Senin, 15-04-2019 - 13:54:23 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Zesika Rozzalena Mendapat Medali Emas Cabor Pencak Silat Tingkat Provinsi Riau | | Upacara Memperingati Detik-Detik Proklamasi RI Di Kecamatan Kunto Darussalam Berjalan Baik, dan Lan | | Bupati Siak Alfedri Buka Acara Penyuluhan Bahanya Narkoba Bagi Pelajar | | Bupari Siak Afedri Tegaskan Generasi Muda Agar Tidak Terpengaruh Narkoba | | Ka Kwarcab Alfedri Pimpin Apel Besar Hari Pramuka Ke 58 di Kabupaten Siak | | Mahasiswa UNRI Sosialisasi Cara Pembuatan Cookies Ampas Kelapa dan Selai Nenas
 
Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
Senin, 15-04-2019 - 13:54:23 WIB

TERKAIT:
 
  • Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak melaksanakan Penyuluhan Pencegahan Bahaya Kebakaran, untuk melatih respon cepat tanggap terhadap potensi kebakaran baik dilingkungan perumahan maupun kebakaran hutan dan lahan. Para peserta penyuluhan diambil dari kaum ibu, utusan sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. Kegiatan penyuluhan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Siak L. Budhi Yuwono, Senin pagi (15/04/19) di hotel Grand Royal Siak Sri Indrapura, Riau.

    Asisten Pemkesra Budhi Yuwono dalam sambutannya mengatakan, peran kaum ibu sangat besar saat terjadi kebakaran di lingkungan perumahan, karena pertama kali mengetahui terjadinya bencana kebakaran. Untuk itu melalui kegiatan penyuluhan pencegahan bahaya kebakaran yang ditaja BPBD Siak, para peserta diharapkan menjadi pelopor cepat tanggap kebakaran sekembalinya kedaerahnya masing-masing.

    "Kami berharap ibu-ibu para peserta delegasi dari masing daerah yang hadir menjadi pelopor nantinya dalam rangka edukasi bahaya kebakaran maupun respon cepat tanggap dilingkungan masyarakat," kata Budhi.

    Kata dia,  peristiwa kebakaran yang terjadi dipemukiman penduduk merupakan ancaman menakutkan bagi keselamatan harta benda, lingkungan, bahkan nyawa manusia. Biasanya dari berbagai kasus kebakaran yang terjadi dipemukiman, penyebabnya korsleting akibat arus pendek listrik dan ledakan api kompor.

    "Mudah-mudahan setelah mengikuti penyuluhan ini, ibu-ibu yang akan jadi relawan sudah mengetahui pencegahan resiko kebakaran pada tempat tinggal kita masing-masing. Jadi kalau melihat peristiwa kebakaran atau api kecil tidak perlu panik berteriak-teriak lagi, karena kita sudah paham bagaimana langkah mengatasinya bisa langsung action," ungkapnya.

    Melalui kegiatan ini nantinya jugan akan dibentuk para relawan kebakaran dari kaum wanita, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang mewajibkan terakomodirnya prinsi kesetaraan gender terkait kesamaan hak dan kewajiban dalam pembinaan masyarakat.

    "Karena itulah kegiatan ini pesertanya diambil dari ibu-ibu yang mewakili dari sejumlah kecamatan ada di Kabupaten Siak," jelas Budhi. 

    Budhi juga mengapresiasi BPBD Siak yang telah melaksanakan kegiatan ini, dan berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan berkelanjutan. Saat ini kata dia, setidaknya ada 69 Kampung di Kabupaten Siak yang rawan Karhula. 

    "Kita harapkan dari 69 kampung tadi di penyuluhan ini ada yang mewakili, setelah usai dari pembekalan ini, para relawan nantinya dapat menyampaikan ilmu yang di dapat masyarakat dan tetangga setempat," sebutnya.

    Sementara itu Kepala BPBD Siak Syafrizal mengatakan, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Kebakaran ini dilakukan, agar semua lapisan masyarakat dapat memahami prinsip mitigasi bencana.

    "Kegiatan ini kita lakukan upaya kita meningkatkan pengetahuan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat luas, khususnya kesiagaan bagi masyarakat pemukiman," ungkapnya. 

    Menurutnya, semakin tingginya pertumbuhan pembangunan, semakin tinggi tingkat resiko terhadap kebakaran hutan, lahan dan pemukiman, yang berdampak bagi rusaknya ekosistem lingkungan serta harta benda. 

    Kegiatan yang berlangsung pagi hari itu melibatkan peserta berjumlah 150 orang, dimana sebanyak 75 orang peserta berasal dari Kelurahan dan Kampung yang ada di kabupaten Siak, dengan narasumber didatangkan dari Kementerian Dalam Negeri dan BPBD Pusat. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Zesika Rozzalena Mendapat Medali Emas Cabor Pencak Silat Tingkat Provinsi Riau
    02 Upacara Memperingati Detik-Detik Proklamasi RI Di Kecamatan Kunto Darussalam Berjalan Baik, dan Lan
    03 Mahasiswa UNRI Sosialisasi Cara Pembuatan Cookies Ampas Kelapa dan Selai Nenas
    04 Bupari Siak Afedri Tegaskan Generasi Muda Agar Tidak Terpengaruh Narkoba
    05 Antisipasi Bencana Karlahut dan Kabut Asap, Pemkab. Meranti Akan Gelar Sholat Istisqo
    06 Bupati Siak Alfedri Buka Acara Penyuluhan Bahanya Narkoba Bagi Pelajar
    07 Ka Kwarcab Alfedri Pimpin Apel Besar Hari Pramuka Ke 58 di Kabupaten Siak
    08 Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan
    09 Bupati Siak Alfedri Pimpin Apel Senin Bersama Seluruh Pimpinan OPD dan ASN
    10 Karyawan PTPN 5 Sei Rokan ikut Berkorban 11 ekor Sapi
    11 Sambut Idul Adha 1440 H, Polres Siak Gelar Penyembelihan Hewan Kurban Delapan Sapi
    12 Bupati Siak Alfedri, Naik Helikoter Panatau Karhutla Di Rawang Air Putih dan Tasik Betung
    13 29 Mesjid dan Mushalla Meriahkan Pawai Takbir Idul Adha 1440 H
    14 BAZNAS Bintan Kepri Kunker ke BAZNAS Kab Siak
    15 MK Tolak Gugantan PDIP, KPU Siak Menunggu Surat Keputusan KPU Pusat
    16 Wabup H. Said Hasyim Lantik 111 Pejabat Eselon II, III dan IV Dilingkungan Pemkab Meranti
    17 Bupati Siak Hadiri Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan lahan Tahun 2019
    18 Pemkab Diduga Bertanggung Jawab Atas Mangkraknya RSUD Rohul, AMPUN-Rohul Gelar Aksi Ujuk Rasa
    19 Wanita Cantik Diduga Bandar Narkoba Berhasil Dibekuk Sat Res Narkoba Polres Siak
    20 September Mendatang, 13 Tim Dari 10 Negara Berebut Podium Tour De Siak 2019
    21 Wabup Meranti Pimpin Apel Pagi di Kantor Satpol PP, Cek Pasukan dan Beri Arahan
    22 Polsek Bangko Kembali Menangkap 2 Orang Diduga Badar Sabu Dalam Waktu 24 Jam
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI