Kamis, 07-02-2019 - 23:51:04 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Lewat MTQ Kecamatan Mempura ke X, Pemkab Ajak Warga Peduli Dhuafa | | Perpani Siak Sosialisasikan Panahan di Kecamatan se Kabupaten Siak | | Hari Pertama UNBK 2019 Secara Mandiri di SMAN 2 Dayun Berlangsung Lancar | | Bukti Kepedulian PT BIM Kepada Masyarakat Dengan Menyalurkan Program Bantuan CSR Tahun 2019 | | Kabupaten Siak Siap Sukseskan Pemilu 17 April Mendatang | | Melalui Launching ATM Beras, Membuka Kepekaan Sosial
 
Festival Perang Air Meranti Raih Rekor MURI Kategori Peserta Terbanyak di Indonesia
Kamis, 07-02-2019 - 23:51:04 WIB

TERKAIT:
 
  • Festival Perang Air Meranti Raih Rekor MURI Kategori Peserta Terbanyak di Indonesia
  •  

    MERANTI, DELIKRIAU - Festival Perang Air atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cian Cui oleh Warga Tiong Hoa, bukan saja berhasil menarik perhatian ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara tetapi juga pihak Musium Rekor Indonesia (MURI), untuk dicatat dalam Rekor MURI. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan pihak MURI, Perang Air Meranti berhasil meraih Rekor MURI Kategori Perang Air dengan jumlah peserta terbanyak.

    "Setelah kami ikut serta bahkan menjadi saksi Perang Air di Meranti Tahun 2019, satu hal yang bisa kami catat Cian Cui adalah Perang Air satu satunya di Indonesia. Yang menggabungkan atau memadukan Tradisi Muslim saat Idul Fitri tempo dulu dengan Tradisi Cian Cui sebagai wujud kebinekaan di Kepulauan Meranti," ujar Perwakilan MURI.

    Dan pihak MURI memasukan Festival Perang Air dalam Musium Rekor Indonesia Kategori Perang Air dengan jumlah peserta terbanyak. 

    "Ini adalah Rekor baru dan Perang Air belum pernah dibuat oleh insan Indonesia manapun oleh karena itu bisa di catat sebagai Rekor MURI," ujarnya lagi.

    Penyerhaan Piagam Rekor MURI oleh Perwakilan MURI langsung diterima oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si didampingi Inisiator Perang Air Mantan Kapolres Meranti AKBP. Zahwani Pandra Arsyad, Kadis Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal M.Si, Kajari Meranti Budi Rahardjo SH MH, Serta Kadis Pariwisata Meranti Rizki Hidayat dalam acara Pembukaan Meranti Night Carnival di Taman Cik Puan Selatpanjang, Kamis malam (7/2/2019).

    Bahkan seperti diakui oleh pihak MURI, Tim MURI akan menjadikan Perang Air atau Cian Cui Meranti masuk dalam Rekor Dunia sebagai satu satunya Perang Air dengan peserta terbanyak namun karena Perang Air ini bukan satu satunya di dunia pihak MURI mengaku masih perlu mengumpulkan data lagi.

    "Untuk menjadikan Perang Air Meranti masuk dalam Rekor Dunia kami masih butuh data lagi karena Perang Air ini bukan satu satunya didunia " jelasnya lagi.

    Seperti yang diketahui Festival Perang Air selain di Meranti juga ada dinegara Thailand hanya saja jika di Meranti digelar selama sepekan di Thailand digelar hanya sehari. 

    Sekedar Informasi sesuai dengan yang tertulis dalam Piagam Rekor MURI, Cian Cui Meranti tercatat dalam No. Register 8837/R.MURI/II/2019. Dianugrahkan Kepada Pemkab. Meranti atas Rekor Perang Air Peserta Terbanyak yang ditanda tangani oleh Ketua Umum MURI Jaya Suprana.

    Menyikapi penyerahan Piagam Rekor MURI Perang Air Kategori Peserta Terbanyak itu, Bupati Kepulauan Meranti sangat senang dan bangga, ia berharap penghargaan itu dapat semakin memacu kreatifitas masyarakat untuk membuat Ivent Ivent wisata menarik lainnya. 

    Apresiasi yang tinggi juga disampaikan oleh Inisiator Perang Air AKBP. Pandra dan Kadis Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal. Yang berharap dengan diraihnya Rekor MURI tersebut semakin memacu semangat masyarakat Meranti untuk terus mengambangkan potensi wisata dinegeri Sagu.

    Diinformasikan juga dalam acara malam penganugrahan Rekor MURI itu juga dilakukan pelantikan Generasi Pesona Indonesia Kepulauan (GenPI) Kepulauan Meranti, yang dilakukan oleh Ketua GenPI Provinsi Riau Asvian Putra. Terpilih sebagai Ketua GenPI Meranti RH. Ramadhan, Sekretaris Umum Indra Yuni, Bendahara Fitrianti Reski.

    Bupati Irwan berharap, GenPI dengan terbentuknya GenPI Meranti dapat mejadi ujung rombak atau Garda terdepan dalam pengambangan potendi wisata Meranti.

    "Semoga GenPI dapat menjadi Garda terdepan pengambangan potensi wisata di Kepulauan Meranti," ucap Bupati.

    Kegiatan ini turut dihadiri oleh Perwakilan dan Kementrian Pariwisata, Anggota DPR RI H. Jon Erizal, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal M.Si, Kapolres Meranti AKBP. La Ode Proyek, Inisiator Perang Air Mantan Kapolres Meranti AKBP. Pandra, Uyung Meranti, Kepala Dinas Pariwisata Meranti Rizki Hidayat, Ketua GenPI Provinsi Riau Asvian Putra, Perwakilan MURI, Putri Indonesia Riau, dan tamu lainnya. (Adv)



     
    Berita Lainnya :
  • Festival Perang Air Meranti Raih Rekor MURI Kategori Peserta Terbanyak di Indonesia
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Perpani Siak Sosialisasikan Panahan di Kecamatan se Kabupaten Siak
    02 Lewat MTQ Kecamatan Mempura ke X, Pemkab Ajak Warga Peduli Dhuafa
    03 Jamaluddin : Arsip Adalah Bukti Dari Catatan Peristiwa
    04 Gemar Berzakat 2019 Segera Diluncurkan, Baznas Siak Targetkan Dana Zakat Terkumpul 2,1M
    05 Bukti Kepedulian PT BIM Kepada Masyarakat Dengan Menyalurkan Program Bantuan CSR Tahun 2019
    06 Camat Tekankan Linmas Gunakan Tanda Pengenal, Jika Tak Miliki Seragam
    07 Sekda Kab Siak, Hadiri Kegiatan Indonesia Industrial Summit (ISS) 2019
    08 Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
    09 Sekda Rohul, Tutup MTQ XIX Kabupaten Rohul 2019 Dengan Atraksi Kembang Api.
    10 Warga Sukamaju Harapkan Pembangunan Turap Sungai
    11 Kapolda dan Ketua Bawaslu Riau Lepas Tim Patroli Money Politik & Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2019
    12 Kampanye Akbar, Pasangan Jokowi Amin Artis Ibu kota Iis Dahlia Goyang Simpatisan Di Ujungbatu
    13 Mantapkan Pemilu, KPU Siak Distribusikan Logistik Keseluruh Kecamatan
    14 GMC 2019 Momen Promosi Pariwisata di Kabupaten Siak
    15 Simpan 5 Paket Sabu, 2 Pelaku Diduga Pengedar Dicokok Tim Opsnal Polsek Sabak Auh
    16 Bupati Siak Alfedri Teken Kesepakatan Replating Kebun Sawit Masyarakat Dengan PTPN V
    17 Setelah Tiga Tahun Didirikan MAN IC Perawang Kian Berkembang
    18 Melalui Launching ATM Beras, Membuka Kepekaan Sosial
    19 Kabupaten Siak Siap Sukseskan Pemilu 17 April Mendatang
    20 Bupati Siak Buka Secara Resmi MTQ ke XIV Kecamatan Dayun
    21 Koperatif Alasan Kejari Siak Tidak Menahan Eks Kepala Dishutbut Siak
    22 H. MOH HILIP Mengingatkan Jangan Salah Pilih
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI