Kamis, 28-02-2019 - 17:10:34 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Iswandi, Refelanting Pohon Kelapa Sawit Satu Kelompok 50 Hektar | | Tim Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Rokan Hulu Di Masjid Al Falah Desa Kembang Damai | | Jabat Sekjen LKTL, Alfedri Apresiasi Langkah Kabupaten Sintang Promosikan Kuliner Khas Daerah | | PT IKPP Gelar Buka Puasa Bersama Pemkab Siak dan Masyarakat Sekitar | | Kejari Rohil Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Awak Media | | Peringatan Nuzul Al Quran 1440 H di Siak Di Hadiri Gubernur Riau
 
Wabup Minta Warga Tingkatkan Kesadaran Buang Sampah Pada Tempatnya
Wakil Bupati Meranti Buka Seminar Bank Sampah
Kamis, 28-02-2019 - 17:10:34 WIB

TERKAIT:
 
  • Wakil Bupati Meranti Buka Seminar Bank Sampah
  •  

    MERANTI, DELIKRIAU - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim membuka seminar Bank Sampah bagi masyarakat Selatpanjang, dalam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi warga mewujudkan kota yang bersih, sehat dan indah itu Wabup meminta masyarakat unruk meningkatkan kesadaran membuang sampah pada tempat, Aula Kopi Tiam, Kamis (28/2/2019).

    Hadir dalam Anggota DPR RI H. Jon Erizal, Wakil Ketua DPRD Riau H. Sunaryo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hendra Putra, Camat Tebing Tinggi Helfandi SE M.Si, Kabag Ekonomi Afifuddin, Pakar Lingkungan Hidup Riau Elpiardi, Tokoh Agama/Pemuda, LSM serta ratusan peserta seminar yang memadati Aula Kopi Tiam.

    Seperti diketahui masalah sampah berserakan selalu menjadi momok yang sulit dituntaskan oleh Kabupaten Kota di Indonesia tak terkecuali Kabupaten Meranti, fenomena ini terjadi bukan saja karena kurangnya fasilitas penampungan atau tong sampah yang utama sekali adalah akibat dari kurangnya kesadaran dari masyarakat sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan tetap bersih.

    Di Kabupaten Meranti khususnya di Kota Selatpanjang masih banyak ditemui masyarakat yang membuang sampah disembarang tempat mulai dari pinggir jalan, selokan hingga kelaut. Akibatnya keasrian dan keindahan kota menjadi terganggu plus bau busuk yang mengganggu penciuman. Bukan hanya itu sampah plastik yang sulit terurai juga dapat menyumbat saluran air    dan menyebabkan banjir.

    Menyikapi masalah ini Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim mewanti-wanti kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, dengan meninggalkan kebiasaan lama membuang sampah diselokan, laut dan perkarangan kosong. Untuk mencibtakan kebersihan lingkungan dikatakan Wabup tidak cukup hanya mengandalkan para petugas kebersihan tanpa kesadaran tentu mustahil.

    "Agar lingkungan kita bersih perlu adanya kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya, munculkan rasa malu jika membuang sampah sembarangan dijalan jalan, sungai, laut dan mari kita tinggalkan kebiasaan buruk itu," ajak Wabup.

    Selain mengajak warga tidak membuang sampah sembarangan Wakil Bupati juga berharap partisipasi masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik apalagi saat ini sampai sudah memiliki nilai ekonomi yang lumayan. Caranya dengan mengelompokan sampah sesuai dengan jenisnya mulai dari Sampah Basah sisa masak, Sampah Kering, Sampah Plastik.

    Sekedar informasi sejak beberapa waktu lalu, Dinas Lingkungan Hidup Meranti telah mencangkan 'Bank Sampah' dimana sampah-sampah yang memiliki nilai ekonomi diharga dengan uang salah satunya sampah plastik dan botol plastik. 

    Dan melakui kegiatan seminar yang dihadiri para Wakil Rakyat dan Pakar Lingkungan tersebut, Wakil Bupati meminta Dinas terkait dan Camat Tebing Tinggi untuk membuat Kampung Percontohan (Pilot Project) yang dimulai dengan 60 rumah tidak membuang sampah sembarangan dan memanfaatkan sampah yang memiliki nilai ekonomi di Bank Sampah nantinya jika program ini berhasil dapat dijadikan percontohan bagi daerah lainnya sehingga kedepan Meranti khususnya Kota Selatpanjang bebas dari sampah dan menjadi kota yang indah, bersih, Asri.

    Terakhir demi mewujudkan Kota Selatpanjang yang bersih, indah, sehat dan asri, Wabup juga meminta peran serta generasi muda dan kalangan intelektual untuk saling mengingatkan kepada warga lainnya untuk tidak membuang samoah sembarangan karena membuang sampah merupakan perbuatan yang tidak baik.

    "Merubah kebiasaan buruk itu memang sulit, dibutuhkan para genarasi muda untuk saling mengingatkan kepada warga lainnya untuk tidak membuang sampah sembarangan," harapnya.

    Pada kesempatan itu, seperti diakui oleh Anggota DPR RI H. Jon Erizal dan Wakil Ketua DPRD Riau H. Sunaryo siap memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan seperti pengadaan mobil sampah, alat pengolah sampah dan lainnya. 

    Selain itu dalam acara seminar yang diikuti oleh ratusan maayarakat tersebut juga diserahkan satu unit mesin pengancur sampah oleh perusahaan koorporate yang diserahkan kepada pengelola Bank Sampah untuk dimanfaatkan. (Adv)



     
    Berita Lainnya :
  • Wakil Bupati Meranti Buka Seminar Bank Sampah
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 PT IKPP Gelar Buka Puasa Bersama Pemkab Siak dan Masyarakat Sekitar
    02 Iswandi, Refelanting Pohon Kelapa Sawit Satu Kelompok 50 Hektar
    03 Tim Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Rokan Hulu Di Masjid Al Falah Desa Kembang Damai
    04 Jabat Sekjen LKTL, Alfedri Apresiasi Langkah Kabupaten Sintang Promosikan Kuliner Khas Daerah
    05 Peringatan Nuzul Al Quran 1440 H di Siak Di Hadiri Gubernur Riau
    06 Kejari Rohil Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Awak Media
    07 Tepian Sungai Jantan Siak Masuk 7 Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019
    08 Dra Hj Rasidah Alfedri Resmi Dilantik sebagai Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Siak
    09 Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Siak Dilantik, Ini Pesan Alfedri
    10 Bupati Siak Tandatangani Komitmen Bersama, Terkait Pengaduan Pelayanan Publik
    11 Ringankan Beban Mustahik, Pemkab Siak Luncurkan ATM Beras di Sabak Auh
    12 Sekda Siak, Ajak Pimpinan Perusahaan Berkontribusi Terhadap Pembangunan Daerah
    13 Bupati Siak Alfedri Apresiasi Kinerja dan Inovasi Pemerintah Kecamatan Sabak Auh
    14 Sekda Siak Sebut, Bapekam Mesti Paham Tupoksi
    15 Alfedri Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas 2019, Penuh Hikmat
    16 Di Dumai, BNN Berhasil Gagalkan 50kg Sabu dan 23ribu Butir Ekstasi
    17 Tim Disperindag Sidak Pasar Tuah Serumpun, Harga Pokok Masih Relatif Stabil
    18 TP PKK Siak Serahkan Paket Sembako Untuk Dhuafa di Tiga Kecamatan
    19 Pemkab Rohil Laksanakan Safari Ramadhan Pertama Di Mesjid An-Nur Kecamatan Sinaboi
    20 Kronologis Bentroknya Pemuda Kecamatan Rumbai Pesisir Memakan Korban
    21 Pemkab Siak Raih Laporan Hasil Keuangan Predikat WTP Kedelapan
    22 Sekretaris Daerah Kab Siak T.Said Hamzah Sambut Kedatangan Rombongan Anggota DPR RI Komisi III
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI