Kamis, 07-11-2019 - 14:58:33 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Antuasias Pecinta RX-King Senusantara Menghadiri Acara Anniversary Satu Dekade KRC-Riau | | Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum | | Kades Gagal Dilantik, Komisi 1 DPRD Siak Gelar Hearing Bersama DPMK, Kabag Hukum dan Camat | | Bupati Amril Mukminin Dan Kasmarni Ditabalkan Menjadi Datuk Seri Setia Amanah Junjungan Negeri | | Mantan Kades Bukit Batu Resmi Ditahan Kejari Bengkalis | | LSM Penjara Minta Kejari Usut Penggunaan dan Peruntukan Dana KONI Bengkalis 2019
 
Pemkab Rohil Kembangkan Sektor Pertanian, Angkat Perekononian Masyarakat
Kamis, 07-11-2019 - 14:58:33 WIB

TERKAIT:
 
  • Pemkab Rohil Kembangkan Sektor Pertanian, Angkat Perekononian Masyarakat
  •  

    ROKANHILIR, DELIKRIAU - Hampir 25 persen perekonomian di Kabupaten Rokan Hilir bersumber dari sektor pertanian, sehingga pembangunan bidang ekonomi lebih di titik beratkan pada sektor pertanian untuk mendorong dan menopang sektor industri dan sektor perdagangan.

    Pembangunan sektor pertanian diarahkan untuk meningkatkan produksi pangan, seperti beras, palawija dan hortikultura. Peningkatan produksi perkebunan dilakukan dengan pola intensifikasi, ekstensifikasi dan rehabilitasi tanaman perkebunan.

    Berdasarkan data Dinas Pertanian Rokan Hilir, tahun 2015 tercatat luas lahan 888.159 ha. Lahan yang digunakan untuk hutan negara seluas 21.244 ha (2,39 persen), Perkebunan 382.677 Ha (43,09 persen), Kebun/Ladang/ Huma 66435 Ha (7,48 persen), Pekarangan/lahan untuk bangunan dan halaman sekitar 340.612 Ha (38,35 persen).

    Besarnya lahan yang tersedia dalam sektor pertanian di Rokan Hilir maka Pemerintah Rokan Hilir di bawah kepimpinanan Suyatno, sesuai arahan pemerintah pusat terus berupaya dan meningkatkan produksi pangan. Bentuk prioritasnya di sektor pertanian tercermin dengan luasnya panen tanaman padi yaitu 10,321 Ha yang terdiri dari sawah 10.321 Ha dan sawah ladang 0 Ha.


    Sedangkan produksinya 36.845,97 Ton. Sedangkan luas tanaman pangan lainya sebesar 10,93 persen dari total luas panen tanaman pangan yaitu 11.588 Ha dengan produksi 36.847,97 ton. Luas panen tanaman sayur-sayuran 781 Ha dengan produksi 1.570 ton sedangkan produksi tanaman buah buahan sebesar 13.241 Ton.

    Besarnya hasil disektor pertanian inilah yang menopang sektor lainya dikabupaten Rokan Hilir, sehingga pemkab terus mengembangkan sayapnya dengan mengembangkan sektor sektor pertanian lainnya seperti perkebunan. Perkebunan merupakan peranan yang penting dalam pengembangan pertanian di tinggkat Nasional maupun regional, terutama perdagangan yang cukup potensial yaitu kelapa sawit, Karet dan Kelapa.

    Dalam mengembangkan pertanian di Rokan Hilir, masyarakat khususnya petani hampir setiap tahunnya mendapatkan bantuan dari pemerintah.


    Bantuan ini, kata Orang nomor satu di Rohil ini salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Derah kepada petani Rokan Hilir. Dengan alat tersebut diharapakan dapat memudahkan pekerjaan para petani pasca panen.

    "Alat ini sangat berguna bagi petani untuk mempersingkat pengerjaan padi menjadi beras, Petani tidak repot lagi menghempas padi, cukup memasukkan padi yang sudah diarit ke dalam mesin dan menghasilkan gabah bersih," ujar Suyatno.


    Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rohil, Isa Ahmadi menjelaskan, 10 unit alat perontok padi diberikan kepada sepuluh kelompok tani tersebar di empat kecamatan di Rohil yakni Kecamatan Rimba Melintang, Sinaboi, Pekaitan dan Kecamatan Pekaitan. Alat perontok padi ini sangat menunjang kinerja petani, mereka tidak lagi bersusah payah, dapat menghemat waktu, efektif, dan efesien, hal ini guna menumbuh kembangkang pertanian yang ada di rokan hilir.

    "Selain itu bantuan itu juga bermanfaat membantu para petani dalam proses dan mempercepat kerja dalam memetik hasil panen yang di harapkan. Seperti tahun ini pemerintah daerah dan pemerintah pusat membantu peralatan yang di hutuhkan oleh petani, dan bantuan ini langsung di berikan orang nomor satu di negeri seribu kubah kepada kelompok tani yang ada di Rokan Hilir," jelas Isa Ahmadi. (Adv)



     
    Berita Lainnya :
  • Pemkab Rohil Kembangkan Sektor Pertanian, Angkat Perekononian Masyarakat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum
    02 Kades Gagal Dilantik, Komisi 1 DPRD Siak Gelar Hearing Bersama DPMK, Kabag Hukum dan Camat
    03 Bupati Amril Mukminin Dan Kasmarni Ditabalkan Menjadi Datuk Seri Setia Amanah Junjungan Negeri
    04 Mantan Kades Bukit Batu Resmi Ditahan Kejari Bengkalis
    05 LSM Penjara Minta Kejari Usut Penggunaan dan Peruntukan Dana KONI Bengkalis 2019
    06 Masyarakat Rupat Menyambut Antusias Nur Azmi Hashim Balon Wakil Bupati Favorit dari Kalangan Politis
    07 Antuasias Pecinta RX-King Senusantara Menghadiri Acara Anniversary Satu Dekade KRC-Riau
    08 BAZNAS Kab Bengkalis Umumkan Kelulusan Peserta Da'i Pesisir
    09 Anggota DPR RI Drs.H.Achmad, M.Si Hadiri Resepsi Pernikahan Yudi/Suci
    10 Polsek Tapung Hulu Kembali Ciduk 2 Orang Diduga Pengedar Shabu di 2 Lokasi Berbeda Kabupaten Rohul
    11 Diskominfotik Dan BKPP Gelar Rapat Rencana Penerapan SKP Daring Tahun 2020
    12 Bupati Catur Sugeng Tekankan Program Sesuai Misi dan Visi Bupati Kampar
    13 Anak Usia 9 Tahun, Disetubuhi Ayah Kandung Hingga 3 Kali
    14 Peduli Kesehatan Balita dan Ibu Hamil, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Posyandu di Perbatasan
    15 Pemerintah Kecamatan Gelar Sertijab Camat Bukit Batu
    16 Satu Perempuan Diantara Tiga Pelaku Jaringan Narkoba di Perawang Diringkus Polisi
    17 Sembilan Orang Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi Da'i Pesisir Baznas Bengkalis
    18 2 Tersangka TP Tepikor UED SP Bukit Batu Resmi Di Tahan Kejari Bengkalis
    19 KONI Bersama Bupati Bengkalis, Membahas Persiapan PORKAB
    20 Tindak Pidana Perjudian Menjadi Salah Satu Atensi Polres Kampar
    21 Panitia Perpanjang Waktu Penerimaan Biodata 'Buku Putih PWI Riau 2020'
    22 Putusan MK : Leasing Tak Boleh Tarik Kendaraan atau Rumah Secara Sepihak, Harus Lewat Pengadilan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI