Jumat, 27-09-2019 - 23:18:14 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Ditetapkan Sebagai Calon Ketua DPRD, Sekda Meranti Ucapkan Selamat Kepada Jack Ardiansyah | | Wabup Meranti Lantik 4 Kades di Kec. Rangsang Pesisir dan Hadiri Pelantikan Pengurus LAM | | Fun Bike Ikut Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Rohil ke-20 | | Bupati Suyatno Membuka Langsung Perlombaan Mancing | | Abd Arifin Gugat Balai TNTN Praktisi Hukum Apul Sihombing, SH,MH Demi Hukum Penyidik Hentikan Penyid | | Sepakat Bersama Cegah dan Lawan Karhutla
 
Tingkatkan Kualitas Aparatur Menyusun Program Pro Masyarakat
Bupati Meranti Buka Kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
Jumat, 27-09-2019 - 23:18:14 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Meranti Buka Kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
  •  

    BATAM, DELIKRIAU - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, membuka secara resmi kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kepulauan Meranti, kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas dan pengetahuan Aparatur ASN yang handal dalam menjalankan visi dan misi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu, Jumat (27/9/2019) di Ballroom Hotel Nagoya Hill, Batam, Kepri.

    Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Asisten Deputy Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan I Kemenpan RB Komaruddin AK MSc, Nara Suber Hari Kamto, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner MP.d, Kepala Bappeda Meranti Dr. H. Makmun Murod dan Jajaran Pejabat Eselon II Dilingkungan Pemkab. Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabag Ortal Rika S. Sos dan Jajaran Pejabat Eselon III, Para Camat Se-Kabupaten Meranti, Kasubag Program tiap OPd dan lainnya.

    Dalam pidatonya Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, menjelaskan kegiatan tersebut sangat strategis dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi di Kepulauan Meranti melalui peningkatkan kualitas SDM Aparatur Pemerintahan, menurutnya dengan Aparatur yang handal akan memberikan pengaruh yang besar terhadap percepatan pembangunan daerah.

    "Untuk menbangun sebuah Kabupaten/Kota diperlukan SDM yang handal dalam menjalankan visi dan misi daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Bupati Irwan.

    Dan saat ini, untuk percepatan pembangunan Nasional, Kementrian PAN-RB RI, telah menerapkan program Sistem Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah (SAKIP), dalam upaya meningkatkan kualitas dan penganggaran keuangan di Pemerintahan Daerah. Dengan begitu program yang dijalankan Pemerintah Daerah di tiap SKPD berjalan dengan Efektif, Efisien, Akuntable, serta Tepat Sasaran dalam mewujudkan Pemerintah yang bersih dan berwibawa.

    Lebih jauh ditegaskan Bupati, kegiatan ini tidak semata-mata memberikan pengetahuan kepada Aparatur dalam menyusun SAKIP yang baik, lebih dari itu melalui kegiatan ini Aparatur ASN diharapkan dapat menyusun program dan penganggaran yang Efisien, Efektif, Terukur dan bisa dipertanggungjawabkan.

    Selanjutnya dalam kegiatan yang difasilitasi oleh Bappeda dan Bagian Ortal Sekda Meranti itu, Bupati Irwan meyakini dengan SDM Aparatur yang berkualitas dan berkemampuan tinggi Kepualuan Meranti akan dapat bersaing bahkan bisa lebih baik dari Kabupaten Kota lainnya di Riau meskipun serba keterbatasan.

    "Meranti merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki sumber daya alam terbatas, dengan APBD paling kecil. Oleh karena itu perlu diperkuat SDM yang berkualitas dan memiliki kemampuan yang tinggi, dengan begitu  Meranti pasti bisa bersaing bahkan lebih baik dari kabupaten lainnya di Riau," jelas Irwan.

    Dihadapan para Kepala SKPD, Bupati Irwan berharap semua SKPD dapat fokus menyusun program SKPD sesuai dengan Visi dan Misi Kepala Daerah, dalam upaya menekan angka kemiskinan di Meranti sebesar 28.3 persen yang dinilai masih cukup tinggi. 

    Bupati Irwan meminta semua Aparatur harus bekerja keras menekan angka kemiskinan itu salah satunya dengan membangun infrastruktur dasar untuk membuka Isolasi daerah, seperti pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sehingga mobilitas masyarakat dan produksi pertanian dapat berjalan dengan lancar dan cepat dan berdampak pada peningkatan penghasilan masyarakat dipedesaan.

    "Kita harus kerja keras membangun infrastruktur dasar, fasilitas kesehatan, pendidikan, serta menciptakan berbagai inovasi untuk melayani masyarakat. Dan kuncinya adalah SDM Aparatur yang mumpuni dan memahami tugas dan fungsinya masing-masing," ucap Bupati.

    Kemudian agar program strategis ditiap SKPD berjalan dengan optimal dalam menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bupati Irwan mengingatkan perlunya Sinergitas antar SKPD, selain itu disarankan tidak menyusun program terlalu banyak.

    "yang penting program andalan yang dilaksanakan harus fokus dan terukur serta memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat," jelasnya.

    Hal itu sekaligus untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Daerah.

    Terakhir Bupati mengintruksikan kepada seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan Asistensi itu dengan baik  sesuai perunjuk Narasumber dari Kemenpan RB, sehingga setiap SKPD mampu menyusun SAKIP dengan baik. 

    Sekedar informasi, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti telah berhasil meraih Nilai SAKIP BB atau B Plus. Kedepan Bupati Meranti menargetkan Meranti dapat meraih Nilai SAKIP A. Dan kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kabupaten Kepulauan Meranti ini adalah salah satu kegiatan untuk memperkuat kemampuan Aparatur ASN Meranti untuk menyusun SAKIP dengan baik. 

    Senada dengan Bupati Meranti, Asisten Deputy Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan I Kemenpan RB Komaruddin dalam pemaparannya, berharap melalului Asisten itu mampu mencetak SDM Aparatur Meranti yang profesional yang mampu menyusun program pro masyarakat secara Efektif, Efisien, Ekonomis fokus pada Outcome bukan Income atau dengan kata lain sesuai kebutuhan masyarakat bukan keinginan dari SKPD. (rilis)



     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Meranti Buka Kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ditetapkan Sebagai Calon Ketua DPRD, Sekda Meranti Ucapkan Selamat Kepada Jack Ardiansyah
    02 Wabup Meranti Lantik 4 Kades di Kec. Rangsang Pesisir dan Hadiri Pelantikan Pengurus LAM
    03 Fun Bike Ikut Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Rohil ke-20
    04 Bupati Suyatno Membuka Langsung Perlombaan Mancing
    05 Abd Arifin Gugat Balai TNTN Praktisi Hukum Apul Sihombing, SH,MH Demi Hukum Penyidik Hentikan Penyid
    06 Sepakat Bersama Cegah dan Lawan Karhutla
    07 Wabup Meranti Di Kecamatan Rangsang Nonton Bola Hingga Jadi Saksi Nikah Rekan Media
    08 Polda Riau Turunkan Tim Ahli Dan Drone Khusus Menangani Karhutla Siak
    09 Bupati Pelalawan Hadiri Pembukaan FGD Strategi Dan Kebijakan Pengembangan Sistem Inovasi Sawit Sapi
    10 Bathin Hitam Sungai Medang, Ahmad Arifin Diduga Gugat BTNTN Dan Polres Pelalawan Melalui Kuasa Hukum
    11 Optimalisasi Kinerja Wabup Meranti Beri Arahan Pada Petugas Penyuluhan Perikanan
    12 Festival Batik Siak Tahun 2019 Ajang Promosikan Batik Siak
    13 BAZNAS Kab Siak Distribusikan Zakat Tahap III 2019 Sejumlah 4,7 M
    14 Tari Zapin Siak Ditetapkan Kemendikbud RI, sebagai Warisan Budaya Tak Benda
    15 13 Rumah Dilalap Sijago Merah, Diduga 2 Orang Ditemukan Tewas Terpanggang
    16 YLBHI-LBH Pekanbaru Gelar Acara Talk Show
    17 Wabup Meranti Beri Nasehat Pada Siswa Untuk Rajin Belajar Kejar Cita-Cita Setinggi Langit
    18 JH, Warga Bagansiapiapi Ditemukan Tewas
    19 28 Sekolah di Kabupaten Siak Ikut Serta Pameran Program PINTAR Tonoto Foundation
    20 Pemenang Siakpab Award untuk ICSB Indonesia City Awards Ketiga 2019
    21 Penyalahgunaan Narkoba Berakibat Fatal Bagi Orang Tua, Remaja dan Anak-anak
    22 Tengku Nazir Siap Ditabalkan Menjadi Sultan Siak Sri Indrapura Ke-XIII
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI