Hikmat
    16 Di Dumai, BNN Berhasil Gagalkan 50kg Sabu dan 23ribu Butir Ekstasi
    17 Tim Disperindag Sidak Pasar Tuah Serumpun, Harga Pokok Masih Relatif Stabil
    18 TP PKK Siak Serahkan Paket Sembako Untuk Dhuafa di Tiga Kecamatan
    19 Pemkab Rohil Laksanakan Safari Ramadhan Pertama Di Mesjid An-Nur Kecamatan Sinaboi
    20 Kronologis Bentroknya Pemuda Kecamatan Rumbai Pesisir Memakan Korban
    21 Pemkab Siak Raih Laporan Hasil Keuangan Predikat WTP Kedelapan
    22 Sekretaris Daerah Kab Siak T.Said Hamzah Sambut Kedatangan Rombongan Anggota DPR RI Komisi III
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI