Kamis, 15-11-2018 - 14:09:50 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Lewat MTQ Kecamatan Mempura ke X, Pemkab Ajak Warga Peduli Dhuafa | | Perpani Siak Sosialisasikan Panahan di Kecamatan se Kabupaten Siak | | Hari Pertama UNBK 2019 Secara Mandiri di SMAN 2 Dayun Berlangsung Lancar | | Bukti Kepedulian PT BIM Kepada Masyarakat Dengan Menyalurkan Program Bantuan CSR Tahun 2019 | | Kabupaten Siak Siap Sukseskan Pemilu 17 April Mendatang | | Melalui Launching ATM Beras, Membuka Kepekaan Sosial
 
BRG RI Sebut Kabupaten Meranti Daerah Paling Cocok Untuk Penelitian Gambut
Kamis, 15-11-2018 - 14:09:50 WIB

TERKAIT:
 
  • BRG RI Sebut Kabupaten Meranti Daerah Paling Cocok Untuk Penelitian Gambut
  •  

    MERANTI, DELIKRIAU - Keberhasilan Meranti dalam mengelola dan memanfaatkan kawasan Gambut menjadi sorotan Badan Restorasi Gambut RI, badan yang konsen dalam menjaga kelestarian hutan Gambut di Indonesia itu menilai Kabupaten Kepulauan Meranti paling cocok menjadi daerah penelitian gambut di Indonesia bahkan dunia. 

    "BRG menilai Kepulauan Meranti merupakan daerah yang paling cocok menjadi pusat penelitian gambut," ungkap Deputy IV Bidang Penelitian dan Pengembangan BRG RI, Prof. Dr. Haris Gunawan, dalam acara ramah tamah BRG RI bersama Pemda Meranti sempena kegiatan Tropical Peatland Roundtable Discussion, Rabu (14/11/2018) di Ballroom Hotel Grand Meranti, Selatpanjang.

    Lebih lanjut Haris menyampaikan, itulah yang mendasari BRG RI menjadikan Kepulauan Meranti sebagai Pusat Laboratorium Penelitian Gambut Dunia.

    "Seperti saat ini dengan memfasilitasi para Pakar Lingkungan dan Gambut dunia yang berasal dari 10 negara untuk mengunjungi 3 Desa di Kecamatan Tebing Tinggi Timur yakni Desa Tj. Sari, Desa Lukun dan Desa Sungai Tohor," jelas Haris.

    Seperti diberitakan kedatangan rombongan BRG RI ke Meranti di 3 Desa tersebut untuk melihat secara langsung Kebun Sagu, Budidaya Kolam Ikan, Kanal Blocking, Potensi Kebun Kelapa dilahan Gambut, Kebun Kopi, serta Kunjungan ke Kilang dan Perusahaan Sagu yang ada di Meranti.

    Dikatakan Haris lagi, kegiatan ini merupakan kegiatan Internasioal yang digelar oleh BRG RI bekerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, yang baru saja melounching pusat penelitan Gambut.

    "Bicara soal pusat penelitian Gambut di Indonesia dijelaskan Haris, salah satunya berada di Provinsi Riau tepatnya di Kepulauan Meranti," ungkap Haris. 

    Hal itu jelas dibunyikan dalam Kepres yang menyebutkan 4 daerah di Indonesia sebagai daerah prioritas penelitian gambut, yakni Provinsi Riau dipusatkan di Meranti, 1 di Provinsi Kalimantan Tengah dan 2 di Provinsi Sumatera Selatan.

    Dipilihnya Meranti sebagai pusat penelitian gambut, diakui Deputy IV BRG RI, salah satunya untuk mendorong masyarakat di Kepulauan Meranti lebih bersemangat mengembangkan lahan gambutnya. Apasan lainnya untuk membuat terobosan teknologi tentang bagaimana sebenarnya gambut dimanfaatkan dan dikelola untuk menepis stigma kawasan gambut identik sebagai kawasan kebakaran potensial yang sulit ditangani.

    Selanjutnya dihadapan para pakar lingkungan dan jajaran pejabat dilingkungan Pemkab. Meranti, Haris berharap dengan adanya kegiatan ini dan berkat dukungan semua pihak, cita-cita BRG untuk menjadikan Kabupaten termuda di Riau ini sebagai pusat Laboratorium Gambut Internasional dapat terwujud.

    "Semoga apa yang kita cita-citakan bersama menjadi Meranti sebagai pusat penelitian Gambut dunia dapat terwujud," harap Haris.

    Sementara itu, Asisten II Sekdakab. Meranti, Syamsuddin SH MH, dalam sambutannya di acara tersebut mengucapkan terima kasih kepada BRG yang akan menjadikan Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai pusat penelitian Restorasi Gambut Internasioal.

    "Kami berharap apa yang dilakukan BRgG itu memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Syamsuddin.

    Kemudian Syamsuddin mengatakan, apalagi dari informasi yang diterimanya dari Deputy IV BRG RI, Kepulauan Meranti dijatahi dana 10 Miliar untuk penelitian gambut, dari total 49 Milliar dana yang disediakan.

     "Terima kasih kepada BRG RI yang telah menjadikan Meranti sebagai pusat penelitian gambut Internasional," ujar Syamsuddin.

    Sekedar informasi, dalam kunjungannya di Kepulauan Meranti, BRG RI membawa rombongan yang terdiri dari para pakar lingkungan berjumlah kurang lebih 75 orang. Rombongan akan melakukan kunjunga di 3 Desa di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi Timur yang direncanakan sebagai lokasi Laboratorium Penelitan Gambut Internasional. 

    Sekedar informasi hadir dalam acara ramah tamah BRG RI dan Pemkab. Meranti Deputi IV Bidang Penelitian dan Pengembangan BRG RI Dr. Haris Gunawan, Asisten II Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH, Kepala Dinas LHK Meranti Drs. Hendra Putra, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drs. Azza Fahroni, Jajaran Pejabat Eselon II dan III, Para Pakar Lingkungan dan Akademisi serta Jajaran Pejabat Badan Restorasi Gambut RI. (hms/Kh)



     
    Berita Lainnya :
  • BRG RI Sebut Kabupaten Meranti Daerah Paling Cocok Untuk Penelitian Gambut
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Perpani Siak Sosialisasikan Panahan di Kecamatan se Kabupaten Siak
    02 Lewat MTQ Kecamatan Mempura ke X, Pemkab Ajak Warga Peduli Dhuafa
    03 Jamaluddin : Arsip Adalah Bukti Dari Catatan Peristiwa
    04 Gemar Berzakat 2019 Segera Diluncurkan, Baznas Siak Targetkan Dana Zakat Terkumpul 2,1M
    05 Bukti Kepedulian PT BIM Kepada Masyarakat Dengan Menyalurkan Program Bantuan CSR Tahun 2019
    06 Camat Tekankan Linmas Gunakan Tanda Pengenal, Jika Tak Miliki Seragam
    07 Sekda Kab Siak, Hadiri Kegiatan Indonesia Industrial Summit (ISS) 2019
    08 Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
    09 Sekda Rohul, Tutup MTQ XIX Kabupaten Rohul 2019 Dengan Atraksi Kembang Api.
    10 Warga Sukamaju Harapkan Pembangunan Turap Sungai
    11 Kapolda dan Ketua Bawaslu Riau Lepas Tim Patroli Money Politik & Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2019
    12 Kampanye Akbar, Pasangan Jokowi Amin Artis Ibu kota Iis Dahlia Goyang Simpatisan Di Ujungbatu
    13 Mantapkan Pemilu, KPU Siak Distribusikan Logistik Keseluruh Kecamatan
    14 GMC 2019 Momen Promosi Pariwisata di Kabupaten Siak
    15 Simpan 5 Paket Sabu, 2 Pelaku Diduga Pengedar Dicokok Tim Opsnal Polsek Sabak Auh
    16 Bupati Siak Alfedri Teken Kesepakatan Replating Kebun Sawit Masyarakat Dengan PTPN V
    17 Setelah Tiga Tahun Didirikan MAN IC Perawang Kian Berkembang
    18 Melalui Launching ATM Beras, Membuka Kepekaan Sosial
    19 Kabupaten Siak Siap Sukseskan Pemilu 17 April Mendatang
    20 Bupati Siak Buka Secara Resmi MTQ ke XIV Kecamatan Dayun
    21 Koperatif Alasan Kejari Siak Tidak Menahan Eks Kepala Dishutbut Siak
    22 H. MOH HILIP Mengingatkan Jangan Salah Pilih
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI