Jumat, 27-09-2019 - 23:18:14 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Fahmil Wakil Ketua DPRD Kampar Bersama Danramil 07/ Kampar Tinjau Banjir di Desa Sendayan dan Pula | | Angka Kemiskinan di Provinsi Riau, Kab Rohul Peringkat Pertama | | Mantan Ketua DPRD Kabupaten Rohul Balon Wakil Bupati Pilkada 2020 | | TP. PKK Desa Ngaso Taja Penyuluhan Kesehatan Lansia | | Pemkab Siak Dorong Setiap Kampung Miliki Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) | | Bupati H. Sukiman Membacakan Singkat Pencapaian Pembangunan Yang Sudah Terlaksana
 
Tingkatkan Kualitas Aparatur Menyusun Program Pro Masyarakat
Bupati Meranti Buka Kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
Jumat, 27-09-2019 - 23:18:14 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Meranti Buka Kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
  •  

    BATAM, DELIKRIAU - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, membuka secara resmi kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kepulauan Meranti, kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas dan pengetahuan Aparatur ASN yang handal dalam menjalankan visi dan misi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu, Jumat (27/9/2019) di Ballroom Hotel Nagoya Hill, Batam, Kepri.

    Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Asisten Deputy Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan I Kemenpan RB Komaruddin AK MSc, Nara Suber Hari Kamto, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner MP.d, Kepala Bappeda Meranti Dr. H. Makmun Murod dan Jajaran Pejabat Eselon II Dilingkungan Pemkab. Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabag Ortal Rika S. Sos dan Jajaran Pejabat Eselon III, Para Camat Se-Kabupaten Meranti, Kasubag Program tiap OPd dan lainnya.

    Dalam pidatonya Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, menjelaskan kegiatan tersebut sangat strategis dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi di Kepulauan Meranti melalui peningkatkan kualitas SDM Aparatur Pemerintahan, menurutnya dengan Aparatur yang handal akan memberikan pengaruh yang besar terhadap percepatan pembangunan daerah.

    "Untuk menbangun sebuah Kabupaten/Kota diperlukan SDM yang handal dalam menjalankan visi dan misi daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Bupati Irwan.

    Dan saat ini, untuk percepatan pembangunan Nasional, Kementrian PAN-RB RI, telah menerapkan program Sistem Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah (SAKIP), dalam upaya meningkatkan kualitas dan penganggaran keuangan di Pemerintahan Daerah. Dengan begitu program yang dijalankan Pemerintah Daerah di tiap SKPD berjalan dengan Efektif, Efisien, Akuntable, serta Tepat Sasaran dalam mewujudkan Pemerintah yang bersih dan berwibawa.

    Lebih jauh ditegaskan Bupati, kegiatan ini tidak semata-mata memberikan pengetahuan kepada Aparatur dalam menyusun SAKIP yang baik, lebih dari itu melalui kegiatan ini Aparatur ASN diharapkan dapat menyusun program dan penganggaran yang Efisien, Efektif, Terukur dan bisa dipertanggungjawabkan.

    Selanjutnya dalam kegiatan yang difasilitasi oleh Bappeda dan Bagian Ortal Sekda Meranti itu, Bupati Irwan meyakini dengan SDM Aparatur yang berkualitas dan berkemampuan tinggi Kepualuan Meranti akan dapat bersaing bahkan bisa lebih baik dari Kabupaten Kota lainnya di Riau meskipun serba keterbatasan.

    "Meranti merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki sumber daya alam terbatas, dengan APBD paling kecil. Oleh karena itu perlu diperkuat SDM yang berkualitas dan memiliki kemampuan yang tinggi, dengan begitu  Meranti pasti bisa bersaing bahkan lebih baik dari kabupaten lainnya di Riau," jelas Irwan.

    Dihadapan para Kepala SKPD, Bupati Irwan berharap semua SKPD dapat fokus menyusun program SKPD sesuai dengan Visi dan Misi Kepala Daerah, dalam upaya menekan angka kemiskinan di Meranti sebesar 28.3 persen yang dinilai masih cukup tinggi. 

    Bupati Irwan meminta semua Aparatur harus bekerja keras menekan angka kemiskinan itu salah satunya dengan membangun infrastruktur dasar untuk membuka Isolasi daerah, seperti pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sehingga mobilitas masyarakat dan produksi pertanian dapat berjalan dengan lancar dan cepat dan berdampak pada peningkatan penghasilan masyarakat dipedesaan.

    "Kita harus kerja keras membangun infrastruktur dasar, fasilitas kesehatan, pendidikan, serta menciptakan berbagai inovasi untuk melayani masyarakat. Dan kuncinya adalah SDM Aparatur yang mumpuni dan memahami tugas dan fungsinya masing-masing," ucap Bupati.

    Kemudian agar program strategis ditiap SKPD berjalan dengan optimal dalam menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bupati Irwan mengingatkan perlunya Sinergitas antar SKPD, selain itu disarankan tidak menyusun program terlalu banyak.

    "yang penting program andalan yang dilaksanakan harus fokus dan terukur serta memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat," jelasnya.

    Hal itu sekaligus untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Daerah.

    Terakhir Bupati mengintruksikan kepada seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan Asistensi itu dengan baik  sesuai perunjuk Narasumber dari Kemenpan RB, sehingga setiap SKPD mampu menyusun SAKIP dengan baik. 

    Sekedar informasi, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti telah berhasil meraih Nilai SAKIP BB atau B Plus. Kedepan Bupati Meranti menargetkan Meranti dapat meraih Nilai SAKIP A. Dan kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kabupaten Kepulauan Meranti ini adalah salah satu kegiatan untuk memperkuat kemampuan Aparatur ASN Meranti untuk menyusun SAKIP dengan baik. 

    Senada dengan Bupati Meranti, Asisten Deputy Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan I Kemenpan RB Komaruddin dalam pemaparannya, berharap melalului Asisten itu mampu mencetak SDM Aparatur Meranti yang profesional yang mampu menyusun program pro masyarakat secara Efektif, Efisien, Ekonomis fokus pada Outcome bukan Income atau dengan kata lain sesuai kebutuhan masyarakat bukan keinginan dari SKPD. (rilis)



     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Meranti Buka Kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Angka Kemiskinan di Provinsi Riau, Kab Rohul Peringkat Pertama
    02 Fahmil Wakil Ketua DPRD Kampar Bersama Danramil 07/ Kampar Tinjau Banjir di Desa Sendayan dan Pula
    03 TP. PKK Desa Ngaso Taja Penyuluhan Kesehatan Lansia
    04 Pemkab Siak Dorong Setiap Kampung Miliki Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH)
    05 Mantan Ketua DPRD Kabupaten Rohul Balon Wakil Bupati Pilkada 2020
    06 Kodim 0303 Bengkalis Bersama KB-FKPPI Bengkalis Gelar Donor Darah Sempena Hari Juang TNI AD
    07 Kapolda Riau Adakan Konferensi Pers Tindak Pidana Pencurian di Kawasan Perkebunan Sawit
    08 Tim Revitalisasi Budaya Kabupaten Serdang Bedagai Kunker Ke Siak
    09 Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, Bersama Masyarakat Bangun Saluran Irigasi di Desa Netamnanu
    10 Asisten I Sekdakab Meranti Hadiri Sosialisasi kegiatan Survei Seismik 2D dan 3D KKS EMP Malacca stra
    11 Bupati Irwan Hadiri Hakordia 2019 Bersama Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin
    12 Bupati Siak, Alfedri Hadiri Pembukaan HAKORDIA
    13 Putra Terbaik Kecamatan Ujungbatu Balon Bupati Rohul Tahun 2020
    14 Narkoba Ancam Semua Kalangan Di Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak
    15 Rasidah Alfedri dan Rahimawati Hamzah Sampaikan Ucapan Tahniah Hari Jadi Dharma Wanita Persatuan ke
    16 Polsek Kampar Ringkus 3 Pelaku Curanmor Beserta 7 Sepeda Motor Barangg Bukti
    17 Suyatno Membuka Bimtek Bumkep dan Pembinanaan Keuangan Desa se Kabupaten Rohil 2019
    18 Kapolres Siak Cek Titik Rawan Laka Disejumlah Jalan di Siak, Jelang Hari Natal & Tahun Baru 2020
    19 Polres Bengkalis Berhasil Gagalkan Praktik Human Traficking
    20 Bupati Siak Alfedri Diundang Hadiri Malam Anugerah FFI 2019
    21 Pemkab Siak Habiskan Duit Rp1 Miliar Untuk Gerhana Matahari Cincin
    22 14 Desember, Alumni SMPN 1 Bengkalis Angkatan Tahun 1996 Gelar Reuni Ke-2
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI