Rabu, 17 Oktober 2018
Follow Us ON :
 
 
| Habib Salim Segaf Isi Pengajian Di Kab Siak | | Hadiri Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepri, Bupati Siak Sampaikan Tahniah | | DPRD Kab Siak Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar Nota Keuangan RAPBD-P Tahun Anggaran 2018 | | Wakil Bupati Siak Lauching Program KPK Binaan BAZNAS Kab Siak | | Wakil Bupati Siak Hadiri Pencanangan Penanaman Mangrove Indonesia | | Sekda Kab Siak, Drs H.T Said Hamzah Secara Resmi Buka Bimtek Penilaian dan Evaluasi Kinerja ASN
 
Tak Rela Desa Mereka Ditenggelamkan
Ribuan Warga 4 Desa Minta Pemerintah Keluarkan Rekomendasi Penolakan Pembangunan Waduk Rokan Kiri
Selasa, 24-04-2018 - 13:51:00 WIB

TERKAIT:
 
 

ROHUL, DELIKRIAU-Ribuan warga 4 Desa di Kecamatan Rokan IV Koto, Senin (23/4/2018) siang, melakukan aksi unjuk rasa damai, di kantor Bupati Rohul Pasirpengaraian. 
  
Warga yang berasal dari Desa Cipang Kiri Hulu, Cipang Kanan, Tibawan, dan Cipang Kiri Hlir ini mendesak, Bupati Rohul Sukiman, membuat pernyataan tertulis “menolak” pembangunan proyek Streategis Nasional (PSN), Waduk Rokan Kiri, di Kecamatan Rokan IV Koto, yang bakal menenggalmkan desa mereka.
 
Tangisan kaum ibu-ibu dari 4 desa yang rencananya akan menjadi tempat pembangunan waduk Rokan Kiri, turut mewarnai aksi unjuk rasa ini. Mereka tak kuasa, menahan tangis,  membayangkan, desa tempat mereka dilahirkan, bakal di tenggalamkan dengan alasan “memenuhi pasokan energi nasional”
 
"Kami ndak nio do, desa kami di tonggolomkan titik. itu kampuang kami, ratusan tahun kami disana kok enak mau ditenggalamkan,” kata seorang ibu, yang mengikuti aksi unjuk rasa. 
  
Aksi saling dorong juga sempat terjadi di saat ribuan pengunjuk rasa berusaha masuk ke kantor bupati untuk bertemu Bupati Sukiman. Namun, upaya pengunjuk rasa tersebut terhalang pagar betis petugas keamanan dari kepolisian dan Satpol PP yang sudah siap berjaga di depan pagar.
  
Setelah menunggu cukup lama, ribuan pengunjuk rasa akhirnya dipersilahkan masuk ke kantor bupati dan ditemui langsung oleh Bupati H. Sukiman yang didampingi Kepala Bappeda Rohul Nifzar, dan camat Rokan IV Koto M.Abror.
  
Dalam Orasinya, Koordinator Aksi Rio Andri mengatakan, pembangunan Waduk serba guna Rokan Kiri, di Kecamatan Rokan IV Koto merupakan bentuk penjajahan yang dilakukan pemerintah kepada rakyat.
 
Dikatakan Rio, Dengan alasan memenuhi energi listrik nasional, Pemerintah tega menenggalamkan permukiman Warga desa yang telah dihuni beratus-ratus tahun.
 
"Rokan hulu sekarang keadaanya sudah terjajah. megapa demikian. Hari ini Rokan Hulu dalam musibah besar, karena di desa kami Desa Cipang Kiri Hulu, Cipang Kanan, Tibawan, dan Cipang Kiri Hilir akan dibangunya waduk Rokan Kiri, akan tenggalam. Apakah kita diam," katanya, yang disambut tidak oleh ribuan warga lainya.
  
Untuk itu, pengunjuk rasa meminta, pernyataan tertulis dari bupati agar memberikan rekomendasikan kepada pemeirntah pusat, bahwa Pemkab Rohul bersama masyarakat, menolak pembangunan waduk tersebut.

“Kami minta kepada Pak Bupati, membuat pernyataan tertulis menolak pembangunan Waduk Rokan Kiri ini, karena kami warga secara bulat menolak pembangunan waduk ini,” ucap Rio.
  
Menanggapi permintaan masyarakat tersebut, Bupati Sukiman meminta masyarakat dapat membuat surat penolakan resmi terhadap pembangunan waduk tersebut secara tertulis mulai dari pemerintah desa, camat, hingga ke bupati.
 
“Jika surat penolakan rencana pembangunan waduk tersebut, sudah diajukan  dan sudah berada di meja saya, saya siap untuk menandatanganinya untuk ditindaklanjuti ke Pemprov Riau dan pemerintah pusat,” kata Sukiman.  
  
Aksi unjuk rasa warga 4 desa ini mendapat pengawalan ketat dari ratusan aparat kepolisian dan Satpol PP Rohul. Jika tuntutan mereka tidak dipenuhi warga mengancam untuk menginap di kantor bupati, hingga tuntutan mereka dikabulkan. (Don)




 
Berita Lainnya :
  • Ribuan Warga 4 Desa Minta Pemerintah Keluarkan Rekomendasi Penolakan Pembangunan Waduk Rokan Kiri
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Sekda Kab Siak, Drs H.T Said Hamzah Secara Resmi Buka Bimtek Penilaian dan Evaluasi Kinerja ASN
    02 Hadiri Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepri, Bupati Siak Sampaikan Tahniah
    03 DPRD Kab Siak Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar Nota Keuangan RAPBD-P Tahun Anggaran 2018
    04 Habib Salim Segaf Isi Pengajian Di Kab Siak
    05 Wakil Bupati Siak Lauching Program KPK Binaan BAZNAS Kab Siak
    06 Ribuan Masyarakat Siak Antusias Menyaksikan Penutupan Tdsi 2018
    07 Wakil Bupati Siak Hadiri Pencanangan Penanaman Mangrove Indonesia
    08 Wakil Bupati Siak, Alfedri Lepas 59 Pembalap Sepeda TDS
    09 Masril Secara Resmi Penyerahan SK RN PAS Kota Pekanbaru
    10 Sah, Badan Perfilman Indonesia Ikat Kerjasama Dengan Negeri istana
    11 Bupati Siak, Syamsuar “Bujuk” Insan Film Nasional Filmkan Negeri Istana
    12 Tour De Siak Berhasil Masuk Kalender UCI
    13 Ribuan Masyarakat Menyaksikan Pembukaan TdSi 2018
    14 TDS 2018 Diharapkan Mampu Ciptakan Multiplier Effect Peningkatan Ekonomi Masyarakat
    15 5 Kadis Pariwisata Kabupaten Kota se-Riau teken MoA Pariwisata di Siak
    16 Ketua TP PKK Kabupaten Siak, Hj Misnarni Secara Resmi Buka Stand Bazar TDS 2018
    17 Bupati Siak, Syamsuar Borong Hasil Karya Foto KPC
    18 Ribuan Masyarakat Kabupaten Siak Ikut Meriahkan Fun Bike Tour de Siak 2018
    19 Warga Kecamatan Dayun Resah Maraknya Warem Di Desa Banjar Seminai
    20 Mahasiswa Dituntut Memiliki Sertifikasi Kompetensi
    21 Bupati Siak, Syamsuar Memimpin Rapat Singkronisasi Penyelengara Pemkab
    22 Mantap!!! Puskesmas Sungai Apit Masuk 10 Besar Tingkat Nasional
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI