Jum'at, 23 Februari 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Rombongan Pengurus PWI Riau Hadiri Puncak HPN ke 78 Di Jakarta | | Wakapolda Riau Tinjau Persiapan Pengamanan TPS Di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rohil | | Irwasda Polda Riau Tinjau Distribusi Logistik Dan Pengamanan TPS Inhil | | Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Amankan Dua Orang Pria dan Satu orang Wanita Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika | | Jelang Pemilu 2024, Personil Ditlantas Polda Riau Sambangi Bengkel Radiator Sampaikan Pesan Pemilu Damai yang Berkeselamatan | | Demi Terciptanya Suasana Pemilu Yang Demokratis, Panwascam Berserta PKD dan PTPS se Kecamatan Dayun Tertibkan Ratusan APK
 
Artikel
Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri Pada Anak Usia Dini Dilingkungan Sekolah
Sabtu, 16-09-2023 - 23:19:14 WIB

TERKAIT:
   
 

DELIK RIAU - Banyak dilingkungan sekolah Paud anak -anak masih belum percaya diri atau belum  berani tampil  untuk kedepan kelas atau berbicara saat ibu guru bertanya, malu-malu, bahkan masih banyak nya lagi anak-anak masih menangis saat masuk kedalam kelas. 

Hal ini sering terjadi saat ajaran baru masuk sekolah. ini kadang-kadang membuat orang tua atau guru  tidak sabar mengahadapi anak-anak yang kurang percaya diri ini,  dalam hal ini sebenarnya masih terbilang lumrah, sebab anak-anak mungkin belum terbiasa bertemu dengan orang lain atau orang luar yang bukan anggota keluarganya.

Namun demikin kita sebagai guru pendidik juga tidak boleh membiarkan berlangsung secara terus menerus sebab akan berdampak pada tumbuh kembang anak kedepannya.

Naaah…. Bagaimana cara guru meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia Dini tersebut?? 

Berikut beberapa tips yang bisa guru lakukan yaitu :

1. Guru Menjadi panutan yang baik
Guru paud  merupakan panutan yang sempurna bagi anak-anaknya dan mereka meniru apa yang dilakukan oleh ibu guru. Guru bisa memberikan contoh  dengan melakukan apapun yang bunda kerjakan dengan benar dan menikmatinya setiap apa yang ditirukan ke anak selagi itu bersifat positif untuk anak, maka dari itu setiap apa yang guru ucapkan atau tingkah laku guru itu harus benar-benar bisa memberikan contoh atau model  yang baik untuk anak-anak karena akan berdampak untuk masa depan anak nantinya.

2. Beri pujian dengan bijak
Salah satu tips mendidik anak paud  agar percaya diri dan mandiri adalah dengan selalu merasa bangga terhadap anak murid , ibu guru bisa memberikan pujian. Namun pujian yang ibu guru berikan hendaknya sesuai dengan usaha yang dilakukan oleh sianak dan tidak berlebihan. Jangan mempermalukan mereka saat mereka mulai berani maju tampil kedepan  umum, jangan menertetawakan mereka apalagi sampai memarahi mereka, biasaya akan membuat mereka tidak mau untuk tampil lagi. Jadi hal yang harus kita lakukan tetaplah memujinya walau mereka masih malu-malu.

3. Guru membiarkan anak untuk mencoba hal-hal yang baru
Jika si anak telah berkompeten melakukan sesuatu, maka ibu guru bisa mendorongnya untuk mencoba hal – hal baru untuk ia kerjakan. Dengan demikian, ia terus belajar untuk menjadi kompeten dalam hal tersebut, tapi tetap dalam pengawasan ibu guru dengan apa yang ia lakukan.

4. Berikan kesempatan untuk belajar
Sejak bayi, si anak  sebenarnya sudah belajar untuk menjadi kompeten, dan itu berlangsung terus bahkan sampai saat ia dewasa nanti. Hal yang perlu ibu guru lakukan adalah memberi kesempatan baginya untuk belajar, karena ia tak akan menjadi bisa dalam waktu instan. Kemudian jangan biar kan anak mengucapkan kalimat “tidak bisa” setiap ia ingin melakukan kegiatan belajar . Coba lah biasakan kan dengan kalimat “ aku bisa” ibu guru terus meyakinkan anak tersebut jika ia mampu untuk mengerjakan hal yang ingin ia kerjakan.
Contohnya “berani maju tampil kedepan dihadapan teman dan guru untuk memimpin doa”.

5. Tunjukkan Bahwa ibu guru mencintainya 
Tips mendidik anak untuk percaya diri yang sangat penting adalah tunjukkan kepadanya bahwa apa pun yang terjadi, ibu guru akan selalu mencintainya karena “  ibu guru adalah model yang sempurna bagi anak-anak” Ini akan membuantya merasa diterima dengan segala kekuangan yang dimiliki. Contoh nya saat anak-anak masih menangis ditinggal orang tua saat antar diisekolah, kita yakinkan kepada anak tersebut bahwa kita juga ibu nya saat disekolah yang sama sama menyayanginya, kemudian dengan memeluk  dan mengusap kepala dengan sentuhan kasih sayang juga sangat penting karena akan meyakinkan anak-anak tersebut bahwa guru sangat perhatian, baik dan sangat menyayanginya.
Demikianlah tips-tips yang bisa saya tuliskan.

Semoga dengan tips ini dapat membantu ibu guru  semua yang  sedang mengahadapi anak -anak yang kurang percaya diri. (*)

Penulis: Kasriati, S.Pd



 
Berita Lainnya :
  • Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri Pada Anak Usia Dini Dilingkungan Sekolah
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Rombongan Pengurus PWI Riau Hadiri Puncak HPN ke 78 Di Jakarta
    02 Irwasda Polda Riau Tinjau Distribusi Logistik Dan Pengamanan TPS Inhil
    03 Jelang Pemilu 2024, Personil Ditlantas Polda Riau Sambangi Bengkel Radiator Sampaikan Pesan Pemilu Damai yang Berkeselamatan
    04 Wakapolda Riau Tinjau Persiapan Pengamanan TPS Di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rohil
    05 Demi Terciptanya Suasana Pemilu Yang Demokratis, Panwascam Berserta PKD dan PTPS se Kecamatan Dayun Tertibkan Ratusan APK
    06 ‘Coolling System’ di Kawasan Wisata, Personel Satlantas Polres Siak Lakukan Edukasi Pentingnya Ketertiban Berkendara
    07 Manfaatkan Libur Panjang, Ditlantas Polda Riau sampaikan pesan Pemilu Damai 2024 di Lokasi Wisata
    08 Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Amankan Dua Orang Pria dan Satu orang Wanita Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika
    09 Hebat, Selama Masa Kampanye Caleg DPRD Bengkalis Ini Rampungkan Kampanye Dialogis di 50 Titik Lokasi Berbeda
    10 Ketua PWI Siak Apresiasi 'Fast Respon' Polres Pelalawan Berserta Tim, Atas Informasi Hilangnya Seorang Warga Siak Yang Hanyut terseret Ombak Bono
    11 Majukan Daerah, Tim Kawan Alga Ajak Masyarakat Menangkan Caleg DPRD Provinsi Riau, M. Alga Viqky Azmi
    12 Jumat Barokah Dan Pesan Pemilu Damai, Ditlantas Polda Riau Ke Panti Asuhan AL - ISTIQLAL Pekanbaru
    13 Panwaslu Kecamatan Siak Kecil Gelar Penguatan Kapasitas Saksi Partai Politik Pemilu 2024
    14 Kombes Taufiq Pastikan Polantas Hadir Saat libur Panjang dan Ajakan Masyarakat Gunakan Hak Pilih Dalam Pemilu
    15 JMSI Riau Gelar Syukuran dan Doa HUT Ke - 4
    16 Danrem 031/Wira Bima : Prajurit TNI Diminta Kuasai Dunia Informasi dan Digital
    17 Cooling System Sat lantas Polres Siak, Himbau Masyarakat Ciptakan Pemilu Damai 2024
    18 Jajaran Pengurus SMSI Riau Lakukan Kunjungan ke PHR Wilayah Kerja Rokan
    19 Sembari Gotong Royong Personil Ditlantas Polda Riau Sampaikan Pesan Kamseltibcarlantas dan Pemilu Damai
    20 Kegiatan Pembekalan Media dan Publikasi Ta.2024 di Jajaran Korem 031/WB
    21 Cara Jitu Kasat PJR Ditlantas Polda Riau Sukseskan Pemilu 2024 Bersama Club Motor di Pekanbaru
    22 Cooling System Ditlantas Polda Riau Pada Pelayanan Cek fisik Ajak Masyarakat Wujudkan Pemilu Damai
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI