Selasa, 03-09-2019 - 16:50:36 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Bupati Alfedri Resmikan Bumkam Mart di Kampung Rantau Bertuah Siak | | Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet Siap Maju Calon Bupati Bengkalis | | Pimpin Apel Pagi Bersama Jelang Purnabakti, Sekda T.S. Hamzah | | Mediasi Antara Beberapa Orang Warga Dusun Sri Mersing Dengan Toga Siregar Berjalan Alot | | Unit Simpan Pinjam Selari Mandiri Gelar Bagi Hasil Tahun 2019 | | STQ Ke VII Desa Liang Banir Resmi Ditutup, Juara Umum Dipegang Dusun Pangkalan Rambai
 
Terapkan Pajak Online, BKD Siak Gandeng BRK Pasang
Selasa, 03-09-2019 - 16:50:36 WIB

TERKAIT:
 
  • Terapkan Pajak Online, BKD Siak Gandeng BRK Pasang
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Meningkatkan potensi sumber daya pajak yang bisa diperoleh dari beberapa bidang usaha, Badan Keuangan Daerah Kabupaten Siak memasang aplikasi di mesin kasir (tapping box) tempat usaha yang ada di Kabupaten Siak. Untuk tahap awal ini terdapat 61 unit perangkat yang akan dipasang di tempat usaha yang sudah dihubungi. 

    Demikian disampaikan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Siak, Yan Pranajaya saat lounching pemasangan Tapping Box di Queen Star Water Park Siak, Selasa (3/8/2019) melului via telephon selulernya.

    "Kita dibantu pihak Bank Riau Kepri, dalam pengadaan perangkat Tapping box, yang kita pasang di objek pajak, tempat hiburan, restoran dan rumah makan, serta Hotel/penginapan," jelas Yan Pranajaya. 

    Lounching yang dihadiri sejumlah pihak terkait,  Kepala Cabang BRK Siak, Indra Gunawan, Kasatpol PP Siak Kaharuddin, dan sejumlah instansi terkait. 

    "Untuk awal ini pemasangan masih dipusatkan di beberapa kecamatan potensial, seperti Siak, Tualang, Kandis, Minas,  Lubuk Dalam, Sungai Apit, Bungaraya, Mempura. Dan sasarannya adalah usaha potensial yang ada di Kabupaten Siak," lanjutnya. 

    Disebutkannya, pemasangan "tapping box" ataupun "mobile pos" bagi usaha yang belum memiliki mesin cash register, beracuan dari Perbup Nomor 95/2019 tentang sistem online pajak daerah, yang tujuan akhirnya adalah pengembangan e-goverment di Kabupaten Siak. 

    Dengan sistem online pajak ini diharapkan adanya transparansi pembayaran dan penyetoran pajak ke kas daerah, data transaksi usaha wajib Pajak, pelaporan pajak oleh wajib pajak ke Pemda.

    "Sistem online juga diharapkan adanya percepatan penyampaian data dan informasi pajak serta terintegrasinya sistem perizinan dan penegakan Perda dengan optimalisasi pungutan pajak," lanjut Yan Prana.

    Dalam penerapannya, aplikasi yang dipasang secara otomatis akan membebankan pajak bagi setiap transaksi usaha yang diambil dari konsumen. Pajak ditetapkan sebesar 10 persen dari total setiap transaksi.

    Kasubid Pemeriksaan,  Keberatan dan Per UU BKD Siak, Mursiddik menyebutkan bahwa untuk kegiatan lounching hari pertama, setidaknya ada tiga tempat usaha yang dipasang tapping box,  diantaranya restoran dan permainan air,  Queen Star Water Park Siak milik Nyonya Rosnelli, Hotel Harmoni 21 milik Johny Kho, dan Kedai Kopi Prona milik Apeng. 

    "Ketiga usaha ini di Kecamatan Siak, dan kita memang akan melibatkan perangkat daerah yang ada, camat, Lurah dan Penghulu, serta berupaya maksimal menghubungi setiap pemilik usaha tersebut, untuk berperan aktif dalam penerapan pajak online ini," ujar Mursiddik. 

    Untuk selanjutnya, dalam tahap awal ini ditahun 2019 yang menyisakan waktu sekitar empat bulan, 61 unit perangkat pajak online yang terintegrasi dengan cash register (billing transaksi) dapat terpasang. Dan bukan tidak mungkin akan ada lagi tambahan perangkat untuk bisa menjangkau semua usaha sejenis. 

    "Mempertimbangkan unsur keadilan penerapannya terhadap pengusaha ini, sementara ini kita konsentrasikan dahulu di kota Siak. Karena beberapa masukan juga sudah kita terima dari setiap usaha yang kita hubungi, siap menerapkan secara maksimal jika semua usaha terkait diterapkan pula," lanjutnya. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Terapkan Pajak Online, BKD Siak Gandeng BRK Pasang
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bupati Alfedri Resmikan Bumkam Mart di Kampung Rantau Bertuah Siak
    02 Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet Siap Maju Calon Bupati Bengkalis
    03 Mediasi Antara Beberapa Orang Warga Dusun Sri Mersing Dengan Toga Siregar Berjalan Alot
    04 Unit Simpan Pinjam Selari Mandiri Gelar Bagi Hasil Tahun 2019
    05 STQ Ke VII Desa Liang Banir Resmi Ditutup, Juara Umum Dipegang Dusun Pangkalan Rambai
    06 Pimpin Apel Pagi Bersama Jelang Purnabakti, Sekda T.S. Hamzah
    07 Terkait 5 Desa, Bupati Kampar : Lima Desa Sudah Sah Masuk Wilayah Kampar
    08 IKST gelar Pendidikan dan Pelatihan Kerajinan Tangan Untuk Perempuan
    09 PT BDP Rencanakan Pembuatan Tug Boat Sebanyak Dua Unit
    10 Jalan Di Desa Bandar Jaya Masuk Usulan Pembangunan
    11 Bupati Kampar Sidak Pelayanan Kependudukan Di Diskdukcapil
    12 Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum
    13 Kades Gagal Dilantik, Komisi 1 DPRD Siak Gelar Hearing Bersama DPMK, Kabag Hukum dan Camat
    14 Bupati Amril Mukminin Dan Kasmarni Ditabalkan Menjadi Datuk Seri Setia Amanah Junjungan Negeri
    15 Mantan Kades Bukit Batu Resmi Ditahan Kejari Bengkalis
    16 LSM Penjara Minta Kejari Usut Penggunaan dan Peruntukan Dana KONI Bengkalis 2019
    17 Masyarakat Rupat Menyambut Antusias Nur Azmi Hashim Balon Wakil Bupati Favorit dari Kalangan Politis
    18 Antuasias Pecinta RX-King Senusantara Menghadiri Acara Anniversary Satu Dekade KRC-Riau
    19 BAZNAS Kab Bengkalis Umumkan Kelulusan Peserta Da'i Pesisir
    20 Anggota DPR RI Drs.H.Achmad, M.Si Hadiri Resepsi Pernikahan Yudi/Suci
    21 Polsek Tapung Hulu Kembali Ciduk 2 Orang Diduga Pengedar Shabu di 2 Lokasi Berbeda Kabupaten Rohul
    22 Diskominfotik Dan BKPP Gelar Rapat Rencana Penerapan SKP Daring Tahun 2020
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI