Rabu, 08-05-2019 - 12:07:16 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Penggunaan Tongkat Modifikasi, Polsek Tualang Gelar Pelatihan | | Kuasa Hukum Koperasi BBDM Minta Polres Bengkalis Tindaklanjuti Laporan Kliennya | | Pasca PSBB, Pemkab Siak Bersiap Terapkan New Normal | | Kasus Covid-19 Di Kabupaten Siak Menurun | | Polres Siak Salurkan Sembako Kepada ODP di Kecamatan Dayun | | PSBB Siak Sesuai Harapan, Bupati Siak Berlakukan New Normal
 
Pemkab Siak Kaji Skema Baru Soal TKD ASN
Rabu, 08-05-2019 - 12:07:16 WIB
 Rapat Pembahasan Implementasi TKD PNS bersama lintas OPD di lingkungan Pemkab Siak yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Siak T.S. Hamzah di ruang rapat Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak, Selasa (7/5/2019).

TERKAIT:
 
  • Pemkab Siak Kaji Skema Baru Soal TKD ASN
  •  


    SIAK,DELIKRIAU - Pemerintah Kabupaten Siak tahun ini tengah melakukan kajian skema baru Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) bagi para Aparatur Sipil Negara, dengan merujuk pada pola yang saat ini telah dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sebagai tindak lanjut agenda studi banding yang dilakukan Organisasi Perangkat Daerah terkait di Tanjung Pinang beberapa waktu lalu.

    Hal tersebut terungkap saat Rapat Pembahasan Implementasi TKD PNS bersama lintas OPD di lingkungan Pemkab Siak yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Siak T.S. Hamzah di ruang rapat Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak, Selasa (7/5/2019).

    "Rencananya tahun 2020 mendatang, Pemkab Siak akan menerapkan kebijakan Tambahan Kinerja Daerah. Beberapa waktu lalu kita sudah ke Kepulauan Riau untuk melakukan studi banding," kata Hamzah.

    Penerapan TKD ini kata Hamzah akan disesuaikan dengan kelas jabatan dan nilai jabatan, dengan berdasarkan pada Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK). Sedangkan untuk honor kegiatan sudah lagi dianggarkan untuk ASN.

    Langkah ini kata dia, bagian dari rencana aksi Pemkab Siak yang sudah disepakati dengan KPK RI beberapa waktu silam.

    "Tambahan penghasilan untuk PNS dimaksudkan untuk menunjang tugas pokok dan fungsi dan akan ada proses evaluasi berkala bersama BKN serta dikaitkan dengan Standar UMK. Intinya tidak mengurangi pendapatan kita, bahkan diperkirakan akan ada efisiensi anggaran," terangnya.

    Sebagai bentuk persiapan konversi pola pemberian tunjangan, seluruh pegawai harus sudah dimasukkan dalam nomenklatur jabatan tertentu. Saat ini berdasarkan informasi dari dinas terkait baik Bagian Organisasi dan BKPSDM Kabupaten Siak, prosesnya hampir rampung dilaksanakan.

    "Konsekuensinya berdasarkan pemetaan jabatan, apabila pada instansi tertentu terjadi kelebihan pegawai maka harus didistribusikan di tempat lain sesuai grade yang ditetapkan. Jika tidak silakan membuat surat pernyataan kesediaan gradenya diturunkan menyesuaikan pemetaan jabatan," pungkas Hamzah.

    Skema penambahan penghasilan ini akan didasarkan pada beberapa indikator penilaian diantaranya e-disiplin, prestasi dan perilaku kerja dengan memanfaatkan penggunaan aplikasi berbasis teknologi informasi.

    Untuk penilaian Sasaran Kinerja Pegawai yang saat ini dilakukan berdasarkan kegiatan, kedepan akan dilengkapi dengan item penilaian non SKP dan sangsi misalnya pemotongan penghasilan karena ketidakhadiran.

    Sementara itu Kabag Organisasi I Wayan W Wiratama mengatakan, saat ini Bagian Organisasi sudah rampung melaksanakan pemetaan kelas jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.

    "Saat ini kita tinggal menunggu proses validasi dari Kementerian PAN dan RB serta BKN. Mudah-mudahan pada Minggu kedua Bulan Mei mendatang sudah ditetapkan," jelasnya.

    Sebelumnya kata Wayan, terkait hal ini juga sudah dilakukan studi banding ke Provinsi DKI Jakarta. Namun penerapannya di Ibu Kota murni pada poin penilaian disiplin dan e-kinerja serta perilaku.

    "Mereka ditunjang dengan APBD yang besar, kelas variabel pengali-nya juga besar. Jadi kita sesuaikan dengan kemampuan daerah kita," sebut Wayan.

    Implementasi skema TKD ini yang direncanakan akan berjalan tahun depan, akan mengandalkan sistem penunjang dari Dinas Kominfo dan BKPSDM Kabupaten Siak terkait aplikasi sistem dan e-kinerja sehingga diharapkan tidak merugikan PNS bersangkutan.(rls/hms)



     
    Berita Lainnya :
  • Pemkab Siak Kaji Skema Baru Soal TKD ASN
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Penggunaan Tongkat Modifikasi, Polsek Tualang Gelar Pelatihan
    02 Kuasa Hukum Koperasi BBDM Minta Polres Bengkalis Tindaklanjuti Laporan Kliennya
    03 Remaja Mesjid BKPRMI Pelalawan Memberikan Bantuan Terhadap Para Korban Kebakaran
    04 Saat Pandemi, Diduga Klinik Sundari di Meranti Tak Pernah Merawat Pasien Covid 19
    05 9 Unit Rumah Ludes Dilalap Api Di Pangkalan Kerinci
    06 Kabar gembira, Satu lagi Warga Kabupaten Siak Positif Covid-19 Telah Dinyatakan Sembuh
    07 Menuju Even Porprov, KONI Gelar Rapat Koordinasi Perdana Tahun 2020
    08 Investor Sambut Baik Rencana Balon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis AMAN Kembangkan Sektor Maritim
    09 Ketua Komisi II DPRD Siak Kecewa Terhadap PT DSI
    10 Pemerintah Kecamatan Tualang Gelar Rapat sosialisasi New Normal Percepatan Penanganan Covid-19
    11 Pasca PSBB, Pemkab Siak Bersiap Terapkan New Normal
    12 Satu Santri Klaster Magetan Positif Covid-19 Telah Dinyatakan Sembuh
    13 Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi Berikan Bantuan ke Masyarakat
    14 Kades Herman Ucap Terima Kasih, PT SAR Serahkan Bantuan Mobiler Untuk SDN 005 Desa Kiyap Jaya
    15 PSBB Siak Sesuai Harapan, Bupati Siak Berlakukan New Normal
    16 Kapolres Pelalawan Serahkan Bantuan 10 Ton Beras
    17 PAN Siak Lakukan Video Conference Dengan DPP PAN se Sumatra dan Jawa
    18 Bupati Alfedri Apresiasi Dukungan Pansus DPRD Siak
    19 Pemerintah Desa Pakning Asal Salurkan Bantuan BLT DD Kepada 157 Orang Warganya
    20 Polsek Tualang Berhasil Tangkap Pelaku Pencurian Uang Tunai Dalam Kotak Infaq Di Mesjid Raudhah
    21 Kasus Covid-19 Di Kabupaten Siak Menurun
    22 4 Kali Beraksi, Komplotan Curas Dibekuk Polisi Di Kecamatan Bangko Rohil
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI