Minggu, 18 November 2018
Follow Us ON :
 
 
| Kapolres Akan Tindak Lanjuti Aktivitas Penambangan Tanah Timbun Tak Berizin di Siak | | Aktivitas Galian C Tak Berizin di Kabupaten Siak Kian Marak | | BRG RI Sebut Kabupaten Meranti Daerah Paling Cocok Untuk Penelitian Gambut | | Kapolda Riau Pimpin Safari Sinergitas Pemilu bersama Forkopimda Provinsi Riau Di Kabupaten Siak | | Pagar Roboh, Menimpa 6 Orang dan 2 Orang diantaranya Meninggal Dunia | | Diduga Hendak Curi Kabel Grounding PLN, Seorang Pria Tewas Tersengat Listrik
 
Ratusan Masyarakat Bershalawat Bersama
Pemkab Siak Gelar Haul Kesultanan Siak
Rabu, 25-04-2018 - 16:50:11 WIB

TERKAIT:
 
 

SIAK - Dalam rangka mengenang jasa para Sultan Siak Sri Indrapura, Pemerintah Kabupaten Siak menggelar acara Haul akbar kesultanan Siak yang diselenggarakan selama dua hari, Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari Habib maupun tokoh agama, tokoh masyarakat serta keluarga besar Resam keluarga Kerajaan Siak serta para tamu yang berasal dari Singapura, Malaysia, Pangeran Sri Relawangsa Tan Sri Syed Yusuf Bin Tun Syed Nasir beserta rombongannya dari Malaysia dan berbagai daerah di Indonesia yang merupakan keluarga keturunan Sultan Siak.

Kepala Dinas Pariwisata, Fauzi Asni menyebutkan, adapun tujuan dilaksanakan haul akbar kesultanan siak ini adalah untuk mengenang jasa para sultan yang telah berjuang, selain itu, pelaksanaan kegiatan ini juga telah masuk kedalam agenda tahunan yang di selenggarakan di Kabupaten Siak dan masuk kedalam kalender pariwisata Kabupaten Siak. 

"Tujuan dari pada kegiatan haul kesultanan ini yakni untuk mengingat jasa para sultan yg telah berjuang untuk kita, kita sebagai masyarakat Siak tentu menghargai beliau dan jasa-jasanya dengan memperingati hari wafatnya,"ujarnya. 

Adapun rangkaian kegiatan dimulai dengan mengunjungi makam para sultan, seperti makam Raja Kecik di Kampung Langkai. 

Pada malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan Siak bershalawat bersama ratusan masyarakat Siak dan para tamu undangan di lapangan siak bermadah yang berada di depan istana siak, Sabtu (21/4/2018).

Keesokan harinya, kegiatan masih berlanjut dengan kegiatan shalat subuh berjamaah di masjid Syahbuddin, dan langsung melakukan kegiatan ziarah ke makam koto tinggi, Minggu (22/4/2018).

Tengku Muhtar Anom dari Kekerabatan Resam Keluarga Kerajaan Siak, setiap tahun kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk menjalin tali silaturahmi serta memberikan dorongan kepada masyarakat untuk merenungi dan mencontoh kepahlawanan Sultan Siak, baik terhadap Negara Indonesia, maupun di negri Siak sendiri. 

"Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya, dengan tujuan memperingati Sultan Siak. Tujuan utamanya agar tali silaturahmi kita tidak putus dan tetap kuat. Kedua memberikan motivasi kepada masyarakat agar menjadi contoh tauladan Sultan kita dalam perjuangannya untuk Indonesia dan Siak," sebutnya.

Senada dengan itu, Plt Bupati Siak H. Alfedri juga mengatakan, dilaksanakan kegiatan ini bertujuan sebagai momentum untuk mengingat kembali atas jasa-jasa yang telah diberikan oleh Sultan Siak kepada negeri ini serta kepada NKRI dalam membantu perjuangan pada masa kemerdekaan dahulu.

Lanjutnya, hendaknya resam keluarga Sultan selaku generasi penerus sebagai pemimpin harus menjaga amanah yang telah dititipkan oleh Sultan Siak. Dengan adanya peringatan Haul Sultan Siak ini setidaknya terjalin kembali tali silaturahmi serta dijadikan momentum sebagai mengulang mengingat kembali sejarah Siak ini.

"Mari kita doakan bersama sama kepada Sultan Siak kita yang begitu besar jasanya hingga bisa kita nikmati sampai saat ini. Pada saat ini kami juga mengupayakan untuk melestarikan apa saja yang telah menjadi peninggalan Sultan Siak, sehingga siak sudah ditetapkan menjadi kota wisata," ujar Alfedri.

Kegiatan ditutup dengan acara melakukan qirab rambut nabi Muhammad SAW  dan makan bersama di lapangan siak bermadah. (*)











 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Siak Gelar Haul Kesultanan Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 BRG RI Sebut Kabupaten Meranti Daerah Paling Cocok Untuk Penelitian Gambut
    02 Kapolda Riau Pimpin Safari Sinergitas Pemilu bersama Forkopimda Provinsi Riau Di Kabupaten Siak
    03 Pagar Roboh, Menimpa 6 Orang dan 2 Orang diantaranya Meninggal Dunia
    04 Diduga Hendak Curi Kabel Grounding PLN, Seorang Pria Tewas Tersengat Listrik
    05 Kapolres Akan Tindak Lanjuti Aktivitas Penambangan Tanah Timbun Tak Berizin di Siak
    06 Bupati Kepulauan Meranti Terima Penghargaan UKPBJ Tingkat Kematangan Pengadaan Barang/Jasa Pemerinta
    07 Wakil Bupati Siak Hadiri Upacara HDK 2018 Di Kantor Gubernur Riau
    08 Syukuran Pemugaran Istana Peraduan Siak 2018 Yang Di Bantu PT.RAPP
    09 Bupati Siak, Syamsuar Pimpin Upacara HSP ke-90
    10 Syamsuar Nobar Film IQRA' 1 Bersama Ribuan Anak Yatim di Kabupaten Siak
    11 GP Ansor Rohil kunjungi Korban Banjir
    12 Lomba Foto Tour de Siak, Ini Juaranya
    13 Bupati Irwan Buka Secara Resmi Tes CPNS Kepulauan Meranti 2018
    14 Koalisi LSM–TPK Bersama Rekan Media Kabupaten Meranti Laporkan Ke Kejari
    15 Luar Biasa!!! Kabupaten Meranti Raih Predikat WTP 6 Kali Berturut Turut
    16 Tingkatkan Kapasitas Sentra Gakkumdu, Bawaslu Gelar Pelatihan Penyidik Pemilu
    17 Wabup Rohil Terima Penghargaan Proklim Dari Kementrian KLH
    18 Usai Klarifikasi Firdaus, Bawaslu Riau Minta Pendapat Ahli Pidana
    19 Pemkab Meranti Buka Permohonan Beasiswa Mahasiswa Berprestasi dan Kurang Mampu
    20 Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Sunaryo akan berikan RSUD Meranti Alat Canggih CT SCAN
    21 Pernak Pernik Kaum Sarungan di HSN 2018
    22 Pemda, LAM dan MUI Sepakat, Permainan Ketangkasan di Meranti Terindikasi 'Judi'
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI