Kamis, 25 April 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Upaya Pencegahan Kekelakaan, Sat Lantas Polres Siak Lakukan Pemasangan Sticker Dan Tanda Berwarna Scotlight di Body Truck Angkutan Barang | | Jangan Jadikan Beban Wali Murid Atau Murid Itu Sendiri, Acara Perpisahan Cukup Diadakan Secara Sederhana Di Setiap Sekolah Masing - masing | | Tak Ada Habisnya, Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Menangkap Satu Orang Laki Laki Penyalahgunaan Narkoba | | Pj Wako Muflihun Bersilaturahmi Dengan Warga Kuansing di Pekanbaru | | Dituduh Ambil Brondolan Sawit, Remaja di Rohul Tewas Ditebas Teman | | Irjen Iqbal Beri Penghargaan ke Jajarannya, Ramadan & Idulfitri di Riau Aman
 
Gelar Halaqah Kebudayaan Melayu Diadakan GP Ansor Riau
Selasa, 02-04-2024 - 19:08:07 WIB
GELAR HALAQAH: Pengus PWGP dan PWNU se- Riau menggelar Halaqah Kebudayaan di Rumah Toleransi Ansar Riau di Jalan KH Ahmad Dahlan, Sukajadi Pekanbaru pada, Senin (1/4/2024). (PWGP untuk Riaupos.co)
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, DELIK RIAU - Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (PWGP) Ansor Riau menggelar Halaqah Kebudayaan di Rumah Toleransi Jalan KH Ahmad Dahlan, Sukajadi Pekanbaru pada, Senin (01/04/2024) petang.

Acara yang dihadiri ratusan kader Ansor Riau yang ada di Pekanbaru, beserta Pimpinan Cabang (PC) Ansor Kabupaten/Kota se-Riau, para Kyai Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Riau, badan-badan otonom (Banom) NU yang terdiri dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), Fatayat, Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu), dan sejumlah kepala madrasah negeri di Pekanbaru dan kampar.

Tak hanya itu, acara juga digelar secara virtual melalui zoom meeting yang diikuti lebih dari 200 peserta, dari kader Ansor Riau dan penyuluh agama islam dalam lingkungan Kantor Wilayah (kanwil) Kemenag Riau.

Dengan mengusung tema "Kearifan Melayu dan Khazanah Nahdlatul Ulama: Sebuah Titik Temu" Halaqah kebudayaan menghadirkan Datuk Seri H Taufik Ikram Jamil Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Imam Hanafi MA akademisi dari Institute for Southeast Asian Islamic Studies (ISAIS) UIN Suska Riau, dan Masdarudin MAg Ketua PCNU Kabupaten Bengkalis. Dr Abdul Malik dari pengurus PW Ansor Riau didapuk memandu kegiatan tersebut, bersama dengan Khoirul Huda SSos MA Ketua PC Ansor Indragiri Hilir sebagai moderatornya.

Ketua PW GP Ansor Riau H Purwaji didampingi Wakil Ketua, Muhtarom SAg mengatakan, kegiatan ini selain menjadi momen konsolidasi keluarga besar Ansor Riau, juga upaya menegaskan kebudayaan melayu, sebagai bagian dari identitas nasional dan titik temunya dengan khazanah Nahdlatul Ulama.

"Ya, sesudah magrib, sambil menikmati santap berbuka bersama, lampu colok di depan kompleks Rumah Toleransi Ansor Riau ini, dinyalakan sebagai wujud penjagaan tradisi melayu. Puncaknya nanti di malam tujuh likur atau malam 27 ramadan. Eksistensi Ansor adalah untuk menjaga ulama, NU dan NKRI," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kakanwil Kemenag Riau Dr H Muliardi MPd juga memberikan atensi dan apresiasinya terhadap kegiatan halaqah kebudayaan ini.

"Semoga ada serial selanjutnya kegiatan diskursus titik temu antara kebudayaan dan khazanah ke-NU-an ini. Karena memang adaptif terhadap kebudayaan, merupakan salah satu indikator penting dalam nilai moderasi beragama. Program penguatan moderasi beragama ini menjadi salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama dibawah komando Gusmen H Yaqut Cholil Qoumas," ujar Pak Mul, sapaan akrabnya.

Dikatakan Pak Mul, maka secara virtual setelah berkoordinasi dengan Ketua PW GP Ansor Riau H Purwaji, pihaknya juga meminta seluruh penyuluh agama Islam se-Riau, baik PNS, PPPK dan non PNS untuk mengikuti kegiatan tersebut.

"Agar semakin memantapkan mereka, dalam kegiatan penyuluhan keagamaan di lingkungannya," harap Pak Mul yang juga kader penggerak NU Riau.

Sedangkan Ketua DPH LAM Riau Datuk Seri H Taufik Ikram Jamil juga menyebutkan, terlalu banyak titik temu antara kebudayaan Melayu dan khazanah NU, sehingga mencari titik beda atau pisahnya menjadi diskursus yang juga harus didialogkan.

Terakhir Ketua PCNU Bengkalis Masdaruddin MA yang juga narasumber kegiatan tersebut juga menegaskan, agar ini menjadi pembelajar yang berarti bagi keluarga besar GP Ansor dan NU.

"Al-muhafadhatu ‘ala qadimis shalih wal akhdzu bil jadidil ashlah, artinya melestarikan tradisi lama yang baik dan mengambil hal baru yang lebih baik," ucapnya.

(Sumber:riaupos.com)



 
Berita Lainnya :
  • Gelar Halaqah Kebudayaan Melayu Diadakan GP Ansor Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Upaya Pencegahan Kekelakaan, Sat Lantas Polres Siak Lakukan Pemasangan Sticker Dan Tanda Berwarna Scotlight di Body Truck Angkutan Barang
    02 Jangan Jadikan Beban Wali Murid Atau Murid Itu Sendiri, Acara Perpisahan Cukup Diadakan Secara Sederhana Di Setiap Sekolah Masing - masing
    03 Tak Ada Habisnya, Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Menangkap Satu Orang Laki Laki Penyalahgunaan Narkoba
    04 Pj Wako Muflihun Bersilaturahmi Dengan Warga Kuansing di Pekanbaru
    05 Dituduh Ambil Brondolan Sawit, Remaja di Rohul Tewas Ditebas Teman
    06 Irjen Iqbal Beri Penghargaan ke Jajarannya, Ramadan & Idulfitri di Riau Aman
    07 BUMN China Akan Tinjau Lokasi Jembatan Bengkalis-Pulau Sumatra Pekan Depan
    08 Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Riau di Dumai, Bupati Bengkalis Menabuh Kompang Bertanda MTQ Dimulai
    09 68 Peserta Kafilah Bengkalis di Dumai Mendapatkan Motivasi Dari Bupati Kasmarni
    10 Pasca libur lebaran, Seluruh Satuan Pendidikan Sudah Harus Kembali Masuk Pada Tanggal 22 April 2024
    11 Momen Jokowi dan Paloh Ngobrol Akrab di Acara Nikahan, Di Unggah Elite NasDem
    12 Tewas Terbawa Arus Air Laut Yang Sedang Pasang Saat Bekerja
    13 Buntut Dari Kasus Penyelundupan 24 Kg Narkoba, Menhub Diminta Cabut Izin Operasional Lion Air
    14 Resmi Dilaporkan Ke Mapolres Muaro Jambi, Dugaan Pria Beristri Gauli Seorang Pelajar
    15 ‘Datuk Seri Lela Setia Junjungan Negeri’, Kajati Riau Mendapatkan Gelar Dari LAMR
    16 Kembali Jadi Bakal Calon Bupati Siak, Alfedri Tetap Berpasangan dengan Husni di Pilkada Siak 2024
    17 Pasutri Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Diamankan Satres Narkoba Polres Siak
    18 Berhasil Mengungkap Kasus Dugaan Pencurian Buah Kelapa Sawit Oleh Polsek Kuantan Mudik
    19 Warga Kampung Sam Sam Diduga Mau Ninja Brondolan Sawit Tewas Disambar Petir
    20 Iptu Supriadi Tersangka Penipuan Masuk Akpol Rp 1,3 M
    21 "Aghi Ghayo Onam" atau Hari Raya Enam di Kabupaten Siak
    22 Pria di Riau Ditangkap, Manipulasi Video Hasil Sidang MK di TikTok
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI