Rabu, 08-05-2019 - 12:07:16 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Diduga Dihipnotis Sepeda Motor Raib | | Wakil Bupati Kepulauan Meranti Buka MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Tahun 2019 | | Wabup Meranti Lantik Dewan Hakim MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Tahun 2019 | | Bupati Meranti Lepas Pawai Taqruf MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Meranti 2019 | | Bupati Siak, Alfedri Lantik 11 Pejabat Penghulu Kecamatan Mempura Dan Dayun | | Bupati Siak, Alfedri Kukuhkan 62 Dewan Hakim MTQ ke 19 Tingkat Kabupaten Siak Tahun 2019
 
Pemkab Siak Kaji Skema Baru Soal TKD ASN
Rabu, 08-05-2019 - 12:07:16 WIB
 Rapat Pembahasan Implementasi TKD PNS bersama lintas OPD di lingkungan Pemkab Siak yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Siak T.S. Hamzah di ruang rapat Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak, Selasa (7/5/2019).

TERKAIT:
 
  • Pemkab Siak Kaji Skema Baru Soal TKD ASN
  •  


    SIAK,DELIKRIAU - Pemerintah Kabupaten Siak tahun ini tengah melakukan kajian skema baru Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) bagi para Aparatur Sipil Negara, dengan merujuk pada pola yang saat ini telah dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sebagai tindak lanjut agenda studi banding yang dilakukan Organisasi Perangkat Daerah terkait di Tanjung Pinang beberapa waktu lalu.

    Hal tersebut terungkap saat Rapat Pembahasan Implementasi TKD PNS bersama lintas OPD di lingkungan Pemkab Siak yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Siak T.S. Hamzah di ruang rapat Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak, Selasa (7/5/2019).

    "Rencananya tahun 2020 mendatang, Pemkab Siak akan menerapkan kebijakan Tambahan Kinerja Daerah. Beberapa waktu lalu kita sudah ke Kepulauan Riau untuk melakukan studi banding," kata Hamzah.

    Penerapan TKD ini kata Hamzah akan disesuaikan dengan kelas jabatan dan nilai jabatan, dengan berdasarkan pada Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK). Sedangkan untuk honor kegiatan sudah lagi dianggarkan untuk ASN.

    Langkah ini kata dia, bagian dari rencana aksi Pemkab Siak yang sudah disepakati dengan KPK RI beberapa waktu silam.

    "Tambahan penghasilan untuk PNS dimaksudkan untuk menunjang tugas pokok dan fungsi dan akan ada proses evaluasi berkala bersama BKN serta dikaitkan dengan Standar UMK. Intinya tidak mengurangi pendapatan kita, bahkan diperkirakan akan ada efisiensi anggaran," terangnya.

    Sebagai bentuk persiapan konversi pola pemberian tunjangan, seluruh pegawai harus sudah dimasukkan dalam nomenklatur jabatan tertentu. Saat ini berdasarkan informasi dari dinas terkait baik Bagian Organisasi dan BKPSDM Kabupaten Siak, prosesnya hampir rampung dilaksanakan.

    "Konsekuensinya berdasarkan pemetaan jabatan, apabila pada instansi tertentu terjadi kelebihan pegawai maka harus didistribusikan di tempat lain sesuai grade yang ditetapkan. Jika tidak silakan membuat surat pernyataan kesediaan gradenya diturunkan menyesuaikan pemetaan jabatan," pungkas Hamzah.

    Skema penambahan penghasilan ini akan didasarkan pada beberapa indikator penilaian diantaranya e-disiplin, prestasi dan perilaku kerja dengan memanfaatkan penggunaan aplikasi berbasis teknologi informasi.

    Untuk penilaian Sasaran Kinerja Pegawai yang saat ini dilakukan berdasarkan kegiatan, kedepan akan dilengkapi dengan item penilaian non SKP dan sangsi misalnya pemotongan penghasilan karena ketidakhadiran.

    Sementara itu Kabag Organisasi I Wayan W Wiratama mengatakan, saat ini Bagian Organisasi sudah rampung melaksanakan pemetaan kelas jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.

    "Saat ini kita tinggal menunggu proses validasi dari Kementerian PAN dan RB serta BKN. Mudah-mudahan pada Minggu kedua Bulan Mei mendatang sudah ditetapkan," jelasnya.

    Sebelumnya kata Wayan, terkait hal ini juga sudah dilakukan studi banding ke Provinsi DKI Jakarta. Namun penerapannya di Ibu Kota murni pada poin penilaian disiplin dan e-kinerja serta perilaku.

    "Mereka ditunjang dengan APBD yang besar, kelas variabel pengali-nya juga besar. Jadi kita sesuaikan dengan kemampuan daerah kita," sebut Wayan.

    Implementasi skema TKD ini yang direncanakan akan berjalan tahun depan, akan mengandalkan sistem penunjang dari Dinas Kominfo dan BKPSDM Kabupaten Siak terkait aplikasi sistem dan e-kinerja sehingga diharapkan tidak merugikan PNS bersangkutan.(rls/hms)



     
    Berita Lainnya :
  • Pemkab Siak Kaji Skema Baru Soal TKD ASN
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Diduga Dihipnotis Sepeda Motor Raib
    02 Wakil Bupati Kepulauan Meranti Buka MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Tahun 2019
    03 Bupati Meranti Lepas Pawai Taqruf MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Meranti 2019
    04 Wabup Meranti Lantik Dewan Hakim MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Tahun 2019
    05 PT Pelindo Ekspose Rencana Pengembangan Pelabuhan Perawang
    06 Sekda Meranti Buka Kegiatan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat
    07 Bupati Siak, Alfedri Lantik 11 Pejabat Penghulu Kecamatan Mempura Dan Dayun
    08 Bappeda Meranti Gelar FGD, Gesa Percepatan Peningkatan Ekonomi Daerah
    09 Bupati Siak, Alfedri Kukuhkan 62 Dewan Hakim MTQ ke 19 Tingkat Kabupaten Siak Tahun 2019
    10 Berlangsung Semarak, Bupati Siak Alfedri Lepas Pawai Taaruf MTQ di Sungai Apit
    11 Bupati Siak Alfedri Resmikan Gedung Baru MA Pondok Pasantren Bahrul Ulum
    12 Wabup Meranti Buka kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 33 Tahun 2019
    13 DPRD Meranti Turun Langsung ke Lapangan Melihat Progres Pembangunan Kepulauan Meranti
    14 Yama Utama Terpilih Ketua Karang Taruna Desa Ngaso
    15 Warga Bengkalis Kembali Menemukan Tas Biru Bergambar Panda Yang Isinya Ternyata Sabu-sabu
    16 Ketua DPRD Siak, Koperasi BUTU Agar Trsnsparan Dalam Mengelola Kayu Akasia Diatas Lahan TORA
    17 Kabupaten Siak Raih penghargaan Pastika Parahita dari Kementerian Kesehatan
    18 Tahniah Alfedri Untuk Setiono, Penggiat Lingkungan asal Sungai Apit
    19 Kebakaran Lahan Di Dayun Semakin Meluas, Kabut Asap Semakin Tebal
    20 Polres Dumai Berhasil Amankan Seorang Pelaku Narkoba Berserta Barang Bukti 1 Kg Sabu- sabu
    21 Bupati Alfedri Apresiasi Kinerja Polri
    22 Aksi Damai FKPMR Batal, Kedatangan Bupati ke Rokan IV Koto Disambut Hangat Masyarakat
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI