Rabu, 23 Mei 2018
Follow Us ON :
 
 
| Jumlah Guru Bantu Provinsi di Dumai Capai 291 Orang | | Asyiiik...Presiden Resmi Naikkan THR dan Gaji Ke-13 PNS hingga Pensiunan | | Polres dan Pemkab Inhil Bagikan Takjil dan Bantuan kepada Korban Kebakaran | | Pemko Pekanbaru Optimis Raih Opini WTP Tahun Ini | | Antisipasi Karhutla, BNPB Siagakan Tiga Heli di Riau | | Kejati Riau Usut Korupsi Labor Bahasa di Meranti
 
Tamatan Perdana
MAN IC Riau Lepas 81 Santri
Selasa, 15-05-2018 - 11:10:16 WIB

TERKAIT:
 
  • MAN IC Riau Lepas 81 Santri
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Pagi ini tampak suasana hati penuh bahagia dan rasa syukur yang terpancar di wajah para santriwan dan santriwati, begitu pun dari orang tua/wali yang hadir semua penuh rasa haru, bahagia dan bangga melihat anak-anaknya bisa menyelesaikan pendidikannya. Tiga tahun sudah keberadaan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Siak, Provinsi Riau berdiri dan melangsungkan proses belajar mengajar hingga  akhirnya peserta didik bisa menyelesaikan pendidikan  dan dikembalikan kepada orang tuanya.

    Sebanyak 81 santriwan/ti, diantaranya 20 orang  hafizh dan hafizhah 5-30 juz, dikembalikan kepada orang tuanya ditandai dengan salam-salaman antara majelis guru dengan para orang tua wali murid, Selasa (15/05/2018) pagi.

    Hadir pada acara tersebut Kepala Kanwil Kemenag Riau diwakili, Kepala Kamenag Siak, Drs H Muharom, Anggota DPRD Siak, Muslim, Bupati Siak diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir Hj Rubbiyati MP,  Bupati Sambas, Atbah Roimin Suhaili LC, dan Ketua Komite MAN IC Siak Riau, H Ahmad.

    Kepala MAN IC, Hayati Ruh menyampaikan dari 20 santri  yang hafiznya paling banyak (tiga besar, red) masing-masing  Zaka Azzam Jakartia anak Atbah Romin Suhaili LC  (Bupati Sambas) hafiz 30 juz, Reza Zaki Dermawan anak dari Muslim (Anggota DPRD Siak) 28 Juz, hafiz 23 juz santri bernama Ocha Dwi Rizki.

    "Dari 81 orang ini, 10 diantaranya sudah dipastikan diterima di Perguruan Tinggi ternama diindonesia, UI, UGM, IPB, Telkom dan lainnya. Untuk angkatan pertama ini nilai tertinggi UN mencapai angka 95," jelas Hayati Ruh.

    Mantan Kepala MAN 1 Pekanbaru ini menceritakan perjuangan mereka dengan anak-anak angkatan pertama ini sejak awal dibukanya sekolah tersebut.

    "Sulit rasanya melupakan perjuangan mereka,  diawal dulu fasilitas air dan listrik belum maksimal terpaksa anak-anak mengangkut air menggunakan ember untuk dibawa ke asrama masing-masing," ungkapnya.

    Dikesempatan tersebut Hayati Ruh juga memberikan apresiasi dengan tanggapan dan kepedulian yang dilihatkan oleh Pemkab Siak, yang menurutnya telah memenuhi semua janjinya seperti yang ada di MoU. Selain itu, tahun ini pihaknya telah menerima siswa sebanyak 96 orang melalui prosedur pendaftaran dan tes yang telah ditentukan secara nasional. Diantaranya ada yang berasal dari Provinsi Jambi, Sumbar dan Sumut. Pada tahun ini juga MAN IC akan mendapatkan tambahan bangunan dari APBN yaitu gedung rumah dinas guru dan pustaka.

    Sementara Kepala Kantor Kementerian agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Siak, Muharom mengatakan, komunikasi dengan bahasa agama, karena bahasa agama adalah, bahasa yg santun, tidak menyakiti hati orang lain, tidak menghina, tidak menghujat, tolak hoax, sehingga keharmonisan negeri ini terjaga.

    "Hal itu adalah bagian sikap yang harus kita miliki terutama untuk murid-murid, beruntunglah para orang tua yang anaknya telah menyelesaikan studi di MAN IC ini, karena memang ada sebagian kecil yang tidak sanggup," terang Muharom.

    Muharom berharap, seluruh sekolah dikabupaten Siak menjadi lahan pendidikan yang ramah anak, yang membuat peserta didik menjadi betah, tiada tawuran pelajar, tidak ada perkelahian dan persaingan yg merusak keharmonisan, yang ada hanyalah ketenangan belajar, keharmonisan dalam keluarga besar pendidikan.

    "Madrasah hebat, madrasah bermartabat," tegasnya.

    Sementara mewakili Bupati Siak, Staf Ahli Bupati Rubiati mengatakan, menyelenggarakan pendidikan merupakan tugas semua pihak. Guru jangan hanya memberikan ilmu akademis saja namun juga harus mampu jadi suri tauladan dan berakhlak yang baik. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • MAN IC Riau Lepas 81 Santri
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Jumlah Guru Bantu Provinsi di Dumai Capai 291 Orang
    02 Asyiiik...Presiden Resmi Naikkan THR dan Gaji Ke-13 PNS hingga Pensiunan
    03 Polres dan Pemkab Inhil Bagikan Takjil dan Bantuan kepada Korban Kebakaran
    04 Pemko Pekanbaru Optimis Raih Opini WTP Tahun Ini
    05 Antisipasi Karhutla, BNPB Siagakan Tiga Heli di Riau
    06 Kejati Riau Usut Korupsi Labor Bahasa di Meranti
    07 3 Heli Diterjunkan, Siaga Karhutla Riau Bakal Diperpanjang
    08 Tahun Ini, Pemko Pekanbaru Usulkan Penerimaan 300 CPNS, yang Minat Baca Infonya di Sini...
    09 UPIKA Ujungbatu Rohul Safari Ramadhan di Desa Ngaso
    10 Soal Pengadaan 2.600 Sapi, Dewan Berharap Tidak Ada Kendala
    11 Jelang Masa Mudik, Dishub Riau Perhatikan Tiga Titik Rawan Longsor Jalan Lintas Riau - Sumbar
    12 Abdul Kadir: Penghargaan Tidak Memperbaiki Keadaan Masyarakat
    13 Penjelasan Soal Kabar Pemecatan 23 Satpam Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian
    14 Pengemis Anak-anak Masih Ramai di Persimpangan Jalan Pekanbaru
    15 Unik, Ada Pohon Pisang Tumbuh 'Subur' di Tengah Jalan Raya Pasir Pengaraian-Ujungbatu
    16 Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas ke-110, Wabup Kampar Berpesan agar Kembangkan Diri
    17 Pasca-Serangan Mapolda Riau, Densus 88 Lagi-lagi Amankan 5 Terduga Teroris
    18 Diskes Pekanbaru Imbau Warga Jaga Kesehatan di Musim Kemarau
    19 Bocah 10 Tahun Selamat dari Kecelakaan Maut di Rumbai Pekanbaru
    20 Persediaan Sembako di Riau Masih Aman hingga Jelang Lebaran Nanti
    21 Riau Berpotensi Hujan Sore Nanti
    22 Akhirnya, Pemprov Riau Bayarkan Single Salary ASN
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI