Senin, 22 Juli 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Tugas Perdana AKBP Fahrian Saleh Siregar Pimpin Sertijab, Kapolres, Waka, dan Dua Kasat di Polres Inhu Dimutasi | | Investasi Bodong, 2 Wanita Ditangkap Polres INHIL Karna Tipu 140 Investor Rp 6.3 Milliar | | Babinsa Kodim 0322/Siak, Sosialisasi dan Himbauan Terkait Kejadian Serangan Harimau di Dusun II Kampung Penyengat | | Himbau Agar Masyarakat Lubuk Dalam Selalu Kondusif, Bersama pokdar Kamtibmas resort Siak | | Sukses Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat, Polres Kepulauan Meranti Pimpin Patroli KRYD dan Presisi Antisipasi C3 | | Modus Berobat, 3 Perampok Sekap-Todong Pistol ke Bidan di Dumai Ditangkap
 
Bupati Rohil Buka Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Simatrik
Senin, 06-02-2023 - 19:00:00 WIB

TERKAIT:
   
 

ROKAN HILIR, DELIK RIAU - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong membuka secara resmi kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi berbasis Web Sistem Informasi Kerjasama Media Secara Elektronik (Simatrik) yang diikuti ratusan wartawan baik media cetak, elektronik maupun online, Senin (6/2/2023).

Sosialisasi yang dilaksanakan di salah satu hotel di Bagansiapiapi tersebut dihadiri Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Kadiskominfotik Rohil Indra Gunawan SE MH, para ketua organisasi pers dan berbagai unsur lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua pelaksana sosialisasi yang juga Kadiskominfotik Rohil Indra Gunawan SE MH menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Rohil yang telah membuka sosialisasi penggunaan aplikasi Simatrik dan juga ucapan terimakasih kepada seluruh insan pers yang telah hadir.

Indra Gunawan menyebutkan, media massa memiliki peran secara dinamis dalam proses demokrasi, terutama menjembatani pendapat publik melalui jejaring sosial yang tersebar secara masif dan sebagai menyambung antara Pemerintah dan masyarakat sehingga kerjasama antara media massa dengan Pemerintah merupakan hal yang sangat perlu dilakukan.

"Dari segi perkembangannya, media massa saat ini sangatlah besar dan sangat pesat. Sehingga tidak dapat di pungkiri bahwa semakin banyaknya media-media yang bermunculan, maka daya saing juga semakin meningkat. Sehingga, berdampak pada ketatnya penyaringan terhadap media yang akan bekerjasama," katanya. 

Oleh karena itu, Pemda Rohil melalui Diskominfotiks mencoba untuk menjawab persoalan tensebut dengan menyediakan Aplikasi Barbais Web Sistem Informasi Keriasama Media Secara Elektronik (Simatrik) versi 2.0 yang merupakan perkembargan dari versi sebelumnya.

Dengan memanfaatkan perkembargan teknologi informasi terkini, saat ini dapat mempermudah perusaharan pers untuk mendaftarkan medianya yang akan Kerjasama dengan Pemda Rahil, dan sebaliknya Pemda Rohil juga akan lebih mudah dalam menyeleksi media yang akan kerja sama.

"Dengan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan edukasi kepada para rekan-rekan media dalam penggunaan aplikasi Simatrik dan mempermudah perusahaan pers untuk melakukan pendaftaran kerjasama," paparnya. 

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan sosialisasi Aplikasi Simatrik tersebut. Sebab kata Bupati, aplikasi ini merupakan inovasi dalam pelayanan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dan para media massa, serta wujud nyata reformasi birokrasi berbasis teknologi informasi. 

"Saya berharap kehadiran Aplikasi Simatrik ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua pihak, baik bagi perusahaan pers dan tentunya bagi Dinas Kominfotiks selaku perpanjangan Pemerintah daerah dalam menjalin kerjasama dengan para media," harap Bupati.

Dengan adanya aplikasi Simatrik ini lanjutnya, dapat lebih selektif dalam memilih media yang berkompeten untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rohil. Karena sama-sama kita maklumi perkembangan media saat ini sangatlah pesat sehingga banyak media-media yang bermunculan maka selektifitas dalam memilih media yang akan bekerjasama itu adalah hal yang sangat penting dilakukan. 

Pemerintah Kabupaten Rohil jelas Bupati, tidak akan pernah lepas dari peran media massa, karena media massa salah satu pilar dalam demokrasi. Dari medialah kita bisa
menyalurkan segala informasi terkait kegiatan pemda kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat mengetahui dan mendapatkan mengenai kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pemerintah daerah.

"Selain itu, media juga mempunyai tanggung jawab untuk mencerdaskan masyarakat melalui informasi-informasi yang akurat, bermutu dan mendidik sehingga masyarakat dapat terhindar dari informasi yang tidak benar atau hoax," paparnya. 

Oleh karenanya berharap pemerintah Kabupaten Rohil dan Insan Pers saling bekerjasama dan bersinergi untuk bersama-sama berjuang membangun dan memajukan Kabupaten Rohil serta bersama-sama berperan aktif dalam mencerdaskan masyarakat Rohil.

Pada kesempatan itu, Bupati juga berpesan kepada wartawan dari berbagai media massa sebagai peserta untuk dapat mengikuti sosialisasi dengan serius dan seksama agar dapat di pahami karena ini sangat penting sehingga nantinya tidak kebingungan lagi bagaimana cara mendaftar perusahaan medianya dan berhati-hati dalam mengisi segala data yang diminta pihak Diskominfotiks.

"Karena data yang diisi akan berpengaruh terhadap lolos atau tidak nya verifikasi media saudara sebagai media yang bekerjasama dengan Pemda Rohil," katanya. 

Selain itu, Bupati juga meminta kepada seluruh insan pers yang ada di Kabupaten Rohil agar bersatu dan bersama-sama membangun Kabupaten Rohil, serta memberikan edukasi kepada masyarakat dan menangkal berita-berita hoax yang dapat merusak dan merugikan masyarakat. 

"Saya harap rekan-rekan media yang bekerjasama nantinya dapat membantu pemerintah daerah dalam menyebarkan informasi kegiatan dan pembangunan yang dilakukan Pemda Rohil serta dapat mengcounter berita-beeita hoax yang menyerang Pemda Rohil apalagi memasuki tahun politik ini," demikian Afrizal Sintong. (ded)



 
Berita Lainnya :
  • Bupati Rohil Buka Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Simatrik
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Tugas Perdana AKBP Fahrian Saleh Siregar Pimpin Sertijab, Kapolres, Waka, dan Dua Kasat di Polres Inhu Dimutasi
    02 Investasi Bodong, 2 Wanita Ditangkap Polres INHIL Karna Tipu 140 Investor Rp 6.3 Milliar
    03 Babinsa Kodim 0322/Siak, Sosialisasi dan Himbauan Terkait Kejadian Serangan Harimau di Dusun II Kampung Penyengat
    04 Himbau Agar Masyarakat Lubuk Dalam Selalu Kondusif, Bersama pokdar Kamtibmas resort Siak
    05 Sukses Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat, Polres Kepulauan Meranti Pimpin Patroli KRYD dan Presisi Antisipasi C3
    06 Modus Berobat, 3 Perampok Sekap-Todong Pistol ke Bidan di Dumai Ditangkap
    07 Tim Gabungan Dari Manggala Agni Daops Sumatera VI-Siak, TNI, Polri, BPB, Bekerja Sama Dalam Memadamkan Api
    08 Tiga Laki Laki Warga Bengkalis Berurusan Dengan Hukum, Terduga Sindikat Narkoba
    09 Ini Pesan Husni Merza Dalam Acara Ngopi Rukun
    10 Hadiri Peringatan HARGANAS Ke-31 Tingkat Provinsi Riau, Wabup Husni Merza Berpesan
    11 Harapan Rasidah dengan Program Kerja PKK
    12 Tawar Aset PT TBS Rp 2 T, Pihak Surya Dumai Beberapa Kali Temui Beyamin Tapi Ditolak
    13 Satu Orang Pengedar Sabu Dan Pil Ekstasi, Berhasil Dibekuk Polres Inhu
    14 Yasinan Bersama dan Tahlelan di Taman Cik Puan, Kerukunan Keluarga Besar Pejuang Kabupaten Kepulaun Meranti
    15 Polres Inhu Berhasil Ringkus Warga Rengat Barat
    16 Tewas Diterkam Harimau, Pekerja Perkebunan Sawit di Siak
    17 Kadis Perpustakaan Meranti Apresiasi Pustaka Digital, Kunjungi Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor
    18 Dua Orang Pria Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika, Diamankan Polsek Sabak Auh
    19 Polisi Turun Tangan, Ulah Bocah Takuti Warga Pakai Kain Bentuk Pocong
    20 Hadiri Bimbingan Teknis, Apresiasi Hambali Dan Dukungan Pengendalian Data Kebun Melalui DBH
    21 Tinjau Progres Peningkatan Jalan HR Soebrantas Tembilahan, Pj Bupati Inhil
    22 JMSI Dan PWI Kolaborasi Membangun Inhu
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI