Rabu, 25-04-2018 - 16:50:11 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Penggunaan Tongkat Modifikasi, Polsek Tualang Gelar Pelatihan | | Kuasa Hukum Koperasi BBDM Minta Polres Bengkalis Tindaklanjuti Laporan Kliennya | | Pasca PSBB, Pemkab Siak Bersiap Terapkan New Normal | | Kasus Covid-19 Di Kabupaten Siak Menurun | | Polres Siak Salurkan Sembako Kepada ODP di Kecamatan Dayun | | PSBB Siak Sesuai Harapan, Bupati Siak Berlakukan New Normal
 
Ratusan Masyarakat Bershalawat Bersama
Pemkab Siak Gelar Haul Kesultanan Siak
Rabu, 25-04-2018 - 16:50:11 WIB

TERKAIT:
 
 

SIAK - Dalam rangka mengenang jasa para Sultan Siak Sri Indrapura, Pemerintah Kabupaten Siak menggelar acara Haul akbar kesultanan Siak yang diselenggarakan selama dua hari, Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari Habib maupun tokoh agama, tokoh masyarakat serta keluarga besar Resam keluarga Kerajaan Siak serta para tamu yang berasal dari Singapura, Malaysia, Pangeran Sri Relawangsa Tan Sri Syed Yusuf Bin Tun Syed Nasir beserta rombongannya dari Malaysia dan berbagai daerah di Indonesia yang merupakan keluarga keturunan Sultan Siak.

Kepala Dinas Pariwisata, Fauzi Asni menyebutkan, adapun tujuan dilaksanakan haul akbar kesultanan siak ini adalah untuk mengenang jasa para sultan yang telah berjuang, selain itu, pelaksanaan kegiatan ini juga telah masuk kedalam agenda tahunan yang di selenggarakan di Kabupaten Siak dan masuk kedalam kalender pariwisata Kabupaten Siak. 

"Tujuan dari pada kegiatan haul kesultanan ini yakni untuk mengingat jasa para sultan yg telah berjuang untuk kita, kita sebagai masyarakat Siak tentu menghargai beliau dan jasa-jasanya dengan memperingati hari wafatnya,"ujarnya. 

Adapun rangkaian kegiatan dimulai dengan mengunjungi makam para sultan, seperti makam Raja Kecik di Kampung Langkai. 

Pada malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan Siak bershalawat bersama ratusan masyarakat Siak dan para tamu undangan di lapangan siak bermadah yang berada di depan istana siak, Sabtu (21/4/2018).

Keesokan harinya, kegiatan masih berlanjut dengan kegiatan shalat subuh berjamaah di masjid Syahbuddin, dan langsung melakukan kegiatan ziarah ke makam koto tinggi, Minggu (22/4/2018).

Tengku Muhtar Anom dari Kekerabatan Resam Keluarga Kerajaan Siak, setiap tahun kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk menjalin tali silaturahmi serta memberikan dorongan kepada masyarakat untuk merenungi dan mencontoh kepahlawanan Sultan Siak, baik terhadap Negara Indonesia, maupun di negri Siak sendiri. 

"Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya, dengan tujuan memperingati Sultan Siak. Tujuan utamanya agar tali silaturahmi kita tidak putus dan tetap kuat. Kedua memberikan motivasi kepada masyarakat agar menjadi contoh tauladan Sultan kita dalam perjuangannya untuk Indonesia dan Siak," sebutnya.

Senada dengan itu, Plt Bupati Siak H. Alfedri juga mengatakan, dilaksanakan kegiatan ini bertujuan sebagai momentum untuk mengingat kembali atas jasa-jasa yang telah diberikan oleh Sultan Siak kepada negeri ini serta kepada NKRI dalam membantu perjuangan pada masa kemerdekaan dahulu.

Lanjutnya, hendaknya resam keluarga Sultan selaku generasi penerus sebagai pemimpin harus menjaga amanah yang telah dititipkan oleh Sultan Siak. Dengan adanya peringatan Haul Sultan Siak ini setidaknya terjalin kembali tali silaturahmi serta dijadikan momentum sebagai mengulang mengingat kembali sejarah Siak ini.

"Mari kita doakan bersama sama kepada Sultan Siak kita yang begitu besar jasanya hingga bisa kita nikmati sampai saat ini. Pada saat ini kami juga mengupayakan untuk melestarikan apa saja yang telah menjadi peninggalan Sultan Siak, sehingga siak sudah ditetapkan menjadi kota wisata," ujar Alfedri.

Kegiatan ditutup dengan acara melakukan qirab rambut nabi Muhammad SAW  dan makan bersama di lapangan siak bermadah. (*)











 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Siak Gelar Haul Kesultanan Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Penggunaan Tongkat Modifikasi, Polsek Tualang Gelar Pelatihan
    02 Kuasa Hukum Koperasi BBDM Minta Polres Bengkalis Tindaklanjuti Laporan Kliennya
    03 Remaja Mesjid BKPRMI Pelalawan Memberikan Bantuan Terhadap Para Korban Kebakaran
    04 Saat Pandemi, Diduga Klinik Sundari di Meranti Tak Pernah Merawat Pasien Covid 19
    05 9 Unit Rumah Ludes Dilalap Api Di Pangkalan Kerinci
    06 Kabar gembira, Satu lagi Warga Kabupaten Siak Positif Covid-19 Telah Dinyatakan Sembuh
    07 Menuju Even Porprov, KONI Gelar Rapat Koordinasi Perdana Tahun 2020
    08 Investor Sambut Baik Rencana Balon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis AMAN Kembangkan Sektor Maritim
    09 Ketua Komisi II DPRD Siak Kecewa Terhadap PT DSI
    10 Pemerintah Kecamatan Tualang Gelar Rapat sosialisasi New Normal Percepatan Penanganan Covid-19
    11 Pasca PSBB, Pemkab Siak Bersiap Terapkan New Normal
    12 Satu Santri Klaster Magetan Positif Covid-19 Telah Dinyatakan Sembuh
    13 Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi Berikan Bantuan ke Masyarakat
    14 Kades Herman Ucap Terima Kasih, PT SAR Serahkan Bantuan Mobiler Untuk SDN 005 Desa Kiyap Jaya
    15 PSBB Siak Sesuai Harapan, Bupati Siak Berlakukan New Normal
    16 Kapolres Pelalawan Serahkan Bantuan 10 Ton Beras
    17 PAN Siak Lakukan Video Conference Dengan DPP PAN se Sumatra dan Jawa
    18 Bupati Alfedri Apresiasi Dukungan Pansus DPRD Siak
    19 Pemerintah Desa Pakning Asal Salurkan Bantuan BLT DD Kepada 157 Orang Warganya
    20 Polsek Tualang Berhasil Tangkap Pelaku Pencurian Uang Tunai Dalam Kotak Infaq Di Mesjid Raudhah
    21 Kasus Covid-19 Di Kabupaten Siak Menurun
    22 4 Kali Beraksi, Komplotan Curas Dibekuk Polisi Di Kecamatan Bangko Rohil
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI