Sabtu, 20 Oktober 2018
Follow Us ON :
 
 
| Kabupaten Siak Pamerkan Dua Produk Teknologi Tepat Guna di Provinsi Bali | | Bupati Meranti Pimpin Rapat Pembahasan APBD Tahun 2019 | | Asisten III Sekda Meranti Buka Lomba Kreatifitas Remaja Tahun 2018 | | Habib Salim Segaf Isi Pengajian Di Kab Siak | | Hadiri Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepri, Bupati Siak Sampaikan Tahniah | | DPRD Kab Siak Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar Nota Keuangan RAPBD-P Tahun Anggaran 2018
 
Tak Suka Sayuran? Gantikan dengan Ini agar Tetap Sehat
Kamis, 03-05-2018 - 15:55:29 WIB

TERKAIT:
 
  • Tak Suka Sayuran? Gantikan dengan Ini agar Tetap Sehat
  •  

    DELIKRIAU - Tubuh memerlukan aneka nutrisi agar tetap sehat dan fit. Tentu buah dan sayur akan menjadi makanan yang sangat direkomendasikan karena kandungan seratnya yang tinggi. Namun, bagi Anda yang tidak suka sayur, ini menjadi sebuah tantangan.
     
    Jangan cemas, Anda masih bisa mengonsumsi makanan selain sayur yang juga kaya serat. Simak ulasan berikut megenai berbagai macam makanan kaya serat selain sayur yang bisa Anda konsumsi setiap hari.
     
    Selain sayur, ada banyak makanan kaya serat lainnya yang bisa dikonsumsi Sayur, buah, kacang-kacangan, atau biji-bijian, mengandung fitokimia dan serat yang tidak bisa digantikan dengan suplemen.
     
    Dilansir dari Healthy Eating SF Gate, serat yang terkandung pada makanan tersebut membantu fungsi sistem pencernaan, mengontrol kolesterol, mengatur kadar gula, dan lebih lama menekan rasa lapar sehingga membantu penyerapan nutrisi lebih baik.
     
    Karena manfaatnya yang berlimpah, bila Anda tidak suka sayuran, Anda masih bisa mendapatkan serat dengan mengonsumsi buah, kacang-kacangan, atau biji-bijian sebagai alternatif.
     
    Jenis makanan tersebut menghindari Anda dari berbagai penyakit, seperti gangguan pencernaan, diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.
     
    Jadi, hidup enak tapi sehat itu tidak susah-susah amat, kok. Terutama bagi Anda yang tidak suka sayur, seimbangkan asupan gizi Anda dengan beragam jenis makanan kaya serat selain sayur berikut ini:
     
    1. Kacang kedelai
     
    Kacang kedelai merupakan sumber protein nabati yang lebih baik dibanding yang lainnya. Nutrisi yang terkandung pada kedelai, meliputi selenium, mangan, magnesium, kalsium, vitamin B6, folat, dan asam lemak omega 6. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap berfungsi dengan normal. Ada banyak makanan yang terbuat dari kacang kedelai, bahkan tersedia juga dalam bentuk susu dan snack crispy yang praktis dikonsumsi.
     
    2. Alpukat
     
    Serat yang terkandung pada buah alpukat bervariasi tergantung dari jenisnya. Selain itu, alpukat mengandung lemak sehat dan kaya dengan vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin K, dan kalium. Buah ini mudah dikombinasikan atau diolah, misalnya dijadikan jus atau ditambahkan pada sandwich atau roti bakar.
     
    3. Pir
     
    Buah yang terasa manis dan berair ini mengandung serat tinggi dengan vitamin C, vitamin K, asam lemak omega-6, dan kalium. Ini baik untuk perkembangan sel-sel dan fungsi otak serta fungsi saraf. Untuk mendapatkan serat yang maksimal, makan buah pir sekaligus dengan kulitnya.
     
    4. Beri
     
    Buah beri mengandung kaya serat dengan vitamin C, vitamin K, asam lemak omega-6, kalium, magnesium, dan mangan. Ini membantu meningkatkan kepadatan tulang, kesehatan kulit, dan mengatur kadar gula darah.
     
    5. Kelapa
     
    Kelapa kaya serat psyllium dan daging kelapa mengandung mangan, folat, dan asam lemak omega-6 serta memiliki indeks glikemik yang rendah. Anda bisa menggunakan tepung kepala atau kelapa parut ke dalam menu makanan atau camilan yang Anda buat.
     
    6. Kacang lima
     
    Kacang ini menawarkan zat besi, mangan, antioksidan, tembaga, folat, fosfor, protein, vitamin B2, dan vitamin B6. Anda bisa memasukkan kacang lima dalam menu diet Anda.
     
    7. Kacang almond dan kacang kenari
     
    Kacang ini kaya akan serat dan mengandung protein, vitamin E, magnesium, riboflavin, dan asam lemak omega-6. Sementara kacang kenari mengandug protein, mangan, asam lemak omega-3 dan omega-6, fosfor, dan zat tembaga. Kacang almond lebih rendah kalori dibanding kacang kenari. Keduanya baik untuk fungsi saraf dan otak dan bisa dimakan langsung atau dicampurkan dengan yogurt atau oatmeal.
     
    8. Biji rami
     
    Nutrisi penting yang terkandung pada biji ini adalah protein, tiamin, mangan, fosfor, magnesium, tembaga, dan asam lemak omega-3. Ini membantu menurunkan kadar kolestrol dan meringankan gejala menopause. Anda bisa menambahkan biji rami ke dalam smoothies, salad, atau sup.
     
    Penting bagi Anda untuk mengatur kandungan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Agar lebih yakin dengan menu makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi Anda, konsultasi ke dokter atau ahli gizi merupakan langkah terbaik. Jangan lupa untuk mengonsumsi cukup air putih supaya feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan.(drc/int)






     
    Berita Lainnya :
  • Tak Suka Sayuran? Gantikan dengan Ini agar Tetap Sehat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kabupaten Siak Pamerkan Dua Produk Teknologi Tepat Guna di Provinsi Bali
    02 Asisten III Sekda Meranti Buka Lomba Kreatifitas Remaja Tahun 2018
    03 Bupati Meranti Pimpin Rapat Pembahasan APBD Tahun 2019
    04 Sekda Kab Siak, Drs H.T Said Hamzah Secara Resmi Buka Bimtek Penilaian dan Evaluasi Kinerja ASN
    05 Hadiri Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepri, Bupati Siak Sampaikan Tahniah
    06 DPRD Kab Siak Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar Nota Keuangan RAPBD-P Tahun Anggaran 2018
    07 Habib Salim Segaf Isi Pengajian Di Kab Siak
    08 Wakil Bupati Siak Lauching Program KPK Binaan BAZNAS Kab Siak
    09 Ribuan Masyarakat Siak Antusias Menyaksikan Penutupan Tdsi 2018
    10 Wakil Bupati Siak Hadiri Pencanangan Penanaman Mangrove Indonesia
    11 Wakil Bupati Siak, Alfedri Lepas 59 Pembalap Sepeda TDS
    12 Masril Secara Resmi Penyerahan SK RN PAS Kota Pekanbaru
    13 Sah, Badan Perfilman Indonesia Ikat Kerjasama Dengan Negeri istana
    14 Bupati Siak, Syamsuar “Bujuk” Insan Film Nasional Filmkan Negeri Istana
    15 Tour De Siak Berhasil Masuk Kalender UCI
    16 Ribuan Masyarakat Menyaksikan Pembukaan TdSi 2018
    17 TDS 2018 Diharapkan Mampu Ciptakan Multiplier Effect Peningkatan Ekonomi Masyarakat
    18 5 Kadis Pariwisata Kabupaten Kota se-Riau teken MoA Pariwisata di Siak
    19 Ketua TP PKK Kabupaten Siak, Hj Misnarni Secara Resmi Buka Stand Bazar TDS 2018
    20 Bupati Siak, Syamsuar Borong Hasil Karya Foto KPC
    21 Ribuan Masyarakat Kabupaten Siak Ikut Meriahkan Fun Bike Tour de Siak 2018
    22 Warga Kecamatan Dayun Resah Maraknya Warem Di Desa Banjar Seminai
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI