Selasa, 31-03-2020 - 16:57:08 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Remaja Mesjid BKPRMI Pelalawan Memberikan Bantuan Terhadap Para Korban Kebakaran | | 9 Unit Rumah Ludes Dilalap Api Di Pangkalan Kerinci | | Menuju Even Porprov, KONI Gelar Rapat Koordinasi Perdana Tahun 2020 | | Kabar gembira, Satu lagi Warga Kabupaten Siak Positif Covid-19 Telah Dinyatakan Sembuh | | Bupati Siak Alfedri Sambangi Pembangunan Ruang Kelas Pondok Pesantren Riyadussholihin Kerinci Kanan | | Bupati Alfedri Apresiasi Dukungan Pansus DPRD Siak
 
Cara Pemkab Inhu Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Covid-19 Mrnyemprotkan Disinfektan
Selasa, 31-03-2020 - 16:57:08 WIB

TERKAIT:
 
  • Cara Pemkab Inhu Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Covid-19 Mrnyemprotkan Disinfektan
  •  

    RENGAT, DELIKRIAU - Virus Corona (Covid-19) telah memakan korban dibeberapa negara didunia, bahkan di Indonesia sendiri pun sudah ada ribuan orang di nyatakan positif Covid-19.

    Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu bersama Polri dan TNI, Selasa (31/3/2020) melakukan lakukan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, jajaran Pemerintah, Polri, dan TNI, melakukan gerakan penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Rengat Inhu secara serentak.

    Kegiatan penyemprotan disinfektan tersebut di pimpin langsung oleh Bupati Indragiri Hulu H. Yopi Arianto SE, didampingi Kapolres Inhu AKBP Efrizal S.IK, Dandim Letkol arh Endraroza S.IP di lapangan Ruang Taman Hijau ( RTH ) Kota Rengat, juga hadir wakil Ketua DPRD H. Suwardi Ritonga SE, Ketua Pengadilan Rengat Darma Indo Damanik SH MH, Kejaksaan Negeri Rengat, para Ormas dan Pers.

    Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Yopi Arianto mengatakan bahwa pencegahan harus dilakukan untuk melawan virus Corona wilayah Kabupaten Indragiri Hulu yang merupakan tanggung jawab pemerintah dan semua pihak.

    “Kasus corona jangan dianggap remeh, dan perlu secara bersama untuk melawan virus tersebut. Maka diperlukan anggaran untuk penangan yang di bebankan pada APBD guna memperhitungkan keamanan ekonomi, sehingga dilakukan sebagai garda kedepan,” katanya.

    Primer dalam upaya penanganan pencegahan Covid-19, sesuai ketentuan yang berlaku. Sinergitas semua stokholder untuk saling kordinasi terhadap penanganan secara bersama.

    Dimana catatan Orang Dalam Pengawasan (ODP) saat ini di Inhu berjumlah 85, dan belum ada pasti positif. Meski demikian, secara khusus memberikan apresiasi pada semua pihak, baik Polres dan Dandim Indragiri Hulu,” kata Bupati Yopi.

    Sementara itu, Kapolres Indragiri Hulu AKBP Efrizal S.IK juga menghimbau kepada masyarakat agar saling bekerjasama, dan tidak berkumpul serta menjaga jarak guna mencegah penyebaran COVID-19.

    “Jangan anggap remeh, wabah covid 19  seperti di negara Ingris, Amerika yang memiliki tehnologi, namun belum mampu mengobati istemed yang menganggap hal yang biasa,” tandasnya.

    Perlu diketahui, di Riau sendiri telah ditemukan 2 positif Corona, dan lebih baik mencegah dari pada mengobati, kita semua berharap wilayah Inhu tidak terjadi penyerangan virus yang berbahaya ini.

    “Demi melindungi keselamatan masyarakat dari wabah berbahaya ini maka kegiatan penyemprotan disinfektan serentak di lakukan bahkan se Indonesia untuk memberikan yang terbaik dalam melindungi dan melayani masyarakat,” ujar Kapolres.

    Ditempat yang sama, Dandim Inhu, Letkol ARH. Endraroza S.IP mengatakan, ini merupakan momen yang perlu dilakukan untuk pencegahan, dan hal ini secara serentak dilakukan, kedepan kita semua agar lebih bersinergi, dan dapat diantisipasi secara bersama.

    “Kita masih tahap awal kita hadapi wabah ini, belum di ujungnya, Mengapa tidak, di Negara yang maju saja bisa kesulitan menghadapinya, maka kita masyarakat di Kabupaten Indragiri Hulu agar hindari berkumpul, guna mengantisipasi tidak terjadi penularan wabah Corona yang sudah mendunia ini,” kata Dandim.

    Antisipasi seperti ini perlu untuk menjamin kesehatan di daerah kita sendiri, dan jangan kendor untuk mengabdi pada masyarakat,” tambahnya.

    Ditempat terpisah Paur Humas Polres Indragiri Hulu Aipda Misran mengatakan bahwa untuk memutus rantai penyebaran covid19, Polres Inhu menggelar penyemprotan disinfektan skala besar, baik di sekitar kota rengat, maupun diwilayah kecamatan yang ada di kabuoaten Inhu.

    “Melakukan penyemprotan ini berdasarkan Surat Telegram Kapolri, agar serentak melaksanakan penyemprotan disinfektan diseluruh wilayah Indonesia,” imbuhnya.

    Sebelum penyemprotan, terlebih dahulu dilaksanakan apel persiapan pelaksanaan. Dalam kegiatan dibagi menjadi 5 kelompok, 4  kelompok  dengan menggunakan mobil water canon, mobil damkar, mobil double cabin, mobil bnpb, mobil swasta.

    Baca Juga:  Sambil Berolah Raga, Bupati Inhu Yopi Arianto Puji Kinerja Satpol PP
    Adapun kelompok satu mobil AWC (water canon) dengan operator Bripka Adha Pria Setiawan, bamudi AWC Brigadir Robin Siregar dibawah koordinator Kasat Sabhara Polres Inhu AKP Hendri, S.Sos, MH dengan rute  jl Nara singa – Jln. Danau raja – Jln. Sultan – Jln. H. Agus salim – Jln. Hasanuddin – Jln. Budhis.

    Sedangkan Kelompok dua menggunakan mobil double cabin dengan rute Jln. Soeprapto – Jln. DI.Panjaitan- Jln.Jendral A. yani. Kelompok tiga menggunakan mobil damkar dengan rute Jln. Bupati tulus – Jln. Mayor fadilah – Jln. Hang lengkir. Kelompok empat menggunakan mobil bnpb dan swasta dengan rute Jln. RTH – cokroaminoto- kahar maskur – Jln. Budis – jl. teuku umar – Jl. Soeprapto – Jln. Hasanudin.

    Selanjutnya kelompok lima dilakukan secara manual dengan menggunakan solo sprayer  sebanyak 72 unit, rincian 30 unit dari polres, 25 unit TNI, 17 unit satpol pp, dengan sasaran penyemprotan di sekolah – sekolah, tempat ibadah dan rumah warga.

    Sedangkan untuk wilayah kecamatan, kegiatan ini dilakukan bersama upika, toga, tomas, todat, dan masyarakat setempat yang dipimpin langsung oleh para kapolsek jajaran.

    Setelah melaksanakan penyemprotan, forkopimda langsung meluncur ke RSUD Indrasari melakukan pengecekan kesiapan rumah sakit dalam menghadapi pandemic covid19 di kab. Inhu baik berupa APD maupun kesiapan tenaga medis. (**)



     
    Berita Lainnya :
  • Cara Pemkab Inhu Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Covid-19 Mrnyemprotkan Disinfektan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Remaja Mesjid BKPRMI Pelalawan Memberikan Bantuan Terhadap Para Korban Kebakaran
    02 9 Unit Rumah Ludes Dilalap Api Di Pangkalan Kerinci
    03 Kabar gembira, Satu lagi Warga Kabupaten Siak Positif Covid-19 Telah Dinyatakan Sembuh
    04 Menuju Even Porprov, KONI Gelar Rapat Koordinasi Perdana Tahun 2020
    05 Investor Sambut Baik Rencana Balon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis AMAN Kembangkan Sektor Maritim
    06 Ketua Komisi II DPRD Siak Kecewa Terhadap PT DSI
    07 Pemerintah Kecamatan Tualang Gelar Rapat sosialisasi New Normal Percepatan Penanganan Covid-19
    08 Satu Santri Klaster Magetan Positif Covid-19 Telah Dinyatakan Sembuh
    09 Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi Berikan Bantuan ke Masyarakat
    10 Kades Herman Ucap Terima Kasih, PT SAR Serahkan Bantuan Mobiler Untuk SDN 005 Desa Kiyap Jaya
    11 Kapolres Pelalawan Serahkan Bantuan 10 Ton Beras
    12 PAN Siak Lakukan Video Conference Dengan DPP PAN se Sumatra dan Jawa
    13 Bupati Alfedri Apresiasi Dukungan Pansus DPRD Siak
    14 Pemerintah Desa Pakning Asal Salurkan Bantuan BLT DD Kepada 157 Orang Warganya
    15 Polsek Tualang Berhasil Tangkap Pelaku Pencurian Uang Tunai Dalam Kotak Infaq Di Mesjid Raudhah
    16 4 Kali Beraksi, Komplotan Curas Dibekuk Polisi Di Kecamatan Bangko Rohil
    17 Bupati Siak Alfedri Sambangi Pembangunan Ruang Kelas Pondok Pesantren Riyadussholihin Kerinci Kanan
    18 Tertangkap sudah pelaku pembunuhan bersenpi rakitan yang di tembak keleher korban
    19 Pemkab Pelalawan Perpanjang PSBB, Tahap II Penindakan Diefektifkan
    20 Jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, PAC PP Bukit Batu Salurkan 70 Paket Sembako Ke Warga
    21 KNPI Bukit Batu Salurkan 95 Paket Pangan
    22 Bertambah 1 Orang lagi Dari Menpura PDP Covid-19 di Siak
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI