Rabu, 23 Mei 2018
Follow Us ON :
 
 
| Jumlah Guru Bantu Provinsi di Dumai Capai 291 Orang | | Asyiiik...Presiden Resmi Naikkan THR dan Gaji Ke-13 PNS hingga Pensiunan | | Polres dan Pemkab Inhil Bagikan Takjil dan Bantuan kepada Korban Kebakaran | | Pemko Pekanbaru Optimis Raih Opini WTP Tahun Ini | | Antisipasi Karhutla, BNPB Siagakan Tiga Heli di Riau | | Kejati Riau Usut Korupsi Labor Bahasa di Meranti
 
Tak Suka Sayuran? Gantikan dengan Ini agar Tetap Sehat
Kamis, 03-05-2018 - 15:55:29 WIB

TERKAIT:
 
  • Tak Suka Sayuran? Gantikan dengan Ini agar Tetap Sehat
  •  

    DELIKRIAU - Tubuh memerlukan aneka nutrisi agar tetap sehat dan fit. Tentu buah dan sayur akan menjadi makanan yang sangat direkomendasikan karena kandungan seratnya yang tinggi. Namun, bagi Anda yang tidak suka sayur, ini menjadi sebuah tantangan.
     
    Jangan cemas, Anda masih bisa mengonsumsi makanan selain sayur yang juga kaya serat. Simak ulasan berikut megenai berbagai macam makanan kaya serat selain sayur yang bisa Anda konsumsi setiap hari.
     
    Selain sayur, ada banyak makanan kaya serat lainnya yang bisa dikonsumsi Sayur, buah, kacang-kacangan, atau biji-bijian, mengandung fitokimia dan serat yang tidak bisa digantikan dengan suplemen.
     
    Dilansir dari Healthy Eating SF Gate, serat yang terkandung pada makanan tersebut membantu fungsi sistem pencernaan, mengontrol kolesterol, mengatur kadar gula, dan lebih lama menekan rasa lapar sehingga membantu penyerapan nutrisi lebih baik.
     
    Karena manfaatnya yang berlimpah, bila Anda tidak suka sayuran, Anda masih bisa mendapatkan serat dengan mengonsumsi buah, kacang-kacangan, atau biji-bijian sebagai alternatif.
     
    Jenis makanan tersebut menghindari Anda dari berbagai penyakit, seperti gangguan pencernaan, diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.
     
    Jadi, hidup enak tapi sehat itu tidak susah-susah amat, kok. Terutama bagi Anda yang tidak suka sayur, seimbangkan asupan gizi Anda dengan beragam jenis makanan kaya serat selain sayur berikut ini:
     
    1. Kacang kedelai
     
    Kacang kedelai merupakan sumber protein nabati yang lebih baik dibanding yang lainnya. Nutrisi yang terkandung pada kedelai, meliputi selenium, mangan, magnesium, kalsium, vitamin B6, folat, dan asam lemak omega 6. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap berfungsi dengan normal. Ada banyak makanan yang terbuat dari kacang kedelai, bahkan tersedia juga dalam bentuk susu dan snack crispy yang praktis dikonsumsi.
     
    2. Alpukat
     
    Serat yang terkandung pada buah alpukat bervariasi tergantung dari jenisnya. Selain itu, alpukat mengandung lemak sehat dan kaya dengan vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin K, dan kalium. Buah ini mudah dikombinasikan atau diolah, misalnya dijadikan jus atau ditambahkan pada sandwich atau roti bakar.
     
    3. Pir
     
    Buah yang terasa manis dan berair ini mengandung serat tinggi dengan vitamin C, vitamin K, asam lemak omega-6, dan kalium. Ini baik untuk perkembangan sel-sel dan fungsi otak serta fungsi saraf. Untuk mendapatkan serat yang maksimal, makan buah pir sekaligus dengan kulitnya.
     
    4. Beri
     
    Buah beri mengandung kaya serat dengan vitamin C, vitamin K, asam lemak omega-6, kalium, magnesium, dan mangan. Ini membantu meningkatkan kepadatan tulang, kesehatan kulit, dan mengatur kadar gula darah.
     
    5. Kelapa
     
    Kelapa kaya serat psyllium dan daging kelapa mengandung mangan, folat, dan asam lemak omega-6 serta memiliki indeks glikemik yang rendah. Anda bisa menggunakan tepung kepala atau kelapa parut ke dalam menu makanan atau camilan yang Anda buat.
     
    6. Kacang lima
     
    Kacang ini menawarkan zat besi, mangan, antioksidan, tembaga, folat, fosfor, protein, vitamin B2, dan vitamin B6. Anda bisa memasukkan kacang lima dalam menu diet Anda.
     
    7. Kacang almond dan kacang kenari
     
    Kacang ini kaya akan serat dan mengandung protein, vitamin E, magnesium, riboflavin, dan asam lemak omega-6. Sementara kacang kenari mengandug protein, mangan, asam lemak omega-3 dan omega-6, fosfor, dan zat tembaga. Kacang almond lebih rendah kalori dibanding kacang kenari. Keduanya baik untuk fungsi saraf dan otak dan bisa dimakan langsung atau dicampurkan dengan yogurt atau oatmeal.
     
    8. Biji rami
     
    Nutrisi penting yang terkandung pada biji ini adalah protein, tiamin, mangan, fosfor, magnesium, tembaga, dan asam lemak omega-3. Ini membantu menurunkan kadar kolestrol dan meringankan gejala menopause. Anda bisa menambahkan biji rami ke dalam smoothies, salad, atau sup.
     
    Penting bagi Anda untuk mengatur kandungan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Agar lebih yakin dengan menu makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi Anda, konsultasi ke dokter atau ahli gizi merupakan langkah terbaik. Jangan lupa untuk mengonsumsi cukup air putih supaya feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan.(drc/int)






     
    Berita Lainnya :
  • Tak Suka Sayuran? Gantikan dengan Ini agar Tetap Sehat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Jumlah Guru Bantu Provinsi di Dumai Capai 291 Orang
    02 Asyiiik...Presiden Resmi Naikkan THR dan Gaji Ke-13 PNS hingga Pensiunan
    03 Polres dan Pemkab Inhil Bagikan Takjil dan Bantuan kepada Korban Kebakaran
    04 Pemko Pekanbaru Optimis Raih Opini WTP Tahun Ini
    05 Antisipasi Karhutla, BNPB Siagakan Tiga Heli di Riau
    06 Kejati Riau Usut Korupsi Labor Bahasa di Meranti
    07 3 Heli Diterjunkan, Siaga Karhutla Riau Bakal Diperpanjang
    08 Tahun Ini, Pemko Pekanbaru Usulkan Penerimaan 300 CPNS, yang Minat Baca Infonya di Sini...
    09 UPIKA Ujungbatu Rohul Safari Ramadhan di Desa Ngaso
    10 Soal Pengadaan 2.600 Sapi, Dewan Berharap Tidak Ada Kendala
    11 Jelang Masa Mudik, Dishub Riau Perhatikan Tiga Titik Rawan Longsor Jalan Lintas Riau - Sumbar
    12 Abdul Kadir: Penghargaan Tidak Memperbaiki Keadaan Masyarakat
    13 Penjelasan Soal Kabar Pemecatan 23 Satpam Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian
    14 Pengemis Anak-anak Masih Ramai di Persimpangan Jalan Pekanbaru
    15 Unik, Ada Pohon Pisang Tumbuh 'Subur' di Tengah Jalan Raya Pasir Pengaraian-Ujungbatu
    16 Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas ke-110, Wabup Kampar Berpesan agar Kembangkan Diri
    17 Pasca-Serangan Mapolda Riau, Densus 88 Lagi-lagi Amankan 5 Terduga Teroris
    18 Diskes Pekanbaru Imbau Warga Jaga Kesehatan di Musim Kemarau
    19 Bocah 10 Tahun Selamat dari Kecelakaan Maut di Rumbai Pekanbaru
    20 Persediaan Sembako di Riau Masih Aman hingga Jelang Lebaran Nanti
    21 Riau Berpotensi Hujan Sore Nanti
    22 Akhirnya, Pemprov Riau Bayarkan Single Salary ASN
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI