Rabu, 18-04-2018 - 14:56:49 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Masyarakat Rupat Menyambut Antusias Nur Azmi Hashim Balon Wakil Bupati Favorit dari Kalangan Politis | | Anggota DPR RI Drs.H.Achmad, M.Si Hadiri Resepsi Pernikahan Yudi/Suci | | BAZNAS Kab Bengkalis Umumkan Kelulusan Peserta Da'i Pesisir | | Bupati Catur Sugeng Tekankan Program Sesuai Misi dan Visi Bupati Kampar | | Polsek Tapung Hulu Kembali Ciduk 2 Orang Diduga Pengedar Shabu di 2 Lokasi Berbeda Kabupaten Rohul | | Diskominfotik Dan BKPP Gelar Rapat Rencana Penerapan SKP Daring Tahun 2020
 
Pemkab Siak berangkatkan 32 orang studi ke Lembang Bandung
Tingkatkan Skill petani cabe dan peternak ikan
Rabu, 18-04-2018 - 14:56:49 WIB
Foto bersama
TERKAIT:
 
 


SIAK, DELIKRIAU - Kabar gembira bagi 32 orang Petani cabe asal Kabupaten Siak, mereka mendapat kesempatan untuk studi lapangan. Bagaimana menjadi petani cabe dan peternak ikan yang sukses dengan mengikuti program pelatihan tanaman cabe dan budidaya ikan yang digelar di Balai Latihan Kerja (BLK) Cikole Lembang Bandung. Kegiatan ini kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, juga bersama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang Bandung.

Program ini kita lakukan dalam mendukung kebangkitan para petani cabe di Kabupaten Siak, terutama dalam meningkatkan kualitas dan produksi tanaman cabe di wilayah Kabupaten Siak, saat ini sebanyak 32 orang petani asal Kabupaten Siak sedang melaulan studi lapangan di Bandung untuk mengikuti pelatihan tanaman cabe dan budidaya ikan yang digelar di Balai Latihan Kerja (BLK) Cikole Lembang Bandung. Hal ini di ungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Siak Budiman Safari, saat di konfirmasi melalui Whatsapp, Rabu siang (18/04/2018).

Dikatakan Budiman, Kabupaten Siak memiliki potensi sebagai daerah pertanian penghasil cabe karena tanahnya sangat subur dan di tambah curah hujan yang intensitas sedang. Menjadikan daerah ini mudah di tumbuhi oleh tanaman cabe dan sejenisnya, kemudian potensi budidaya ikan juga sangat bisa untuk di kembangkan di siak. Untuk itu petani kita mendapat kesempatan untuk belajar langsung di Lembang Bandung.

"Untuk mendukung hal tersebut kita telah berangkatkan mereka pada tanggal 15 April kemarin, mereka berada di sana sampai dengan 10 mei 2018 akan datang. peserta yang kita berangkatkan berjumlah 32 orang saat ini seluruh peserta sudah berada di Lembang Bandung. Menurut rencana mereka berada di sana  mengikuti pelatihan selama 25 hari," Terang Budiman.

Ditambahkannya lagi, Mereka nantinya akan di bimbing oleh orang-orang yang berpengalaman, bagai mana cara mengembakan mensosialisasikan pasca panen Industri pengolahan cabe ataupun kian catfsh sekala rumah tangga atau kelompok wirausaha. Disinggung masalah biaya transportasi, mereka dibiayai oleh PT BSP melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang mereka miliki.   Pada kegiatan pelatihan yang digelar di BLK Lembang Bandung ini, ada Dua kelas yang diikuti oleh para petani, yakni pelatihan tanaman cabe dan pelatihan budidaya ikan (catfish) dan seusainya mereka studi lapangan mereka mendapat sertifikat berstandar Internasional tentang budidaya cabe dan ikan.

"Kita mengharapkan diberangkatkannya para petani asal Kabupaten Siak ini,  sekembalinya ke Siak mereka langsung menerapkan ilmu yang di dapat dan menularkan ilmunya kepada para petani yang lain. Sehingga kebutuhan cabe di kabupaten siak dapat terpenuhi,"Himbau Budiman.

Sementara itu salah seorang peserta pelatihan Ijal 32 tahun asal Mempura saat di hubungi mengatakan, merasa bangga dan berterimakasih kepada Pemkab Siak yang telah menunjuk dirinya sebagai peserta pelatihan sebagai peternak ikan. sebagai peternak ikan yang masih fomula ijal hanya mengandalkan ilmu otodidak (belajar sendiri) saja. Tidak pernah mendapat ilmu seperti sekarang ini.

"Ternyata banyak hal yang saya dapat kan di sini, selain ilmu dan juga pengalaman bagai mana membudidaya ikan catfish untuk petani atau nelayan tambak dengan teknologi. selama ini saya belajar hanya mendapatkan pengalaman dari teman, namun setelah tau saya tambah bersemangat untuk beternak ikan," Terang Ijal. (fer) 



 
Berita Lainnya :
  • Tingkatkan Skill petani cabe dan peternak ikan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Masyarakat Rupat Menyambut Antusias Nur Azmi Hashim Balon Wakil Bupati Favorit dari Kalangan Politis
    02 BAZNAS Kab Bengkalis Umumkan Kelulusan Peserta Da'i Pesisir
    03 Anggota DPR RI Drs.H.Achmad, M.Si Hadiri Resepsi Pernikahan Yudi/Suci
    04 Polsek Tapung Hulu Kembali Ciduk 2 Orang Diduga Pengedar Shabu di 2 Lokasi Berbeda Kabupaten Rohul
    05 Diskominfotik Dan BKPP Gelar Rapat Rencana Penerapan SKP Daring Tahun 2020
    06 Bupati Catur Sugeng Tekankan Program Sesuai Misi dan Visi Bupati Kampar
    07 Anak Usia 9 Tahun, Disetubuhi Ayah Kandung Hingga 3 Kali
    08 Peduli Kesehatan Balita dan Ibu Hamil, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Posyandu di Perbatasan
    09 Pemerintah Kecamatan Gelar Sertijab Camat Bukit Batu
    10 Satu Perempuan Diantara Tiga Pelaku Jaringan Narkoba di Perawang Diringkus Polisi
    11 Sembilan Orang Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi Da'i Pesisir Baznas Bengkalis
    12 2 Tersangka TP Tepikor UED SP Bukit Batu Resmi Di Tahan Kejari Bengkalis
    13 KONI Bersama Bupati Bengkalis, Membahas Persiapan PORKAB
    14 Tindak Pidana Perjudian Menjadi Salah Satu Atensi Polres Kampar
    15 Panitia Perpanjang Waktu Penerimaan Biodata 'Buku Putih PWI Riau 2020'
    16 Putusan MK : Leasing Tak Boleh Tarik Kendaraan atau Rumah Secara Sepihak, Harus Lewat Pengadilan
    17 Diduga 4 Pelaku Judi Qiu-Qiu, Berhasil Di Ciduk Unit Polsek Siak Hulu
    18 Bupati Siak Buka Sosialisasi Percepatan Penyusunan APBKam 2020
    19 Resmi Terbentuk FIPP Kampar, Mirdas Aditya Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua
    20 Kapolres Sigit Adiwuryanto Peduli Penghijauan Lingkungan, Penanaman Pohon Serentak Di Gelar
    21 Kapolsek Bukit Batu Kembali Gelar Penanaman Pohon Wujudkan Penghijauan
    22 Kapolres Siak dan Bupati Siak Lakukan Penanaman Pohon 1000 batang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI