Senin, 01-04-2019 - 13:38:22 WIB
Follow Us ON :
 
 
| 26.777 Siswa se Kabupaten Rohil tingkat SD dan SMP Sederajat Ikuti Ujian Nasional | | Taman Wisata Nasional Danau Zamrud Yang Masih Asri dan Alami Magnet Para Wisatawan Manca Negara | | Angka Partisipasi Pemilih di Siak di Targetkan Diatas 70 Persen | | Pilpres dan Pileg 2019 di Negeri Istana Berlangsung Tertib dan Aman | | Lima Habib Dijadwalkan hadiri Haul Sultan Siak 2019 | | Lewat MTQ Kecamatan Mempura ke X, Pemkab Ajak Warga Peduli Dhuafa
 
Ratusan Karyawan PT SAMS Mogok Kerja, Maneger Perusahaan Tidak Berada Di Tempat
Senin, 01-04-2019 - 13:38:22 WIB

TERKAIT:
 
  • Ratusan Karyawan PT SAMS Mogok Kerja, Maneger Perusahaan Tidak Berada Di Tempat
  •  

    ROKANHULU, DELUKRIAU - Ratusan karyawan karyawati kebun dan Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT Sumber Alam Makmur Sentosa (SAMS) melakukan aksi mogok kerja di halaman kantor PT SAMS, Desa Muara Dilam, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Senin (1/4/2019) siang.

    hasil pantauan awak media di lokasi aksi, sekitar pukul 14.00 WIB, terlihat ratusan karyawan duduk menggunakan tenda terpal dan memarkirkan masing-masing kendaraan sepeda motornya di jalur poros jalan perusahaan untuk menghambat mobil pengangkut tandan buah segar atau TBS milik perusahaan.

    Sikap protes yang dilangsungkan sejak pukul 07.00 WIB tersebut dilakukan karena pihak perusahaan mengabaikan gerakan aksi, dan manajemen diketahui ingin membawa TBS ke luar PMKS group perusahaan, atas kendala pabrik PT SAMS yang kini sedang mengalami kerusakan.

    Sejumlah karyawan selaku peserta aksi, mengatakan penghambatan mobil angkutan untuk mendesak pimpinan perusahaan PT SAMS menemui karyawan agar duduk bersama membahas kejelasan dan kepastian tentang Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) sebagai mitra perusahaan.

    Salah seorang karyawan, yang tidak ingin disebutkan namanya menerangkan bahwa perusahaan diduga telah mengeluarkan rekomendasi struktural SPBUN lain yang sudah terbentuk dan didaftarkan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Rokan Hulu pada akhir bulan Desember tahun 2014 lalu tanpa sepengetahuan buruh dan karyawan.

    "Padahal sejak berdirinya PT SAMS, karyawan/ti mengaku tidak pernah mengetahui adanya serikat pekerja dan belum pernah membentuk serikat pekerja selain struktur kepengurusan yang baru dirembukkan dan telah disepakati bersama. Untuk itu, sikap yang di gelar guna memperjelas hubungan industrial, dan melindungi hak dan kepentingan pekerja serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya," terang lelaki paroh baya yang menggunakan pakaian seragam PT. SAMS tersebut.

    Lebih lanjut Ia menjelaskan tentang masih banyaknya hak-hak normatif yang belum dijalankan dan direalisasikan perusahaan sesuai UU nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Karyawan/ti menilai, hak-hak mereka telah di rampas pihak perusahaan dan tidak mendapat tempat pengaduan seperti ayam yang kehilangan induknya. 

    "Ironisnya, manajemen perusahaan dikabarkan bakal mengirimkan ratusan anggota dari luar daerah Rokan Hulu untuk menjadi serikat pekerja di PT SAMS," jelasnya. 

    Sementara, koordinator aksi yang tidak ingin disebutkan namanya, mengutarakan puluhan karyawan sebelumnya sudah beberapa kali memberitahukan kepada pihak manajemen untuk aksi mogok kerja yang akan dilakukan dalam menyalurkan aspirasi secara demokratis.

    "Kita udah selalu berusaha mengadukan hak kita ini ke pihak manajemen perusahaan, namun mereka hanya memberikan respon tunggu keputusan serikat pekerja dari Direksi dan pimpinan pusat. Kami juga sudah layangkan surat somasi pada Senin 25 Maret lalu ke instansi-instansi dan aparat terkait untuk aksi protes ini", ujar koordinator aksi.

    Hingga pukul 22.00 WIB, ratusan karyawan yang melakukan orasinya tetap berdiri tegak di depan gerbang halaman kantor perusahaan menghadang sejumlah angkutan yang ingin keluar membawa TBS milik perusahaan.

    Koordinator aksi didampingi sejumlah karyawan lainnya usai bertemu melakukan mediasi bersama pimpinan Manajer dan bagian Administrasi, menyampaikan pihaknya belum juga menemukan titik temu dan membuahkan hasil.

    Manajer, Humas dan Kepala Tata Usaha PT SAMS saat disambangi di kantor perusahaan tidak berada di tempat. Saat dihubungi Wartawan melalui telepon selulernya untuk dikonfirmasi juga tidak menjawab dan merespon panggilan.

    Di area lokasi, sejumlah aparat TNI Babinsa dan security perusahaan terlihat tetap berjaga-jaga untuk mengamankan aksi. Sedangkan Bhabinkamtibmas Polsek Kunto Darussalam, Upika dan aparatur Desa Muara Dilam, serta perwakilan dari Disnakertrans dan anggota DPRD Rokan Hulu tampak tidak menghadiri aksi protes dari ratusan karyawan tersebut. (Don) 



     
    Berita Lainnya :
  • Ratusan Karyawan PT SAMS Mogok Kerja, Maneger Perusahaan Tidak Berada Di Tempat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 26.777 Siswa se Kabupaten Rohil tingkat SD dan SMP Sederajat Ikuti Ujian Nasional
    02 Lewat MTQ Kecamatan Mempura ke X, Pemkab Ajak Warga Peduli Dhuafa
    03 Perpani Siak Sosialisasikan Panahan di Kecamatan se Kabupaten Siak
    04 Lima Habib Dijadwalkan hadiri Haul Sultan Siak 2019
    05 Pilpres dan Pileg 2019 di Negeri Istana Berlangsung Tertib dan Aman
    06 Angka Partisipasi Pemilih di Siak di Targetkan Diatas 70 Persen
    07 Taman Wisata Nasional Danau Zamrud Yang Masih Asri dan Alami Magnet Para Wisatawan Manca Negara
    08 Jamaluddin : Arsip Adalah Bukti Dari Catatan Peristiwa
    09 Gemar Berzakat 2019 Segera Diluncurkan, Baznas Siak Targetkan Dana Zakat Terkumpul 2,1M
    10 Bukti Kepedulian PT BIM Kepada Masyarakat Dengan Menyalurkan Program Bantuan CSR Tahun 2019
    11 Camat Tekankan Linmas Gunakan Tanda Pengenal, Jika Tak Miliki Seragam
    12 Sekda Kab Siak, Hadiri Kegiatan Indonesia Industrial Summit (ISS) 2019
    13 Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
    14 Sekda Rohul, Tutup MTQ XIX Kabupaten Rohul 2019 Dengan Atraksi Kembang Api.
    15 Warga Sukamaju Harapkan Pembangunan Turap Sungai
    16 Kapolda dan Ketua Bawaslu Riau Lepas Tim Patroli Money Politik & Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2019
    17 Kampanye Akbar, Pasangan Jokowi Amin Artis Ibu kota Iis Dahlia Goyang Simpatisan Di Ujungbatu
    18 Mantapkan Pemilu, KPU Siak Distribusikan Logistik Keseluruh Kecamatan
    19 GMC 2019 Momen Promosi Pariwisata di Kabupaten Siak
    20 Simpan 5 Paket Sabu, 2 Pelaku Diduga Pengedar Dicokok Tim Opsnal Polsek Sabak Auh
    21 Bupati Siak Alfedri Teken Kesepakatan Replating Kebun Sawit Masyarakat Dengan PTPN V
    22 Setelah Tiga Tahun Didirikan MAN IC Perawang Kian Berkembang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI