Selasa, 21 Mei 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Presiden Jokowidodo Apresiasi Atas Kehadiran Para Pemimpin Dan Delegasi KTT WWF Ke 10 | | Karyawan Adukan Manajer SPBU PD SP Rohil ke Disnaker, Di-PHK Sepihak dan Tanpa Pesangon, | | Saya Akan Menjadi Diri Sendiri, Tidak Mau Diganggu | | Cek Kelayakan Hewan Kurban dan Bahan Pokok Jelang Iduladha | | Tawarkan Bantuan Dalam Upaya Pencarian Dan Penyelamatan Helikopter Jatuh Yang Membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi Oleh Irak | | Pengaduan KDRT Dibuka 24 Jam Pemkab Siak Lewat WhatsApp
 
Bertambah Menjadi 50 Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang Di Sumbar
Selasa, 14-05-2024 - 17:07:58 WIB

TERKAIT:
   
 

SUMBAR, DELIK RIAU - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban meninggal dunia terdampak banjir lahar dingin dan longsor yang menerjang 6 kabupaten dan kota di Sumatera Barat (Sumbar) terus bertambah. Hingga kini tercatat sebanyak 50 orang korban meninggal dunia.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 50 orang, 27 orang hilang, 37 orang luka-luka, serta 3.396 jiwa mengungsi. Rincian korban meninggal dunia di antaranya Kota Padang Panjang 2 orang, Kabupaten Agam 20 orang, Kabupaten Tanah Datar 19 orang, Kota Padang 1 orang, serta Kabupaten Padang Pariaman 8 orang.

"Datanya akan berkembang terus. Untuk membantu mencari (korban) yang masih hilang, alat berat itu masuk harus secepat mungkin karena kan Basarnas punya golden time di 6x24 jam. Kita akan tetap upayakan mencari sampai ketemu. Apabila ada pihak keluarga atau ahli waris yang minta tetap dicarikan, ya kita harus cari," ujar Letjen TNI Suharyanto, dalam keterangannya, Selasa (14/05/2024).

BNPB terus mendorong pencarian dan pertolongan korban jiwa terdampak banjir lahar dingin dan longsor yang menerjang enam kabupaten dan kota di Sumbar.

Hal itu disampaikan Suharyanto saat hadir pada Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Banjir Lahar Dingin dan Longsor, Senin (13/05/2024). Suharyanto juga menyampaikan langkah penanganan darurat pada bencana tersebut, di antaranya pemulihan akses jalan darat dari daerah terdampak dengan alat berat, pembersihan material longsor, evakuasi korban, dan koordinasi dengan OPD terkait.

Lebih lanjut, pemerintah juga mengupayakan pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat terdampak. Pemerintah memberikan bantuan terhadap korban.

"Kita sepakat dan meyakinkan bahwa kebutuhan dasar masyarakat terdampak ini betul-betul harus dipenuhi dengan baik ketika dia korban, luka-luka, maupun yang sekarang mengungsi. kita pastikan dan tadi kita sudah berikan bantuan awal baik yang bersifat dana maupun barang kebutuhan sehari-hari dan ini akan dievaluasi terus-menerus sesuai perkembangan," ujar Suharyanto.

Hingga Senin sore, pengiriman bantuan logistik dan evakuasi warga masih dilakukan. Kendati masih adanya tempat dan jalur yang masih tertutup dan terisolasi, Suharyanto mengatakan pengiriman bantuan dilakukan menggunakan jalur udara maupun darat dengan memakai jembatan darurat.

Seusai rapat koordinasi, BNPB juga menyalurkan bantuan awal dana operasional berupa Dana Siap Pakai (DSP) kepada pemerintah daerah terdampak banjir lahar dengan jumlah total Rp 3,2 miliar. Selain itu, BNPB menyerahkan bantuan logistik berupa tenda pengungsian, tenda keluarga, sembako, makanan siap saji, hygiene kit, terpal, selimut, kasur, pompa alkon, jendet light, lampu solar panel, toilet portabel, gergaji pohon, dan perlengkapan kebersihan.

Pada kunjungan kerja hari kedua, Selasa (14/05/2024), Kepala BNPB direncanakan bertolak ke daerah terdampak sekaligus melakukan tinjauan udara guna melihat dampak kerusakan akibat banjir lahar dan longsor yang terjadi. Adapun lokasi tinjauan di sejumlah titik di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.

(Sumber : detiknews.com)



 
Berita Lainnya :
  • Bertambah Menjadi 50 Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang Di Sumbar
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Presiden Jokowidodo Apresiasi Atas Kehadiran Para Pemimpin Dan Delegasi KTT WWF Ke 10
    02 Karyawan Adukan Manajer SPBU PD SP Rohil ke Disnaker, Di-PHK Sepihak dan Tanpa Pesangon,
    03 Saya Akan Menjadi Diri Sendiri, Tidak Mau Diganggu
    04 Cek Kelayakan Hewan Kurban dan Bahan Pokok Jelang Iduladha
    05 Tawarkan Bantuan Dalam Upaya Pencarian Dan Penyelamatan Helikopter Jatuh Yang Membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi Oleh Irak
    06 Pengaduan KDRT Dibuka 24 Jam Pemkab Siak Lewat WhatsApp
    07 Kecewaa!!! Itu Yang Dirasakan Sebagian Warga Yang Tak Dapat Kupon Di Acara Jalan Sehat Hardiknas Di Siak
    08 Sampaikan Visi Misi di DPD Demokrat Riau Balon Bupati Bengkalis Kasmarni Pilkada 2024
    09 Jadi Pemain Terbaik Premier League 2023/24, Phil Foden Sebagai Gelandang Manshestwr City
    10 Warga Keluhkan Perbaikkan Jalan Kandis Kota dan Diduga Adanya Pungli Dijalan
    11 Siak Terima Bantuan 1 Mobil Perpustakaan Keliling, Hut Ke 44 PERPURNAS
    12 Siak Expoversary Dan Pemkab Siak Taja Temu Bisnis 2024,Gaet Investor Asing
    13 Akses Vital Rusak, Ketua PWMOI Minta Pemkab Pelalawan Jangan Abaikan Keluhan Warga
    14 Gubernur Riau SF Hariyanto Menunjuk Roni Rakhmat sebagai Plt Kepala Disdik Riau
    15 Epy Kusnandar Aktor Preman Pensiun Ditangkap Kasus Narkotika
    16 Tersangka Korupsi Dana Penanggulangan Bencana Rp1.1 M, Kepala BPBD Siak Langsung Ditahan
    17 Wabup Husni Berikan Apresiasi Kepada Atlit, POPDA Kabupaten Siak Tahun 2024 Di Tutup
    18 Kompak Salurkan Dana Melalui Infaq Masjid Habiburrahman Kampung Benayah, Peduli Bencana Di Sumbar
    19 Keracunan Makanan 1 Santri Tewas Dari 14 Orang Di Rohil
    20 Ingatkan Perkuat Mitigasi Bencana, Mentri Pertahanan Prabowo Subianto Kunjungi Korban Banjir bandang Sumbar
    21 9 Personel Polda Sumsel Tertibkan Kendaraan ODOL Oleh Kapolda Irjen A Rachmad Wibowo
    22 MTQ ke 15 Resmi Dibuka Wabup Huzni Merza, Semoga Masyarakat Kecamatan Mempura Dapat Memaknai Isi Dan Cinta Alquran
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI