Rabu, 12-06-2019 - 17:11:42 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Kabupaten Siak Tampilkan Tari Olang-olang Dari Dayun | | Pemkab Siak Gesa Komplek Bangunan Landraad dan ControlIeur Di Benhil Akan Di Pugar | | Peresmian gedung kantor Kejaksaan Tinggi Riau oleh Jaksa Agung RI HM Prasetyo | | Sekda Kab Siak, T. S. Hamzah Berharap Pembahasan RAPBD Kabupaten Siak Tahun 2020 Selesai Tepat Waktu | | Arya Bisma Nugraha, Siswa MAN IC Tualang Juara Dunia Geo Math Competition di Firlandia | | Bupati Siak Pimpin Rakor Forkompinda Bersama Civitas Akademika Negeri Istana
 
Pemerintah Kabupaten Siak Gesa Peluang Pariwisata Halal
Rabu, 12-06-2019 - 17:11:42 WIB

TERKAIT:
 
  • Pemerintah Kabupaten Siak Gesa Peluang Pariwisata Halal
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Wisata halal merupakan konsep yang terbilang baru dalam kajian pariwisata dewasa ini, sebagai alternatif bagi wisatawan yang tidak sekedar ingin mendapatkan kebutuhan wisata, tetapi juga kebutuhan spritual. Sebagai daerah yang didiami masyarakat melayu yang identik dengan islam, menjadi modal bagi Pemkab Siak dalam mengemas Negeri Istana sebagai tujuan wisata baru yang mengusung konsep pariwisata halal yang maju di Pulau Sumatra.
    Sekretaris Dearah Kabupaten Siak,Tengku Said Hamzah saat memimpin rapat percepatan pariwisata halal di kabupaten Siak mengatkan dalam konteks perkembangan pariwisata halal, yang tidak bisa dilepaskan dari konsep awalnya sebagai wisata religi yang berkembang menjadi pariwisata syariah, yang kemudian berkembang menjadi wisata halal.

    “Pelaksanaan pariwisata halal tidak saja terfokus pada kemasan produk makanan, namun juga sarana umum hotel dan rumah makan, kedai kopi dan café serta tempat pemotongan hewan harus menerapkan konsep halal,” kata Hamzah.

    Lebih lanjut T.S.Hamzah mengatakan, penerapan wisata halal dikabupaten Siak didasari Peraturan Bupati Siak 02 tahun 2017 kemudian Keputusan Bupati Nomor 56 Tentang Kelompok Kerja (Pokja) Pariwisata Halal. Atas dasar itu kata dia kemudian dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman lintas OPD antara Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian, UMKM, Pendidikan, Kemenag, LAM, dan MUI tentang pelaksanaan pariwisata halal.

    “Pelaksanaan wisata halal dikabupaten Siak didasari peraturan bupati dan keputusan Bupati siak, tentang penetapan kelompok kerja yang di dalamnya melibatkan dinas-dinas terkait. kemudian kita lakukan penandatangan nota kesepemahaman antar beberapa lembaga, yang tujuannnya agar pelaksanaanya berjalan dengan baik,”ungkapnya.

    Selanjutnya, pelaksanaan wisata halal ini sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu, bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Siak mengeluarkan sertifikat halal kepada 60 UMKM yang ada di kabupaten Siak. Dimana untuk mendapatkan lebel halal ini membutuhkan biaya perkelompok usaha sebesar Rp 2 juta, di bantunya pelaku usah kecil ini dengan harapan produk yang dihasilkan dan di jual tercantum lebel halal.

    “Melalui dinas koperasi dan UMKM kita telah membantu Rumah industri untuk mendapatkan sertifikta produk halal dari MUI provinsi. Dengan rincian tahun 2017 di bantu 18 UMKM, 2018 22 UMKM dan 2019 sebanyak 20 UMKM jadi total keseluruhannya sejak tahun 2017-2019 berjumlah 60 umkm yang sudah mengantongi sertifikat halal,”terangnya.

    Sementara itu kepala Dinas Kesehatan kabupaten Siak Raja Toni Candra mengatakan, terdapat kendala bagi umkm kecil dalam mendapatkan lebel halal yang dikeluarkan MUI provinsi dengan biaya yang lumayan besar. Sangat dirasakkan para pelaku usaha kecil. Namun setelah ada surat edaran dari Balai POM yang menyatakan pemberian lebel halal kewenangannya dilimpahkan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten atau kota.

    “Jika lebel halal ini dilimpahkan ke MUI kabupaten kota ini sangat membantu para pelaku UMKM yang akan mendapatkan lebel halal, prosedurnya yang bersangkutan mengajukan permohonan ke LP POM MUI Provinsi, setelah melewati tahapan dan tinjau lapangan, baru dikeluarakan lebel halalnya,”terang Toni.

    Toni menghusulkan, kedepan pertama yang dilakukan dalam pemberian lebel halal bagi rumah makan yang ada di kabupaten Siak, dengan mendata dan menyurati ke masing-masing pemilik rumah makan. Untuk di lakukan sosialisasi dan bagai mana mereka nantinya mengetahui alur untuk mendapatkan lebel halal kegiatan usahanya. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Pemerintah Kabupaten Siak Gesa Peluang Pariwisata Halal
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kabupaten Siak Tampilkan Tari Olang-olang Dari Dayun
    02 Peresmian gedung kantor Kejaksaan Tinggi Riau oleh Jaksa Agung RI HM Prasetyo
    03 Sekda Kab Siak, T. S. Hamzah Berharap Pembahasan RAPBD Kabupaten Siak Tahun 2020 Selesai Tepat Waktu
    04 Wabup Meranti Lantik Kades Mengkikip, Ingatkan Penggunaan Dana Desa Harus Dimusyawarahkan Bersama BP
    05 Lantik 5 Kades di Tasik Putripuyu, Ini Pesan Bupati Irwan Kepada Kades dan Masyarakat
    06 Pemkab Siak Gesa Komplek Bangunan Landraad dan ControlIeur Di Benhil Akan Di Pugar
    07 Arya Bisma Nugraha, Siswa MAN IC Tualang Juara Dunia Geo Math Competition di Firlandia
    08 Bupati Siak Pimpin Rakor Forkompinda Bersama Civitas Akademika Negeri Istana
    09 Ditetapkan Sebagai Calon Ketua DPRD, Sekda Meranti Ucapkan Selamat Kepada Jack Ardiansyah
    10 Wabup Meranti Lantik 4 Kades di Kec. Rangsang Pesisir dan Hadiri Pelantikan Pengurus LAM
    11 Fun Bike Ikut Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Rohil ke-20
    12 Bupati Suyatno Membuka Langsung Perlombaan Mancing
    13 Abd Arifin Gugat Balai TNTN Praktisi Hukum Apul Sihombing, SH,MH Demi Hukum Penyidik Hentikan Penyid
    14 Sepakat Bersama Cegah dan Lawan Karhutla
    15 Wabup Meranti Di Kecamatan Rangsang Nonton Bola Hingga Jadi Saksi Nikah Rekan Media
    16 Polda Riau Turunkan Tim Ahli Dan Drone Khusus Menangani Karhutla Siak
    17 Bupati Pelalawan Hadiri Pembukaan FGD Strategi Dan Kebijakan Pengembangan Sistem Inovasi Sawit Sapi
    18 Bathin Hitam Sungai Medang, Ahmad Arifin Diduga Gugat BTNTN Dan Polres Pelalawan Melalui Kuasa Hukum
    19 Optimalisasi Kinerja Wabup Meranti Beri Arahan Pada Petugas Penyuluhan Perikanan
    20 Festival Batik Siak Tahun 2019 Ajang Promosikan Batik Siak
    21 BAZNAS Kab Siak Distribusikan Zakat Tahap III 2019 Sejumlah 4,7 M
    22 Tari Zapin Siak Ditetapkan Kemendikbud RI, sebagai Warisan Budaya Tak Benda
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI