Kamis, 28-11-2019 - 17:37:06 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Narkoba Ancam Semua Kalangan Di Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak | | Polsek Kampar Ringkus 3 Pelaku Curanmor Beserta 7 Sepeda Motor Barangg Bukti | | Suyatno Membuka Bimtek Bumkep dan Pembinanaan Keuangan Desa se Kabupaten Rohil 2019 | | 14 Desember, Alumni SMPN 1 Bengkalis Angkatan Tahun 1996 Gelar Reuni Ke-2 | | Lembaga Dakwah NU Riau Dukung Tindakan Sekretaris Disduk Capil Kampar Tolak Suap Dalam Pelayanan | | Mobil Plat Merah Dikendarai Pejabat Bengkalis, Nyuksep Ke Parit
 
Himpun Dana Kemaslahatan Umat, Sekda Meranti Himbau Pegawai dan Masyarakat Membayar Zakat
Kamis, 28-11-2019 - 17:37:06 WIB

TERKAIT:
 
  • Himpun Dana Kemaslahatan Umat, Sekda Meranti Himbau Pegawai dan Masyarakat Membayar Zakat
  •  

    MERANTI, DELIKRIAU - Dana Zakat memiliki peran yang strategis dalam upaya membantu masyarakat yang membutuhkan, dengan membayar Zakat setidaknya masyarakat khususnya umat muslim telah menciptakan 3 kekuatan penting yakni Kekuatan Politik, Kekuatan Sosial dan Ekonomi ditengah masyarakat.

    Sekda Meranti H. Yulian Norwis SE MM, menyampaikan Mengacu pada pentingnya peran Zakat, Ia menghimbau seluruh masyarakat muslim untuk menyisikan sebagian penghasilannya untuk memenuhi kewajiban membayar Zakat.

    "Saya himbau kepada Pegawai dan masyarakat muslim Meranti mulai saat ini dapat membersihkan hartanya dengan membayar Zakat. Karena nanti semua kita akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah kemana saja harta kita salurkan, dan membayar Zakat akan menyelamatkan kita dihari akhir nanti," jelas Sekda Meranti H. Yulian Norwis SE MM, saat membuka kegiatan Pelatihan dan Sosialisasi Zakat Infaq dan Shodagoh Bagi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Se-Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (28/11/2019) di Aula Kantor Bupati Meranti, kabupaten Meranti, Riau.

    Lebih lanjut Yulian Norwis menjelaskan untuk memaksimalkan penghimpunan dana umat itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dikatakan Sekda, berencana akan melakukan pemotongan gaji pegawai sebesar 2.5 persen. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Bupati untui diterapkan mulai dari Pemerintahan Desa hingga Kabupaten. 

    "Kedepan semua gaji pegawai akan dipotong 2.5 persen untuk membayar Zakat, dana itu bukan untuk Pemerintah tapi akan disalurkan kepada Baznas untuk dipergunakan bagi kemaslahatan umat," ujar Yulian.

    Sekda Yulian juga meminta kepada Kepala OPD untuk menyampaikan Surat Edaran Bupati ini kepada seluruh pegawai agar upaya pengumpulan dana umat ini dapat dilakukan secara masif dan maksimal. Seperti juga diinfokan masyarakat melalui media sosial masih banyak masyarakat Meranti yang membutuhkan pertolongan mulai dari tidak memiliki rumah yang layak, hingga keperluan biaya berobat. 

    "Jika semua masyarakat Meranti yang berkempuan mau memenuhi kewajibanya membayarkan Zakat kami yakin melalui Baznas semua permasalahan itu akan akan dapat ditangani," jelas Sekda Meranti.

    Lebih jauh dikatakan Sekda Meranti, dengan terhimpunya dana umat dari Zakat secara intensif, Baznas Meranti selaku lembaga penghimpun dan penyalur Zakat dapat membantu masyarakat yang membutuhkan seperti penanganan biaya pengobatan, bantuan pendidikan berupa beasiswa, sembako bagi warga kurang mampu, rumah layak huni dan lainnya. 

    Seperti dijelaskan oleh Ketua Baznas Meranti Sunarto SAg, ditahun 2018 lalu Baznas Meranti telah menyalurkan dana Zakat untuk membantu masyarakat sebesar 1.8 Miliar, dana itu untuk pemondokan dan menyekolahkan anak kurang mampu, penyediaan alat tangkap ikan bagi Nelayan, Pengobatan serta lainnya.

    "Sesuai dengan Inpres No. 5 Tahun 2018. Baznas merupakan lembaga pemerintan Non Struktural yang diberikan amanah oleh negara untuk mensosialisasikan Infaq, Zakat dan Sadhaqoh serta bertugas mengumpulkan dana Zakat dari masyarakat," terang Sunarto.

    Baznas dalam melaksanakan tugasnya tidak akan maksimal tanpa dibantu oleh semua elemen terkait dan pemerintah. Untuk itu Sunarto mohon dukungan dari semua pihak terkait. 

    Dengan terkumpulnya dana Zakat secara optimal Baznas akan berupaya mewujudkan fungsi Zakat yang sangat penting dan strategis dalam mensejahterakan umat, mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengentaskan kemiskinan khususnya diwilayah Kepulauan Meranti.

    "Semoga dengan sinergitas yang baik antara semua pihak, kedepan Baznas akan dapat mengintensifkan penerimaan dan pendistribusian Zakat ditengah masyarakat dalam menuntaskan berbagai masalah sosial," pungkas Sunarto.

    Sekedar infomasi, dalam kegiatan Pelatihan dan Sosialisasi Zakat Infaq dan Shodagoh Bagi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Se-Kabupaten Kepulauan Meranti ini, juga menghadirkan Nara Sumber kompeten yakni Dr. Yahanan M.sy dari Baznas Provinsi Riau, Prof. Dr. Akbarizan yang akan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada petugas UPZ Kecamatan Se-Kabupaten Meranti akan dapat menghimpun dana Zakat lebih optimal.

    Kegiatan itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Kepala Baznas Meranti Sunarto, Narasumber Dr. Yahanan M.sy dari Baznas Provinsi Riau, Prof. Dr. Akbarizan, Anggota DPRD Meranti M. Amin, Camat Tebing Tinggi Abdul Hamid, dan puluhan peserta pengelola Unit Pengumpul Zakat Se-Kabupaten Meranti. (rilis/m.khosir)



     
    Berita Lainnya :
  • Himpun Dana Kemaslahatan Umat, Sekda Meranti Himbau Pegawai dan Masyarakat Membayar Zakat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Narkoba Ancam Semua Kalangan Di Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak
    02 Polsek Kampar Ringkus 3 Pelaku Curanmor Beserta 7 Sepeda Motor Barangg Bukti
    03 Suyatno Membuka Bimtek Bumkep dan Pembinanaan Keuangan Desa se Kabupaten Rohil 2019
    04 14 Desember, Alumni SMPN 1 Bengkalis Angkatan Tahun 1996 Gelar Reuni Ke-2
    05 Lembaga Dakwah NU Riau Dukung Tindakan Sekretaris Disduk Capil Kampar Tolak Suap Dalam Pelayanan
    06 Mobil Plat Merah Dikendarai Pejabat Bengkalis, Nyuksep Ke Parit
    07 Terharu,Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, Bantu Evakuasi Nenek Sin Yang Sedang Terluka Parah
    08 Bupati Siak Alfedri Membuka Kegiatan PORSENI
    09 Mantan Penghulu Kampung Buatan Lestari, Ditahan Kejari Siak
    10 Ditresnarkoba Polda Riau Berhasil Meringkus Pelaku Bandar Narkoba Jaringan Internasional
    11 16 Koperasi Di Rohil Studi Banding Ke Kota Surabaya
    12 Dinas Perpustakaan Siak Raih Penghargaan Tingkat Nasional
    13 Satu-satunya di Riau, Bupati Siak Terima Penghargaan Bupati Entepreneur Award 2019
    14 Buron Hampir 5 Tahun, Pelaku Pembongkaran Toko Elektronik ini Ditangkap Polsek Tambang
    15 Jalan Kelok Sembilan Tertimbun Longsor, Akses Lalu Lintas Sumbar-Riau Terganggu
    16 Jalin Kebersamaan, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, Kunjungi Keluarga Asuh di Perbatasan
    17 Bupati dan PWI Siak Sambut Kunjungan Rombongan PWI dan Bupati serta Kapolres, Kajari Pelalawan
    18 RSUD Siak Tahun Depan Di Berlakukan Parkir Prabayar
    19 Gowes Sepeda Keliling Siak Sri Indrapura, Ketua Bhayangkari Riau Jatuh Hati Dengan Kerapian dan Kebe
    20 Pemkab Siak Gelar Rapat Persiapkan Iven Festival Wisata Religi
    21 Ketua Bhayangkari Riau Ernie Agung Setya Sangat Terkesan Saat Bersepeda Mengeliling Kota Siak
    22 Mulai malam Kemaren , Keluarga Sultan Syarif Kasim Sudah Tidur Di Istana Siak
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI