Kamis, 13-06-2019 - 17:50:11 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Kabupaten Siak Tampilkan Tari Olang-olang Dari Dayun | | Pemkab Siak Gesa Komplek Bangunan Landraad dan ControlIeur Di Benhil Akan Di Pugar | | Peresmian gedung kantor Kejaksaan Tinggi Riau oleh Jaksa Agung RI HM Prasetyo | | Sekda Kab Siak, T. S. Hamzah Berharap Pembahasan RAPBD Kabupaten Siak Tahun 2020 Selesai Tepat Waktu | | Arya Bisma Nugraha, Siswa MAN IC Tualang Juara Dunia Geo Math Competition di Firlandia | | Bupati Siak Pimpin Rakor Forkompinda Bersama Civitas Akademika Negeri Istana
 
Tingkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Kearsipan, Pemkab Siak Gelar Sosialisasi Kearsipan Bersama Inst
Kamis, 13-06-2019 - 17:50:11 WIB

TERKAIT:
 
  • Tingkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Kearsipan, Pemkab Siak Gelar Sosialisasi Kearsipan Bersama Inst
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Pemerintah kabupaten Siak Taja Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Arsip daerah Kabupaten Siak, sebagai salah satu bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Siak, dalam melaksanakan pembinaan dan pengolahan kearsipan di Kabupaten Siak.

    Hal tersebut disampaikan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Siak Jamaludin saat membuka secara resmi Sosialisasi Kearsipan di Lingkungan Pemkab Siak dan Instansi Swasta Tahun Anggaran 2019, Kamis (13/6/2019) di Ruang Rapat Sri Indrapura, Kantor Bupati Siak, Kabupaten Siak, Riau.

    Hadir dalam sosialisasi ini Kepala Subdirektorat Daerah II A Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Majuni Susi, Kepala Bidang Pembinaan Pengawasan dan Pengelilaan Kearsipan Kab siak Irwan Susanto, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak H Muhammad Arifin, serta Camat se Kabupaten Siak.

    Asisten Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Siak, Jamaludin mengatakan sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terhadap kearsipan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.

    "Selama ini kita melihat bahwa belum semua pimpinan opd termasuk juga pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak menganggap penting kearsipan ini, padahal kita tahu bahwa kearsipan sangat penting dalam tata pengelola pemerintahan terutama di kabupaten siak, karena arsip ini merupakan suatu bukti resmi yang bisa dijadikan bukti dalam suatu hal pengadilan," sebutnya.

    Lebih lanjut Jamaludin menyampaikan bahwa dikantor-kantor Pemerintah Kabupaten Siak selama ini masih ada arsip tidak dikelola secara baik karena pemahaman kita pada arsip itu belum sama, sehingga ada dokumen-dokumen yang sangat penting bagi keselamatan dan keamanan Pemerintah Kabupaten Siak ini terkadang diabaikan begitu saja, bahkan terkadang diletakkan di sembarang tempat.

    "Maka sebab itulah Pemerintah Kabupaten Siak berkomitmen kedepannya akan lebih hati-hati soal Arsip," ungkap Jamal.

    Selanjutnya Jamal juga mengharapkan kedepan adanya kesetaraan pemahaman tentang kearsipan ini, jadi baik eselon III eselon IV maupun Staf harus mempunyai pemahaman yang sama mengenai tata pengelola kearsipan di kabupaten siak.

    "Tahun 2017 kearsipan kita masih dalam kategori kurang, karena memang perhatian kita terhadap kearsipan ini memang kurang. Alhamdulilah sejak 2018 hingga 2019 ini itu sudah meningkat dan predikat kategori lebih baik. Tahun 2020 mendatang kita akan lakukan pengawasan dan pembinaan arsip di masing-masing OPD," tegasnya.

    Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak, H Muhammad Arifin melaporkan, adapun maksud dan tujuan dari sosialisasi dari kearsipan ini adalah agar terciptanya peningkatan pengelolaan dan penatausahaan arsip di masing masing OPD.

    "Tujuannya yang pertama adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dari pada pengelolaan arsip yang ada di masing-masing OPD, kedua menyediakan layanan informasi arsip untuk kasi dan pimpinan pengelolaan arsip di OPD maupun di masyarakat, dan yang ketiga terwujudnya terapan kesadaran arsip sebagai salah satu bentuk smart goverment yang ada dinlingkungan kab siak," terang H Muhammad Arifin.

    Selanjutnya Arifin, menjelaskan bahwa mereka selaku perwakilan dari lembaga kearsipan daerah tahun 2019 ini menyiapkan perangkat-perangkat dan pembinaan terhadap OPD untuk penyerahan arsip ini.

    "Dan 2020 mendatang nanti kami dari Lembaga Arsip Daerah (LAJ) akan melakukan audit kearsipan di masing-masing OPD, karena hasil audit ini nantinya akan menjadi penilaian indeks daripada reformasi birokrasi nantinya. Apabila kearsipan kita nilainya buruk maka nanti akan berpengaruh pada kinerja pemda, oleh karena itu di tahun 2019 ini kami berusaha juga untuk melakukan pembinaan konsultasi dan lain sebagainya terhadap masing-masing OPD. Khususnya  dalam mempersiapkan hal-hal yang berkenaan dengan arsip dinamis dan arsip aktif," jelasnya. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Tingkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Kearsipan, Pemkab Siak Gelar Sosialisasi Kearsipan Bersama Inst
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kabupaten Siak Tampilkan Tari Olang-olang Dari Dayun
    02 Peresmian gedung kantor Kejaksaan Tinggi Riau oleh Jaksa Agung RI HM Prasetyo
    03 Sekda Kab Siak, T. S. Hamzah Berharap Pembahasan RAPBD Kabupaten Siak Tahun 2020 Selesai Tepat Waktu
    04 Wabup Meranti Lantik Kades Mengkikip, Ingatkan Penggunaan Dana Desa Harus Dimusyawarahkan Bersama BP
    05 Lantik 5 Kades di Tasik Putripuyu, Ini Pesan Bupati Irwan Kepada Kades dan Masyarakat
    06 Pemkab Siak Gesa Komplek Bangunan Landraad dan ControlIeur Di Benhil Akan Di Pugar
    07 Arya Bisma Nugraha, Siswa MAN IC Tualang Juara Dunia Geo Math Competition di Firlandia
    08 Bupati Siak Pimpin Rakor Forkompinda Bersama Civitas Akademika Negeri Istana
    09 Ditetapkan Sebagai Calon Ketua DPRD, Sekda Meranti Ucapkan Selamat Kepada Jack Ardiansyah
    10 Wabup Meranti Lantik 4 Kades di Kec. Rangsang Pesisir dan Hadiri Pelantikan Pengurus LAM
    11 Fun Bike Ikut Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Rohil ke-20
    12 Bupati Suyatno Membuka Langsung Perlombaan Mancing
    13 Abd Arifin Gugat Balai TNTN Praktisi Hukum Apul Sihombing, SH,MH Demi Hukum Penyidik Hentikan Penyid
    14 Sepakat Bersama Cegah dan Lawan Karhutla
    15 Wabup Meranti Di Kecamatan Rangsang Nonton Bola Hingga Jadi Saksi Nikah Rekan Media
    16 Polda Riau Turunkan Tim Ahli Dan Drone Khusus Menangani Karhutla Siak
    17 Bupati Pelalawan Hadiri Pembukaan FGD Strategi Dan Kebijakan Pengembangan Sistem Inovasi Sawit Sapi
    18 Bathin Hitam Sungai Medang, Ahmad Arifin Diduga Gugat BTNTN Dan Polres Pelalawan Melalui Kuasa Hukum
    19 Optimalisasi Kinerja Wabup Meranti Beri Arahan Pada Petugas Penyuluhan Perikanan
    20 Festival Batik Siak Tahun 2019 Ajang Promosikan Batik Siak
    21 BAZNAS Kab Siak Distribusikan Zakat Tahap III 2019 Sejumlah 4,7 M
    22 Tari Zapin Siak Ditetapkan Kemendikbud RI, sebagai Warisan Budaya Tak Benda
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI