Kamis, 25-07-2019 - 16:28:39 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Terkait 5 Desa, Bupati Kampar : Lima Desa Sudah Sah Masuk Wilayah Kampar | | IKST gelar Pendidikan dan Pelatihan Kerajinan Tangan Untuk Perempuan | | PT BDP Rencanakan Pembuatan Tug Boat Sebanyak Dua Unit | | Jalan Di Desa Bandar Jaya Masuk Usulan Pembangunan | | Bupati Kampar Sidak Pelayanan Kependudukan Di Diskdukcapil | | Antuasias Pecinta RX-King Senusantara Menghadiri Acara Anniversary Satu Dekade KRC-Riau
 
131 Orang Direktur BUMKam se Kabupaten Siak Ikuti Pelatihan
Kamis, 25-07-2019 - 16:28:39 WIB

TERKAIT:
 
  • 131 Orang Direktur BUMKam se Kabupaten Siak Ikuti Pelatihan
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Sebanyak 131 orang Direktur/Direktris Badan Usaha Milik Kampung (BUM-Kampung) se Kabupaten Siak mengikuti Pelatihan Penyusunan dan Pengembangan Rencana Strategis Badan Usaha Milik Kampung (BUM-Kampung), Kamis (25/7/2019) di Ruang Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, kabupaten Siak, Riau.

    Secara resmi acara ini dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Sekretatiat Daerah Kabupaten Siak Ir Hj Robiati, dan di hadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Siak Yurnalis, Perwakilan Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau Prof Dr Ria Nely Sari beserta anggota, serta OPD terkait.

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Siak, Yurnalis menyebutkan, pada awalnya BumKam di Kabupaten Siak ini dulunya merupakan Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UEDSP), dan di ubah kini menjadi Badan Udaha Milik Kampung (Bum-Kampung) dan UEDSP merupakan salah satu unit usaha yang ada dalam BumKam itu sendiri.

    "Dari 131 kampung dan kelurahan sudah terbentuk 131 bumkam dan bumkel, awalnya dulu dananya di support oleh pemkab siak dan pemprov riau. Sumber dana dari Provinsi ketika itu Rp. 17,5 Milyar dan dari Pemkab Siak Rp. 44 Milyar, total keseluruhan 61.5 Milyar, dana inilah yang dikembangkan sejak tahun 2005. Saat ini dana ini sudah berkembang menjadi Rp.519.136.937.170, perkembangan ini luar biasa selama 13 tahun dengan persentase 802% dan rata-rata perkembangan pertahun 80,2%" sebut Yurnalis.

    Perkembangan BumKam ini luar biasa, lanjut Yurnalis, untuk di ketahui bersama BumKam Kabupaten Siak memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli kampung nomor 2 di Provinsi Riau. Namun jangan berpuas diri, karena Siak masih kalah dengan Rokan Hulu, maka dari itu di tunggu tangan-tangan dingin untuk menumbuhkembangkan BumKam ini.

    Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau, Prof. Dr. Ria Neli Sari menjelaskan, Bumkam merupakan salah satu hal yang perlu di dukung perkembangannya, dan ini merupakan salah satu nawa cita dari persiden RI. Perlunya dukungan terhadap hal demikian, karena pada prinsipnya sekarang yang ingin dibangun adalah bagaimana desa bisa mampu, berkembang dan menggerakkan ekonominya sendiri, itu adalah tujuan dari adanya bumkam.

    "Kami ingin berbagi cerita bagaimana caranya kita bisa meningkatkan peran bumkam di masyarakat. Saat ini bumkam di siak sudah mulai bagus, siak salah satu kalau tidak salah kabupaten yang pertama sekali seluruh desanya memiliki bumkam, awal-awal berdiri bumkam tidak semua kabupaten yang membuka bumkam. Jadi saya fikir pemerintah kabupaten siak sudah cukup baik dan maju kedepan memajukan desa melalui bumkam," ujarnya.

    Sementar itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Siak, Ir Hj Robiati, dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada Direktur/Direktris BumKam untuk bersungguh-sungguh mengembangkan BumKam ini sesuai dengan peraturan-peraruran yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah. 

    "Kalau bisa, tolong gali potensi ekonomi desa dan jangan hanya simpan pinjam saja, unit -unitnya itu tolong dikembangkan lagi, apa yang menjadi potensi unggulan di desa bapak tolong dikoordinir. Sehingga nanti apa yang menjadi tujuan dari bumkam ini untuk meningkatkan PAD desa bisa berjalan, dan kemudian sinergikan antara lembaga-lembaga ekonomi lain yang ada di kampung supaya ini berkembang," ucapnya.

    Lebih lanjut Robiati juga mengharapkan  kepada para peserta pelatihan untuk untuk serius dan bersungguh-sungguh mendengarkan apa yang diberikan oleh narasumber beserta tim.

    "Kalau kita bersinergi insyaallah itu akan menjadi hal luar biasa yang nantinya akan membawa keberkahan dan keberhasilan bagi kita dalam mnnjalankan bumkam," pungkasnya. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • 131 Orang Direktur BUMKam se Kabupaten Siak Ikuti Pelatihan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Terkait 5 Desa, Bupati Kampar : Lima Desa Sudah Sah Masuk Wilayah Kampar
    02 IKST gelar Pendidikan dan Pelatihan Kerajinan Tangan Untuk Perempuan
    03 PT BDP Rencanakan Pembuatan Tug Boat Sebanyak Dua Unit
    04 Jalan Di Desa Bandar Jaya Masuk Usulan Pembangunan
    05 Bupati Kampar Sidak Pelayanan Kependudukan Di Diskdukcapil
    06 Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum
    07 Kades Gagal Dilantik, Komisi 1 DPRD Siak Gelar Hearing Bersama DPMK, Kabag Hukum dan Camat
    08 Bupati Amril Mukminin Dan Kasmarni Ditabalkan Menjadi Datuk Seri Setia Amanah Junjungan Negeri
    09 Mantan Kades Bukit Batu Resmi Ditahan Kejari Bengkalis
    10 LSM Penjara Minta Kejari Usut Penggunaan dan Peruntukan Dana KONI Bengkalis 2019
    11 Masyarakat Rupat Menyambut Antusias Nur Azmi Hashim Balon Wakil Bupati Favorit dari Kalangan Politis
    12 Antuasias Pecinta RX-King Senusantara Menghadiri Acara Anniversary Satu Dekade KRC-Riau
    13 BAZNAS Kab Bengkalis Umumkan Kelulusan Peserta Da'i Pesisir
    14 Anggota DPR RI Drs.H.Achmad, M.Si Hadiri Resepsi Pernikahan Yudi/Suci
    15 Polsek Tapung Hulu Kembali Ciduk 2 Orang Diduga Pengedar Shabu di 2 Lokasi Berbeda Kabupaten Rohul
    16 Diskominfotik Dan BKPP Gelar Rapat Rencana Penerapan SKP Daring Tahun 2020
    17 Bupati Catur Sugeng Tekankan Program Sesuai Misi dan Visi Bupati Kampar
    18 Anak Usia 9 Tahun, Disetubuhi Ayah Kandung Hingga 3 Kali
    19 Peduli Kesehatan Balita dan Ibu Hamil, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Posyandu di Perbatasan
    20 Pemerintah Kecamatan Gelar Sertijab Camat Bukit Batu
    21 Satu Perempuan Diantara Tiga Pelaku Jaringan Narkoba di Perawang Diringkus Polisi
    22 Sembilan Orang Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi Da'i Pesisir Baznas Bengkalis
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI