Senin, 08-04-2019 - 15:01:57 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Berlangsung Semarak, Bupati Siak Alfedri Lepas Pawai Taaruf MTQ di Sungai Apit | | Bupati Siak Alfedri Resmikan Gedung Baru MA Pondok Pasantren Bahrul Ulum | | DPRD Meranti Turun Langsung ke Lapangan Melihat Progres Pembangunan Kepulauan Meranti | | Wabup Meranti Buka kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 33 Tahun 2019 | | Yama Utama Terpilih Ketua Karang Taruna Desa Ngaso | | Ketua DPRD Siak, Koperasi BUTU Agar Trsnsparan Dalam Mengelola Kayu Akasia Diatas Lahan TORA
 
Taman Wisata Yang Sekaligus Taman Tempat Tanaman Obat Tradisional Di Kampung Tengah
Senin, 08-04-2019 - 15:01:57 WIB

TERKAIT:
 
  • Taman Wisata Yang Sekaligus Taman Tempat Tanaman Obat Tradisional Di Kampung Tengah
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Distrik Kampura Tengah Mempura kembali memulai perbaikan dan mempercantik lingkungan indah kawasan bersejarah kabupaten Siak untuk menjadi topik tren masyarakat Siak dan sekitarnya.

    Melihat sekelilingnya, jalan-jalan utama desa menjadi lebih hidup dan bersih dihiasi dengan payung gantung berwarna-warni. Bintik-bintik hijau tanaman hias dan tanaman obat keluarga (TOGA) menambah keindahan alamnya.

    Salah satu bidan Ike bidan Ike Amdkeb mengatakan itu bukan pekerjaan yang sederhana, mengingat komponen utama dari kegiatan ini adalah ibu yang memiliki ibu sibuk sendiri sebagai ibu rumah tangga.

    "Dalam hal pekerjaan yang tidak sederhana, tentu saja, karena pewarnaan kompleks telah dipasang untuk menghias berbagai tanaman obat keluarga (TOGA) telah dilengkapi oleh ibu rumah tangga di desa Mempura kabupaten Tengah," kata Ike maya pristiani Amdkeb saat bidan desa kepada Anda media, Senin (4/7/2019).

    Ike maya pristiani Amdkeb tidak memiliki ibu Isna Walisbahu, Ibu Maisaroh dan ibu kelompoknya dan juga dibangun oleh Dr Handry sebagai Kepala Puskesmas Mempura dengan PKK Kecamatan, dan PPL Mempura.

    Sementara Ny. Isna Walisbahu mengatakan bahwa mereka bersama Kepala RT.01 Seno bersama dengan Buk Mai dan Bg Gufor dengan komunitas bahu menghabiskan sekitar 5 bulan dalam pembuatan dan penanaman tanaman obat untuk keluarga ini, yang tanaman obatnya memiliki nilai obat yang tinggi selain Juga dibantu secara medis dengan menggunakan tanaman obat untuk membantu masyarakat.

    "Selain menanam tanaman obat dan membuat taman Toga, Taman Toga ini juga dapat digunakan sebagai salah satu tempat wisata pengetahuan Pendidikan dan pengenalan tanaman obat untuk keluarga yang dapat membantu masyarakat dalam perekonomian," kata Isna.

    Maisaroh menambahkan obat keluarga (TOGA) sangat berguna untuk kesehatan keluarga, juga sangat berguna untuk kebutuhan dapur kita karena bahan-bahannya, tentunya sangat ekonomis dan penghasilan kita.

    "Kami menanam rosella, serai, kunyit, lengkuas, tebu, lavender dan pandan, ada juga kolam ikan dan kami juga menyediakan penyewaan sepeda untuk wisatawan yang ingin berkeliling, selain permainan rakyat seperti engrang dan juga disediakan penghuni, dia menjelaskan.

    Kampung Tengah mewakili kabupaten Mempura di tingkat ras Siga. Kegiatan lomba adalah kegiatan rutin dinas kesehatan untuk kecamatan Siak.

    "Tujuannya bukan hanya untuk balapan dan menang, tetapi untuk menjadikan Kampung Tengah tur Toga yang bisa mendapatkan perawatan tradisional melalui pabrik di sekitar kita," jelas Handry.

    Dokter muda itu menjelaskan, dari jenis tanaman labu yang menyumbang sekitar 110 jenis Toga sangat bermanfaat bagi manusia. Dari segi sifat-sifatnya dan menghindari paparan kimia, dan juga murah.

    "Di setiap rumah di sini, kami telah menanam tanaman labu, dan tanaman itu rosella dan ada juga tanaman insulin yang diproduksi oleh kami sendiri," katanya.

    Untuk membuatnya lebih menarik, kebun labu dan lokasi penilaian dihiasi sehingga pengunjung dapat mengambil gambar dengan tanaman obat, serta dapat mencicipi hasil olahan dari labu.

    Tim Penilai dari Dinas Kesehatan Kabupaten Siak yang dipimpin oleh Drg. Hj Sumiati berharap ada lahan yang disediakan sebagai ikon tanaman di setiap kecamatan, yang bisa dijual di tempat. Sebagai tanaman organik dan kebun buah yang bisa dinikmati langsung oleh pengunjung.

    Dari sudut pandang itu dapat disorot sebagai tur kebun labu, rumah sehat dengan menampilkan produk-produknya dalam bentuk herbal atau layanan pijat. Jadi wisatawan dari Siak (menyeberang) dapat naik sampan ke desa Kampung Tengah.

    "Dengan hadirnya tanaman gourmet di halaman rumah sangat bermanfaat bagi kesehatan dan secara ekonomis tanaman ini dapat menghasilkan pendapatan tambahan bagi masyarakat," katanya.

    Ia berharap melalui acara ini, perlombaan akan mempercepat masyarakat untuk mensosialisasikan pemanfaatan hasil TOGA melalui penanaman, pengolahan, pemanfaatan dan pemasaran hasil TOGA. Ini memberi dampak positif nyata bagi masyarakat. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Taman Wisata Yang Sekaligus Taman Tempat Tanaman Obat Tradisional Di Kampung Tengah
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Berlangsung Semarak, Bupati Siak Alfedri Lepas Pawai Taaruf MTQ di Sungai Apit
    02 Bupati Siak Alfedri Resmikan Gedung Baru MA Pondok Pasantren Bahrul Ulum
    03 Wabup Meranti Buka kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 33 Tahun 2019
    04 DPRD Meranti Turun Langsung ke Lapangan Melihat Progres Pembangunan Kepulauan Meranti
    05 Yama Utama Terpilih Ketua Karang Taruna Desa Ngaso
    06 Warga Bengkalis Kembali Menemukan Tas Biru Bergambar Panda Yang Isinya Ternyata Sabu-sabu
    07 Ketua DPRD Siak, Koperasi BUTU Agar Trsnsparan Dalam Mengelola Kayu Akasia Diatas Lahan TORA
    08 Kabupaten Siak Raih penghargaan Pastika Parahita dari Kementerian Kesehatan
    09 Tahniah Alfedri Untuk Setiono, Penggiat Lingkungan asal Sungai Apit
    10 Kebakaran Lahan Di Dayun Semakin Meluas, Kabut Asap Semakin Tebal
    11 Polres Dumai Berhasil Amankan Seorang Pelaku Narkoba Berserta Barang Bukti 1 Kg Sabu- sabu
    12 Bupati Alfedri Apresiasi Kinerja Polri
    13 Aksi Damai FKPMR Batal, Kedatangan Bupati ke Rokan IV Koto Disambut Hangat Masyarakat
    14 Tanam 1000 Bibit Mangrove, Dukung Pemulihan DAS
    15 Komisi I DPRD Kab Siak Gelar Hearing Dengan DPMK Beserta Inspektorat Pemda Siak
    16 Satpol PP Dumai Gelar Razia KTP di Jalan Budi kemuliaan
    17 Pertemuan Dan sosialisasi Keimigrasian Di Kecamatan Kandis Siak
    18 Bupati Rohil Membuka Program TMMD ke 105 Kodim 0321/Rohil
    19 9 Perusahaan Pabrik Sawit Yang Ikut Hearing DPRD Siak, Diduga 2 Diantaranya Tidak Mengantongin Izin
    20 Hearing Komisi II, Ketua DPRD Siak Kecewa Dengan Perusahan Pabrik Kelapa Sawit Yang Tidak Hadir
    21 DPRD Siak Gelar Hearing Terkait Implementasi dan Realisasi Program CSR Perusahan Kelapa Sawit
    22 Pemkab Rohil Gelar Sosialisasi Informasi Publik
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI