Senin, 22 Juli 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Tugas Perdana AKBP Fahrian Saleh Siregar Pimpin Sertijab, Kapolres, Waka, dan Dua Kasat di Polres Inhu Dimutasi | | Investasi Bodong, 2 Wanita Ditangkap Polres INHIL Karna Tipu 140 Investor Rp 6.3 Milliar | | Babinsa Kodim 0322/Siak, Sosialisasi dan Himbauan Terkait Kejadian Serangan Harimau di Dusun II Kampung Penyengat | | Himbau Agar Masyarakat Lubuk Dalam Selalu Kondusif, Bersama pokdar Kamtibmas resort Siak | | Sukses Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat, Polres Kepulauan Meranti Pimpin Patroli KRYD dan Presisi Antisipasi C3 | | Modus Berobat, 3 Perampok Sekap-Todong Pistol ke Bidan di Dumai Ditangkap
 
Diikuti 40 Peserta, Bupati Rohil Buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator
Jumat, 27-05-2022 - 13:11:17 WIB

TERKAIT:
   
 

ROKAN HILIR, DELIK RIAU  - Pembukaan pelatihan Kepemimpinan Administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tahun anggaran 2022 secara resmi dibuka oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong, Jumat (27/5/2022).

Pembukaan Diklat yang dipusatkan di Lantai lV kantor BPKAD tersebut juga dihadiri  Wabup Rohil H Sulaiman, Sekda Rohil Fery H Parya, Widyaiswara Provinsi Riau Drs Surya Arfan, Kepala BKPSDM Rohil Drs Aisrin serta beberapa kepala OPD.

Dalam laporannya, kepala BKPSDM Rohil Aisrin mengatakan bahwa, pelatihan kepemimpinan administrator itu diikuti sebanyak 40 peserta. Dimana katanya, para peserta ini terdiri dari beberapa Dinas, badan, RSUD, Puskesmas serta kantor Camat.

"Sasaran kegiatan ini merupakan jabatan struktural pejabat admistrator di instansi. Kegiatan diselenggarakan oleh Pemkab Rohil bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Riau. pelatihan dimulai 27 Mei 2022 hingga 03 september 2022," kata Aisrin. 

Dengan dilaksanakan pelatihan itu, Aisrin berharap kedepan sebagai pejabat Administrator dapat memberikan kontribusi minimal dalam pelaksanaan tugas harian dalam mengelola manajemen pemerintahan untuk menuju good government. 

"Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat bagi pejabat admistrator yang berada di lingkungan Pemkab Rohil," sebutnya. 

Untuk 40 peserta itu sendiri, diseleksi secara langsung oleh BKPSDM Rohil dengan melihat kinerja mereka selama 2 tahun terakhir. Sementara untuk narasumber adalah BPSDM Provinsi Riau, Widyaiswara serta orang yang berkompeten dibidang nya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam sistem manajemen kepegawaian pejabat struktural eselon lll memiliki peranan yang sangat menentukan dalam menjabarkan visi dan misi instansi ke dalam program-program serta memimpin bawahan dan seluruh stakeholder strategis untuk melaksanakan program-program tersebut secara efektif dan efisien.

Kesemua itu akan mengarah kepada terpenuhinya terasa puas masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan pemerintah Kabupaten Rohil.

Menyikapi pentingnya hal ini lanjutnya, Pemkab Rohil memandang perlu dan wajib mengadakan kegiatan pelatihan kepemimpinan administrator terhadap pejabat struktural eselon III. 

"Pelatihan kepemimpinan administrator adalah diklat yang memberikan wawasan, pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap dan perilaku dalam bidang kepemimpinan aparatur sehingga mencapai persyaratan kompetensi dalam jenjang jabatan struktural tertentu," sebutnya. 

Diklat ini kata Bupati, bertujuan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah yang sesuai dengan jabatan struktural eselon lll serta memiliki kesamaan pola pikir yang dinamis. Sehingga, memiliki wawasan pengetahuan yang komprehensif dan semangat pengabdian yang berorientasi kepada pelayanan prima dan pengembangan partisipasi masyarakat.

Dengan dikeluarkannya peraturan kepala lembaga administrasi negara nomor 16 tahun 2019 tentang pedoman penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan administrator sambung Bupati, maka penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan administrator pada tahun ini merupakan pola diklat yang sangat berbeda pada tahun-tahun sebelumnya.

"Perubahan yang signifikan ini adalah cara pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan leadership birokrasi di sektor publik terutama dalam menyumbang inovasi dan perubahan di instansi masing-masing," paparnya. 

Berdasarkan hal tersebut tambahnya, pemerintah Kabupaten Rohil perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang mempunyai wawasan luas dan pola pikir yang dinamis serta bertanggung jawab terhadap amanah yang dibebankan di masing-masing OPD.

Dalam kesempatan itu bupati juga menyampaikan bahwa pada hakikatnya pemerintah memiliki tiga tugas pokok utama yaitu, memberikan pelayanan kepada masyarakat, pemberdayaan masyarakat agar bisa mandiri serta melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk melaksanakan tugas pemerintahan tersebut tentu saja pemerintah harus ditopang oleh sumber daya aparatur yang cerdas terampil dan berpengetahuan yang dapat bekerja keras dan mengutamakan solidaritas prinsip pada pemenuhan kepentingan masyarakat," katanya. 

Untuk itu Bupati berharap kegiatan Diklat itu dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan peserta dalam melaksanakan tugas-tugas di masa mendatang terutama dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati juga menekankan bahwa Diklat tersebut tidak hanya sekedar untuk memenuhi persyaratan jabatan. Melainkan harus menghasilkan perubahan sikap dan perilaku sesuai etika PNS serta meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam memimpin sebuah organisasi sehingga menjadi agen pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. (khai)



 
Berita Lainnya :
  • Diikuti 40 Peserta, Bupati Rohil Buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Tugas Perdana AKBP Fahrian Saleh Siregar Pimpin Sertijab, Kapolres, Waka, dan Dua Kasat di Polres Inhu Dimutasi
    02 Investasi Bodong, 2 Wanita Ditangkap Polres INHIL Karna Tipu 140 Investor Rp 6.3 Milliar
    03 Babinsa Kodim 0322/Siak, Sosialisasi dan Himbauan Terkait Kejadian Serangan Harimau di Dusun II Kampung Penyengat
    04 Himbau Agar Masyarakat Lubuk Dalam Selalu Kondusif, Bersama pokdar Kamtibmas resort Siak
    05 Sukses Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat, Polres Kepulauan Meranti Pimpin Patroli KRYD dan Presisi Antisipasi C3
    06 Modus Berobat, 3 Perampok Sekap-Todong Pistol ke Bidan di Dumai Ditangkap
    07 Tim Gabungan Dari Manggala Agni Daops Sumatera VI-Siak, TNI, Polri, BPB, Bekerja Sama Dalam Memadamkan Api
    08 Tiga Laki Laki Warga Bengkalis Berurusan Dengan Hukum, Terduga Sindikat Narkoba
    09 Ini Pesan Husni Merza Dalam Acara Ngopi Rukun
    10 Hadiri Peringatan HARGANAS Ke-31 Tingkat Provinsi Riau, Wabup Husni Merza Berpesan
    11 Harapan Rasidah dengan Program Kerja PKK
    12 Tawar Aset PT TBS Rp 2 T, Pihak Surya Dumai Beberapa Kali Temui Beyamin Tapi Ditolak
    13 Satu Orang Pengedar Sabu Dan Pil Ekstasi, Berhasil Dibekuk Polres Inhu
    14 Yasinan Bersama dan Tahlelan di Taman Cik Puan, Kerukunan Keluarga Besar Pejuang Kabupaten Kepulaun Meranti
    15 Polres Inhu Berhasil Ringkus Warga Rengat Barat
    16 Tewas Diterkam Harimau, Pekerja Perkebunan Sawit di Siak
    17 Kadis Perpustakaan Meranti Apresiasi Pustaka Digital, Kunjungi Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor
    18 Dua Orang Pria Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika, Diamankan Polsek Sabak Auh
    19 Polisi Turun Tangan, Ulah Bocah Takuti Warga Pakai Kain Bentuk Pocong
    20 Hadiri Bimbingan Teknis, Apresiasi Hambali Dan Dukungan Pengendalian Data Kebun Melalui DBH
    21 Tinjau Progres Peningkatan Jalan HR Soebrantas Tembilahan, Pj Bupati Inhil
    22 JMSI Dan PWI Kolaborasi Membangun Inhu
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI