Kamis, 13-06-2019 - 17:50:11 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Kasat Binmas AKP Hermawan Sosialisasi Pokdar Kamtibmas Polres Rohul Tahun 2020 | | Bendahara PWI Bengkalis Tutup Usia Di RS Permata Hati Duri | | Dihadapan Kajati Riau Dan Kajari Bengkalis Ketua FORWARI Presentasikan Program Kerja | | Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai | | Kajati Riau Teken MoU dengan Politeknik Negeri Bengkalis | | Warga Kecewa Usai Pemilihan Anggota BPD Se- Kecamatan Siak Kecil
 
Tingkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Kearsipan, Pemkab Siak Gelar Sosialisasi Kearsipan Bersama Inst
Kamis, 13-06-2019 - 17:50:11 WIB

TERKAIT:
 
  • Tingkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Kearsipan, Pemkab Siak Gelar Sosialisasi Kearsipan Bersama Inst
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Pemerintah kabupaten Siak Taja Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Arsip daerah Kabupaten Siak, sebagai salah satu bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Siak, dalam melaksanakan pembinaan dan pengolahan kearsipan di Kabupaten Siak.

    Hal tersebut disampaikan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Siak Jamaludin saat membuka secara resmi Sosialisasi Kearsipan di Lingkungan Pemkab Siak dan Instansi Swasta Tahun Anggaran 2019, Kamis (13/6/2019) di Ruang Rapat Sri Indrapura, Kantor Bupati Siak, Kabupaten Siak, Riau.

    Hadir dalam sosialisasi ini Kepala Subdirektorat Daerah II A Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Majuni Susi, Kepala Bidang Pembinaan Pengawasan dan Pengelilaan Kearsipan Kab siak Irwan Susanto, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak H Muhammad Arifin, serta Camat se Kabupaten Siak.

    Asisten Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Siak, Jamaludin mengatakan sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terhadap kearsipan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.

    "Selama ini kita melihat bahwa belum semua pimpinan opd termasuk juga pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak menganggap penting kearsipan ini, padahal kita tahu bahwa kearsipan sangat penting dalam tata pengelola pemerintahan terutama di kabupaten siak, karena arsip ini merupakan suatu bukti resmi yang bisa dijadikan bukti dalam suatu hal pengadilan," sebutnya.

    Lebih lanjut Jamaludin menyampaikan bahwa dikantor-kantor Pemerintah Kabupaten Siak selama ini masih ada arsip tidak dikelola secara baik karena pemahaman kita pada arsip itu belum sama, sehingga ada dokumen-dokumen yang sangat penting bagi keselamatan dan keamanan Pemerintah Kabupaten Siak ini terkadang diabaikan begitu saja, bahkan terkadang diletakkan di sembarang tempat.

    "Maka sebab itulah Pemerintah Kabupaten Siak berkomitmen kedepannya akan lebih hati-hati soal Arsip," ungkap Jamal.

    Selanjutnya Jamal juga mengharapkan kedepan adanya kesetaraan pemahaman tentang kearsipan ini, jadi baik eselon III eselon IV maupun Staf harus mempunyai pemahaman yang sama mengenai tata pengelola kearsipan di kabupaten siak.

    "Tahun 2017 kearsipan kita masih dalam kategori kurang, karena memang perhatian kita terhadap kearsipan ini memang kurang. Alhamdulilah sejak 2018 hingga 2019 ini itu sudah meningkat dan predikat kategori lebih baik. Tahun 2020 mendatang kita akan lakukan pengawasan dan pembinaan arsip di masing-masing OPD," tegasnya.

    Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak, H Muhammad Arifin melaporkan, adapun maksud dan tujuan dari sosialisasi dari kearsipan ini adalah agar terciptanya peningkatan pengelolaan dan penatausahaan arsip di masing masing OPD.

    "Tujuannya yang pertama adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dari pada pengelolaan arsip yang ada di masing-masing OPD, kedua menyediakan layanan informasi arsip untuk kasi dan pimpinan pengelolaan arsip di OPD maupun di masyarakat, dan yang ketiga terwujudnya terapan kesadaran arsip sebagai salah satu bentuk smart goverment yang ada dinlingkungan kab siak," terang H Muhammad Arifin.

    Selanjutnya Arifin, menjelaskan bahwa mereka selaku perwakilan dari lembaga kearsipan daerah tahun 2019 ini menyiapkan perangkat-perangkat dan pembinaan terhadap OPD untuk penyerahan arsip ini.

    "Dan 2020 mendatang nanti kami dari Lembaga Arsip Daerah (LAJ) akan melakukan audit kearsipan di masing-masing OPD, karena hasil audit ini nantinya akan menjadi penilaian indeks daripada reformasi birokrasi nantinya. Apabila kearsipan kita nilainya buruk maka nanti akan berpengaruh pada kinerja pemda, oleh karena itu di tahun 2019 ini kami berusaha juga untuk melakukan pembinaan konsultasi dan lain sebagainya terhadap masing-masing OPD. Khususnya  dalam mempersiapkan hal-hal yang berkenaan dengan arsip dinamis dan arsip aktif," jelasnya. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Tingkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Kearsipan, Pemkab Siak Gelar Sosialisasi Kearsipan Bersama Inst
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kasat Binmas AKP Hermawan Sosialisasi Pokdar Kamtibmas Polres Rohul Tahun 2020
    02 Bendahara PWI Bengkalis Tutup Usia Di RS Permata Hati Duri
    03 Dihadapan Kajati Riau Dan Kajari Bengkalis Ketua FORWARI Presentasikan Program Kerja
    04 Kajati Riau Teken MoU dengan Politeknik Negeri Bengkalis
    05 Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai
    06 Warga Kecewa Usai Pemilihan Anggota BPD Se- Kecamatan Siak Kecil
    07 Pemerintah Pusat Sudah Kucurkan Dana BOS Rp 9,8 Triliun
    08 Selain Infrastruktur pendidikan dan kesehatan, Usulkan Program Peningkatan Ekomomi Kerakyatan
    09 Perusahaan Diminta Bersinergi Dalam Pembangunan Daerah
    10 H Muhammad Ditunjuk Mendagri dan Gubernur Sebagai Plt Bupati Bengkalis
    11 Kades Novri Jefrika lakukna Kegiatan Penimbunan Jalan Di Dusun Damai, Masyarakat Berterima Kasih
    12 Pengungkapan Kasus Perdagangan Kulit Dan Organ Harimau Sumatera Di Indragiri Hulu Oleh Polda Riau
    13 Plt Bupati Bengkalis Instruksikan ASN Tetap Laksanakan Tugas Utama Melayani Masyarakat dengan Baik
    14 Polres Siak Berhasil Gagalkan Peredaran Narkoba Dari Sumbar ke Tualang
    15 Gandeng Pakar dari UNRI Dan UIN Suska, Kapolda Riau Diskusi Karhutla 2020
    16 LAMR Bukit Batu Minta Rekruitmen Tenaga Kerja PT Pertamina Prioritaskan Anak Tempatan
    17 Kompol Arvin Hariayadi Segera Menindak Tegas Peredaran Miras Di Mandau Bengkalis
    18 Komisi V DPR RI Tinjau Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Sumbar Didampingi Bupati Kampar
    19 Bupati Kampar Serahkan langsung Bantuan Untuk Korban Kebakaran Rumah
    20 Jubir BBDM Sulaiman Minta Tindak Tegas Bila Ada Oknum Yang Menghambat Penyaluran Hak Masyarakat
    21 Siswa SMPN 3 Lubuk Basung Antusias Ikuti Sosialisasi Hukum Dari Kejari Agam
    22 Panglima TNI Dan Kapolri Apresiasi Inovasi Polda Riau Cegah Dan Atasi Karhutla
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI