Kamis, 15-08-2019 - 16:06:18 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Komisi I DPRD Apresiasi Satu Perusahaan Perkebunan Segera Salurkan CSR | | Rencana Ratusan Buruh Mogok Kerja Menolak RUU Omnibus Law, Di Tunda Akibat Penyebaran Virus Covid-19 | | Hampir 30 Persen ODP Covid-19 Di Kabupaten Bengkalis Selesai Pemantauan | | Peduli Karhutla, DPRD Apresiasi PT. Sumatera Riang Lestari | | DPRD Bengkalis Gelar Koordinasi JDIH Bersama Kemenkumham Riau | | Komisi IV DPRD Bengkalis Minta Benahi Aset Aset Daerah Supaya Bermanfaat Bagi Masyarakat
 
Alfedri : Semua pihak untuk terus melakukan antisipasi dalam menghadapi Kebakaran Hutan dan lahan
Bupati Siak Berupaya Padamkan Api Dan Asap Serta Turunkan Hujan
Kamis, 15-08-2019 - 16:06:18 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Siak Berupaya Padamkan Api Dan Asap Serta Turunkan Hujan
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) beberapa Titik wilayah Siak dan Kabut Asap, berdampak membuat banyak masyarakat terancam penyakit Ispa, berbagai upaya sudah dilakukan belum membuah hasil. Sehingga Pemerintah Kabupaten Siak Bersama masyarakat menggelar Kegiatan Sholat Istisqo berjamaah minta turun Hujan, Senin (12/8/2019) bertempat dilapangan Tugu Depan Istana, Kabupaten Siak, Riau.

    "Berbagai macam upaya pemadaman api Karhutla telah dilaksanakan dengan maksimal dengan melibatkan semua komponen yang ada, baik dari Aparat Pemda, BPBD, Pihak Kepolisian, TNI termasuk Manggala Agni Daops didukung oleh perusahaan yang ada, namun belum membuahkan hasil, berharap hujan dapat segera turun membasahi lahan-lahan yang terbakar dan dapat menghilangkan kabut asap," sebut Alfedri Usaha Penuh tidak kenal lelah, orang nomor 1 Negeri Istana ini Bupati Siak Alfedri sebelumnya terjun lansung kelokasi Terbakar.


    Diantaranya, penanganan Karhutla di wilayah Benteng Hulu, Kecamatan Mempura bersama tim darat gabungan dan dilanjutkan ke Koto Ringin dan Rantau Panjang. Berlanjut, Pemantauan serta berkoordinasi terkait penanganan Karhutla di lokasi Sri Gemilang, Kecamatan Koto Gasib dan memantau lokasi kebakaran lahan milik masyarakat di wilayah Kampung Rawang Air Putih, Kecamatan Siak yang berbatasan dengan konsesi PT. RML.

    Kalau sudah terbakar, kita semua yang akan dirugikan. Seperti kesehatan terganggu, kegiatan ekonomi terganggu, dan masyarakat tak bisa terlalu lama berada diluar rumah.




    Hal itu disampaikan Bupati Siak, Drs Alfedri MSi dalam Apel Siaga Karhutla, bekerjasama dengan Gapki (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) Riau, dan PT Astra Agro Lestari di PT Kimia Tirta Utama di Lapangan bola komplek PT. Kimia Tirta Utama, Kecamatan Koto Gasib, Selasa 13/08/2019 lalu.

    "Apel ini merupakan salah satu bentuk komitmen bersama dari semua pihak, untuk menangani kasus kebakaran hutan dan lahan yang sedang terjadi di daerah kita", jelasnya.

    Apel Siaga Karhutla ini Bekerjasama dengan Gapki (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesi) Riau, dan PT Astra Agro Lestari.


    "Kepada semua pihak menahan diri untuk kasus terkecil tidak membuang punting Rokok sembarangan serta tidak membuka Lahan Dengan cara membakar, karna kalau sudah terbakar seperti ini kita semua dirugikan," tutur Bupati Alfedri.
                                               
    Bupati Siak Alfedri dengan sigap turun langsung untuk mencari solusi agar kebakaran lahan yang ada di Siak terselesaikan. Bupati bersama unsur OPD, Ulama, Tokoh Masyarakat, TNI dan Polri, juga telah melakukan gelar Sholat Istisqo. Saat itu, dalam arahan, Alfedri meminta kepada semua unsur untuk khusyuk berdo'a meminta kepada Allah SWT untuk diturunkan hujan agar kebakaran tidak semakin meluas.


    Oleh karena itu, sebut Alfedri, ia mengajak semua pihak untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan dan tidak membuka lahan dengan cara dibakar, karena semua itu yang akan memicu kebakaran.
                                                
    "Presiden RI Joko Widodo juga menghimbau, agar kita semua bisa mencegah sebelum terjadi. Karena jika sudah terjadi kita semua yang bakal kewalahan", ujar Bupati Siak Alfedri.


    "Kita lebih mengutamakan pencegahan melalui patroli, mengingatkan camat bersama babinsa kita minta berkeliling dengan babinsa mengimbau agar jangan membakar lahan. Juga memperbanyak baliho dan spanduk-spanduk, kepada perusahaan juga kita mintakan ikut mensosialisasikan," ujar Bupati Siak, Alfedri.
                                                 
    Semua yang dikakukan merupakan tindak lanjut dari Rakornas Penanggulangan Karhutla 2019 di Istana Negara di Jakarta beberapa waktu lalu.

    "Babinsa dan Babinkamtibmas, diharuskan mengecek langsung jika akan ada titik api, sehingga penanggulangannya akan bisa dilaksanakan secepat mungkin", jelas Alfedri menyampaikan kembali arahan Presiden RI Joko Widodo.


    Upaya yang dilakukan pemimpin Siak itu, juga menerbitkan regulasi Peraturan Bupati tentang Siak Hijau, yang memuat pengaturan zonasi tata ruang untuk konservasi, perkebunan, industri dan pemukiman.

    “Komitmen Siak Hijau ini, juga didukung oleh masyarakat sipil dan Non Governmnet Organization (NGO) yang tergabung dalam koalisi ‘Sedagho Siak’. Koalisi ini komit memberikan segala bentuk dukungan teknis yang dibutuhkan,” ujarnya.


    Menurutnya, kebakaran hutan dan lahan untuk tahun 2019 ini memang lebih rendah dari tahun 2015, namun meningkat dari tahun 2018. Untuk itu, semua pihak harus bahu membahu dalam melakukan perbaikan dan jika sudah terlanjur tercetus, lalu segera dibuka. Jangan hanya menunggu petugas damkar, Manghala Agni atau TNI / Polri saja. Siapapun yang melihat pertama kali, segera padamkan sebisanya sekali sembari mengontak petugas.


    "Saya minta semua pihak untuk terus melakukan antisipasi dalam menghadapi Kebakaran Hutan dan lahan yang sudah terjadi saat ini, mulai dari Pemerintah daerah melalui BPBD Kabupaten, Provinsi, serta TNI,POLRI," tutul Alfedri. (Fer)






     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Siak Berupaya Padamkan Api Dan Asap Serta Turunkan Hujan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Komisi I DPRD Apresiasi Satu Perusahaan Perkebunan Segera Salurkan CSR
    02 Camat Bantan Sufandi Adakan Pemantauan ODP Covid-19 Di Desa Bantan Sari
    03 Peduli Karhutla, DPRD Apresiasi PT. Sumatera Riang Lestari
    04 14 Penumpang Dari Negara Terjangkit Virus Covid-19 Malaysia Tiba Di BSL Bengkalis
    05 Putuskan Mata Rantai Covid-19, Pemdesa Liang Banir Gelar Penyemprotan Desinfektan
    06 Hampir 30 Persen ODP Covid-19 Di Kabupaten Bengkalis Selesai Pemantauan
    07 ODP Di Rohil Bertambah 1.795, 2 PDP Membaik, Positif Vovid-19 Nihil
    08 Nasip Belasan Ribu TKI Asal Malaysia Berada Ditangan Gubernur Riau
    09 Cegah Penyebaran Covid-19, SMA Negeri 1 Lubuk Dalam Lakukan Penyemprotan Disinfektan
    10 Terkait Penemuan Mayat di Kel Bagan Barat Kec Bangko, Korban Mempunyai Riwayat Penyakit Jantung
    11 Cegah Penyebaran Virus Corona, PAC PP Bukit Batu Lakukan Penyemprotan Desinfektan
    12 Warga Bagansiapiapi Di Gegerkan Penemuan Mayat
    13 Putuskan Mata Rantai Covid- 19, Kades Pangkalan Jambi Berikan13 Gallon Water Dispenser Dan 13 Detol
    14 Antisipasi Covid-19, Pemdes Pakning Asal Gelar Penyemprotan Desinfektan Tanggal 5 April 2020
    15 Cara Pemkab Inhu Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Covid-19 Mrnyemprotkan Disinfektan
    16 Sebanyak 41 Titik Ruas Jalan Protokol di kota Bagan Siapi-api Disemprotkan Cairan Disinfektan
    17 KSOP Kelas II Tanjung Buton Gelar Penyemprotan Desinfektan Di Roro Sungai Selari
    18 Ketua DPRD Bengkalis Hadiri Acara Video Conference Bersama Gubernur Riau
    19 Banggar Dan TAPD Bahas Penganggaran Untuk Penanganan Terhadap Pencegahan Covid-19
    20 Jawaban Bupati Bengkalis Terhadap Pandangan 7 Fraksi
    21 122 Orang dari 392 ODP Tergolong Tidak Mampu, Pemkab Siak Salurkan Bantuan 295 Paket Sembako
    22 Karantina Wilayah! Mulai Senin Orang Luar Dilarang Masuk Sumbar
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI