Kamis, 28-11-2019 - 17:37:06 WIB
Follow Us ON :
 
 
| 4 Kali Beraksi, Komplotan Curas Dibekuk Polisi Di Kecamatan Bangko Rohil | | Pemkab Pelalawan Perpanjang PSBB, Tahap II Penindakan Diefektifkan | | Tertangkap sudah pelaku pembunuhan bersenpi rakitan yang di tembak keleher korban | | KNPI Bukit Batu Salurkan 95 Paket Pangan | | Jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, PAC PP Bukit Batu Salurkan 70 Paket Sembako Ke Warga | | Bertambah 1 Orang lagi Dari Menpura PDP Covid-19 di Siak
 
Himpun Dana Kemaslahatan Umat, Sekda Meranti Himbau Pegawai dan Masyarakat Membayar Zakat
Kamis, 28-11-2019 - 17:37:06 WIB

TERKAIT:
 
  • Himpun Dana Kemaslahatan Umat, Sekda Meranti Himbau Pegawai dan Masyarakat Membayar Zakat
  •  

    MERANTI, DELIKRIAU - Dana Zakat memiliki peran yang strategis dalam upaya membantu masyarakat yang membutuhkan, dengan membayar Zakat setidaknya masyarakat khususnya umat muslim telah menciptakan 3 kekuatan penting yakni Kekuatan Politik, Kekuatan Sosial dan Ekonomi ditengah masyarakat.

    Sekda Meranti H. Yulian Norwis SE MM, menyampaikan Mengacu pada pentingnya peran Zakat, Ia menghimbau seluruh masyarakat muslim untuk menyisikan sebagian penghasilannya untuk memenuhi kewajiban membayar Zakat.

    "Saya himbau kepada Pegawai dan masyarakat muslim Meranti mulai saat ini dapat membersihkan hartanya dengan membayar Zakat. Karena nanti semua kita akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah kemana saja harta kita salurkan, dan membayar Zakat akan menyelamatkan kita dihari akhir nanti," jelas Sekda Meranti H. Yulian Norwis SE MM, saat membuka kegiatan Pelatihan dan Sosialisasi Zakat Infaq dan Shodagoh Bagi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Se-Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (28/11/2019) di Aula Kantor Bupati Meranti, kabupaten Meranti, Riau.

    Lebih lanjut Yulian Norwis menjelaskan untuk memaksimalkan penghimpunan dana umat itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dikatakan Sekda, berencana akan melakukan pemotongan gaji pegawai sebesar 2.5 persen. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Bupati untui diterapkan mulai dari Pemerintahan Desa hingga Kabupaten. 

    "Kedepan semua gaji pegawai akan dipotong 2.5 persen untuk membayar Zakat, dana itu bukan untuk Pemerintah tapi akan disalurkan kepada Baznas untuk dipergunakan bagi kemaslahatan umat," ujar Yulian.

    Sekda Yulian juga meminta kepada Kepala OPD untuk menyampaikan Surat Edaran Bupati ini kepada seluruh pegawai agar upaya pengumpulan dana umat ini dapat dilakukan secara masif dan maksimal. Seperti juga diinfokan masyarakat melalui media sosial masih banyak masyarakat Meranti yang membutuhkan pertolongan mulai dari tidak memiliki rumah yang layak, hingga keperluan biaya berobat. 

    "Jika semua masyarakat Meranti yang berkempuan mau memenuhi kewajibanya membayarkan Zakat kami yakin melalui Baznas semua permasalahan itu akan akan dapat ditangani," jelas Sekda Meranti.

    Lebih jauh dikatakan Sekda Meranti, dengan terhimpunya dana umat dari Zakat secara intensif, Baznas Meranti selaku lembaga penghimpun dan penyalur Zakat dapat membantu masyarakat yang membutuhkan seperti penanganan biaya pengobatan, bantuan pendidikan berupa beasiswa, sembako bagi warga kurang mampu, rumah layak huni dan lainnya. 

    Seperti dijelaskan oleh Ketua Baznas Meranti Sunarto SAg, ditahun 2018 lalu Baznas Meranti telah menyalurkan dana Zakat untuk membantu masyarakat sebesar 1.8 Miliar, dana itu untuk pemondokan dan menyekolahkan anak kurang mampu, penyediaan alat tangkap ikan bagi Nelayan, Pengobatan serta lainnya.

    "Sesuai dengan Inpres No. 5 Tahun 2018. Baznas merupakan lembaga pemerintan Non Struktural yang diberikan amanah oleh negara untuk mensosialisasikan Infaq, Zakat dan Sadhaqoh serta bertugas mengumpulkan dana Zakat dari masyarakat," terang Sunarto.

    Baznas dalam melaksanakan tugasnya tidak akan maksimal tanpa dibantu oleh semua elemen terkait dan pemerintah. Untuk itu Sunarto mohon dukungan dari semua pihak terkait. 

    Dengan terkumpulnya dana Zakat secara optimal Baznas akan berupaya mewujudkan fungsi Zakat yang sangat penting dan strategis dalam mensejahterakan umat, mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengentaskan kemiskinan khususnya diwilayah Kepulauan Meranti.

    "Semoga dengan sinergitas yang baik antara semua pihak, kedepan Baznas akan dapat mengintensifkan penerimaan dan pendistribusian Zakat ditengah masyarakat dalam menuntaskan berbagai masalah sosial," pungkas Sunarto.

    Sekedar infomasi, dalam kegiatan Pelatihan dan Sosialisasi Zakat Infaq dan Shodagoh Bagi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Se-Kabupaten Kepulauan Meranti ini, juga menghadirkan Nara Sumber kompeten yakni Dr. Yahanan M.sy dari Baznas Provinsi Riau, Prof. Dr. Akbarizan yang akan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada petugas UPZ Kecamatan Se-Kabupaten Meranti akan dapat menghimpun dana Zakat lebih optimal.

    Kegiatan itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Kepala Baznas Meranti Sunarto, Narasumber Dr. Yahanan M.sy dari Baznas Provinsi Riau, Prof. Dr. Akbarizan, Anggota DPRD Meranti M. Amin, Camat Tebing Tinggi Abdul Hamid, dan puluhan peserta pengelola Unit Pengumpul Zakat Se-Kabupaten Meranti. (rilis/m.khosir)



     
    Berita Lainnya :
  • Himpun Dana Kemaslahatan Umat, Sekda Meranti Himbau Pegawai dan Masyarakat Membayar Zakat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 4 Kali Beraksi, Komplotan Curas Dibekuk Polisi Di Kecamatan Bangko Rohil
    02 Tertangkap sudah pelaku pembunuhan bersenpi rakitan yang di tembak keleher korban
    03 Pemkab Pelalawan Perpanjang PSBB, Tahap II Penindakan Diefektifkan
    04 Jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, PAC PP Bukit Batu Salurkan 70 Paket Sembako Ke Warga
    05 KNPI Bukit Batu Salurkan 95 Paket Pangan
    06 Bertambah 1 Orang lagi Dari Menpura PDP Covid-19 di Siak
    07 Dua Website Update Corona Di Bengkalis Mubazir, PWI Bengkalis: Itu Boros Anggaran
    08 15 Desa di Kecamatan Siak Kecil Salurkan BLT DD ke Masyarakat Terdampak COVID-19
    09 Saat Pandemi COVID-19, Polisi Tangkap Lima Orang Diduga Pelaku Judi Kartu Di Siak
    10 Polres Siak Patroli Jam Malam, 12 Warga Nekat Berkumpul Tanpa Menggunakan Masker Berhasil Diamankan
    11 Hasil Swab Dinyatakan Satu Orang Warga Dayun Siak Positif Covid-19
    12 Agenda Tahunan, FWBS Santuni Anak Yatim dan Kaum Dhuafa
    13 Pemkab Siak Salurkan BLT kepada 16,800 Kepala Keluarga
    14 Tidak Hanya Sebagai Pengguna Narkoba, Pria Yang Diciduk Ini Juga Miliki 2 Pucuk Senjata Api Rakitan
    15 Vicon Dengan Kasatgaswil V KPK, Pj Sekda Paparkan Persiapan Penganggaran Penanganan Covid 19
    16 PT Serikat Putra Serahkan Bantuan 5 Ton Beras Untuk Desa/Kelurahan se Kecamatan Bandar Petalangan
    17 Polda Riau Gelar Sertijab, AKBP Nurhadi Ismanto Resmi Jabat Kapolres Rohil
    18 Perawat Rumah Sakit Royal Surabaya Meninggal dalam Kondisi Hamil, Berstatus PDP Covid-19
    19 GERSAN 1 Angkatan 2001 Salurkan Paket Sembako Kepada Warga Kurang Mampu
    20 Tokoh Muda Ini Mintak Pemprov Riau Carikan Solusi Jalan Berlumpur Di Bandur Picak
    21 Sisihkan Gaji, Pemdes Sepotong Santuni Anak Yatim dan Kaum Dhuafa
    22 PAN Siak Berbagi 28 Ton Beras Seluruh Kecamatan Di Kabupaten Siak
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI