Jumat, 03-04-2020 - 20:05:08 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Remaja Mesjid BKPRMI Pelalawan Memberikan Bantuan Terhadap Para Korban Kebakaran | | 9 Unit Rumah Ludes Dilalap Api Di Pangkalan Kerinci | | Menuju Even Porprov, KONI Gelar Rapat Koordinasi Perdana Tahun 2020 | | Kabar gembira, Satu lagi Warga Kabupaten Siak Positif Covid-19 Telah Dinyatakan Sembuh | | Bupati Siak Alfedri Sambangi Pembangunan Ruang Kelas Pondok Pesantren Riyadussholihin Kerinci Kanan | | Bupati Alfedri Apresiasi Dukungan Pansus DPRD Siak
 
LAMR Bukit Batu Minta Semua Perusahaan Salurkan Bantuan Sembako melalui Program CSR
Jumat, 03-04-2020 - 20:05:08 WIB
Ketua LAMR Kecamatan Bukit Batu, H Rusdi Ispandi.
TERKAIT:
 
  • LAMR Bukit Batu Minta Semua Perusahaan Salurkan Bantuan Sembako melalui Program CSR
  •  

    BENGKALIS, DELIKRIAU - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis H Rusdi Ispandi mengimbau kepada seluruh  Perusahaan yang berada di Wilayahnya agar menyalurkan sembako ke masyarakat melalui program CSR.

    Hal ini terkait dari wabah Covid-19 dimana warga khususnya Kecamaran Bukit Batu mengalami penurunan perekonomi/penghasilan.

    Seluruh Perusahan mengetahui Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas Konsep CSR yang terdapat dalam UU Perseroan Terbatas juga mencakup lingkungan. Jadi, secara resmi, UU ini menggunakan istilah Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). UU ini mengatur kewajiban bagi perseroan yang berkaitan dengan sumber daya alam untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

    Pasal 74 ayat (1) UU PT berbunyi, “Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.”

    Bila ketentuan ini tidak dijalankan, maka ada sanksi yang akan dijatuhkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

    Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas Pemerintah menerbitkan PP No. 47 Tahun 2012 sebagai peraturan pelaksana dari Pasal 74 UU PT di atas. PP No. 47 Tahun 2012 yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini hanya berisi sembilan pasal. Salah satu yang diatur adalah mekanisme pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan perseroan.

    Pasal 4 ayat (1) PP No. 47 Tahun 2012 menyebutkan, “Tanggung jawab sosial dan lingkungan dilaksanakan oleh Direksi berdasarkan rencana kerja tahunan Perseroan setelah mendapat persetujuan Dewan Komisaris atau RUPS sesuai dengan anggaran dasar Perseroan, kecuali ditentukan lain dalam peraturan perundang-undangan.”

    Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal UU Penanaman Modal juga menyelipkan satu pasal yang mengatur CSR, yaitu Pasal 15 huruf b berbunyi: “Setiap penanam modal berkewajiban: melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan.”

    Penjelasan Pasal 15 huruf menambahkan bahwa yang dimaksud dengan “tanggung jawab sosial perusahaan” adalah tanggung jawab yang melekat pada setiap perusahaan penanam modal untuk tetap menciptakan hubungan yang serasi, seimbang, dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarakat setempat.

    "Kita sangat mengharapkan rasa kepeduliaan setiap Perusahaan, agar bisa menyalurkan bantuan sembako kepada warga. Melihat situasi dan kondisi ekonomi warga saat ini, salah satunya bantuan tersebut bisa menggunakan program CSR setiap Perusahaan, sesuai UU " kata H Rusdi Ispandi yang akrab disapa Is Dekam kepada Wartawan, Jumat (03/04/2020).

    Lebih lanjut Is Dekam mengatakan bahwa saat ini sangat minim sekali perhatian dari Perusahaan-perusahaan terhadap masyarakat terkait didalam penularan wabah Virus Covid-19. Jika ada pun hanyalah sedikit sekali perusahaan, sedangkan perusahaan mempunyai program CSR yang bisa disentuh kan langsung ke masyarakat. 

    "Selama ini kita hanya menunggu kepedulian Perusahaan terhadap masyrakat, tetapi sekarang pihak perusahan perlu mengetahui bahwa wabah Covid-19 bukan hanya tentang kesehatan, namun juga berdampak pada perekonomian masyarakat. Saat ini masyarakat sedang mengalami kesulitan, terutama dari kebutuhan pokok, maka dari itu sudah seharusnya pihak perusahaan menunjukan rasa kepeduliannya," tegas Is Dekam.

    Sementara itu, Is Dekam Nebraskan kembali perlu digaris bawahi oleh pihak perusahaan di Kecamatan Bukit Batu ini sangat banyak, namun kita LAMR Bukit Batu belum melihat bentuk dari kepeduliaannya. Dan kalau ada hanya segelintir saja yang ikut andil.

    "Selain pihak Pemerintah Kami juga minta terhadap pihak Perusahaan seperti PT Pertamina, PT SDA, PT. Indah Kiat, PT Pelindo, PT Syahbandar, dan lainya, untuk segera memperhatikan masyarakat setempat untuk membantu memberikan sembako,"  (Andhika)



     
    Berita Lainnya :
  • LAMR Bukit Batu Minta Semua Perusahaan Salurkan Bantuan Sembako melalui Program CSR
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Remaja Mesjid BKPRMI Pelalawan Memberikan Bantuan Terhadap Para Korban Kebakaran
    02 9 Unit Rumah Ludes Dilalap Api Di Pangkalan Kerinci
    03 Kabar gembira, Satu lagi Warga Kabupaten Siak Positif Covid-19 Telah Dinyatakan Sembuh
    04 Menuju Even Porprov, KONI Gelar Rapat Koordinasi Perdana Tahun 2020
    05 Investor Sambut Baik Rencana Balon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis AMAN Kembangkan Sektor Maritim
    06 Ketua Komisi II DPRD Siak Kecewa Terhadap PT DSI
    07 Pemerintah Kecamatan Tualang Gelar Rapat sosialisasi New Normal Percepatan Penanganan Covid-19
    08 Satu Santri Klaster Magetan Positif Covid-19 Telah Dinyatakan Sembuh
    09 Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi Berikan Bantuan ke Masyarakat
    10 Kades Herman Ucap Terima Kasih, PT SAR Serahkan Bantuan Mobiler Untuk SDN 005 Desa Kiyap Jaya
    11 Kapolres Pelalawan Serahkan Bantuan 10 Ton Beras
    12 PAN Siak Lakukan Video Conference Dengan DPP PAN se Sumatra dan Jawa
    13 Bupati Alfedri Apresiasi Dukungan Pansus DPRD Siak
    14 Pemerintah Desa Pakning Asal Salurkan Bantuan BLT DD Kepada 157 Orang Warganya
    15 Polsek Tualang Berhasil Tangkap Pelaku Pencurian Uang Tunai Dalam Kotak Infaq Di Mesjid Raudhah
    16 4 Kali Beraksi, Komplotan Curas Dibekuk Polisi Di Kecamatan Bangko Rohil
    17 Bupati Siak Alfedri Sambangi Pembangunan Ruang Kelas Pondok Pesantren Riyadussholihin Kerinci Kanan
    18 Tertangkap sudah pelaku pembunuhan bersenpi rakitan yang di tembak keleher korban
    19 Pemkab Pelalawan Perpanjang PSBB, Tahap II Penindakan Diefektifkan
    20 Jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, PAC PP Bukit Batu Salurkan 70 Paket Sembako Ke Warga
    21 KNPI Bukit Batu Salurkan 95 Paket Pangan
    22 Bertambah 1 Orang lagi Dari Menpura PDP Covid-19 di Siak
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI