Jumat, 10-01-2020 - 20:24:15 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Pasien positif bertambah menjadi 2 orang, Satgas Covid-19 Dari Partai PKS DPD Kabupaten Pelalawan Me | | Pasca Bentrok OKP PP Dengan IPK, Polres Siak Lakukan Penggalangan Terhadap Kedua Ormas | | 3 Kepala Desa di Kampar Terkena OTT oleh Tim Tipikor Polres Kampar | | Pasutri Asal Pangkalan Kerinci Pelalawan, Dinyatakan Positive Covid-19 | | LAMR Bukit Batu Minta Semua Perusahaan Salurkan Bantuan Sembako melalui Program CSR | | Jelang Pilkada Serentak 2020, Polres Siak Jalin Silatuhrahmi dan Koordinasi Dengan PPK dan Panwascam
 
Bupati Alfedri Minta Para Penghulu Selaraskan Penyusunan APBKam Dengan Arah Kebijakan Nasional
Bupati Siak Buka Sosialisasi Percepatan Penyusunan APBKam 2020
Jumat, 10-01-2020 - 20:24:15 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Siak Buka Sosialisasi Percepatan Penyusunan APBKam 2020
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Bupati Siak Alfedri meminta para Penghulu Kampung se-Kabupaten Siak untuk dapat menyesuaikan pola pemanfaatan dana desa selama 5 tahun kedepan agar selaras dengan arah kebijakan nasional yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. 

    Presiden Joko Widodo kata Alfedri, dihadapan Kementerian Lembaga, Gubernur, Wali Kota dan Bupati se-Indonesia dalam kesempatan Musrenbangnas RPJMN 2019-2014 yang lalu di Istana Negara, memberikan penekanan dan perhatian khusus bagi kebijakan pembangunan bidang perekonomian untuk membuka lapangan pekerjaan, mendorong investasi, serta mendorong pertumbuhan UMKM dan Ekonomi kreatif.

    "Kebijakan tersebut dimaksudkan untuk mengurangi pengaruh neraca transaksi perdagangan luar negeri. Untuk itu Presiden mengarahkan kita untuk menghasilkan produk unggulan desa yang berorientasi ekspor. Kebijakan ini yang harus kita dukung dengan memanfaatkan dana dari desa untuk diarahkan pada produksi komoditi ekspor dan meningkatkan subsitusi impor," ujar Bupati Alfedri.

    Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Percepatan Penyusunan APBKam 2020, yang taja oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Siak, Jumat (10/01/2020) bertempat di Gedung Tengku Mahratu Siak, kabupaten Siak,  Riau.

    Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Siak Yurnalis Basri, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Siak Khairunnas, Camat Se-Kabupaten Siak, Pompinan OPD terkait, serta Penghulu Se-Kabupaten Siak.

    Bupati Siak Alfedri dalam arahannya juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Siak yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan tersebut dengan mengumpulkan semua pihak terkait untuk melakukan percepatan penyusunan APBKam.

    "Menurut ketentuan, APBKam ini harus sudah diterbitkan menjadi Peraturan Kampung terhitung setelah 1 bulan APBD Kabupaten Siak ditetapkan menjadi Perda pada Tanggal 20 Desember 2019 yang lalu. Artinya Tanggal 20 Januari 2020 mendatang Peraturan Kampung harus sudah selesai, dan tentunya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung harus sejalan dengan Rencana Pembangunan Tahunan. Itulah yang akan dituangkan nantinya dalam APBKam," terangnya.

    Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Siak Yurnalis Basri menyebutkan sektor pemberdayaan masyarakat lewat berbagai program pembangunan yang dianggarkan dalam APBKam di kampung-kampung harus terus ditingkatkan.

    "Sudah dua tahun ini kita menghimbau seluruh pemerintah kampung agar dapat meningkatkan angka persentase pemberdayaan masyarakat dalam masing-masing APBKam. Pada Tahun 2016 lalu angka pemberdayaan ini tidak sampai 1persen, hanya 0,87 persen saja. Pada Tahun 2017 naik menjadi 3 persen, meningkat pada Tahun 2018-2019 menjadi 18 persen. Pada Tahun 2020 ini kita ditantang Bapak Bupati untuk meningkatkan sektor pemberdayaan dengan target serta fokus utama pada sektor ekonomi ditingkat kampung sebesar 60 persen, mudah-mudahan bisa tercapai disamping persentase anggaran infrastruktur  sebesar 40 persen," kata Yurnalis.

    Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Siak Khairunnas menerangkan pada tahun 2020 ini BPS akan melaksanakan sensus penduduk untuk yang ke-7 kalinya. Sensus penduduk tahun ini kata dia akan berbeda dengan sensus-sensus sebelumnya, dengan hanya menggunakan satu metode wawancara dan akan dikombinasikan dengan pendekatan teknologi (online).

    "Dengan cara sensus online ini, kami memang sangat mengharapkan partisipasi semua pihak dalam pelaksanaannya nanti. Kita minta pengisian data secara dilakukan secara mandiri dengan masuk pada situs sensusbps.go.id, kemudian nanti akan diminta memasukkan NIK, seterusnya akan diberikan token untuk pengamanan data. Dengan token itu orang lain tidak akan bisa masuk ke dalam sistem kita," jelasnya.

    Pengisian sensus online ini kata dia akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari - 31 Maret mendatang. Setelah Tanggal 31 Maret tersebut, seluruh akses/portal yang ada di sensus BPS akan di tutup dan akan dilakukan pengolahan data. Setelahnya dalam proses berikutnya akan diketahui berapa persen angka partisipasi dari penduduk Kabupaten Siak dalam pelaksanaan sensus penduduk online ini. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Siak Buka Sosialisasi Percepatan Penyusunan APBKam 2020
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 3 Kepala Desa di Kampar Terkena OTT oleh Tim Tipikor Polres Kampar
    02 LAMR Bukit Batu Minta Semua Perusahaan Salurkan Bantuan Sembako melalui Program CSR
    03 Pasien positif bertambah menjadi 2 orang, Satgas Covid-19 Dari Partai PKS DPD Kabupaten Pelalawan Me
    04 Pasutri Asal Pangkalan Kerinci Pelalawan, Dinyatakan Positive Covid-19
    05 Komisi I DPRD Apresiasi Satu Perusahaan Perkebunan Segera Salurkan CSR
    06 Camat Bantan Sufandi Adakan Pemantauan ODP Covid-19 Di Desa Bantan Sari
    07 Peduli Karhutla, DPRD Apresiasi PT. Sumatera Riang Lestari
    08 14 Penumpang Dari Negara Terjangkit Virus Covid-19 Malaysia Tiba Di BSL Bengkalis
    09 Putuskan Mata Rantai Covid-19, Pemdesa Liang Banir Gelar Penyemprotan Desinfektan
    10 Hampir 30 Persen ODP Covid-19 Di Kabupaten Bengkalis Selesai Pemantauan
    11 ODP Di Rohil Bertambah 1.795, 2 PDP Membaik, Positif Vovid-19 Nihil
    12 Nasip Belasan Ribu TKI Asal Malaysia Berada Ditangan Gubernur Riau
    13 Cegah Penyebaran Covid-19, SMA Negeri 1 Lubuk Dalam Lakukan Penyemprotan Disinfektan
    14 Terkait Penemuan Mayat di Kel Bagan Barat Kec Bangko, Korban Mempunyai Riwayat Penyakit Jantung
    15 Cegah Penyebaran Virus Corona, PAC PP Bukit Batu Lakukan Penyemprotan Desinfektan
    16 Warga Bagansiapiapi Di Gegerkan Penemuan Mayat
    17 Putuskan Mata Rantai Covid- 19, Kades Pangkalan Jambi Berikan13 Gallon Water Dispenser Dan 13 Detol
    18 Antisipasi Covid-19, Pemdes Pakning Asal Gelar Penyemprotan Desinfektan Tanggal 5 April 2020
    19 Polres Siak Silaturahmi dan Koordinasi Dengan Anggota PPK dan Panwascam di Empat Wilayah Kecamatan
    20 Cara Pemkab Inhu Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Covid-19 Mrnyemprotkan Disinfektan
    21 Sebanyak 41 Titik Ruas Jalan Protokol di kota Bagan Siapi-api Disemprotkan Cairan Disinfektan
    22 KSOP Kelas II Tanjung Buton Gelar Penyemprotan Desinfektan Di Roro Sungai Selari
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI