Senin, 08-04-2019 - 15:01:57 WIB
Follow Us ON :
 
 
| 26.777 Siswa se Kabupaten Rohil tingkat SD dan SMP Sederajat Ikuti Ujian Nasional | | Taman Wisata Nasional Danau Zamrud Yang Masih Asri dan Alami Magnet Para Wisatawan Manca Negara | | Angka Partisipasi Pemilih di Siak di Targetkan Diatas 70 Persen | | Pilpres dan Pileg 2019 di Negeri Istana Berlangsung Tertib dan Aman | | Lima Habib Dijadwalkan hadiri Haul Sultan Siak 2019 | | Lewat MTQ Kecamatan Mempura ke X, Pemkab Ajak Warga Peduli Dhuafa
 
Taman Wisata Yang Sekaligus Taman Tempat Tanaman Obat Tradisional Di Kampung Tengah
Senin, 08-04-2019 - 15:01:57 WIB

TERKAIT:
 
  • Taman Wisata Yang Sekaligus Taman Tempat Tanaman Obat Tradisional Di Kampung Tengah
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Distrik Kampura Tengah Mempura kembali memulai perbaikan dan mempercantik lingkungan indah kawasan bersejarah kabupaten Siak untuk menjadi topik tren masyarakat Siak dan sekitarnya.

    Melihat sekelilingnya, jalan-jalan utama desa menjadi lebih hidup dan bersih dihiasi dengan payung gantung berwarna-warni. Bintik-bintik hijau tanaman hias dan tanaman obat keluarga (TOGA) menambah keindahan alamnya.

    Salah satu bidan Ike bidan Ike Amdkeb mengatakan itu bukan pekerjaan yang sederhana, mengingat komponen utama dari kegiatan ini adalah ibu yang memiliki ibu sibuk sendiri sebagai ibu rumah tangga.

    "Dalam hal pekerjaan yang tidak sederhana, tentu saja, karena pewarnaan kompleks telah dipasang untuk menghias berbagai tanaman obat keluarga (TOGA) telah dilengkapi oleh ibu rumah tangga di desa Mempura kabupaten Tengah," kata Ike maya pristiani Amdkeb saat bidan desa kepada Anda media, Senin (4/7/2019).

    Ike maya pristiani Amdkeb tidak memiliki ibu Isna Walisbahu, Ibu Maisaroh dan ibu kelompoknya dan juga dibangun oleh Dr Handry sebagai Kepala Puskesmas Mempura dengan PKK Kecamatan, dan PPL Mempura.

    Sementara Ny. Isna Walisbahu mengatakan bahwa mereka bersama Kepala RT.01 Seno bersama dengan Buk Mai dan Bg Gufor dengan komunitas bahu menghabiskan sekitar 5 bulan dalam pembuatan dan penanaman tanaman obat untuk keluarga ini, yang tanaman obatnya memiliki nilai obat yang tinggi selain Juga dibantu secara medis dengan menggunakan tanaman obat untuk membantu masyarakat.

    "Selain menanam tanaman obat dan membuat taman Toga, Taman Toga ini juga dapat digunakan sebagai salah satu tempat wisata pengetahuan Pendidikan dan pengenalan tanaman obat untuk keluarga yang dapat membantu masyarakat dalam perekonomian," kata Isna.

    Maisaroh menambahkan obat keluarga (TOGA) sangat berguna untuk kesehatan keluarga, juga sangat berguna untuk kebutuhan dapur kita karena bahan-bahannya, tentunya sangat ekonomis dan penghasilan kita.

    "Kami menanam rosella, serai, kunyit, lengkuas, tebu, lavender dan pandan, ada juga kolam ikan dan kami juga menyediakan penyewaan sepeda untuk wisatawan yang ingin berkeliling, selain permainan rakyat seperti engrang dan juga disediakan penghuni, dia menjelaskan.

    Kampung Tengah mewakili kabupaten Mempura di tingkat ras Siga. Kegiatan lomba adalah kegiatan rutin dinas kesehatan untuk kecamatan Siak.

    "Tujuannya bukan hanya untuk balapan dan menang, tetapi untuk menjadikan Kampung Tengah tur Toga yang bisa mendapatkan perawatan tradisional melalui pabrik di sekitar kita," jelas Handry.

    Dokter muda itu menjelaskan, dari jenis tanaman labu yang menyumbang sekitar 110 jenis Toga sangat bermanfaat bagi manusia. Dari segi sifat-sifatnya dan menghindari paparan kimia, dan juga murah.

    "Di setiap rumah di sini, kami telah menanam tanaman labu, dan tanaman itu rosella dan ada juga tanaman insulin yang diproduksi oleh kami sendiri," katanya.

    Untuk membuatnya lebih menarik, kebun labu dan lokasi penilaian dihiasi sehingga pengunjung dapat mengambil gambar dengan tanaman obat, serta dapat mencicipi hasil olahan dari labu.

    Tim Penilai dari Dinas Kesehatan Kabupaten Siak yang dipimpin oleh Drg. Hj Sumiati berharap ada lahan yang disediakan sebagai ikon tanaman di setiap kecamatan, yang bisa dijual di tempat. Sebagai tanaman organik dan kebun buah yang bisa dinikmati langsung oleh pengunjung.

    Dari sudut pandang itu dapat disorot sebagai tur kebun labu, rumah sehat dengan menampilkan produk-produknya dalam bentuk herbal atau layanan pijat. Jadi wisatawan dari Siak (menyeberang) dapat naik sampan ke desa Kampung Tengah.

    "Dengan hadirnya tanaman gourmet di halaman rumah sangat bermanfaat bagi kesehatan dan secara ekonomis tanaman ini dapat menghasilkan pendapatan tambahan bagi masyarakat," katanya.

    Ia berharap melalui acara ini, perlombaan akan mempercepat masyarakat untuk mensosialisasikan pemanfaatan hasil TOGA melalui penanaman, pengolahan, pemanfaatan dan pemasaran hasil TOGA. Ini memberi dampak positif nyata bagi masyarakat. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Taman Wisata Yang Sekaligus Taman Tempat Tanaman Obat Tradisional Di Kampung Tengah
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 26.777 Siswa se Kabupaten Rohil tingkat SD dan SMP Sederajat Ikuti Ujian Nasional
    02 Lewat MTQ Kecamatan Mempura ke X, Pemkab Ajak Warga Peduli Dhuafa
    03 Perpani Siak Sosialisasikan Panahan di Kecamatan se Kabupaten Siak
    04 Lima Habib Dijadwalkan hadiri Haul Sultan Siak 2019
    05 Pilpres dan Pileg 2019 di Negeri Istana Berlangsung Tertib dan Aman
    06 Angka Partisipasi Pemilih di Siak di Targetkan Diatas 70 Persen
    07 Taman Wisata Nasional Danau Zamrud Yang Masih Asri dan Alami Magnet Para Wisatawan Manca Negara
    08 Jamaluddin : Arsip Adalah Bukti Dari Catatan Peristiwa
    09 Gemar Berzakat 2019 Segera Diluncurkan, Baznas Siak Targetkan Dana Zakat Terkumpul 2,1M
    10 Bukti Kepedulian PT BIM Kepada Masyarakat Dengan Menyalurkan Program Bantuan CSR Tahun 2019
    11 Camat Tekankan Linmas Gunakan Tanda Pengenal, Jika Tak Miliki Seragam
    12 Sekda Kab Siak, Hadiri Kegiatan Indonesia Industrial Summit (ISS) 2019
    13 Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
    14 Sekda Rohul, Tutup MTQ XIX Kabupaten Rohul 2019 Dengan Atraksi Kembang Api.
    15 Warga Sukamaju Harapkan Pembangunan Turap Sungai
    16 Kapolda dan Ketua Bawaslu Riau Lepas Tim Patroli Money Politik & Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2019
    17 Kampanye Akbar, Pasangan Jokowi Amin Artis Ibu kota Iis Dahlia Goyang Simpatisan Di Ujungbatu
    18 Mantapkan Pemilu, KPU Siak Distribusikan Logistik Keseluruh Kecamatan
    19 GMC 2019 Momen Promosi Pariwisata di Kabupaten Siak
    20 Simpan 5 Paket Sabu, 2 Pelaku Diduga Pengedar Dicokok Tim Opsnal Polsek Sabak Auh
    21 Bupati Siak Alfedri Teken Kesepakatan Replating Kebun Sawit Masyarakat Dengan PTPN V
    22 Setelah Tiga Tahun Didirikan MAN IC Perawang Kian Berkembang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI